Klaim Garansi HP Flagship Samsung Sulit, Tidak Solutif Serta Penanganan yang Tidak Baik

Kronologi awal HP saya Samsung S22 8/128 saya update terbaru dan bootloop stuck di logo, saya bawa ke SSC Malang untuk perbaikan klaim garansi, tetapi garansi ditolak karena body sedikit bengkok tidak simetris, tetapi tidak ada lecet dan layar normal semua. Disarankan dicek (bayar 50rb). No laporan service 4391118570.

Dibongkarlah HP saya, dinyatakan IC power rusak, diharuskan ganti mesin, dengan harga 3,8 juta (dari kasus bootloop, jadi harus ganti mesin) sudah tidak bisa klaim garansi cek berbayar 50rb solusi ganti mesin mahal sangat mengecewakan.

Tanggal 10 April email ke CEO Samsung, disuruh menunggu telepon dari dari CS executive sampai 4 hari karena terlalu lama saya telepon sendiri baru ada tanggapan dan ditelpon balik. Disuruh ke SSC lagi kali ini ke SSC Mojokerto, ditaruh nanti dicek dan di report ke SSC pusat.

Tiga hari dikabari tidak bisa klaim garansi dikarenakan PBA (mainboard) rusak/patah, (ganti lagi masalahnya) dituduh HP terjatuh. Atau terkena guncangan, padahal body mulus tanpa lecet layar aman.
Seperti dicari-cari masalah agar tidak bisa klaim garansi, dan garansi saya expired 19 April 2024.

Terakhir ditelpon tanggal 25 April diberikan potongan diskon 25% tetapi dengan mewajibkan ganti mesin ganti layar+ frame dengan total 4,7 juta. Semakin terasa dicekik, 3,8 juta saja berat ini malah diulur sampai garansi expired diharuskan bayar 4,7 juta.

Padahal trade in Samsung S22 8/128 normal maksimal hanya dihargai 3,2 juta. (Seperti saya membeli barang second dari Samsung tetapi ini dengan cara servis penggantian semua part)

Tolong pihak Samsung kebijakan diperbaiki dan memberi solusi yang tepat, HP normal karena bootloop update UI terbaru, merembet ganti mesin ganti layar 4,7 juta yang sangat tidak masuk akal dan merugikan konsumen. Ini HP flagship tapi klaim sulit.

Bayu
Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Klaim Garansi HP Flagship Samsung Sulit, Tidak Solutif Serta Penanganan yang Tidak Baik

  • 28 April 2024 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Bootloop bisa disebabkan hardware atau software. Tapi jika terjadi tepat setelah restart dari proses update firmware maka bisa dipastikan penyebabnya software. Cara penanganannya bervariasi tergantung teknisi yang menangani. Percobaan pertama adalah melakukan reset user data (bukan reset pabrik) lewat mode recovery. Jika berhasil, ponsel bisa di boot dan file-file di storage aman, cuma masuk ke aplikasi tertentu butuh login lagi. Cara kedua adalah melakukan reset pabrik (factory reset) dari mode recovery. Jika berhasil, maka file di storage hilang dan aplikasi yang tersedia persis seperti saat awal pertama kali ponsel digunakan (setelah boot akan diminta pilih region, alamat email default, pengaturan dasar, dsb). Cara ketiga adalah melakukan flash ulang firmware lewat mode fastboot (butuh koneksi antara ponsel dan komputer serta software flashing + file firmware di komputer).

    Dua cara pertama bisa dilakukan pengguna awam, tapi jika prakteknya tidak tepat bisa blunder, apalagi Samsung termasuk ponsel yang agak “rewel” soal keamanan—seperti halnya iPhone. Saran saya bawa ponsel ke teknisi non-resmi yang biasa menangani hape Samsung terutama seri terbaru. Biasanya pelapak penjual emperan di mall-mall pusat ponsel juga menyediakan layanan beginian lewat rekanan pihak ketiga.

    Semoga ponselnya bisa dipakai kembali tanpa harus merogoh kocek sampai jutaan.

    • 29 April 2024 - (01:28 WIB)
      Permalink

      Sudah semua yg kakak bilang,
      Bisa masuk mode recovery cma stuck di logo lagi
      cma yg aneh di ssc 1 di vonis ic power rusak, stlah di cek malah ndk bsa nyala dcaz gak bisa
      Ssc ke dua di cek pba patah, malah dituduh hp terjatuh dan teguncang, tpi body smua mulus, hanya memang bengkok sdikit,

    • 2 Mei 2024 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Terimkasih kepada SSC pusat yang memberikan solusi yang terbaik untuk kasus saya, semoga pelayanan samsung khusus nya aftersales menjadi lebih baik,
      Cases closed

  • 28 April 2024 - (22:45 WIB)
    Permalink

    sumsang emang kaya gitu klaim garansi hp harus perfect kalo gak disalahin rusak karna kita sendiri, SC bilang mainboard patah + frame bengkok berarti rusak hardware bkn software

    • 29 April 2024 - (01:22 WIB)
      Permalink

      Ssc pertama bilang ic power rusak,
      Ssc kedua bilang pba mainboard patah,
      Nah kok bsa dari bootlop karena updte rusak hardware, soal body bengkok sdh agak lama dan gk ada masalah pemakaian. Sblum auto updte ui terakhir

  • 28 April 2024 - (23:43 WIB)
    Permalink

    seperti biasa garansi hape samsung. sudah garansi susah, servis solusinya ganti mesin melulu, dan barangnya sering rusak (saya pakai hape jenama lain rusaknya jauh lebih jarang dari samsung).

    setelah itu lepas dari samsung dan tidak pernah pakai lagi (termasuk untuk produk elektronik apapun keluaran samsung)

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Klaim Garansi HP Flagship Samsung Sulit, Tidak Solutif Serta Penangana…

oleh bayurizky dibaca dalam: 1 menit
8