Pihak Asuransi Astra Mendebet Kartu Kredit Permata Saya Tanpa Konfirmasi Jelas

Tanggal 29 Juni 2022 hari Rabu pagi, saya coba telepon call center PermataBank 1500111, untuk mengonfirmasi bahwa di billing tagihan saya ada tagihan asuransi sebesar Rp33.106 dengan keterangan: AVA IPRO KREDITKU TERPROTEKSI -06/2022.

Saya tidak merasa menyetujui. Namun oleh pihak Permata Kartu Kredit disarankan untuk langsung mengonfirmasi pihak Astra Asuransi dengan nomor telepon 1500 282. Lalu diterima oleh CS-nya, dicek dengan menyebutkan nomor KTP saya, nomor kartu kredit saya. Namun mereka tidak menemukan berkas saya menurut informasi waktu itu.

Akhirnya mereka minta waktu 2 hari ke depan untuk cek dengan bagian terkait. Harusnya Jumat tanggal 1 Juli atau Senin tanggal 4, pihak Astra janji menghubungi atau meng-email saya. Namun tidak ada konfirmasi dari mereka sampai dengan hari ini tanggal 5 Juli 2022. Saya coba telepon lagi di 1500 282 diterima dengan Astri dengan nomor pelaporan: 2206290949084.

Saya merasa dirugikan, kenapa mereka bisa dengan mudah mendebit kartu kredit saya tanpa ada konfirmasi atau persetujuan dari saya? Saya juga tidak menerima polis dari mereka. Jadi tolong pihak asuransi mengonfirmasi pengaduan saya ini. Jika saya menyetujui menurut kalian tolong bisa berikan bukti kapan kalian mengonfirmasi saya. Polis juga saya tidak menerima.

Ini saya kirim bukti jika saya sudah telepon 1500282 selama kurang lebih 5 menit lagi dan kalian tidak memberikan jawaban pasti. Saya sebagai customer merasa dirugikan.

Aprin Dinna Mariana
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Permata:
[Total:11    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan PermataBank atas Surat Ibu Aprin Dina

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Aprin Dina Mariana berjudul “Pihak Asuransi Astra Mendebet Kartu Kredit Permata Saya...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Pihak Asuransi Astra Mendebet Kartu Kredit Permata Saya Tanpa Konfirmasi Jelas

  • 8 Juli 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Menurut saya yang bertanggung jawab adalah Permata. Siapa yang memberi kuasa untuk auto debit? Bank tidak bisa langsung auto debit tanpa ada ‘surat kuasa’, yang ditanda tangani oleh pemilik kartu kredit dan konfirmasi ke pemilik.

    1
    3
    • 8 Juli 2022 - (12:32 WIB)
      Permalink

      Bank itu cuma perantara antara pihak asuransi dgn nasabah. Sudah jelas ini asuransi nya yg nakal, main auto debet cc orang tanpa ada bukti persetujuan

      • 8 Juli 2022 - (20:20 WIB)
        Permalink

        pernah ngalamin hal yg sama saya tapi bukan CC melainkan debit
        kronologinya saat itu sales astra life menelpon dan saya dengerin dia ngomong ga berhenti berhenti hampir 1 jam dan saat konfirmasi akhir padahal saya udah bilang nanti saya rundingkan dengan keluarga dulu!!tapi nyatanya selang 7 hari kemudian ada debit pembayaran asuransi ke astra life 360 ribu
        begitu saya konfirmasi ke astra life ternyata salesnya berbohong dan bilang saya setuju untuk ikut program astralife begitu saya tanyakan buktinya mereka ga bisa kasi dan menyuruh saya mengajukan refund
        ya udah saya langsung ajukan refund dan komplain lalu 14 hari kemudian dana saya balik lagi ke rekening permata

    • 8 Juli 2022 - (16:29 WIB)
      Permalink

      Kan system nya ada di Permata. Asuransi itu nakal atau tidak tetap kuncinya ada di Bank Permata. Eksekusi system nya di Bank Permata. Asuransi tidak ada akses utak atik akun orang di Bank.
      Yang harus dipertanyakan kenapa Bank nya mengeksekusi kalau tidak ada surat kuasa dari nasabah pemegang kartu.
      Jadi kalau si nasabah disuruh ngurus sendiri ke Asuransi nya menurut saya itu bukan jalur yang wajar.
      Asuransi : Bang, pindahin dana segini dari CC nya si Anu, si Anu ngambil asuransi dari kami.
      Bang : Si Anu ngasih Surat Kuasa pemindahan dana dari akunnya? Mana surat kuasa, lengkap dengan tanda tangan dan copy KTP nya, kami tak bisa utak atik akun tanpa persetujuan nasabah. Minimal bukti rekaman kalau Asuransi menawarkan lewat telepon dan nasabah menyatakan persetujuannya.
      Ilustrasi nya begitu.
      Saya mengilustrasikan ini berdasarkan pengalaman saya untuk tagihan nomor prabayar saya yang auto debit di CC saya, dan saya mengasuransikan tagihan saya, saya setuju via telepon, dan berjalan. Karena Pandemi saya tidak ada transaksi di CC, jadi tidak ada tagihan, jadi saya tidak bayar premi.

      1
      3
  • 9 Juli 2022 - (06:43 WIB)
    Permalink

    Paling ini pernah terima telpon dr sales asunya, tp dy ngga bilang blak2an ini produk asu bisa jd dibilang ini fasilitas gratis utk nasabah terpilih blablabla. Ada kemungkinan ngomongnya cepet pula jd secara ngga sadar anda iya2 aja biar cepet kelar.. who knows.

  • 9 Juli 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Yg namanya ASUransi mmg seperti itu kelakuannya klo ga begitu siapa yg mau ikut ASUransi
    Udh mati suri ASUransi
    ASUransi tukang ngibul smoga markering ASUransi cpt tobat cari kerja lain aja

  • 12 Juli 2022 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Dengan kejadian ini, bapak / ibu bisa membuat pelaporan ke OJK dan Pengadilan. Tuntut 1 milyar atas pencurian data dan penyalahgunaan hak orang lain secara sadar dan terbukti.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Permata?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pihak Asuransi Astra Mendebet Kartu Kredit Permata Saya Tanpa Konfirma…

oleh Khenzo.Keito dibaca dalam: 1 menit
8