Mau Melunasi Pinjaman KTA DBS Namun Tidak Ada Keringanan

Dear Media Konsumen,

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada media konsumen atas dimuatnya surat ini. Melalui surat ini saya ingin menyampaikan keluhan terkait niat saya untuk melunasi KTA DBS. Perlu diketahui kalau saya adalah nasabah yang baik yang tidak pernah ada masalah dalam membayar cicilan di DBS. Saya sudah melakukan pembayaran sebanyak 8 kali dengan jumlah cicilan sebesar 2,508 608 dari pencairan KTA sebesar Rp 42,800,000.

Pada akhir Juli 2022 saya menelepon desk collection DBS untuk menanyakan perihal angka pelunasan KTA saya dengan nomor pinjaman 7801766986. Desk collection memberikan angka pelunasan beserta penaltinya yaitu sebesar Rp42,923,893. Saya konfirmasikan bahwa saya akan melunasinya pada pertengahan bulan Agustus tidak jauh dengan tanggal jatuh tempo saya yaitu yang 13 agustus 2022.

Pada tanggal 16 saya telepon kembali CC DBS, dan alangkah terkejutnya saya bahwa angka pelunasan menjadi Rp 44,547,187 atau terpaut Rp1,6 juta dari angka yang diberikan sebelumnya dalam tempo kurang lebih 2 minggu.

Selanjutnya saya menelepon kembali desk collection DBS untuk minta keringanan pembayaran pelunasan minimal sama angkanya dengan angka yang diberikan sebelumnya. Tapi staff collection dengan nama Longgom dengan kakunya bilang bahwa angka pelunasan sudah sesuai sistem dan tidak ada kebijakan.

Sangat luar biasa untuk bank sebesar DBS tidak ada kebijakan sama sekali padahal di bank lain baik KTA maupun kartu kredit selalu memberikan kebijakan keringanan, apalagi untuk nasabah yang berniat untuk bayar lunas.

Demikian saya sampaikan mudah mudahan ada gambaran bagi yang mau mengajukan pinjaman KTA khususnya ke DBS agar dipikirkan lagi, jangan sampai kejadian seperti saya.

Agus Fitriadi
Tasikmalaya, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Mau Melunasi Pinjaman KTA DBS Namun Tidak Ada Keringanan

  • 18 Agustus 2022 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Setau sy kalo kta mah makin berat kalo pelunasan dipercepat.. Udah kena penalty besar juga d awal hanya bayar bunga pokok sangat kecil.. Kalo limit besar mending pake cc bwt ambil pinjaman

  • 19 Agustus 2022 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Rugi pelunasan di awal. Angsuran yg sdh dibayar seolah2 tdk diperhitungkan. Mendingan dilanjutin cicilannya.
    Katanya nasabah yg baik. Kok malah minta pelunasan di awal. Itu menurut bank gak baik lho.

  • 20 Agustus 2022 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Nasabah yang baik itu di mata bank adalah yg bisa terus2 an memberikan keuntungan ke bank,ngutang cicilan lancar,lunas ngutang lagi yg lebih gede,Cicil lagi,begitu.Bahkan telat bayar pun bisa jadi bank jg seneng,wong jadi ada pemasukan tambahan dr denda pinalti.jd kalo minta dipercepat apalagi Mon a diskon ya tidak di anggap nasabah yg baik,soal nya ga bikin bank tambah kaya.Bank ngga sama spt teman,tetangga atau saudara yg kita utangi,yg harap2 cemas pengen duit nya cpt2 balik ???

  • 20 Agustus 2022 - (16:40 WIB)
    Permalink

    saran saya coba utk minta detail sisa pokok hutangnya berapa, kemudian penaltynya berapa, dan biaya lain yg sekiranya ada. komponen yang bisa dinego adalah komponen diluar pokok hutang. silakan dibicarakan saja komponen mana yang minta di nego.

  • 21 Agustus 2022 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Bank ribet DBS ini, ketahuan bgt dari cara cari nasabahnya, sampai org lg makan aja di samperin di tawarin CC dll, tlp ga berhenti nawarin KTA

  • 23 Agustus 2022 - (16:45 WIB)
    Permalink

    coba pastiin tgl jatuh tempo nya tgl berapa klo skenario awal pelunasan sebelum jtp maka angsuran tersebut belum di hitung, klo sudah jtp maka angsuran tersebut masuk ke angka yg baru jika pelunasan di perbankan itu perhari nya sudah ada hitungan bunga nya makanya jika mau meminta pelunasan memang harus di fix kan tgl berapa pelunasannya biar bisa sesuai. dan ga bisa seenaknya minta di sesuiakan dengan angka yg di mau nasabah dan itu bukan hanya di bank dbs tp semua perbankan dan lembaga keuangan seperti itu

  • 25 November 2022 - (15:54 WIB)
    Permalink

    baru per hari ini 25-11-22 kami punya pengalaman,
    diawal oktober ditawari bank diskon lunas utpo 50% dengan sekali bayar, namun karena belum ada dana tidak kami ambil.
    dan diakhir oktober kami tanyakan lagi program tersebut dan ternyata masih bisa kami mengajukan di awal november infonya diacc dipertengahan harus dibayar lunas.
    alhasil molor sampai akhir novemver 25-11-22 ini, kami diminta lagi untuk mengajukan diskon lunasnya diakhir novmeber ini namun dengan nilai berbeda (lebih banyak 300).
    saya tidak mengerti kenapa harus seperti itu sama org kecil seperti saya ini. padahal bulan depan desember 22 adalah bulan terakhir saya bisa bekerja setelah itu nganggur lagi.
    mohon DBS bisa memberikan kebijakan yang tidak menyulitkan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Mau Melunasi Pinjaman KTA DBS Namun Tidak Ada Keringanan

oleh Agus dibaca dalam: 1 menit
8