Perbedaan Ongkos Kirim antara Sistem Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan Penjual

Saya adalah salah satu penjual di Shopee, yang sangat dirugikan oleh perbedaan ongkos kirim di sistem Shopee. Nomor order: 220706NJ16EQHN, dengan nomor resi SiCepat regular: 004051924449, pengiriman dari kota Jakarta Barat menuju Kab. Gowa, Kecamatan Somba Opu, Sulawesi Selatan.

Ongkos pengiriman tersebut di sistem Shopee adalah sebesar Rp62.000. Akan tetapi setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang, ternyata ongkos kirim yang dibebankan kepada kami adalah sebesar Rp91.941.

Kami pun melakukan komplain kepada pihak Shopee mengenai masalah ini, dan dijawab oleh mereka bahwa berat barang tidak sesuai katanya, jadi ada selisih ongkos kirim. Setelah kami berikan bukti bahwa berat barang sesuai dengan berat aslinya, mereka pun mengakui bahwa berat barang hanya seberat 0,25 Kg dan tidak dikenakan volume dimensi (lihat screenshot terlampir). Mereka menjawab bahwa ongkir Rp91.941 adalah mengikuti ketentuan dari SiCepat.

Setelah kami cek di website SiCepat, berat barang seberat 1 Kg dengan metode pengiriman regular dari Jakarta Barat menuju Kab. Gowa, Kecamatan Somba Opu, Sulawesi Selatan. ternyata hanya senilai Rp48 ribu rupiah saja (screenshot terlampir). Jadi ongkos kirim di Shopee sebesar Rp62 ribu itu sebenarnya sudah lebih mahal daripada website SiCepat yang hanya Rp48 ribu.

Akan tetapi pihak Shopee masih saja membebankan kepada kami ongkos kirim sebesar Rp91.941. Tolong Shopee kembalikan uang kami dan jangan suka mengambil keuntungan ongkos kirim dari penjual!

Abd. Rohim
Sampang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:46    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Abdul Rohim

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Abdul Rohim dengan judul “Perbedaan Ongkos Kirim antara Sistem Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Perbedaan Ongkos Kirim antara Sistem Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan Penjual

  • 18 Juli 2022 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Halah, baleni meneh. Tinggal di sampang, toko di sby, produk dikirim dr jakarta.

    5
    3
  • 18 Juli 2022 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Ketemu lagi, penulis dari sampang jawa timur, toko di surabaya, produk dikirim dari jakarta barat, hadeh, kena dua kali ongkir, dari jakbar ke gowa dan surabaya ke gowa, mantap.

    5
    1
      • 19 Juli 2022 - (18:39 WIB)
        Permalink

        Ya taulah, tinggal klik saya nama penulisnya nanti kan muncul semua poatingannya. Lol! To!

    • 20 Juli 2022 - (06:56 WIB)
      Permalink

      Saran saya pada pengirim keluhan di atas untuk menonaktifkan jasa kirim yang berpotensi seperti itu.

      Karena saya sudah menonaktifkan jasa kirim tersebut sejak tahun kemarin. Saat itu, saya cek semua pesanan dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan dengan kurir tersebut, dan hasilnya sangat mencengangkan. Total selisih ongkir toko saya ada di kisaran 500.000 an.

      Saat itu saya juga komplain, daftar nomer peananan, saya catat semua. Tapi pihak shopee hanya mau mengembalikan dana tersebut untuk nomor pesanan yang masih berumur dua bulan dihitung sejak komplain diajukan.

      Dan, setelah komplain itu, ternyata masih ada lagi pesanan dengan kurir yg sama, ada selisih ongkir. Setelah saya komplain, jawabannya berubah jadi sama persis dengan yg ada di post yg mas Abdul Rohim tulis. Akibatnya ya saya tidak bisa ganti rugi.

      Soalnya komplain yg pertama itu, alasan shopee kalau tidak salah masih proses sinkronisasi data dulu antara shopee dan jasa pengirimnya, jadi selisihnya ongkir masih bisa bisa balik.

      Betewe, ternyata di tokopedia juga sama. Ada beberapa pesanan saya yg mengalami hal serupa. Karena males komplain dan biaya selisihnya ndak banyak. Saya nonaktifkan saja jasa kirimnya.

      Sudah setahun lebih saya nonaktifkan jasa kirim tersebut pada toko saya. Di shopee maupun tokped.

      Mungkin kalau ada waktu saya perlu cek juga untuk jasa kirim yg lain. Kalau jasa kirim yg lain juga sama, berarti yang salah kan pihak marketplacenya. Bukankah begitu logikanya.

      *data pesanan saya yg ada selisih ongkirnya masih saya simpan. Tapi beberapa (nggak tahu kalau semua) sudah dirubah pihak shopeenya pada rincian biaya penghasilan.

    • 19 Juli 2022 - (16:15 WIB)
      Permalink

      Engga beda, kalo beda ditulis itu di keterangan nya karena perbedaan pengiriman alamat pengiriman pada toko. INI ALAMAT JAKARTA , PENGIRIMAN DARI JAKARTA JUGA !

