Uang Masuk dari Pinjol AdaModal Tidak Sesuai dengan Jumlah yang Diajukan

Kepada aplikasi pinjaman online AdaModal, mengapa tagihan saya masih ada di aplikasi pinjaman AdaModal? Padahal dana yang tidak sesuai dengan pengajuan awal sudah saya kembalikan.

Semua bermula ketika saya mengajukan peminjaman dana atas nama Amelia Andriyani sebesar Rp1.500.000, pada tanggal 3 Juni 2022 pukul 20:52:34. Kemudian pinjaman saya disetujui, dengan jumlah pembayaran sebesar Rp1.668.000 pada tanggal 17 Juni 2022. Namun dana yang saya terima di ATM saya hanya Rp1.190.000. Tagihan sebesar Rp1.668.000 seharusnya adalah tagihan untuk peminjaman Rp1.500.000.

Berikut saya sertakan bukti-buktinya:

Selanjutnya saya menghubungi AdaModal via akun Instagram, dikarenakan nomor telepon yang dicantumkan tidak dapat dihubungi di nomor 08568716093 dan di nomor (021)31196080. Kemudian saya mencoba mencari keberadaan lokasi kantor yang tertera di website AdaModal https://www.adamodal.co.id menggunakan maps. Namun kantor AdaModal tidak saya temui di sana, dan alamat yang tercantum di dalam deskripsi aplikasi berbeda dengan alamat yang tercantum di dalam website tersebut.

Oleh customer care di Instagram, saya disuruh untuk mengembalikan dana yang salah transfer terlebih dahulu dan kemudian dijanjikan akan dikirimkan kembali dana yang sesuai dengan pinjaman yang saya ajukan. Berikut saya lampirkan bukti-bukti percakapan saya dan customer care AdaModal via Instagram.

Selanjutnya pembicaraan dilanjutkan melalui WhatsApp. Pihak customer care AdaModal menghubungi saya via WhatsApp setelah saya mengirimkan nomor telepon.

Pada awalnya pihak AdaModal langsung menghubungi saya via call WhatsApp dan menyuruh saya untuk men-download aplikasi Dana Harapan dengan istilah “Pemulihan Data”. Sebelum kejadian ini, memang saya sudah pernah mendaftar ke aplikasi Dana Harapan, tapi ditolak. Hal yang sangat disayangkan oleh saya adalah bagaimana cara customer care menanggapi komplain dari saya. Dia memaki dan membentak saya, sehingga setelah beliau menyuruh saya men-download aplikasi tersebut, tidak ada tindak lanjut kembali.

Setelah itu tidak ada lagi pembicaraan. Sampai akhirnya pada hari Rabu, 8 Juni 2022 saya kembali dihubungi oleh pihak AdaModal di WhatsApp. Dihubungi oleh pihak AdaModal untuk meng-screenshot aplikasi AdaModal. Hal ini dibarengi oleh perubahan tagihan di aplikasi AdaModal saya menjadi sebesar Rp1.256.640. Tagihan tersebut adalah tagihan untuk pinjaman sebesar Rp1.190.000.

Dari bukti percakapan pihak AdaModal justru menyuruh saya men-download “Aplikasi Support” yang tidak ada kaitannya dengan permasalahan saya di aplikasi AdaModal dengan alibi “Pemulihan Data” dan aplikasi tersebut merupakan aplikasi pinjaman online ilegal. Berulang kali saya tanyakan kantor dari AdaModal itu sendiri, tapi pihak customer care selalu menutupi. Panggilan dari saya pun selalu ditolak.

Karena rasa khawatir takut hal ini adalah sebuah penipuan. Pada akhirnya saya memutuskan untuk melapor kepada pihak OJK. OJK menyarankan saya untuk menghubungi pihak AdaModal. Namun sampai saat ini saya mencoba menghubungi pihak AdaModal baik via email maupun nomor telepon yang tertera di dalam aplikasi dan website, tetap tidak dapat terhubung. Begitu pun dengan nomor CS yang menghubungi saya via WhatsApp.

Untuk pihak AdaModal dimohon untuk menghapus tagihan saya yang tertera di dalam aplikasi, karena uang tersebut sudah saya kembalikan pada tanggal 4 Juni 2022 19:16:37, melalui nomor VA Bank BNI: 8808789565400885.

Setelah kejadian ini selesai, dimohon data saya untuk dihapus supaya tidak disalahgunakan kembali. Tolong pihak AdaModal perbaiki nomor telepon yang benar di aplikasi dan juga websitenya, supaya bila ada kejadian seperti saya lagi mudah untuk mengklarifikasinya.

