Tidak Pernah Tandatangan Perjanjian di Aplikasi Pinjol AdaPundi, tapi Ada Transfer Pinjaman

Pada tanggal 16 Agustus 2022 tepat pukul 00.00, saya mendapat pesan SMS pemberitahuan dari AdaPundi bahwa tagihan akan jatuh tempo. Awalnya saya kaget karena saya tidak pernah meminjam di AdaPundi.

Seingat saya, tahun lalu pernah mengisi data di sana dan coba pengajuan, tapi pengajuan ditolak. Kemudian saya uninstall aplikasinya (termasuk clear data). Singkatnya saya coba install lagi aplikasinya, kok bisa ada pinjaman? Padahal ID dari Privy.id untuk tanda tangan saja saya sudah lupa, jadi saya tidak mungkin bisa tanda tangan perjanjian kontrak.

Setelah saya install ulang aplikasi AdaPundi, ternyata pada tanggal 21 Juli 2022 ada pengajuan pinjaman. Yang saya heran bagaimana bisa saya tanda tangan perjanjian hutang? Sedangkan saya tidak bisa buka Privy.id saya dan bahkan saya tidak bisa melihat isi perjanjian hutang sebelum membuka Privy.id.

Lalu saya coba mutasi rekening dan cek kembali semua SMS di hp saya. Ternyata setelah saya teliti, pihak AdaPundi memberi tahu pencairan melalui SMS, apa mungkin karena aplikasinya sudah saya hapus? Tapi bagaimana bisa cair? Aplikasi sudah dihapus, Privy.id lupa password dan email, kok bisa ada pengajuan dan cair?

Di aplikasi yang baru saya install tertulis pengajuan tanggal 21 pukul 9.22 pagi. Lalu SMS yang saya teliti ulang, ada SMS pencairan tanggal 21 pukul 5.22 sore (jeda 8 jam). Notifikasi lewat SMS, bukan dari aplikasi. Kalau sampai tidak ada SMS tersebut, dan lewat jatuh tempo, mungkin kalian akan menghubungi semua kontak saya dan meneror saya.

Jika bisa dibatalkan, silakan pihak AdaPundi hubungi saya, karena kalian pasti tahu nomor saya. Saya tidak pernah tanda tangan perjanjian hutang, karena Privy.id lupa email dan password (akan saya sertakan bukti bahwa saya tidak bisa masuk Privy.id saya).

Kalau memang tidak bisa batal, akan saya bayar, tapi saya meminta surat perjanjian untuk menghapus data saya di AdaPundi, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Tidak tanda tangan perjanjian hutang, tapi kok langsung ditransfer? Tolonglah yang benar sedikit caranya bekerja. Jangan sampai hanya karena oknum tertentu, semua pinjol jadi jelek nilainya di mata masyarakat.

Octavianus Werirangga
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Surat Pembaca bertajuk “Tidak Pernah Tandatangan Perjanjian di Aplikasi Pinjol AdaPundi, tapi Ada Transfer Pinjaman”

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat pembaca bertajuk “Tidak Pernah Tandatangan Perjanjian di Aplikasi Pinjol AdaPundi, tapi...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai AdaPundi?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tidak Pernah Tandatangan Perjanjian di Aplikasi Pinjol AdaPundi, tapi …

oleh ambhound dibaca dalam: 1 menit
36