Tagihan Overlimit Bank Mega yang Menjebak dan Merugikan Nasabah

Disini saya ingin membagikan pengalaman saya menggunakan kartu kredit Bank Mega.

Saya ingin menyampaikan keluhan saya atas sistem Bank Mega yang melakukan penagihan overlimit charge senilai Rp. 250.000 dikarenakan Billing Tagihan saya pada bulan April 2022 terdapat kelebihan pemakaian sebesar Rp26.378,-

Saya sudah membuat pelaporan ke call center Bank Mega pada bulan Mei 2022 Nomor Laporan REV13338972 untuk penghapusan biaya overlimit tersebut akan tetapi hasil dari permohonan saya disetujui atau tidak, saya tidak mendapatkan informasi.

Saya baru mengetahui bahwa permohonan saya ditolak oleh pihak Bank Mega ketika saya mendapat billing tagihan di bulan berikutnya Juni 2022, saya dikenakan kembali biaya overlimit fee sebesar Rp. 250.000 ( dikenakan 2 kali biaya over limit fee menjadi total Rp 500.000,- )

Karena telah dibebankan sebanyak dua kali biaya over limit fee, saya merasa keberatan. Kemudian saya kembali menghubungi call center Bank Mega, untuk membuat pengajuan penghapusan biaya over limit fee yang sudah 2 kali dibebankan kepada saya dengan nomor laporan REV 13488916.

Setelah 5 hari dari tanggal pengajuan saya, mendapatkan informasi melalui telepon dari call center Bank Mega, bahwa permohonan saya untuk penghapusan biaya over limit fee disetujui hanya untuk Bulan April saja, untuk tagihan bulan Mei tidak disetujui.

Yang membuat saya merasa aneh, pengajuan saya awal kenapa ditolak sehingga menyebabkan timbul lagi biaya over limit fee di bulan berikutnya. Jika dari awal pengajuan saya disetujui pasti tidak akan menimbulkan biaya over limit kembali. Sedangkan saya tidak mendapatkan penjelasan yang masuk akal dari call center, tentang penolakan pengajuan penghapusan over limit fee bulan Mei.

Sehingga di sini kesannya Bank Mega mencari celah untuk menimbulkan biaya yang harus wajib dibayarkan oleh nasabah.

Semoga keluhan saya mendapatkan tanggapan dari pihak Bank Mega, agar nasabah yang lain tidak dirugikan seperti saya, hanya karena over limit sebesar Rp. 26.378,- sehingga saya harus menanggung kerugian sebesar Rp. 500.000,-. Seharusnya ada limit toleransi yang diberikan oleh pihak Bank, yang tidak merugikan dan menjebak nasabah dikondisi sulit saat ini.

Harun M.
Medan – Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:71    Rata-Rata: 3.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Tagihan Overlimit Bank Mega yang Menjebak dan Merugikan Nasabah

  • 22 Juni 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    wow ngeri amat bank mega, berasa kayak kena jebakan ini!!

    tapi memang dari situlah pendapatan bank dari produk kartu kreditnya.
    kalo semua nasabah kartu kredit tertib, nanti gak ada bunga, denda, atau pinalti, yang otomatis itu semua menjadi pemasukan buat bank.

    5
    1
    • 24 Juni 2022 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah kena hal serupa ini, yg pertama bs tp tdk ada pemberitahuan bahwa diterima penghapusan harus kt yg hubungin call mega, yg kedua saya kena lg hrs hubungin call mega br bs tau, yg kedua ditolak permintaan penghapusannya, saya lantas kecewa minta di ttp saja kk mega, tp yg kedua dipotong 160rb, jd saya tdk jd ttp kk mega nya hehe, kedpnnya klo sampe over limit harusnya decline/ditolak, jgn sampe kena 250rb lg gak fair itu.

  • 23 Juni 2022 - (04:50 WIB)
    Permalink

    cc mega mah tutup aja cc bank paling gak bener dari dulu itu sering masalah. Gw dl punya mau nutup lwt call center aja dipersulit macam2 sampai gw marah2 di cabangnya baru dah di tutup hadeh.