  • 19 Juli 2022 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Ya pasti kena ongkir lebih kakak,,karena biaya pengiriman berdasarkan jarak tempuh,,toko disampang,,barang didrop dari Jakarta,,maka secara otomatis sistem biaya ongkir dishopee akan berubah menyesuaikan dengan jarak tempuh pengiriman,,makanya stok barang donk,,seadanya dulu 1 atau 2 pcs,,biar gak rugiii atau boncos atau amsyong atau remmek,,

    • 19 Juli 2022 - (18:32 WIB)
      Permalink

      Engga beda, kalo beda ditulis itu di keterangan nya karena perbedaan pengiriman alamat pengiriman pada toko. INI ALAMAT JAKARTA , PENGIRIMAN DARI JAKARTA JUGA ! bukan dari sampang ngirimnya maemunah

  • 19 Juli 2022 - (16:14 WIB)
    Permalink

    wow ternyata para buzzer shopee ikut aktif memberikan komentar di kolom ini. tolong kalo ga paham masalah nya jangan komentar, keliatan banget bodoh nya.

    Posisi toko Di jakarta, pengiriman juga dari jakarta bukan dari kota lain – menuju kab gowa , kecamatan somba upu – sulawesi selatan . ongkir di sistem aplikasi shopee untuk berat 1,3 KG (1.300 GRAM) adalah 62 ribu , sedangkan di website sicepat hanya 48 ribu. lalu dibebankan kepada kami sebesar 91.941 , padahal berat paket hanya sebesar 0.25 KG (250 Gram)

    tolong kalo mau komen baca dulu masalahnya,jangan asal jeplak aja buzzer shopee

    3
    5
  • 19 Juli 2022 - (18:16 WIB)
    Permalink

    system shopee lagi bokbrok.sya juga sebagai seller di shopee. berat awal nya 3.500gram/stara 3.5kg masa jdi 0.00004 grm terus dr bogor ke semarang ongkos kirim nya hnya 18rb.. selisih nya 2.5kg. inti nya system shopee sekrng lagi bokbrok”a. dan kemungkinan besar selisih ongkos kirim di beban kan ke pihak sellee. padahal system shopee ny yg gangguan

    5
    2
    • 19 Juli 2022 - (18:34 WIB)
      Permalink

      betul . kemarin sistem berat mereka sedang eror dan penjual yang dirugikan oleh marketplace sampah satu ini

      1
      2
    • 19 Juli 2022 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Buzser ndasmu. Baca postingan penulis sebelumnya. Penulis punya toko di setting di kota surabaya. Ada yg beli di tokonya, tp barangnya dikirim dr jakarta. Ini namanya dropship.

      5
      1
  • 20 Juli 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Cari nama Toko penulis di Shopee 63bdmi3jpf

    Bakalan ketemu. Mari saling memperhatikan dan menyelidiki.

      • 20 Juli 2022 - (14:56 WIB)
        Permalink

        Ya, biar saling cari. Hahahaha Banyak juga dropshipper yang ada, ngaku ngaku punya toko di Kota lain.

        Kalau main dropshipper yang cantiklah, cari barang yang dari lokasi itu toko. Toko di surabaya, ngirim dari Jakarta. Kan konyol.

        • 22 Juli 2022 - (03:32 WIB)
          Permalink

          kalo engga tau jangan komen.bisa baca ga itu di atas alesan pertama katanya berat 0.5 KG , begitu dikasih bukti berat ga sampe 0.5 KG dia bilang 0.25 KG , terus sekarang bilang katanya sudah sesuai dengan ongkos kirim dari sicepat.padahal jelas2 dari sicepat nya ongkir cuma 48 ribu. dan disitu SUDAH JELAS SHOPEE JUGA JAWAB PENGIRIMAN DARI JAKARTA MENUJU KAB GOWA, KECAMATAN SOMBA UPU – PROVINSI Sulawesi selatan.

          Kalo emang posisi toko di kota surabaya. pasti kelihatan disitu sama shopee karena posisi awal toko dari surabaya,kalo mau jadi buzzer harus cerdas ya jangan kelihatan G00BL000K nya 🙂

          • 22 Juli 2022 - (04:06 WIB)
            Permalink

            Lha sudah tau itu tokonya ada di sby. Ini kasus dropshiper tp gobl0k, mungkin spt anda.

          • 22 Juli 2022 - (07:53 WIB)
            Permalink

            Kalau ini namanya Dropshipper *****. Saya pernah kena dropshipper. Tokonya di Jakarta, pengiriman dari Surabaya.

  • 21 Juli 2022 - (01:59 WIB)
    Permalink

    Saran saya apabila pengiriman dari Jakarta maka alamat toko dibuat di Jakarta dan jangan Surabaya (kalau lihat toko kakak di shopee), sistem shopee membanca pengiriman Surabaya-Gowa, sementara realisasi Jakarta-Gowa, terkait masalah tarif mungkin berbeda karena kerjasama dan seharusnya menjadi beban pembeli.

