Surat Pembaca

Laptop Seharga 10 Juta Pecah Saat Pengiriman dengan JNE, Pembeli di Shopee Diganti Penuh, tapi Penjual Tidak!

Halo Media Konsumen,

Izinkan saya untuk menceritakan mengenai kejadian kurang mengenakan yang saya alami di Shopee. Khususnya mengenai kasus penanganan refund dana yang belum kunjung selesai hingga saya menulis artikel ini. Baik langsung saja berikut rentetan kronologi masalah:

Saya mendapat order laptop di e-commerce Shopee dengan rincian:

  • Judul: LAPTOP GAMING LENOVO IDEAPAD GAMING 3 15 RYZEN 5 5600H 8GB 512GB SSD GTX1650 FHD WIN11HOME BLACK
  • Harga: Rp9.999.000
  • Tujuan: Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Nomor order: 2204300CQGWAJW
  • Nomor resi JNE JTR: JT94328090765, menggunakan ekspedisi JNE Trucking (cashless)
  • Tanggal pengiriman dari penjual ke pembeli: 30 April 2022
  • Tanggal diterima ke pembeli: 4 Mei 2022

Tanggal 4 Mei 2022, barang telah sampai kepada pembeli namun dengan kondisi LCD pecah

Saya (penjual) dan pihak pembeli sudah mengajukan komplain ke CS Shopee maupun JNE dan memerlukan proses investigasi kurang lebih 3 hari. Saya menyetujuinya karena memang prosedurnya seperti itu.

Tanggal 12 Mei 2022, dana telah di-refund kepada pembeli SECARA PENUH meskipun sudah lewat dari 3 hari. Bagaimana dengan dana saya atas barang saya yang rusak? Belum dikembalikan karena masih dalam investigasi. Oke saya tidak masalah dan saya masih bersabar untuk menunggu selanjutnya.

Tanggal 18 Mei 2022, dana sudah dicairkan oleh Shopee dengan keterangan “Penggantian barang rusak” ke saya. Pencairan dana seperti ini tidak berlangsung mulus, alias setiap hari saya harus menelepon ke Shopee untuk pencairan dana saya. Agak janggal menurut saya pembeli sudah cair, tapi penjual belum. Kasus ini sudah selesai menurut saya (saat itu).

Tanggal 28 Mei 2022, sungguh aneh dana pencairan yang sebelumnya sudah di-refund/diganti oleh Shopee karena barang rusak, diambil kembali oleh Shopee. Kok bisa? Dana yang sudah diberikan lalu diambil kembali oleh Shopee. Saya sebagai pihak penjual langsung menghubungi Shopee kenapa dana ditarik kembali, dan untuk kalian yang pernah komplain ke Shopee pasti hafal betul dengan kalimat “Saya teruskan ke pihak terkait, mohon untuk menunggu bla bla bla“.

Tanggal 6 Juni 2022, Penjual mendapat email dari pihak Shopee bahwa HANYA digantikan 10x dari NILAI ONGKIR karena tidak pakai ASURANSI.

Sungguh aneh, sekarang saya tanya kepada para seller Shopee, di mana fitur ASURANSI sebagai PENJUAL? Tidak ada!

Kok bisa Shopee hanya mengklaim 10x dari nilai ongkir? Sementara saya sudah tanyakan ke lebih dari 1 gerai JNE bahwa untuk masalah asuransi mengikuti pihak e-commerce-nya. Untuk masalah pelayanan, terutama dalam segi keamanan, Shopee masih jauh dari Tokopedia. Di Tokopedia, seller dan buyer sama-sama merasa aman, terutama dalam hal pengiriman.

Pembeli pun tidak menambahkan asuransi di pembelian barang tersebut. Namun sekali lagi, kok bisa BUYER / PEMBELI diganti dana FULL oleh Shopee ?

Saya merasa sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan oleh pihak Shopee maupun JNE, karena ini sudah memakan waktu terlalu lama. Jadi sekarang saya merasa waswas untuk menjual barang di Shopee lagi, terutama barang elektronik, karena Shopee sama sekali tidak kooperatif dan lepas tangan begitu saja.

Saya berharap ada itikad baik atau jalan tengah, antara pihak Shopee atau JNE, terkait kasus ini. Sampai dengan surat ini masih tayang, kasus masih belum selesai. Terima kasih.

Putra Talenta
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Putra Talenta

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen.com pada tanggal 8 Juni 2022 berjudul “Laptop Seharga 10 Juta...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya pernah beli laptop di shopee, oleh penjulanya asuransi dan packing kayu ditambahkan sendiri meski di shopee tidak ada opsi asuransi.
    Jadi seharusnya seller menambahkan sendiri asuransinya ke pihak JNE supaya lebih aman.

    • Wow kirim laptop seharga 10 juta dg JTR?? Itu resikonya sangat besar, barang yg di JTR pasti barang berat semua, walau sudah paking kayu nggak jamin bisa aman kalo pakai JTR.. Kedepannya jngan nyalakan opsi JTR untuk elektronik karena resikonya sangat besar..

      • Pernah ngalamin beli blender 120ribu tabungnya pecah untung ada video unboxing , saya retur cuma balikin 60ribu Bilangnya pegang oren? HARGA BARANGNYA DARI PABRIK SEGITU KAK , Najiss beli elektronik di OREN masih enakan lazada beli tv 24inci DVD aman?

