Saldo Tabungan Valas di Bank Danamon Berkurang, Padahal Sudah Setor Minimum Sesuai Arahan Bank

Bulan Oktober tahun 2016, saya membuka rekening valas/USD di Bank Danamon cabang BSD (Ruko Golden Madrid), Tangerang Selatan untuk keperluan usaha. Pihak bank saat itu menyatakan bahwa agar dana tidak berkurang akibat terkena biaya administrasi dan lain-lain, maka setoran minimum adalah USD 200 ($ 200). Saya setorlah $ 200.

Pertengahan Juli 2022 saya bermaksud menutup rekening USD saya tersebut, dan saya terkejut ketika buku tabungan saya di-print, saldonya tinggal $ 15.84. Ketika saya tanyakan kenapa bisa berkurang, CS mengatakan bahwa rekening saya terkena biaya-biaya karena saldo saya di bawah $ 200.

Saya menyampaikan bahwa saat membuka tabungan USD, pihak Bank Danamon menyatakan saldo saya tidak akan berkurang, malah akan bertambah walaupun pertambahannya kecil/sedikit. Hal itu terbukti sampai 31 Maret 2018 saldo saya $ 200.36.

Pihak Bank Danamon mengatakan bahwa sejak 2 tahun lalu (berarti tahun 2020) ada peraturan baru di Bank Danamon sehingga saldo di rekening saya terkena pemotongan. Lalu ada denda, dll. Saya mengatakan bahwa perubahan peraturan tersebut tidak pernah disampaikan ke saya. Padahal data saya (nomor handphone dan alamat e-mail) ada di mereka. Pihak Bank Danamon tidak bisa membuktikan bahwa peraturan baru tersebut sudah disampaikan ke saya.

Lalu saya diminta untuk mengisi Formulir Pengaduan Nasabah. Setelah saya isi dan ditandatangani oleh Manager Cabang, seminggu kemudian CS Bank Danamon menelepon dan menyampaikan bahwa sudah diajukan permohonan pengembalian dana saya ke kantor pusat Bank Danamon. Saya juga mendapat SMS dari Bank Danamon dan disebutkan nomor pengaduannya adalah 17178605.

Beberapa hari kemudian saya mendapat SMS dari Bank Danamon bahwa pengajuan refund saya ditolak tanpa ada penjelasan.

Ini adalah salah satu modus bank me*** uang nasabahnya. Secara sepihak Bank Danamon menerbitkan peraturan baru dan tidak menyampaikan peraturan baru tersebut ke nasabah. Lalu berdasarkan peraturan baru tersebut saldo nasabah di***. Saya tidak tahu berapa banyak nasabah Bank Danamon yang mengalami nasib seperti saya. Maka berhati-hatilah menyimpan uang Anda di Bank Danamon.

Saya berharap pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menindak pihak Bank Danamon atas kelakuannya dalam kasus saya ini.

Nelson Napitupulu
Jakarta Selatan


Catatan redaksi (diperbarui 27/9/2022): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Danamon atas surat Bapak Nelson Napitupulu Terkait Saldo Tabungan Valas di Danamon Berkurang

Yth. Redaksi Media Konsumen di Tempat Perihal : Tanggapan Danamon Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Nelson Napitupulu melalui...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Saldo Tabungan Valas di Bank Danamon Berkurang, Padahal Sudah Setor Minimum Sesuai Arahan Bank

  • 21 September 2022 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Secara sepihak Bank Danamon menerbitkan peraturan baru dan tidak menyampaikan peraturan baru tersebut ke nasabah.

    ==========
    apakah ada klausula bank harus memberitahukan ke nasabah saat ada perubahan tarif saat anda buka rekening valas?

    1
    1
    • 21 September 2022 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Jangankan naro di bank, lah naro di celengan rumah aja bisa berkurang dimakan rayap.

      1
      1
  • 21 September 2022 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Emang sarat dan ketentuan semua bank juga berubah rubah setiap saat tanpa memberitahukan ke nasabah terlebih dahulu

    • 21 September 2022 - (21:02 WIB)
      Permalink

      “Pihak bank saat itu menyatakan bahwa agar dana tidak berkurang akibat terkena biaya administrasi dan lain-lain, maka setoran minimum adalah USD 200 ($ 200). Saya setorlah $ 200.”

