Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hilang

Halo, saya Fiqih, penjual laptop di marketplace Shopee. Saya merasa dirugikan oleh pihak ekspedisi Anteraja, yang sudah menghilangkan barang saya dan tidak mau mengganti barang saya yang dihilangkan secara penuh. Izinkan saya untuk menceritakan permasalahan yang sedang saya alami. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 28 Mei 2022 14:27, saya menerima pesanan berupa laptop ASUS CHROMEBOOK C423NA berjumlah 1 unit, dengan besaran nominal Rp3.399.000 dan nomor pesanan: 220528C92NSPK5. Pesanan tersebut dikirim dari Tangerang/Tangcity Mall ke KAB. KARAWANG, KUTAWALUYA, JAWA BARAT dengan nomor resi/AWB Anteraja: 10004713626412.

Namun hingga tanggal 12 Juni 2022 09:46, barang tersebut tidak kunjung datang ke pembeli. Saya coba track paket tersebut di halaman Shopee, tapi paket saya tidak ada progres sama sekali. Lalu saya coba menghubungi pihak Anteraja melalui via telepon untuk menanyakan perihal paket saya. Di sini tentu saya khawatir, dikarenakan barang yang dikirim adalah 1 unit laptop.

Lalu pihak Anteraja dan Shopee menginfokan saya dan menyuruh saya untuk menunggu, dengan menjanjikan estimasi barang akan diterima pada tanggal 14 Juni 2022. Setelah diinfokan, saya menjadi tenang dan mencoba bersabar dan berpikir positif.

Namun pada tanggal 16 Juni 2022 tiba-tiba pas dicek kembali barang saya dinyatakan hilang oleh pihak Shopee dan Anteraja.

Tanggal 17 Juni 2022 12:48, saya coba kembali untuk menghubungi pihak Anteraja untuk menanyakan kejelasan paket saya. Anteraja sudah mendeklarasikan bahwa paket saya akan tiba/diterima pada tanggal 14 Juni 2022. Namun kenyataannya hingga tanggal 16 Juni 2022, paket tersebut tidak kunjung datang dan malah dinyatakan hilang, yang kemudian diganti oleh pihak Shopee sebesar Rp560.000 atau 10x ongkir. Sedangkan si pembeli digantikan full senilai Rp3.399.000 oleh pihak Shopee.

Kemudian saya menelepon Pihak Anteraja, yang akhirnya membuatkan nomor tiket pelaporan tiket ID: 1690826. Pihak Anteraja juga memberikan informasi kepada saya bahwa akan dibuatkan surat BAP atau surat kehilangan barang dalam waktu 3 hari ke depan dan akan digantikan sepenuhnya sesuai jumlah barang tersebut, bukan 10x ongkir saja.

Pada tanggal 27 Juni 2022, saya menelepon kembali untuk menanyakan perihal tersebut, karena belum digantikan sepenuhnya. Ternyata surat BAP saya belum kunjung usai atau belum diproses oleh pihak Anteraja dan akan diprioritaskan dan membutuhkan waktu lagi selama 3 hari.

Sampai sekarang barang saya belum digantikan penuh oleh tim Anteraja dan tim Shopee. Di sini saya sangat dirugikan, jelas-jelas barang saya kirim dengan keadaan utuh, dan pada kenyataannya malah barang hilang, tapi tidak dipertanggung jawabkan sesuai harga nominal barang tersebut.

Mohon untuk pihak Anteraja dan Shopee untuk melakukan pergantian full, dikarenakan di pihak Shopee tidak ada fitur asuransi bagi seller.

Terima kasih.

