Kebohongan Bisnis Online www.innovasi-online.shop

Pada tanggal 5 September 2022 sekitar pukul 10:30-an, saya googling mencari bisnis yang mungkin untuk dijalankan. Saya menemukan bisnis online menarik di situs www.innovasi-online.shop. Saya tertarik untuk mencoba. Cara kerja platformnya:

  • Kita beli barang di marketplace (yang ternyata sudah by system).
  • Kita hanya transfer ke rekening yang sudah ditentukan, tapi barang tidak dikirim ke kita.
  • Selesai transfer dan proses sesuai mekanisme sistem, kita dijanjikan antara 3-5 menit, uang kita dikembalikan plus komisi 10-30%.
  • Disebutkan: satu kali pesanan, satu kali totalan.

Pada pembelian pertama dan kedua berhasil. Saya mendapatkan komisi yang dijanjikan, meski tidak besar, karena harganya masih Rp40 ribu dan Rp150 ribu. Pada pembelian pertama, uang ditransfer ke rekening BTPN 90300157075 atas nama: Seleni Casanova Ong. Pada pembelian kedua dan seterusnya uang ditransfer ke rekening Bank Mandiri 1750001920478 atas nama: Trian Febriansyah.

Pada pembelian ketiga, nilainya mulai besar. Saya menolak, lalu dibantu CS (namanya Bagus Wiranata 081515562892) untuk mengganti produk yang harus saya beli. Beberapa kali saya menolak, tapi selalu dibantu untuk diganti. Terakhir nilainya Rp 790rb. Saya masih menolak dan selalu dibujuk oleh CS dengan janji, pasti cair, dengan komisi yang lebih besar tentunya.

Akhirnya saya membeli produk tersebut. Namun di sini mulai terjadi keanehan. Uang saya tidak dikembalikan plus komisinya. Dikatakan saya beruntung mendapatkan misi combo. Saya harus transaksi lagi dengan nilai Rp3 juta, dan akan mendapatkan komisi yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Pastinya, tapi harus membeli barang lagi, WAJIB.

Namun saya menolak. Karena, pertama: saya tidak ada uang Rp3 juta. Kedua: ini tidak sesuai dengan platform. Berbeda dengan yang dijanjikan. Platform yang tertulis jelas: Setiap transaksi akan mendapatkan keuntungan 10 – 30% dalam waktu 3-5 menit. Tidak ada kata “Misi Combo” atau apa pun yang sifatnya WAJIB membeli lagi. Ini KEBOHONGAN PERTAMA.

Namun saya dibujuk-bujuk terus dijanjikan dan dirayu oleh CS, bahwa saya beruntung dan pasti akan penarikan setelah ini. Akhirnya saya “kalah”. Saya mencari pinjaman, tapi hanya dapat 2 juta. CS “berbaik hati” minjamin Rp1 juta, tapi itu dia (ngakunya) transfer langsung ke Trian Febriansyah. Wallahu a’lam, CS mengaku kenal Trian Febriansyah.

Singkat cerita, saya transfer lagi ke rekening Trian Febriansyah untuk ketiga kalinya sebesar Rp2 juta an terjadi lagi keanehan. Dikatakan saya masih harus membeli satu produk lagi, kali ini harganya Rp3.790.000 dan namanya misi gabungan (yang pertama tadi misi combo). Ini KEBOHONGAN KEDUA. Lagi-lagi rekening tujuannya adalah milik Trian Febriansyah lagi. Ini membuat saya curiga. Jelas saya tidak mau, karena sudah dua kali dibohongi. Meskipun dijanjikan setelah ini pasti bisa penarikan, tapi saya tidak percaya.

CS dan platformnya sudah dua kali bohong, tidak sesuai dengan yang dijanjikan, bahwa 1 kali beli, langsung penarikan, dalam waktu 3-5 menit. Saya berkali-kali dibujuk dan dijanjikan pasti penarikan, tapi saya tidak mau. Saya sudah tidak percaya, juga tidak ada uangnya.