      Harus dipahami perbedaan antara setoran minimum (saat pembukaan rekening) dengan saldo minimum (setelah rekening aktif untuk bertransaksi).
      Kalau bisnis anda terkait dengan transaksi dalam valas, seharusnya proaktif untuk mengetahui fitur/ketentuan produk tabungan yang anda pakai.
      Setidaknya anda proaktif memiliki aplikasi mobile/internet banking untuk memantau mutasi rekening dan meng-update fitur dan perubahan2 S&K atas produk perbankan yang anda miliki.

      Kalau dilihat dari saldo mengendap anda selama 6 tahun yang hanya ekuivalen Rp 3 juta tanpa ada mutasi transaksi apapun, tidak hanya di Bank Danamon, di bank manapun dipastikan saldo rekening akan terus menyusut antara lain karena suku bunga simpanan yang semakin kecil mendekati 0% dalam 3 tahun terakhir, ditambah biaya rekening tidak aktif.
      Saya aja yang mutasi rekeningnya aktif kena biaya admin Rp 30 ribu sebulan (Rp 360 ribu setahun). Dengan saldo mengendap rata2 per bulan Rp 50 jutaan saja (tanpa mutasi) saldo tabungan saya menyusut bila dibandingkan saldo bulan sebelumnya.

      • 26 September 2022 - (11:53 WIB)
        Permalink

        Maaf, saat saya membuka rekening valas tsb, pihak bank menyatakan bahwa perlu dengan setoran minimum $ 200 maka saldo saya tidak akan berkurang. Ini dinyatakan oleh pihak bank danamon saat membuka rekening. Hal itu terbukti selama 2 thun, tanpa ada mutasi, saldo saya tetap $ 200an. Jadi anda salah besar dan sedikit sok tau ketika mengatakan bahwa saldo pasti akan menyusut. Pengurangan/penyusutan terjadi karena ada perubahan peraturan dari pihak bank. Tapi seharusnya pihak bank menyampaikan perubahan peraturan tsb ke nasabah. Dan satu hal lagi, anda terkesan menggurui ketika mewajibkan saya untuk proaktif. Tidak ada aturan perbankan yg mewajibkan nasabah proaktif melihat mutasi rekeningnya.

  • 21 September 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Tabungan rupiah aja berkurang kena biaya macam2 apalagi valas. Kalau gak mau berkurang pake bank digital. di onevmobile OCBC NISP, octo CIMB niaga jg ada tanpa fee

    • 21 September 2022 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Wah makin kacau nih…niatnya mau simpan uang buat supaya utuh, bertahun2 bukannya nambah saldo malah habis buat biaya ini itu,bank harusnya menginformasikan apabila ada peraturan² baru yg menyangkut biaya2 Pada tabungan Nasabah..buat TS semoga saldonya bisa balik deh…

      2
      3
    • 26 September 2022 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Itu terjadi karena kantor cabang bank-nya pindah alamat dan tidak ada pemberitahuan ke saya sebagai nasabah.

  • 23 September 2022 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Peraturan dan promosi bank Danamon memang berubah sesuka hati mereka.. Dulu sekitar 10 tahun yg lalu kalau tidak salah ingat , bank Danamon ada promosi pembukaan rekening dengan promo “Bebas biaya seumur hidup”.. Memang benar sih bebas biaya adm bulanan walaupun bunga nya cukup kecil.. Kemudian 6 bulan atau 1 tahun kemudian , ada perubahan ketentuan.. Ditambahkan aturan baru.. Biaya penutupan rekening Rp. 50.000.. Kemudian tahun berikutnya ditambahkan aturan baru mengenai saldo minimum (kalau tidak salah ingat..) Memang sih masih bebas biaya seumur hidup tapi kalau tiap tahun ditambah aturan baru ya sama saja.. Kesan nya kan promo sesuka hati mereka demi menjaring nasabah baru..

    • 26 September 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Kalau ada pemberitahuan resmi ke nasabah, tidak apa-apa. Toh kita berhak utk menghentikan/menutup rekening kita kalau kita tidak setuju dgn aturan tsb.
      Soal biaya penutupan ini juga salah satu cara bank merampok uang nasabah. Mestinya pihak OJK membuat aturan yg jelas dan ada dasar hukumnya utk biaya penutupan rekening ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Danamon?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Saldo Tabungan Valas di Bank Danamon Berkurang, Padahal Sudah Setor Mi…

oleh Nelson dibaca dalam: 1 menit
11