Fiqih Arjieanto
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Shopee:
[Total:150    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Fiqih

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Fiqih yang berjudul: “Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hilang”...
Baca Selengkapnya

59 komentar untuk “Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hilang

  • 16 Juli 2022 - (08:39 WIB)
    Permalink

    “dikarenakan di pihak Shopee tidak ada fitur asuransi bagi seller.”

    tapi masih jualan di shopee

    26
    5
    • 17 Juli 2022 - (07:44 WIB)
      Permalink

      Kalau saya jualan di shopee khusus hp harga mahal saya kasih keterangan besar dibawahnya hanya bisa dikirim lewat jne.. karena hanya jne satu2nya yg cahlessnya bisa ditambahkan asuransi..

      9
      1
  • 16 Juli 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Sama. Saya kapok dan menyesal pakai Anteraja. Saya beli barang di Tokopedia tanggal 8 Juli, dan dikirim 9 Juli. Namun sampai sekarang status stuck di tanggal 11 Juli dan sampai sekarang tidak ada kejelasan. Customer Service pun nggak membantu sama sekali. Cukup sekali ini saja pakai Anteraja. Untuk kedepannya lebih baik pakai yang lain. Dan saya lihat di akun sosmednya pun ternyata banyak sekali keluhan yang sama.

    18
    1
    • 16 Juli 2022 - (10:06 WIB)
      Permalink

      saya sudah lama pakai anteraja dan karna kejadian ini saya jadi kapok gan, saya juga baru mengalami kejadian seperti

      9
      5
      • 16 Juli 2022 - (11:52 WIB)
        Permalink

        Pdhl kejadian spti anda ini sdh banyak berseliweran dsni, tp knpa anda msh mengambil resiko.

        2
        4
        • 16 Juli 2022 - (12:52 WIB)
          Permalink

          Mohon maaf gan sebelum nya, saya sendiri saja baru ngalamin kejadian seperti ini, dan saya pun baru tau kalau ternyata banyak yg mengalami

          9
          1
      • 16 Juli 2022 - (22:04 WIB)
        Permalink

        Kalau jual barang di tokped biasanya otomatis. Memang terbilang sepi soalnya kadang barang murah ada fitur asuransinya yg ditanggung pembeli. Saran sihh kalau jual barang di shopee aktifkan star aja nggak perlu freongkir & chasback extra. Jadi buat asuransi aja yg 0.2 persen. Dan memang penggantian 10x ongkir kalau nggak ada asuransi

        2
        1
  • 16 Juli 2022 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Saking seringnya membaca segudang masalah pembelanjaan di shopee di MK ini membuat saya “Pensiun” belanja di Shopee walaupun Alhamdulillah belum pernah dapat masalah yang berarti selama belanja Online, Akhirnya saya Total pindah ke Tokopedia yg sudah jelas ada Asuransi. Saran untuk Kakak jika belanja barang yg nominalnya cukup mahal pakailah Kurir yang bagus misal JNE, jangan tergiur gratis ongkir. pakailah ongkir demi keamanan dan kenyamanan kita sebagai Buyer.
    Semoga permasalahannya cepat selesai dan ada jalan keluarnya.

    14
    7
      • 16 Juli 2022 - (13:53 WIB)
        Permalink

        maaf oot om, ini artikel proses nya berapa lama ya di public dari om kirim.

        saya ada baut artikel juga tapi belum public / tayang dari tgl 13 juli 🙂

    • 16 Juli 2022 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Nggak nyambung, sebagai buyer beli dimanapun itu sama, kalo barang tidak kita terima ya dpat ganti full, yg harus lebih berhati2 itu seller karena tidak ada asuransi dari shoope.. Apalagi masalah gratis ongkir makin nggak nyambung lagi.. Kalo sbg buyer psti pilih gratis ongkir karena duit kita tetep aman2 aja

      11
    • 17 Juli 2022 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Yg bilang sama brrti mainmu kurang jauh sebagai seller.. coba deh ke jne, kasih resi cashless nya shopee.. terus tanya bisa asuransi tidak.. jawabannya BISA.. soalnya disistem jne bisa ditambahkan asuransi manual.. dan saya sudah berkali2 pakai.. dibawah produk saya, saya tulisin untuk produk hp tidak akan diproses selain pakai jne.. dikota saya kota kecil hanya jne yg mau bantu packing kasih gratis buble

      2
      3
    • 18 Juli 2022 - (04:22 WIB)
      Permalink

      Ini sih namanya latah.
      Jelas2 dalam kasus ini keslahan ada pada kurir bukan pada shopee.