Saya sudah berkali-kali minta agar uang saya dikembalikan, cukup modalnya saja tanpa komisi. Namun tidak digubris. Selalu dijawab bahwa saya harus melakukan pembelian dulu, baru bisa penarikan. Bahkan CS yang lain, namanya Rio Ferdinand (kata Bagus, dia manajernya: 0882-2037-8075) selalu ngeles dengan mengatakan saya tidak paham bahasa Indonesia.

Sampai saat ini uang saya masih belum dikembalikan. Semuanya masuk ke rekening Bank Mandiri 1750001920478 atas nama Trian Febriansyah. Totalnya Rp 2.790.000. Adapun jika dengan komisi, besarnya Rp 4.887.500 (tapi yang Rp1 juta milik Bagus Wiranata).

Abduh Zulfidar Akaha
Kulon Progo, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:49    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

69 komentar untuk “Kebohongan Bisnis Online www.innovasi-online.shop

  • 12 September 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    ketika otak sudah tidak bekerja,,
    logika terabaikan.
    bisnis sama teman kita sendiri saja, mikir2 dulu.
    ini malah bisnis via online, gak kenal main transfer2 aja mau..

    39
    5
    • 12 September 2022 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Kmrn sudah ada yg kena pdhl.. udh share k MK jg bahkan 2x postingan.. ternyata msh ada yg kena.. semoga cepet slsai urusannya..

      17
      • 12 September 2022 - (21:48 WIB)
        Permalink

        Saya tidak tahu, Bu .. sebelumnya saya sudah cari² infonya di internet, tapi tidak dapat..
        Aamiin.. Terima kasih, Bu.. 🙏😊

        4
        1
        • 13 September 2022 - (19:10 WIB)
          Permalink

          Sebenarnya sih sudah jelas itu investasi atau bisnis bodong, kan bisa di lihat dari domain alamat webnya bukan menggunakan domain berbayar seperti .com .net .cc dll jadi ada kemungkinan domain gratisan, mana ada perusahaan bonafit menggunakan domain gratisan seperti .shop dll.

          5
          1
          • 15 September 2022 - (23:38 WIB)
            Permalink

            Mending dagang pisang goreng. Mungkin untung g seberapa. Tp jelas duitny. Klo tokh rugi, pisang msh bs d makan sendiri

        • 23 September 2022 - (06:57 WIB)
          Permalink

          Pak Padilah…
          Tidak ada tanggapan apa pun dari PT nya.. Itu sudah pasti perusahaan abal² & penipu.. tak lama setelah saya posting ini (bisa jadi sebelumnya), nama websitenya berubah menjadi:
          https://www.radmanbd.com/
          Nama PT nya juga berubah menjadi PT Kami Indonesia. Bukan PT Innovasi Indonesia lagi. Itu pun bisa jadi juga PT-PT an, bukan PT beneran.

          Dan sekarang, website https://www.radmanbd.com/ sudah tidak bisa dibuka lagi.. mungkin akan ganti nama lagi.. cari mangsa lagi.. Semoga Allah menyegerakan laknat & hukuman-Nya pada mereka. Kasihan, sudah banyak yg jadi korban..

          * Yg membela mereka, 100 persen orang dalam mereka² juga, yg sedang menyamar jadi netijen..

    • 12 September 2022 - (23:15 WIB)
      Permalink

      bagaimana pak ? apakah sudah bisa teratasi ? saya boleh bertanya” kalo boleh tinggalkan no. wa

      1
      5
    • 15 September 2022 - (08:52 WIB)
      Permalink

      Tidak usah membully. Dia curhat. Berbagi pengalaman, bermanfaat untuk yg lain berhati²..

      • 15 September 2022 - (12:13 WIB)
        Permalink

        Terima kasih komentarnya, pak Yusuf.. Tidak apa².. Biarkan saja mereka yg membully jika itu membuat mereka bahagia. Karena mungkin mereka sulit mencari kebahagiaan..

  • 12 September 2022 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Makasih infonya ya, ternyata di zaman modern seperti ini masih saja ada orang awam seperti ini. Pentingnya literasi dan mencegah hal ini terjadi kembali.

