Menunggu Pengembalian “Booking Fee” Pembelian Mobil dari Dealer Honda Mandiri Bogor

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk menuliskan apa yang saya alami.

Nama saya Lulu, saya berencana membeli mobil Honda City hatchback tahun 2022. Saya menghubungi marketing dealer mobil Honda Mandiri Bogor dan dilayani oleh marketing a.n. Ri***. Dia menjelaskan secara detail spesifikasi mobil. Karena saya mau membeli secara kredit, saya mengajukan melalui BCA Finance, dan saya mendapatkan simulasi cicilan dari BCA Finance.

Karena saya mau menghitung-hitung dulu cicilannya, marketing ini memaksa saya untuk membayar booking fee Rp5 juta. Untuk mobil yang akan dibeli, urusan belakangan, yang penting booking fee dulu. Akhirnya dengan terpaksa dan kebetulan saya lihat pameran mobil, saya bayar booking fee Rp5 juta pada tanggal 14 Agustus 2022 (bukti SPK ada di redaksi), dengan janji-janji dari marketing bahwa semuanya akan mudah dan di-approve (saya bilang BI checking suami saya jelek, tapi tetap dijanjikan akan di-approve).

Pada tanggal 19 Agustus 2022, supervisor dari marketing ini info ke saya bahwa pengajuan saya ditolak oleh BCA Finance. Sesuai prosedur, booking fee saya akan dikembalikan utuh. Namun saya dipersulit oleh supervisor marketing ini.

Dia menjelaskan uang booking fee akan balik jika sudah ditolak oleh 3 bank (bukti chat-nya masih ada di saya). Saya tidak pernah diinformasikan sama sekali perihal ini. Sampai sekarang, saat saya menanyakan kejelasan uang booking fee saya, selalu alasannya belum menerima surat tolakan dari bank. Padahal informasi dari marketing Honda lainnya, surat tolakan dari bank 1 hari sudah selesai.

Mohon agar pihak Honda dapat memberikan hak saya sebagai calon konsumen. Terima kasih untuk Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Lulu Wahyuningsih
Depok, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 6/9/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Dealer Mobil Honda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Menunggu Pengembalian “Booking Fee” Pembelian Mobil dari D…

oleh Lulu Wahyuningsih dibaca dalam: 1 menit
42