      Kalo anda penjual kapok sama shopee karena ga ada fitur asuransi sih masih wajar. Lah anda sebagai pembeli kenapa ikut2an kapok sama shopee?

  • 16 Juli 2022 - (12:25 WIB)
    Permalink

    Di MK ini sudah bejibun komentar yang menyarankan untuk tidak berjualan barang/jasa dengan nominal besar di Shopee, karena opsi asuransi tidak di atur oleh Shopee sendiri. Jualan disitu ibarat seperti berdagang di emperan/trotoar, rutin bayar retribusi preman tapi saat giliran dagangan diangkut satpol PP premannya pada ngilang.

    22
    4
  • 16 Juli 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Kurirnya gak amanah, sistem jasa kirimnya bermasalah. Salut sama Shopee, masih mengganti 10x gratis ongkir. Krn yang salah JASA KIRIMnya, bukan Shopeenya!! Jd yang harus nanggung 100% kerugian materil dan kerugian imateriil tetep Jasa kirim lah.

    Ya kali perusahaan jasa kirim ga tanggung jawab dan bebas dr masalah, ane juga mau bikin perusahaan jasa kirim kalau masalah barang clien hilang gak wajib tanggung jawab.

    Semoga dibaca pihak jasa kirim:
    Ganti dan tuntut petugas yang bersangkutan untuk memberikan efek jera

    19
    9
    • 17 Juli 2022 - (03:44 WIB)
      Permalink

      Lah orang ini gak ngerti apa2 malah ikut koment, yg mengganti 10x ongkir itu pihak ekpedisi tong, dr ekpedisi di teruskan ke Shopee, malah bilang Shopee yg ganti
      Ntar kalo asuransi di Tokopedia , trs yg ganti full ke saldo si Tokopedia gitu? Ngakak gw

      • 17 Juli 2022 - (11:09 WIB)
        Permalink

        Lebih ngakak saya baca komentar Anda. Gak nangkep tapi sok tau.

        – Poin gue salah di jasa kirim, bukan di Shopee. Kalau Shopee yang ganti, ya kerennya di Shopee. Baca ulang yak, udah ngotot, salah, ngakak pula. Menjijikan.

        – aturan anteraja:
        Batasan tanggungjawab ANTERAJA apabila terjadi kehilangan atau kerusakan atas Paket, penggantian yang diberikan sesuai dengan deskripsi barang yang dicantumkan dan senilai Paket yang dinyatakan oleh Pengirim (dengan menyediakan bukti transaksi berupa invoice asli dan bukti pembayararan/bukti transfer) atau sebesar 10 kali biaya pengiriman, mana yang lebih rendah, dengan maksimal penggantian sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah)/kejadian/Resi untuk Paket selain dokumen dan sebesar Rp100.000,- (seratus ribu rupiah)/kejadian/Resi untuk Paket berupa dokumen. Batas waktu permohonan penggantian paling lambat 3×24 jam setelah tanggal Paket tersebut seharusnya telah diterima di tujuan untuk kehilangan total atau pada hari yang sama pada tanggal penerimaan Paket untuk kerusakan / kehilangan sebagian.