    CS ada ya ketikan belepotan kaya gitu kaya anak SD. Haduh pak. semoga kedepannya hati hati ya pak.

    15
  • 12 September 2022 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Logikanya sebetulnya mudah ya, kita beli barang tapi barangnya diterima orang lain. Sampai disini tidak ada jaminan apapun kalau “kita mendapatkan apa yang kita bayarkan”.

    Ikut prihatin kalau masih ada yang terjebak dengan tipuan seperti ini. Salut aja dengan penipu model begini yang masih bisa menjaring “klien” dengan tipuan receh model begini.

    Salut juga dan teriring ucapan terima kasih untuk OP yang berani mengakui kekhilafannya dan memberi pencerahan kepada calon-calon “klien” berikutnya. Terima kasih untuk MK karena jadi wadah pembelajaran cerdas untuk warga negara Indonesia (meskipun warga negara Indonesia terlalu cerdas untuk belajar, membaca, belajar membaca, dan mengunjungi web MK).

    13
    • 12 September 2022 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Yang beli kita, pak Teguh.. tapi barang tidak dikirim ke kita. Barang juga tidak dikirim ke siapa². Penjual dapat rating dengan barang yang terjual & mungkin komentar pembeli (yg diwakili PT Innovasi Indonesia ini).
      Untuk kita, uang dikembalikan+ komisi 10 – 30%.

      Saya ikut, ya karena ada MK ini.. kalo ada apa², tinggal tulis di MK. Biasanya berhasil. Kalo tidak berhasil, setidaknya bisa berbagi pengalaman (semoga bermanfaat & jadi pelajaran bagi yg lain) & pernah mengalami sendiri bagaimana rasanya tertipu.. 😊

      Btw, terima kasih atas komentarnya… 🙏😊☕

    • 14 September 2022 - (05:10 WIB)
      Permalink

      Ini investasi kalo modal + komisi benar-benar dibayar akan akan ada 2 kejadian :
      1. Warga +62 akan banyak yg jadi KAYA mendadak.
      2. Perusahaan akan BANGKRUT mendadak.

      Saya sarankan tiap pagi sarapan & ngopi agar otak dgn hati bisa sinkron. Agar bisa berpikir secara rasional dan logik. Salam sukses

  • 12 September 2022 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Kode rekening bank mandiri 175000 itu kode cabang kuta raya, sama kaya rekening saya, kemungkinan penipu domisili di kuta-bali

      • 12 September 2022 - (14:52 WIB)
        Permalink

        🙏ikut prihatin dan terimakasih tlah berbagi pengalaman semoga kedepan lebih waspada!!?

        4
        2
    • 15 September 2022 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Mungkin orangnya sedaerah dengan bapak.. tapi domisilinya bisa juga di tempat lain.. yg jelas, itu PT alamatnya di Jakarta..

    • 15 September 2022 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Kalo boleh saya masukan saaja rate 20-30% keuntungan pati di curigai bahwa itu scam apalagi dengan 1 menit untung segitu … Kita misal lho jualan sendiri saja dengan untung 30% saja bejo bejoan …

      Apalagi dengan barang yang tidak dikirim . Saya xuriga ini skema ponzi ..karna jujur keuntungan 30% per menit bagi saya adalah aneh . Deposito saja bunganya mentok di 5-8% yang jelas jelas , bagaimana bisa bisnis click bait menjanjikan untung 30% ? Jika mlm secara teoritis bisa saja karna ada aelisih harga member dan harga customers

  • 12 September 2022 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Mulailah bisnis dari kemampuan, ilmu dan ketrampilan yang kita miliki.
    Bedakan antara bisnis dengan investasi (bodong).