    • 23 Juni 2022 - (07:57 WIB)
      Permalink

      tutup saja cc nya nanti pada saat mau di turup pasti merajuk bank nya bakal di iming2i aprove penghapusan over limitnya semua

  • 23 Juni 2022 - (10:29 WIB)
    Permalink

    mestinya anda sblm dpt kepastian pengajuan penghapusan overlimitnya disetujui ya bayar tagihan sesuai minimum yg ditagihkan atau sukur2 bayar diatas tagihan minimum. namanya pengajuan itu bs disetujui bs juga ditolak lho. kl merasa udh kecewa sm bank mega ya udh lsg tutup aja kartu kreditnya

  • 23 Juni 2022 - (10:35 WIB)
    Permalink

    2 bulan berturut kena overlimit fee yg berarti penggunaan kartu mendekati limit, terlalu ber-resiko, mengingat Mega memberikan byk biaya aneh yang tanpa sepengetahuan nasabah baru kelihatan ketika tagihan muncul. Lunasi segera, tutup kartu, lalu ajukan kartu dari bank penerbit lain saja.

  • 23 Juni 2022 - (11:40 WIB)
    Permalink

    Hahaha… Emang sih satu bank ini banyak jebakan yg mesti kita teliti.. Saya juga pernah dapat biaya overlimit, begitu di telpon bisa dapat penghapusan langsung (karena hanya 1x dapat program penghapusan biaya overlimit). Padahal bank lain ga akan bisa accept kalau sampai overlimit, tapi Mega berdalih ada dana cadangan 10% dr nilai limit awal..
    Tapi aneh juga ya bisa 2x biaya overlimit? Apa kah di Mei ada penggunaan overlimit lagi?
    Biaya iuran tahun pun cukup mahal, kelas platinum 750.000, sedangkan bank lain hanya mengenakan 350.000 untuk platinum card.. Tapi akhirnya selalu Saya atur untuk tagihan per bulan jatuh tempo iuran, Saya ga ada transaksi dan tidak ada tagihan. Agar bisa “mengancam” untuk tutup kartu kalau ga di ACC penghapusan iuran tahunan 😄
    Kejar terus Pak, semoga bisa di hapuskan keseluruhan biaya OL…

    • 23 Juni 2022 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Terjadi jg sm saya padahal pas tgl tagihan masih dibawah limit pas ditanyakan pada masa periode pemakaian ada pemakaian melebihi limit shg secara otomatis timbul beaya over limit walaupun saya sdh membayar shg pas cetak tagihan masih dibawah limit

  • 23 Juni 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Saran sy pke cc jgn di abisin lah limit nya. Sisain 1 juta. Klo di abisin ya resiko kek gini. H**C jg gini. Belanja kelebihan ya kena over limit change. Mau di bayar sebelum tagihan keluar ya sama aja.. Makanya ane selalu sisain limit minimal 1 jt biar aman. Rugi loh kena change. 😂

    • 23 Juni 2022 - (12:46 WIB)
      Permalink

      sy pernah pake cc C***, limit 7jt, sy gesek full 7jt, kena biaya notifikasi 5rb, jd overlimit 5rb doang, kena 150rb by overlimit. request hapus ga bisa, yaudah sy byr aja semuanya, trus ga pernah dipake lg, padahal dari gesek 7jt bank juga dpt chuan banyak. apa susahnya hapus, bulan berikutnya kan sy bs pake lg. akhirnya sy pake cc B*A yg lebih friendly, ga kaku