        Sumber: https://anteraja.id/terms-and-conditions

        • 17 Juli 2022 - (11:35 WIB)
          Permalink

          Nih orang yg kagak paham aturan ekpedisi kali jadi nya sok tau, orang menyalahkan Shopee karena pihak Shopee tidak menyediakan fitur asuransi seperti Tokopedia, gw pernah kehilangan redmi note 10 pro harga 4jt di Tokopedia pake anteraja dan karena pembeli pake asuransi jadi di ganti full tuh 4jt bahkan kagak kurang 1 rupiah pun, coba kalo tuh barang hilang pake Shopee ya jelas kagak bakal balik full, dr sini sudah jelas yg salah siapa, semua ekpedisi itu ada asuransi nya tong kalo lu emang kagak tau apa2 tapi pihak Shopee nya yg gak ngasih seolah2 kebijakan asuransi yg sudah di tawarkan pihak ekpedisi tapi di tolak mentah2, hadehh bilang gw sok tau, gw jual beli HP lebih dr 400 unit/bulan jadi tau mana yg lebih di salahkan

          • 17 Juli 2022 - (12:00 WIB)
            Permalink

            Ente lg jelek2in Shopee ya? Gak nyambung ama masalahnya.

            Sini bahas solusi, situ masih aja pembahasannya nyalah2in, banding2in. Wkk norak

            1
            5
        • 17 Juli 2022 - (11:38 WIB)
          Permalink

          Kecuali kalo ada fitur asuransi di Shopee kek Tokopedia tapi pembeli gak aktifin asuransi ya itu salah pembeli, jgnn pelit sama asuransi tong kalo barang mahal, mau tuh kurir buang ke laut sekalipun kalo pake asuransi ya bakal 100% dapet balik, si cepat pernah hilang hmpir 2jt (redmi 9) tapi ganti full kalo pake asuransi, jadi sudah jelas kalo barang mahal ya asuransi, kecuali kalo beli ciki 1000 an nah itu baru lu kagak usah asuransi

        • 17 Juli 2022 - (12:30 WIB)
          Permalink

          Norak? Maka nya jualan barang jutaan tong trs rasakan hilang berkali2 di antara marketplace 1 dengan yg lain, gw ini jualan HP 400unit/bulan (di Tokopedia dan Shopee) dan di Tokopedia pernah hilang tapi pembeli kagak pake asuransi tapi di ganti 500rb an di semua ekpedisi trs mau bilang itu dr Tokopedia? Kocak gaming, itu yg ganti 500rb pihak ekpedisi tong bukan si marketplace, kesalahan fatal Shopee itu cuma kagak nerima fitur asuransi yg di tawarkan ekpedisi, kalo mau bahas solusi ya gak bakal ada selama Shopee kagak mau nerima fitur asuransi dr ekpedisi, kecuali di Shopee emang ada fitur asuransi trs barang hilang ya jelas di sini Shopee gak bisa di salahkan sepenuhnya karena udah ngasih fitur asuransi malah gak di pake

          Berapa puluh jt si lu kehilangan barang kok malah ngatain ke orang yg berkali2 ngerasain, kalo di bawah 40jt/2 tahun gak usah ngtain gw tong, maka nya lu rasain sendiri aja kek gw biar lu tau solusinya harus apa, udah banyak orang yg kehilangan barang di Shopee karena ga ada fitur asuransi masih aja gak ada perubahan pdhal sudah tau kalo masalah nya di situ ya solusinya di situ

          • 17 Juli 2022 - (12:49 WIB)
            Permalink

            Kasih tau dong nama toko ente. Ane tertarik borong dagangan ente. Biar ada cerita, “pernah hilang miliaran”

            Yukk

            2
            5
    • 17 Juli 2022 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Setuju sama opini mas nya,
      Yg salah pihak kurirnya,
      Yg beli jg knp pilih kurir MK, pdhl jne lbh amanah,

      2
      1
      • 17 Juli 2022 - (11:42 WIB)
        Permalink

        Semua ekpedisi gak ada yg murni 100% amanah, JNE pernah crash barang 32jt, si cepat pernah 2jt, anteraja 4jt, JNT pernah 1 jt an hilang jadi semua ekpedisi sama aja kalo ada yg bilang amanah itu berarti belum apes nya coba tanya orang yg apes yg anda bilang amanah, mungkin bakal beda pendapat, intinya kalo barang mahal pake asuransi karena semua ekpedisi bakal ganti 100% tapi kalo gk ada yg ganti 100% itu baru gak amanah karena menyalahi kebijakan sendiri

    • 18 Juli 2022 - (04:24 WIB)
      Permalink

      Penggantian 10x ongkir itu standard yg berlaku di jasa kurir kalau tidak pakai asuransi, bukan shopee.