  • 12 September 2022 - (12:52 WIB)
    Permalink

    nama anda Abduh, tapi saya cuma bisa geleng2 dan bilang ADUH…….

    logika nya tidak ada untuk bisnis seperti ini, komisi 30% dapat darimana coba mereka untuk membayar anda, jelas penipuan, yang meyakinkan anda pada awalnya dengan memberikan komisi dalam jumlah kecil

    5
    2
  • 12 September 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Menurut saya pribadi sih bisnis seperti ini Memenuhi Janji untuk penempatan uang yang pertama. Untuk tawaran kedua, ketiga dan seterusnya diabaikan saja. Soalnya saya pernah ikutan investasi 1x saja dan terbukti membayar. Dan yang ini saya mencoba ikutan dengan investasi cukup kedua kalinya saja. Lumayan saja sih…. Bisa dapat sekitar 100.000 an

  • 12 September 2022 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Efek setelah pandemi dan banyak pengangguran jadi inginnya duit instan ingat tidak akan semudah itu mendpatkan keuntungan 30%,pikir secara logika

  • 12 September 2022 - (19:16 WIB)
    Permalink

    TERIMAKASIH sudah berbagi pengalaman…
    Semoga tak ada korban -korban lainnya lagi.
    Uang anda nggak akan kembali, jadi ikhlasin aja, ambil hikmahnya dari semua kejadian yg menimpa anda ini. Sekali lagi, TERIMAKASIH…

  • 12 September 2022 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Tinggal pake akun baru cukup 1x transaksi.. kalau goal langsung stop. Pake akun lain sodara ke atau tetangga ke. Goal lagi stop lagi.. gitu aja terus sampe ratusan org.. yakin bangkrut ntar. Kalau ga gol dalam 1x coba langsung report. Biar makin marak.. wkwkwk…

    • 13 September 2022 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Usul yg bagus, pak Adam.. Silakan dicoba.. semoga berhasil.. 😊
      Saya sudah mencoba tapi gagal. Katanya, mesti pake perangkat & nomor yg berbeda..
      Tapi kalo rame² dilakukan, bisa ambruk itu perusahaannya.. 😁

      • 13 September 2022 - (10:57 WIB)
        Permalink

        siang pak Abduh, itu pesanan bapak masuk combo 2 atau 3.. kebwtulan saya dapat combo 2 dan mirip ” seperti itu . mohon penjelasannya pak biar tidak terjadi dengan saya ..atau lebih was”..

  • 12 September 2022 - (23:46 WIB)
    Permalink

    Ini mungkin ada indikasi investasi skema ponzi dengan dibalut belanja online?
    atau perusahaannya bodong? soalnya sekelas PT masa domain nya .shop?

  • 12 September 2022 - (23:46 WIB)
    Permalink

    pak, apakah setelah menyelesaikan 2 pesanan kombinasi tetap tidak bisa ditarik tunai , bagaimana pak ? kebetulan saya ada satu pesanan yang ditunda (misi+komisi) ? kalo tidak keberatan mohon dijawab pak atau boleh wa saya 0822812134** biar bisa sharing

    • 13 September 2022 - (07:16 WIB)
      Permalink

      Mungkin maksudnya misi gabungan ya, pak?

      Sejak pesanan ketiga sudah tidak dikembalikan. Saya harus beli lagi untuk yg keempat. Namanya misi combo. (Ini kebohongan pertama)

      Pesanan keempat saya beli. Tapi tidak juga dikembalikan+ komisinya. Saya harus beli lagi, namanya misi gabungan. (Ini kebohongan kedua)

  • 13 September 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Ini kasusnya seperti saya yang terjadi di bulan agustus, kemarin media konsumen juga pernah menayangkan berita tentang penipuan ino. Sekarang terjadi lagi hanya saja bedanya sya n korban kemarin judulnya shopevip, sekarang klo sya buka tautannya lg sdh ganti jd blibli. Dan korban yg dbrtkan ini gnti inovasi bisnis namun cara mainnya sama dijanjikan dikash komisi 10%-30% n dsrh trfer tp kenyataannya uang gk kembali.