Amelia Andriyani
Jakarta Timur, DKI Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Adamodal atas Surat Ibu Amelia Andriyani

Menanggapi pengaduan yang telah disampaikan Ibu Amelia Andriyani pada Media Konsumen tanggal 11 Juni 2022 berjudul “Uang Masuk dari Pinjol...
Baca Selengkapnya

54 komentar untuk “Uang Masuk dari Pinjol AdaModal Tidak Sesuai dengan Jumlah yang Diajukan

  • 13 Juni 2022 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Yg menjadi menjadi persoalan saat ini antara lain kinerja dan fungsi dari OJK itu sendiri bagaimana? Kasihan konsumen banyak dibodohi oleh pinjol yg berstatus dalam pengawasan OJK, tapi ketika konsumen mengalami permasalahan OJK terkesan tidak mau ikut campur dan menyerahkan kembali kepada konsumen. Bukankah lebih baik jika OJK yg bekerja langsung menanyakan ke pinjol bermasalah tersebut. Karena konsumen pinjam bayar pajak lho sekarang. Dan anda dibayar oleh pajak rakyat…

  • 13 Juni 2022 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Mengenai postingan saya sebelumnya kepada platform AdaModal, pihak AdaModal telah menghubungi saya dan menjelaskan kepada saya permasalahan yang terjadi disini. Pihak AdaModal juga telah menjelaskan jika tidak memiliki akun instagram dan akun bernama adamodal.app bukan milik AdaModal.
    Namun sampai saat ini belum ada kontak hubung resmi dari AdaModal selain di “Chat Sekarang” di aplikasi, karena kontak hubung di deskripsi aplikasi dan di website resmi AdaModal https://www.adamodal.co.id sudah tidak dapat digunakan. Hal yang disayangkan pula kontak hubung resmi AdaModal di “Chat Sekarang” di aplikasi memiliki respon yang sangat lama, dikarenakan keluhan saya direspon setelah berjeda 4 hari. Kedua hal tersebut yang menjadi masukan saya kepada pihak AdaModal. Semoga pihak AdaModal dapat memperbaikinya dengan segera, supaya jika ada kejadian seperti saya lagi dapat dengan cepat di klarifikasi ke pihak AdaModal.
    Disini permasalahan mengenai postingan saya telah selesai. Pihak AdaModal telah membantu saya dalam menyelesaikan masalah yang saya alami. Terima kasih kepada pihak AdaModal yang telah merespon keluhan saya dan membantu menyelesaikan masalah. Semoga masukan saya direspon dengan segera dan semoga kedepannya tidak ada lagi kejadian seperti saya ini. Terima kasih.

  • 14 Juni 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Mba mereka bisa aja memanipulasi semuanya, bilangnya terdaftar ojk, apa betul mereka terdaftar ojk, ada buktinya??
    Orang ojk nya aja malah suruh balik lagi ke apk itu

  • 27 Mei 2023 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Aplikasi aneh…
    Pengajuan di tolak tapi ada tagihan…
    Cek bolak balik mutasi rekening ga ada data transfer masuk, penagihan dengan ancaman sebar data…

    Saya email ke CS@adamodal tapi ada yg email dari CUSTOMER@adamodal… Yg bener yg mana tuh..

    Email CS menanyakan untuk compare data mutasi transferan dari ada modal dan saya cek mutasi dana masuk pada tanggal pengajuan tapi ga ada sama sekali itu saya cek 3 hari sebelum tgl pengajuan dan 10 hari setelah tgl pengajuan tetap tidak ada.

    Ketika saya compare ke OJK infonya banyak aplikasi yg menempelkan gambar logo AFPI & OJK agar terlihat legal dan padahal dia aplikasi ilegal.

    Sampai sekarang saya masih menunggu dari PIHAK ADA MODAL UNTUK MEMBERIKAN DATA MUTASI TRANSFER DARI ADA MODAL KE REKENING SAYA biar bisa saya cek di rekening kebenarannya.

    Kalau pun memang benar ada dan cocok serta valid, saya PASTIKAN akan menyelesaikan kewajiban saya.

    Hati hati untuk semua terhadap pinjol.
    Karena OJK tidak ada keberanian untuk menutup semua aplikasi pinjol baik legal dan ilegal.

  • 8 Juni 2023 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Yg sangat disayangkan. Tugas OJK ini apa sih. Setiap iklan pinjol selalu dikatakan di beri ijin dan diawasi OJK, tapi begitu ada masalah NO ACTION. Mendingan di bubarin aj OJK. Kemudian buat aturan tegas berdasarkan nma si direksinya, agar ada blacklist orang tersebut dalam mendirikan usaha. Jd walpun pinjol ditutup, tidak akan bisa lagi berdiri dengan nama lain.

 Apa Komentar Anda mengenai AdaModal?

Ada 54 komentar sampai saat ini..

Uang Masuk dari Pinjol AdaModal Tidak Sesuai dengan Jumlah yang Diajuk…

oleh Amelia dibaca dalam: 2 menit
54