    • 18 Juli 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Apa coba yang disalutkan dari Shopee? Secara aturan 10x ongkos kirim yg ganti ekspedisi cuma dibayarkan lewat shopeepay, terus apa ganti rugi yg dikasih shopee? Sepeserpun ga keluar duit dia, malah lemah karena ga menyediakan asuransi dalam built in aplikasi, ya ga salah kalau banyak yg kritis dan kemudian meninggalkan shopee

  • 16 Juli 2022 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Shopee harusnya jadi penjembatan. To shopee nya jg Salah saya jg sering dikecewain shopee

    3
    1
  • 16 Juli 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Banyak maling di kurirnya… seharusnya ini jadi tanggung jawab kurir namun shopee juga gak boleh lepas tanggung jawab karena mereka jadi medianya, saya sarankan gak usah aja jualan di shopee dan gak usah gunakan lagi kurir ini..banyak masalah di sana

    11
  • 16 Juli 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Dengan syarat & ketentuan nya seperti itu sama aja mereka melihara maling, yang bikin rusak nama perusahaannya mereka sendiri.

  • 16 Juli 2022 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Shopee emang sering bikin keputusan sepihak dan merugikan salah satu pihak. Saya juga kapok jualan di shopee. Akun kena banned, Ampe berkali kali telpon kenapa dibanned sampai sekarang cs gak kasih penjelasan. Anehnya saldo penjualan malah ditahan. Ampe berbulan bulan. Barang punya kita, kita jual eh dananya malah di tahan. Kapok bener jualan dishopee. Bener bener kapok.

    • 16 Juli 2022 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Anter aja jasa kirim paling lelet dan ga rekomend saya tetap pakai shopee untuk belanja karena lebih srek dihati😅

      4
      1
      • 17 Juli 2022 - (07:07 WIB)
        Permalink

        Mas bro,, yg saya baca di media konsumen ini,, rata-rata yg dirugikan adalah pihak penjual, dgn barang yg harganya cukup mahal dan harus “dipaketkan” ke pembeli yg ketika barang hilang di perjalanan, buyer dapat ganti setimpal sedangkan seller merasa dirugikan karena ganti rugi yg nggak sesuai.

        Wajar kita sebagai pembeli, lebih senang menggunakan “si oranye” ini. Tapi cukup pahit bagi penjual barang-barang yg harus dipakaikan “asuransi”.

        Jadi PR buat “si oranye” semoga kebijakannya lebih baik lagi.

    • 16 Juli 2022 - (21:26 WIB)
      Permalink

      CS Shopee memang seperti itu om mau di fitur chat atau telpon, dia hanya sebagai penerima kendala / keluhan saja nanti baru di lempar ke divisi terkait.
      hasil dari tim terkait nya pun di berikan via CS si penerima kendala / keluhan dulu baru ke kita sebagai member via email / telpon.
      jadi si tim terkait ini selalu di belakang layar, jika nominal nya besar dan om merasa benar / memiliki bukti yang diminta, teken terus aja om suruh manager Shopee telpon om.

      semangat berjuang om

  • 16 Juli 2022 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Saya sudah uninstall sophee… Barang yg di jual gak bermutu. Beli 2 baju koko… Jadi bangkai. Jahitan asal2 an. Chat toko nya diam aja. Shopphee memang bangke

    2
    4
    • 17 Juli 2022 - (03:47 WIB)
      Permalink

      Ya kalo itu bukan Shopee nya tapi penjualnya, mau orang itu jualan di Tokopedia, Bukalapak atau Lazada, masa yg di salahin aplikasinya? Bukan orang yg jualannya? ? Trs kalo orang yg nipu jualan di pasar, masa’ yg di salahin pasar nya? Bukan orang nya?