    Saya kemarin jg sepert itu malah uang saya 23jt ketipu olehnya. Sekarang saya sekeluarga diancam n d teror sma penipu . Sya sdh lapor polisi namun gak ada hasilnya

    • 13 September 2022 - (03:40 WIB)
      Permalink

      @Amel
      Ada tanda terima laporan kepolisiannya?
      Kalau ada silakan posting di twitter beserta foto tanda terima laporannya kemudian mention ke pak kapolri @ListyoSigitP . Coba, 1-2hr pasti ada respon positif 😁

    • 13 September 2022 - (07:17 WIB)
      Permalink

      Saya turut prihatin, bu Amel.. Semoga kasusnya segera selesai & uang dikembalikan.. Aamiin..

  • 13 September 2022 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Nomor admin yg nipu saya S
    +62812-4384-6961
    +62813-8739-5075
    +62895-1352-9793
    sampai sekarang nomor itu msah aktf pdhl sy sdh lpor untuk mlkukan pemblokiran
    Sya trfer ke rek briva PT TRI USAHA BERKAT

    Sedihnya kasus

    1
    1
      • 16 September 2022 - (08:06 WIB)
        Permalink

        Ternyata nama websitenya sudah ganti: https://www.radmanbd.com/
        Mungkin karena sudah terlalu banyak menipu & dilaporkan. Nama website beda. Tapi isinya sama seratus persen.

        Nama PT nya juga berubah menjadi PT Kami Innovasi. Bukan PT Innovasi Indonesia lagi..

    • 16 September 2022 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Ternyata nama websitenya sudah ganti: https://www.radmanbd.com/
      Mungkin karena sudah terlalu banyak menipu & dilaporkan. Nama website beda. Tapi isinya sama seratus persen.

      Nama PT nya juga berubah menjadi PT Kami Innovasi. Bukan PT Innovasi Indonesia lagi..

  • 13 September 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya mantan ponzi player.. Sedikit cerita aja buat sender dan teman-teman yang lain..

    Sebenarnya sangat mudah untuk mengklasifikasikan sebuah model ponzi scheme terlepas apapun bentuk kedoknya..

    Yang paling mudah untuk langsung bisa klaim kalau itu ponzi scheme adalah jika terdapat iming-iming berupa keuntungan di atas 12% per tahun.. Jadi kalau ada model bisnis yang menawarkan keuntungan per bulan 10% atau bahkan per sekali transaksi itu mampu memberikan keuntungan yang tidak wajar, maka abaikan aja..

    Tidak wajar di sini misalnya disebutkan bahwa keuntungan “PASTI” akan berhasil dicairkan dengan embel tanpa resiko, bebas resiko, bergaransi, modal di jamin kembali, dll dll dll.. Tanpa harus saya cek ke website nya pun bisa langsung saya klaim kalau “bisnis” di atas adalah bentuk lain dari ponzi scheme..

    Dan biasanya, penipuan berbasis ponzi scheme akan mencatut nama perusahaan besar seperti shoppe, blibli, tokopedia, dan bahkan teman saya pernah hampir tertipu oleh penipuan sejenis dengan mencatut nama besar perusahaan online shop besutan Jack Ma..

    Di website nya di katakan merupakan anak perusahaan dari online shop tersebut.. Namun ketika saya cek jeroan website nya menggunakan who.is, langsung ketahuan kalau website nya baru lahir dan lahir nya pun di Indonesia..

    Gak ada salah nya kita membagikan kebenaran, kalau pun sender sudah tertipu maka jadikan sebagai pelajaran untuk diri sendiri, anak, istri, cucu, serta keluarga yang lain..

    Catatan tambahan juga, bahkan untuk sekelas menabung emas saja ada loh resiko capital loss.. Itu adalah kondisi di mana harga beli emas nya lebih tinggi daripada harga jual kembali.. Jadi kalau ada bentuk bisnis baik itu investasi maupun perdagangan bodong yang mengatakan bahwa tidak ada resiko, maka langsung skip aja..

    Tidak ada hal yang tidak beresiko di dunia ini..
    Bahkan ketika kita tidur saja, ada resiko besok pagi kita tidak akan membuka mata lagi..
    Itu aja ciptaan Tuhan, apalagi ciptaan manusia yang tidak sempurna.. Kok berani-berani nya klaim tidak beresiko..