    • Persis dengan masalah saya dlu pernah juga begini. Pihak shopee memang pro 99% ke pembeli dan 1% ke penjual. Makanny kalau saya selalu was" klo transaksi di shopee apalagi kalau COD saya tanya betul calon pembeliny sampai sy suruh poto dgn ktp dlu sesuai ga nama dgn alamatny yg mesan klo ga berani berarti bocil. Barang sampai ga ad yg nerima. Nasib seller di shopee???

      • Mohon maaf sebelum nya bukan maksud mengajari atau menggurui, tapi saran saya ke pihak shopee untuk menjaga kepercayaan orang atas layanan anda, mohon diganti kerugian si penjual bahkan alangkah baiknya dikasih lebih dari 10 juta untuk permintaan maaf atas kesalahan yang terjadi, supaya masyarakat lebih percaya pada layanan dan rasa tanggung jawab shopee,,,,

  • emang dananya gak bisa di amankan dlu? jadi setiap trma refund langsung pindahin ke rek bank gitu.

    soalnya gw kalo dapet refund langsung di amankan karna ya namanya duit ada aja org yg khilaf

    • Nah bener, kenapa tgl 18 mei udah direfund ke seller full ga segera diamankan dananya? Yg ada tgl 28 ditarik lg deh sm shopee

  • Ekspedisi mana pun kalau tidak memakai asuransi ganti rugi ny ya 10x ongkos kirim gan,, kalau barang elektronik seperti tv, laptop atau komputer d wajibkan packing kayu dan isi brang kalau bisa d lapisi buble wrap dan di tambah inisiatif dr seller ny menambahkan asuransi sharga nilai barangny meskipun si pembeli tidak memakai asuransi,,,

  • Enakan jualan receh ja om
    Saya jualan peralatan rmh tngga di shopee
    Bbrapa x brang hlg, tp krna nominal gak smpe 30rb, tanpa sya komplain pihak shopee lgsg ganti dgn sendirinya ?

    Klo brang jutaan gak brni sya jualan marketplace, untung gak seberapa, buntung yg ada

  • semoga cepat selesai, semoga ada sahabat lain bisa kasih solusi di kasus ini.

    lebih baik toped, baik pembeli dan penjual merasa lebih aman

  • shopee menjadi besar krn ada andil seller2 .... namun dg adanya kasus spt ini, seller hrs lebih memproteksi diri atas tiap transaksi yg ada .... entah itu dg menambahkan asuransi atas barang saat pengiriman atau dg cara yg lain .... jgn terlalu percaya dg penyedia jasa toko online, baik yg orange, hijau, merah, biru dsbnya .... penyedia jasa jg perlu masukan/keuntungan kalau perlu mungkin dg mengorbankan seller2 yg ada dg dalih2 yg bisa mrka pakai "itu sdh aturan", "itu ketentuan perusahaan" dsbnya.
    Trima kasih utk sharing nya, sangat membantu memberikan wawasan yg baru utk para seller toko online untuk mulai mengamankan barang2 jualannya sndiri dan tidak bergantung pada penyedia jasa. Tetap semangat jualan.

    • Kalo di shopee kan emang harus ajuin asuransi sendiri ke ekspedisinya dan bayar lagi untuk asuransi nya, saya juga gitu di shopee. Dan packing harus mengikuti standar packing dari pihak ekspedisi atau JNE.

  • Sepertinya ini kesekian kali pernah baca artikel yg mirip kasus barang jutaan namun hanya bisa diganti 10x ongkir

    Agak mencurigakan, seperti ada permen permenan

  • Sudah aturan? Case ini karena barang pecah saat pengiriman? Apakah salah seller atau pembeli ? yang jelas pihak jne atau shopee lepas tangan karena kesalahan yang mereka buat.
    Niat jualan bukan untung malah buntung tuh seller

    • Kesalahan pertama dari seller yg tdk menginfokan kalau barang elektronik apalagi sampai 10 jutaan hrs wajib packing kayu, dan kalau buyer menolak seharusnya ada perjanjian tsbt (JNE ada bukti form penolakan kalau buyer minta itu), dan sy yakin pihak ekspedisi pun akan lbh hati2 dgn barang2 yg beresiko spti itu, dan di ekspedisi manapun penggantian barang pecah/rusak tanpa asuransi pasti ganti cm 10 ongkir dan barang yg rusak pun akan di kembalikan ke seller. Jd dsni kasusnya JNE tdk lepas tangung jawab

  • Saran gw kalo elektronik mo hp, tv lcd, monitor komputer, jgn pernah beli di online. Pertama walaupun paket lu disetting anter mobil, dianterin ya pake kurir motor tetep secara lebih motong ongkos operasional menurut marketplacenya. Kedua kalo ilang/rusak ribet soalnya kalo pihak ekspedisi nyerahin kurir ga mngkin kurir ganti apalagi freelance jd dianggap kesialan penjual/pembeli. Saran gw jgn pernah beli brg elektronik kyk hp, tv lcd, monitor di online!!!

    • Entahlah, gw dah dari 2012an sering beli lcd laptop di tokped, ratusan uda, ga pernah ada masalah, entah itu mobo (laptop), hdd, monitor, etc.

      Yg bermasalah malah klo sellernya luar negri, pernah bli pcie x1 sound card, pas di pasang mati mobo pc gw, wkwkw, untung mobo murah,

  • Makanya, mest jadi smart buyer juga bos. Beli barang elektronik jgn d e-commerce, namanya juga di kirim expedisi. Dalam.perjalanan pengiriman ada kejadian apa kita tidak tau. Apalg pihak expedisi tidak akan perna memperlakukan special ini barang siapa, isinya apa. Yg dikirim khan banyak. Jadi amannya beli barang elektronik langsung ke toko offline aja