      • 17 Juli 2022 - (04:03 WIB)
        Permalink

        Ts hanya sedang apes aja dengan kelakuan oknum kurir ekspedisi dan menyalahkan pihak shopee padahal selama ini para seller paling laku nya di shopee karena mau di hujat bagaimana pun di shopee lah paling ramai pembeli nya.

  • 16 Juli 2022 - (18:18 WIB)
    Permalink

    kalau untuk pesanan dengan harga barang dengan nilai diatas 1 jt sebagai seller mendingan matiin kurir2x ekonomi bermasalahnya gunakan 1 kurir express aja yang bisa diaktifkan fitur asuransi dari marketplacenya… ilang ntar nyesel lo…

  • 16 Juli 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Kok sellernya aneh ya?
    Dia sudah paham kalau di Shopee tidak ada asuransi, dan itu berarti dia juga sudah paham kalau paket yang tidak diasuransikan hanya diganti senilai 10x ongkir, sesuai yang sudah dia terima.

    Tapi kenapa masih mau jualan barang mahal disana?
    Kamu niatnya apa? Sudah tau ada resiko tinggi, kamu masih terobos, giliran kena rugi, kamu tetap tuntut hak sepenuhnya. Ya itu salahmu sendiri.

    Saya juga seller, saya gamau dan ga akan pernah mau jualan barang mahal di Shopee. Bodo amat mau diimingi voucher toko kek, cashback kurir kek, affiliator kek blablabla.

    Karena tujuan saya jualan untuk cari untung, bukan untuk gambling.

    5
    1
    • 17 Juli 2022 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Mainmu kurang jauh bro.. untuk harga mahal cukup pakai jne saja.. untuk resi cashles di jne bisa tambah asuransi manual kalau request ke petugasnya..

      2
      1
      • 17 Juli 2022 - (08:51 WIB)
        Permalink

        Kalau j&T express gimana, gan? Apakah aman juga? Makin sering baca keluhan di sini, makin parno.

        *Nb: hanya meminta pendapat, bukan mendiskreditkan salah satunya. Terima kasih bagi yang menjawab 🙏

      • 18 Juli 2022 - (01:50 WIB)
        Permalink

        Iya gan main saya kurang jauh, karena maaf aja saya gamau jualan di marketplace yang ogah ngurusin asuransi kek Shopee. Situ urus sendiri ke JNE silakan, kalau saya tetep ogah. Seharusnya mereka yang udah potong fee biaya admin dan layanan yang ngurusin asuransi, bukan lagi penjual. Kalau masih harus ngurusin ke pihak kurir lebih baik jualan diluar marketplace, ketahuan ga kena biaya fee admin + layanan, mau baku hantam sama pihak ekspedisi dan asuransi kalau ada masalah juga saya layanin. Saya tetap penikmat toped, blibli, BL buat jualan gadget. Mereka mau ngurusin asuransi. Shopee? Big no. Thanks.

  • 16 Juli 2022 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Bismillah yaa, mau cerita sedikit ttg ekpedisi anter aja.
    Kebetulan temen saya belum lama ini kerja disana sejak keluar dari bank.
    Suka cerita dan tanya2 kerja disana seperti apa.