    Dah segitu saja dulu.. Bagikan tulisan ini jika di rasa bermanfaat dan tetap waspada dengan uang hasil kerja keras Anda..

  • 15 September 2022 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Kata bang ade armando :”gunakan akal sehat, maka kita akan selamat”. Kalau gak gunakan akal sehat maka kita akan tamat.

  • 15 September 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Ketika logika sudah tidak berjalan.. entah karena malas berpikir seperti kerbau dicucuk hidungnya atau memang curiga tp gambling karrna kalimaf “siapa tau?” Ini sakti dan bs bikin yg pintat serta memiliki pendidikan juga jd kayak kerbau..
    Kenapa saya bilang begitu?
    1. Beli barang.. baranf ga dikirim? Hahh..
    2. Oh ditransfer 3-5 menit komisi 10-30% hahh? Cuan nya dari mana bs balikin duit + komisi? Yayasan amal/perseroan terbuka ini ya? (Logikanya kalo lender dapet 10-30% perusahaan dpt brp persen? Duitnya dr mana? Seller/toko baru? Ke lender aja udah 10-30% ke perusahaan berapa? Ada seller atau toko baru yang mau bayar komisi segini demi reputasi toko baru? GA MASUK AKAL)
    3. Pada saat permulaan duit kecil.. ini mancing supaya korban/lender percaya.. (seperti kata pepatah “MANCING DUIT YA PAKE DUIT” Nah penulis ini dengan mudahnya kepancing kek ikan mujair liat cacing)

    Ini juga contoh kenapa investasi bodong dan penipuan berkedok investasi marak di indonesia.. kenapa LITERASI KEUANGAN di indonesia itu RENDAH
    Contoh.. ketika di presentasikan.. naruh uang di saya dapet bunga 50% dlm 1 tahun. Org indonesia kebanyakan ga akan berpikir.. klo saya taro 1M maka jd 1.5M ya? Mereka ga akan repot2 berpikir.. darimana orang ini dapat yg 500jutanya? Mereka lupa uang tidak beranak dan berkembang biak dengan sendirinya.. “loh kok nabung di bank/deposito ada bunganya?” Bank memiliki usaha yg jelas dan anak usaha yang banyak..
    Contoh : menabung di BRI depositu bunga 4.5% 1th.. dr mana BRI punya uang balikin lebih 4.5%? Uang bapak dan ibu digunakan untuk KTA misalnya.. peminjam bayar bunga sebagian keuntungan dikembalikan kepada bapak ibu tp BRI yang mengelola.. atau digunakan ke perusahaan batubara milik BRI atau perusahaan lainnya. Sebagian profit itulah yg digunakan untuk membayar bunga yg dijanjikan kepada bapak ibu..

    Jadi jangan “Yuk investasi di saya.. bunga 25% setahun” bapak ibu lgs” wah klo 1 milyar 250jt 1th cuma tidur.. sy ada 2milyar.. masukin semua ah biar 1th dapet 500jt lgs dapet fortuner.. duit sy utuh, abis itu setor duit pulang mimpi sambil ngehayal eh tahun depan boro boro kebeli fortuner yang ada beli baygon aja minjem dl wkwkwk

  • 16 September 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Orang Gebleg Plus Tolol Ya Yang buat Postingan ini
    Pakai Logika Saja
    Dalam Waktu 3-5 Menit Akan Mendapatkan Keuntungan 10-30%
    Deposito Dibank Saja Membutuhkan Waktu Taunan Untuk Mendapatkan Bunga 7%!!
    Mikir Pakai Otak Jangan Pakai Dengkul!!
    Ckckkc🤣🤣🤣

  • 18 September 2022 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Intinya jangan mudah tergoda dengan iming2 dapet uang dengan cara instan aplg kl kita dulu yg ngeluarin uang kalaupun kl kita beli barang kita cek dulu dengan benar itu onlen shopnya aman apa tidk krn kita bayar dulu, mudah2an tidak ada lg yg kn tipu.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 69 komentar sampai saat ini..

Kebohongan Bisnis Online www.innovasi-online.shop

oleh Abduh dibaca dalam: 2 menit
69