Masukan untuk Call Center OVO, terkait Laporan Penipuan

Salam sejahtera buat kita semuanya.

Sedikit unek-unek dari saya dan masukan dari saya untuk OVO. Pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022, istri saya mengalami penipuan. Pelakunya menggunakan akun OVO, dengan total kerugian Rp3.400.000.

Setelah mengetahui peristiwa itu, saya pun bergegas menelepon call center OVO, selang 10-15 menit setelah kejadian, agar pihak OVO melakukan pemblokiran saldo OVO penipunya. Saat ditelepon, pihak call center menyatakan bahwa saldo masih utuh, belum diambil atau dipindahkan oleh penipu. Namun pihak call center tidak bisa melakukan pemblokiran, tanpa adanya surat BAP dari kepolisian, yang nanti harus dikirim lewat email CS OVO.

Iya mungkin itu standar SOP pihak OVO, tapi apakah tidak bisa melakukan pemblokiran saldo sementara? Misalnya 1×24 jam, selagi pihak yang dirugikan mengurus BAP di kepolisian. Membuat BAP tidak cuma 10-20 menit loh, apalagi kalau kantor polisinya jauh. Selama yang dirugikan sedang mengurus BAP, hampir kemungkinan besar saldo hasil penipuan pasti sudah dikosongkan dan tidak mungkin kembali.

Maka untuk itu, saya mohon dari pihak OVO mengubah sedikit peraturan agar ke depannya customer semakin yakin bila melakukan transaksi melalui OVO. Biar para penipu online kehabisan ruang gerak untuk menipu. Sebisa mungkin seperti bank. Bila terjadi indikasi penipuan, telepon lewat call center pasti segera ditindaklanjuti, selama memiliki bukti yang kuat.

Sekian dari saya, mohon maaf bila ada salah kata. Terima kasih.

Dian Purnama
Kab. Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Bapak Dian Purnama

Dengan hormat, Terima kasih atas kepercayaan Bapak Dian Purnama untuk terus menggunakan OVO sebagai platform pembayaran digital pilihan Anda dan...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Masukan untuk Call Center OVO, terkait Laporan Penipuan

  • 7 September 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Ibu Dian, kebijakan ovo tsbt sudah bagus dan sesuai. Saran ibu untuk blokir sementara banyak loophole nya. Jika diimplementasikan, dapat digunakan untuk orang orang nge prank ato menjahati, contoh; saya sebel sama teman kantor saya, saya lapor pura pura korban penipuan biar ovonya keblokir sementara. Makanya segala lembaga keuangan hnya bisa memblokir dg laporan polisi. Bayangin kalo mau belanja ga bisa gegara duit nyangkut keblokir tanpa tau kenapa. Jadi telat bayar cc, bayar utang, bayar pln, jadi kena denda, gara gara prank? Blokir memang ga boleh bisa mudah diminta oleh orang selain pemilik akun, tanpa laporan polisi.

    • 7 September 2022 - (22:20 WIB)
      Permalink

      Ya saya tau. Minimal jumlah saldo yg dicurigai sebagai tindak penipuan saja yg diblokir. Selain saldo yg dicurigai g perlu diblokir. Selama yg dirugikan bisa memberikan bukti transfer yg valid. Minimal klo gini kan ruang gerak penipu semakin terbatas. Yg saya garis bawahi disini saldo sebesar yg dikirim korban ya yg diblokir. Bukan akunnya yg diblokir. Atau total saldo yang ada. Sampai si korban melengkapi BAP. Dikasih waktu berapa jam dr laporan. Misal 6 jam contohnya. Bila setelah 6 jam ga ada susulan BAPnya maka otomatis saldo blokir kebuka.

      Itu cuma misal. Cuma masukan aja

  • 7 September 2022 - (13:28 WIB)
    Permalink

    ovo bisa dikirimin lebih dr 2jt sudah pasti itu ovo premier yg sudah terverifikasi oleh KTP. Gampang dilacak oleh polisi. SOP Ovo sudah tepat. ga bs seenaknya main blokir 1×24 jam. kalo ada orang yg iseng bagaimana? Solusinya ibu tinggal lapor polisi, gampang itu kalo OVO nya sudah premier

    • 7 September 2022 - (22:30 WIB)
      Permalink

      Sudah. Sudah ke polsek terdekat tp polsek tidak menerima laporan penipuan online. Minimal harus di polres. Dalam kasus saya polres jaraknya jauh. memerlukan waktu yg tidak sebentar. Sekitar 1 jam lebih perjalanan dr rumah. Itu pun klo tidak macet dijalan. Dalam selang waktu trsebut, hampir 99% uang hasil penipuan pasti sudah ditarik dari saldo ovo oleh penipunya. Maka itu saya usulkan ke pihak ovo ada kebijakan blokir sementara beberapa jam dr laporan biar korban bisa melengkapi kelengkapan syarat yg dibutuhkan.

  • 7 September 2022 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya saran blokir sementara itu bagus juga tapi dengan syarat dan ketentuan berlaku. misalnya pelapor memiliki bukti transfer sah ke akun yang diduga penipu. pastinya pihak ovo mencatat bank asal atau akun asal dari dana yang masuk ke akun penipu. jika cocok dana bisa diblokir sementara sebesar saldo yang dilaporkan oleh pelapor dan pelapor bisa mengurus BAP.

    • 7 September 2022 - (22:33 WIB)
      Permalink

      Iya bos ini yg saya harapkan dr pihak ovo. Si korban pasti punya bukti transfer sah. Ga mungkin lah cuma mau iseng nglaporin orang tanpa bukti sah dan valid. Apalagi itu nominal yg tidak sedikit

        • 9 September 2022 - (07:41 WIB)
          Permalink

          Sudah gerak cepat jg. Saya selang 5 menit saya jg sudah ngurus ke ovo. Selang 10 menit sudah ngurus ke polisi. Ya tau sendiri lah birokrasi. Ga mungkin sebentar. Klo ga ada kebijakan blokir sementara. Ya ga akan mungkin beres urusan kasus2 kyk gini. Yg ada semakin banyak.

  • 8 September 2022 - (01:38 WIB)
    Permalink

    Wah sangat disayangkan, bisa bisa nya ketipu. semoga kedepannya berhati hati kembali

 Apa Komentar Anda mengenai OVO?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Masukan untuk Call Center OVO, terkait Laporan Penipuan

oleh Dian Purnama dibaca dalam: 1 menit
14