    Salah satunya hilang barang, karna dia pernah mengalami kejadian itu.
    Klo untuk ekspedisi ini klo ada kehilangan barang itu biasanya laporan ke kantor drop point yang dia kerja dan nantinya pihak kantor konfirmasi pd pihak konsumen yang barangnya hilang . Barang yang dihilang mau di ganti dengan uang apa dengan barang yang sama dan nanti pihak ekpedisi dateng kerumah.
    Jadi sangat tanggung jawab menurutku, dan biasanya barang hilang itu bukan di curi oleh pihak jasa kirim kaka kaka tapi saking banyaknya barang yang dikirim kadang diperjalanan jatuh tanpa ketauan karna klo barang bentukan parcel / besar biasanya di taro di belakang di ikat.
    ( jadi husnudzon lah)

    Dan ekpedisi apapun itu klo kirim barang melewati tgl estimasi bukan lelet dan tidak mau di kirim, tapi karna barang yang banyak apalagi pas event besar seprti 7.7 itu barang membludak di tambah dengan cuaca.
    Klo hujan besar dan melewati jam operasional pasti pending karna takut barang pada rusak / kehujanan.
    Dan di kirim keesokannya lagi.

    Untuk gratis ongkir itu diberikan oleh pihak seller bukan ekpedisi.
    Jadi seller yang nanggung ongkir.

    Dan untuk Shopee dulu sii menurut ku
    Oke.
    Tapi sekarang2 itu gtau kenapa pindah haluan ke tetangga sebelah.

    Karna sekarang banyak bgt masalahnya.
    Banyaknya menyangkut per duitan.
    Dari saldo ada yang gak kembali
    Dari ongkir aneh makin mahal wkwkwk
    Ada seller kirim ke daerah yang sama
    Selisih ongkir nya jauuuh bgt dari sistem Shopee dan resi asli ekpedisi jauuh bgt ada yng beda sampai 15rb – 26rb .

    Jadi lebih hati2 aja dan jgn ambil resiko klo nominal barangnya cukup besar mending cari aman aja jualnya.

    Sekian semoga menjadi informasi yg bermanfaat.

    3
    1
    • 17 Juli 2022 - (00:15 WIB)
      Permalink

      Itu cm pembelaan dari temen anda sj. Laptop atau barang yg semacamnya itu yg bawa kurir mobil bkn motor, dan lg kalaupun kurir motor yg bawa, tdk akan di letakkan di belakang karena kurir tau kalau itu beresiko besar. Barang sebesar laptop kalau hilang sdh pasti ada yg ambil.

    • 17 Juli 2022 - (17:19 WIB)
      Permalink

      @Talita
      Memang faktanya begitu, shopee ambil untung dari selisih ongkir antar kurir. Kurir A dan B beda biayanya dengan layanan sama, si shopee pukul rata. Tamak sih kl menurut sy. Udah ngambil biaya layanan, ambil juga dibiaya selisih. Curang kl bgt mah cara bisnis marketplace tsb. Pantes banyak yang menghujat tdk aneh.

  • 16 Juli 2022 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Mungkin kah ada oknum pihak ekspedisi yang curang? Karena saya lihat setiap kasus barang hilang di MK jenis laptop sangat banyak kasus kehilangan barang dengan harga yang tentu tidak murah diatas 3jt.

    Jarang barang harga 100rb hilang. Pasti barang hilang di ekspedisi diatas harga kisaran 2-6jt.

  • 16 Juli 2022 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Secara logika barang hilang segede laptop beserta packing ini kayak tidak wajar ya. Kalau cuma sebungkus rokok hilang maklum kecil. Tapi ini gede lho.

  • 16 Juli 2022 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Untung blm pernah jualan di shopee, soalnya barang2 dan foto2 iklan saya ditoko ijo udah diiklanin orang lain duluan di shopee, lumayan ga cape2 ngiklan lagi.