    Apabila tetap menggunakan toko Surabaya, saran saya harga jual sudah diperhitungkan dengan selisih ongkir nantinya.

    • 26 Juli 2022 - (02:48 WIB)
      Permalink

      Toko asal bukan dari surabaya , kalo dari surabaya saya terima itu selisih ongkos kirim dan pasti jawaban dari shopee pun akan seperti ini PERMINTAAN KLAIM SELISIH ONGKOS KIRIM DIKARENAKAN KOTA PENGIRIMAN ASAL TIDAK SESUAI. ini pengiriman sudah sesuai dari KOTA JAKARTA

  • 21 Juli 2022 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Saya sudah lama tidak menggunakan marketplace ini, setahu saya di Shopee ongkirnya mahal, saya sebagai pembeli terbebani, beda dengan Tokopedia dan Lazada, biasanya ongkirnya lebih murah.
    Untuk itu saran saya lebih baik bertransaksi via Tokopedia dan Lazada.

    • 26 Juli 2022 - (02:50 WIB)
      Permalink

      kalau masalah ongkos kirim lebih mahal itu sebenernya ga masalah,karena ongkos kirim ditanggung oleh pembeli. tapi yang jadi masalah adalah ongkos kirim di kenakan jauh daripada yang dibayarkan oleh pembeli pada saat mereka check out (ada bug di sistem ongkir shopee) dan selisih ini dikenakan ke penjual yang tidak tahu apa2.

  • 26 Juli 2022 - (02:47 WIB)
    Permalink

    Sudah dibilang ini toko dari Jakarta , pengiriman dari Jakarta,sudah jelas2 itu di sistem tracking nya juga terlihat jelas. kalau dari kota yang berbeda jawaban dari pihak shopee pasti akan berbunyi seperti ini, SELISIH ONGKOS KIRIM DIKARENAKAN KOTA PENGIRIMAN ASAL TIDAK SESUAI. itu kota pengiriman asal sudah sesuai dari Jakarta,tolong para peliharaan shopee kalo ga bisa kasih argumen jangan ngotot maksain keguooblokan anda. kalo memang selisih ongkir dikarenakan beda alamat asal toko pengiriman, saya tidak masalah.ini barang dikirim dari sudah sesuai yaitu dari Kota jakarta

  • 30 Juli 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Iyaa bener Ongkir sicepat kadang aneh suka lebih mahal, saya kena juga perbedaan ongkir dari berat 22kg menjadi 28kg,. produk yg sama packing yg sama sudah dijual 2x menggunakan sicepat yg 2x sudah lewat tidak ada lebih berat yg ke 3 malah lebih berat menjadi 28kg atau selisih 6kg,. pas emang mgkin lagi apes nic Exspedisi hari brikut nya ada pesanan juga brg yg sama, saya sdiri yg ke gerai untuk memastikan brapa berat nya karna terkena volume, saya suruh tulis sdri kurir dsna dan ternyata memang benar berat nya 22kg bukan 28kg setelah PxLxT:6.000,. bukti sudah di berikan baik tulisan tangan kurir pada saat pengiriman terakhir untuk sicepat atau pun untuk admin shopee, tp sampai saat ini masi blum selesai, bukti screenshoot penjualan 2x sbelum nya jg sudah diberikan tp masi belum selesai,. selisih ongkir lumayan 234.500 dengan selisih 6kg tersebut,. kita blum tau apakah sistem shopee yg eror atau sistem sicepat

  • 30 Juli 2022 - (09:38 WIB)
    Permalink

    220717N2KQGQJ5 No Pesanan u/ Shopee
    004058577524 No Resi u/ sicepat

    Untuk Sicepat apabila anda membaca komentar saya dsini saya harap anda menyelesaikan Claim saya dengan cepat, karna saya tidak mau anda menjadi kurir sperti JnT yg saya Non Actifkan pengiriman nya dimana pada kasus saya di JnT tidak terselesaikan dan hanya saling lempar,.

    Untuk Shopee, tolong Biaya Admin anda adalah biaya paking besar diantar Market Place saiangan anda sperti Buka Lapak Tokopedia,. kalau biaya admin sudah besar berikan kami pelayanan yg maximal jgn hanya meminta maaf dan menyuruh menunggu,. Jujur sbenar nya saya tidak mau ber jualan di market place shopee akan tetapi karna permintaan beberapa custumer yg mau bertransaksi di shopee jadi saya bikin akun di shopee entah knapa mau di hopee padahl sudah jelas harga di shopee lebih mahal di banding tokopedia dan Buka lapak khusus nya untuk saparepart knpa lebih mahal guna menutupi biaya admin shopee yg lebih mahal walaupun akun saya masi di Star,. trima kasih

  • 30 Juli 2022 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Ini sih mau promosi gratis antara oenjual, shoppe & antaraja 😁
    Cuekin aja gratisan nih 😀
    Udah jelas beda, shopoe awalnya pake S & anter aja pake A titi😅

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Perbedaan Ongkos Kirim antara Sistem Shopee dan SiCepat Sangat Merugik…

oleh abdul rohim dibaca dalam: 1 menit
37