  • 23 Juni 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Baru kejadian bulan ini, saya sudah melunasi dan menutup tagihan kartu kredit bank mega saya dari tahun kemarin di bulan november karena biaya overlimit fee nya gak sedikit tiap bulannya..
    Terus pas udah saya lunasi & saya tutup
    Saya gak dikasih surat lunas, kesalahan saya saya gak minta surat lunas itu soalnya aku udah gak pernah nerima tagihan via email dari bank mega
    Ku kira udah clear masalah kartu kredit.. Ehh awal bulan ini DC datang ke rumah nagih lagi total gak sedikit dong 3,5jt..
    Kagett setengah mati aku.. Untungnya chat & bukti pembayaran semua masih aku save jadi aku tunjukin ke DC nya kalo aku sudah lunas..
    Sii dc gak terima tlp atasannya..
    Atasannya ngomong by tlp sama aku katanya pembayaran sebelumnya itu belum ada pemberkasan dll..
    Dan saya disuruh bayar lagi, gila gak ? Meres nasabah chuiiyy…
    Aku gak mau, orang dari awal emang dari pihak bank mega ga ngasih berkas apa apa buat ditandatangani dll..
    Debatlah saya dengan atasannya si DC
    Akhirnya saya disuruh bayar lagi 300rb untuk pemberkasan setelah itu surat lunas keluar..
    Jujur sejujur jujurnya aku males berkepanjangan
    Aku cerita sama suami dan suami gak ngijinin buat bayar lagi.. Tapi aku males bangett urusan sama bank bank model bengini akhirnya aku iyain tanpa sepengetahuan suami aku tf ke kk megaku 300rb biar kelar
    Sesudah itu 2 hari ni atasan gak ada kabar gimana sama surat lunasku, ehh dia bilang surat lunas keluar setelah 14 hari kerja… Okk tak tunggu 14 hari kerja, kalo masih belum keluar juga mau aku viralin semua bukti chat, pembayaran, dll..
    Saran aku buat yang mau ngelunasi kartu kredit mega kejar terus surat lunasnya biar gak kejadian kaya aku gini diperes..

    • 23 Juni 2022 - (23:03 WIB)
      Permalink

      Bulan ini saya juga barusan kena biaya tsb.. ini ke 3x saya kena biaya aneh tersebut.. di kk saya lain biasanya ada pemberitahuan kalo limit mau habis.. perlu saya jelas kan diawal pemakain kk saya murni 100% bisnis bukan konsumtif..pertama bayar dulu semua tagihan kk tp tidak termasuk over limit..soalnya kalo dibayar tidak akan bakal dikembalikan.. telp cs minta penghilangan biaya over…suruh buat laporan .. soalnya wewenang penghapusan bukan di cs percuama adu debat.. ulangi bulan depan kalo gagal.. selamat mencoba … oya untuk bank mega.. memang kualitas mu perlu di perbaiki kalo mau sekelas bca .. hahaha

  • 23 Juni 2022 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Memang itu triknya BANK MEGA nyari duit. Sudah overlimit tp tidak didecline, alasannya krn kita diberi fasilitas toleransi 20% dr limit kita, harusnya free dong tp ngga ini ttp kena denda overlimit dan kita mau hapus fasilitas tsb pun tidak bisa!

  • 23 Juni 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Wah, kalau bank Mega sudah terkenal se-Indonesia bagaimana parahnya layanan mereka.

    Pengalaman sy juga pernah nutup CC aja berlibet bener dan muncul tagihan2 yg “gak masuk akal” … Sudah tutup saja masih bisa terima tagihan wkwkwkwkwk…

    Parah itu memang….

  • 23 Juni 2022 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Kartu bank itu paling banyak biaya2 silumannya dan mau nutup susah. Biaya bulanan aja bisa 50rb ditambah tahunan

  • 24 Juni 2022 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Saya sudah mengalaminya.. Sangat Menyesakkan..Over Limit Satu Rupiah saja kena Charge Overlimit 250rb😂, Penjelasan Call Center Ada Over Limit Utama dan ada Over Limit Cadangan.. Lebih Pusing Lagi Dengernya😂 Jebakan CC, Rencana Mau Tutup Total Saja. Asli saya sangat kecewa dengan CC Mega, Sangat Merugikan Konsumen

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Tagihan Overlimit Bank Mega yang Menjebak dan Merugikan Nasabah

oleh Harun dibaca dalam: 1 menit
18