    Saya belanjan di shopee cuma barang2 cina saja, untuk jualan kayanya ga seh, bikin rugi pedagang

  • 17 Juli 2022 - (04:14 WIB)
    Permalink

    Kalo mau jujur jujuran para seller lebih untung kalo jualan di shopee karena pembelinya lebih ramai dan lebih menguntungkan dari e-commerce yg lain nya, semua sudah paham itu, hanya ketika apes ada masalah dengan oknum kurir ekspedisi nya saja akan menjadi masalah karena dari segi asuransi itu butuh biaya yg tidak murah dan itu jadi plus minus nya juga untuk pembeli dan seller, dan memang seharusnya urusan asuransi itu menjadi kewajiban pihak ekspedisi lebih di perketat lagi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi akibat oknum kurir/ekspedisi nya. E-commerce hanya sebagai wadah saja tidak perlu berbisnis asuransi lagi.

  • 17 Juli 2022 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Gw heran sama yg komentar pada out of topic, tapi sini gw lurusin , pertama kalau soal e-commerce Tokopedia itu nomor 1 (data nya bisa lu minta/cek di kementerian perdagangan)..kedua dishopee kasus kehilangan barang di nominal besar cmn dpt penggantian 20x ongkir, nah kejadian kyk ts itu udh bnyk, gw sebagai seller dan buyer di Tokopedia, shopee, jd.id dll nya..
    Terutama kalau dishopee, kita sebagai seller yg jual barang diatas harga ongkir 10x lipat, wajib pilih anter barang secara manual ke gerai pihak ekspedisi pengiriman, disana kita bisa request asuransi tambahan jadi lebih aman karena penggantian langsung full tanpa drama²..walau proses makan waktu sampe 1bulan lebih..
    Tapi karena ekpedisi anteraja gk ad gerai offline nya, bnyk seller yg non-aktifkan jasa anteraja diproduk² mahal..

    Saran dr gw buat ts adalah buat custom jasa pengiriman utk barang² yg harga nya lebih dr ongkir 10x lipat..
    Dishopee bisa kyk gtu kalau ga salah..

    Gw soalnya custom jasa pengiriman utk barang² mahal, trs anter secara manual utk beli resi tambahan di gerai ekpedisi nya..

    Ya secara data dan kenyataan, paling bagus belanja dan jualan di e-commerce si ijo..
    Dan soal aturan lebih transparan tidak misleading..

  • 17 Juli 2022 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Kalau j&T express gimana, gan? Apakah aman juga? Makin sering baca keluhan di sini, makin parno.

    *Nb: hanya meminta pendapat, bukan mendiskreditkan salah satunya. Terima kasih bagi yang menjawab 🙏

  • 17 Juli 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    @Pangeran.
    Setelah urusan ini selesai, ada baiknya pindah ke tokopedia/bukalapak.

    Ini hanya sekedar saran ya.
    Soalnya kejadian di shopee barang elektronik hilang ini bukan sekali duakali.

  • 17 Juli 2022 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Lama lama kurir antera** ini di lupakan orang kalau paket barang mahal sering hilang….

  • 17 Juli 2022 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Senasib dengan saya, orderan dari tgl 7 juli sampai saat ini tersendat digudang sortir, padahal dari shopee sudah dikirim dari tgl 7, entah bagaimana nasib paket saya, pasahal nominalnya gde hampir 2hutaan.

  • 17 Juli 2022 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Sering terjadi..
    Shopee ga punya fitur asuransi, jd kalo hilang memang 10x ongkir. Di S&K shopee kan udah ada. Makanya kalo jualan di shopee barang remeh temeh aja.. (Ga lebih dari ratusan ribu)
    Kalo udah di atas 1jt rekomended toped

    Anyway semoga dapat solusi terbaik

  • 18 Juli 2022 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru ngalamin ini. Barang sudah diambil kurir dr tgl 8 juli tp sampai skrng belum juga dtg padahal estimasi sampai tgl 14 juli. Mau nyalahin pihak shopee tp kan ini yg bermasalah si jasa kirim anteraja. Dan tgl 17 juli status paket telah diterima oleh cabang daerah saya tp statusnya belum dikirim ke rumah hari ini. Lumayan semingguan paketnya dibawa sama si anteraja

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hila…

oleh Pangeran dibaca dalam: 2 menit
59