Surat Pembaca

Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hilang

Halo, saya Fiqih, penjual laptop di marketplace Shopee. Saya merasa dirugikan oleh pihak ekspedisi Anteraja, yang sudah menghilangkan barang saya dan tidak mau mengganti barang saya yang dihilangkan secara penuh. Izinkan saya untuk menceritakan permasalahan yang sedang saya alami. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 28 Mei 2022 14:27, saya menerima pesanan berupa laptop ASUS CHROMEBOOK C423NA berjumlah 1 unit, dengan besaran nominal Rp3.399.000 dan nomor pesanan: 220528C92NSPK5. Pesanan tersebut dikirim dari Tangerang/Tangcity Mall ke KAB. KARAWANG, KUTAWALUYA, JAWA BARAT dengan nomor resi/AWB Anteraja: 10004713626412.

Namun hingga tanggal 12 Juni 2022 09:46, barang tersebut tidak kunjung datang ke pembeli. Saya coba track paket tersebut di halaman Shopee, tapi paket saya tidak ada progres sama sekali. Lalu saya coba menghubungi pihak Anteraja melalui via telepon untuk menanyakan perihal paket saya. Di sini tentu saya khawatir, dikarenakan barang yang dikirim adalah 1 unit laptop.

Lalu pihak Anteraja dan Shopee menginfokan saya dan menyuruh saya untuk menunggu, dengan menjanjikan estimasi barang akan diterima pada tanggal 14 Juni 2022. Setelah diinfokan, saya menjadi tenang dan mencoba bersabar dan berpikir positif.

Namun pada tanggal 16 Juni 2022 tiba-tiba pas dicek kembali barang saya dinyatakan hilang oleh pihak Shopee dan Anteraja.

Tanggal 17 Juni 2022 12:48, saya coba kembali untuk menghubungi pihak Anteraja untuk menanyakan kejelasan paket saya. Anteraja sudah mendeklarasikan bahwa paket saya akan tiba/diterima pada tanggal 14 Juni 2022. Namun kenyataannya hingga tanggal 16 Juni 2022, paket tersebut tidak kunjung datang dan malah dinyatakan hilang, yang kemudian diganti oleh pihak Shopee sebesar Rp560.000 atau 10x ongkir. Sedangkan si pembeli digantikan full senilai Rp3.399.000 oleh pihak Shopee.

Kemudian saya menelepon Pihak Anteraja, yang akhirnya membuatkan nomor tiket pelaporan tiket ID: 1690826. Pihak Anteraja juga memberikan informasi kepada saya bahwa akan dibuatkan surat BAP atau surat kehilangan barang dalam waktu 3 hari ke depan dan akan digantikan sepenuhnya sesuai jumlah barang tersebut, bukan 10x ongkir saja.

Pada tanggal 27 Juni 2022, saya menelepon kembali untuk menanyakan perihal tersebut, karena belum digantikan sepenuhnya. Ternyata surat BAP saya belum kunjung usai atau belum diproses oleh pihak Anteraja dan akan diprioritaskan dan membutuhkan waktu lagi selama 3 hari.

Sampai sekarang barang saya belum digantikan penuh oleh tim Anteraja dan tim Shopee. Di sini saya sangat dirugikan, jelas-jelas barang saya kirim dengan keadaan utuh, dan pada kenyataannya malah barang hilang, tapi tidak dipertanggung jawabkan sesuai harga nominal barang tersebut.

Mohon untuk pihak Anteraja dan Shopee untuk melakukan pergantian full, dikarenakan di pihak Shopee tidak ada fitur asuransi bagi seller.

Terima kasih.

Fiqih Arjieanto
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Fiqih

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Fiqih yang berjudul: “Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hilang”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Lama lama kurir antera** ini di lupakan orang kalau paket barang mahal sering hilang....

  • Senasib dengan saya, orderan dari tgl 7 juli sampai saat ini tersendat digudang sortir, padahal dari shopee sudah dikirim dari tgl 7, entah bagaimana nasib paket saya, pasahal nominalnya gde hampir 2hutaan.

  • Sering terjadi..
    Shopee ga punya fitur asuransi, jd kalo hilang memang 10x ongkir. Di S&K shopee kan udah ada. Makanya kalo jualan di shopee barang remeh temeh aja.. (Ga lebih dari ratusan ribu)
    Kalo udah di atas 1jt rekomended toped

    Anyway semoga dapat solusi terbaik

  • Saya juga baru ngalamin ini. Barang sudah diambil kurir dr tgl 8 juli tp sampai skrng belum juga dtg padahal estimasi sampai tgl 14 juli. Mau nyalahin pihak shopee tp kan ini yg bermasalah si jasa kirim anteraja. Dan tgl 17 juli status paket telah diterima oleh cabang daerah saya tp statusnya belum dikirim ke rumah hari ini. Lumayan semingguan paketnya dibawa sama si anteraja