BRI Blokir Manual Rekening dengan Alasan Kredit Padahal Sudah Autodebit

Yth. Pimpinan BRI,

Saya sebagai salah satu nasabah Bank Rakyat Indonesia dengan no rek 55340******2508 Cabang Sawahlunto, Kota Sawahlunto, Prov. Sumbar. Yang mana kita tahu bahwa BRI ialah Bank BUMN terkemuka di Indonesia, namun saya cukup kecewa dengan apa yang terjadi pada pelayanan BRI dikarenakan sistem autodebit BRI dengan seenaknya memblokir dana di rekening saya hingga 2 kali lipat dari angsuran.

Berikut kronologinya:

Saya ada pemilik kredit Briguna karya yang mana gaji saya payroll di BRI. Sudah sejak tahun lalu rekening saya diblokir sebesar 2 kali angsuran, dengan alasan gaji pokok saya tidak cukup untuk membayar angsuran. Padahal sebagai ASN saya memiliki tunjangan lain yang akan masuk pada bulan tersebut.

Jadi setiap saya ingin melakukan transaksi saya harus menghubungi kantor cabang untuk membuka blokir, baru saya bisa menggunakan uang tersebut walaupun sudah ada pemberitahuan potongan kredit saya sudah dibayar. Padahal uang itu kan uang saya, masa setiap ingin menggunakan harus menghubungi cabang untuk membuka blokir dan besoknya akan terblokir lagi.

Saya merasa sangat dirugikan. Dan sesuai aturan OJK bank tidak boleh seenaknya memblokir dana nasabah. Contoh pada bulan ini setelah gaji masuk rekening saya minus sebesar lebih dari Rp 4.700.000, padahal gaji saya sudah masuk di mana seharusnya hanya minus 800ribuan dan akan terbayar ketika tunjangan saya masuk kurang lebih tanggal 7 setiap bulannya. Lalu setelah tunjangan saya masuk saya harus menghubungi cabang agar rekening saya dapat digunakan.

Mulyadi SH
Sawahlunto, Sumatra Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:60    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Mulyadi SH

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “BRI Blokir Manual Rekening dengan Alasan Kredit Padahal Sudah Autodebit

  • 2 Oktober 2022 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut sy, bapak perlu stand-by kan dana sebesar cicilan sebelum tanggal autodebet, minimal sehari sebelumnya agar tidak mepet waktu eksekusi autodebet, krn sepertinya pemblokiran itu by system jika saldo tidak cukup saat eksekusi. Jd maksudnya jangan tunggu gaji bulan 1 utk bayar cicilan bulan 1, dst, krn bs aja gaji masuk di jam berbeda dgn jam autodebet sistem.
    Jd misal cicilan 7jt, autodebet tiap tgl 2. Sebelum tgl 2 sudah sedia 7jt, jd pas sistem autodebet saldo cukup. Pas gaji masuk tgl 4 atau tgl 7 atau tgl 10, tinggal sisakan lg 7jt untuk cicilan bulan depannya lg.

    17
    1
  • 2 Oktober 2022 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Ini bukannya karena system’ mas, ini dari blokirnya manual, kalau sistem di awal aman2 aja

    • 3 Oktober 2022 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Kok bisa blokir manual itu siapa yang blokir? Pengalaman saya tiap tanggal 1 awal bulan dini hari sudah ada debet sejumlah cicilan bulanan. Nah jika jam tersebut tidak ada saldo cukup, karena biasanya gajian agak siang, saldo menjadi minus, namun sejauh ini belum pernah sampe rekening diblokir. Saya juga nyesel kredit BRIguna, terlalu banyak biaya tambahan, bahkan tiap autodebet kena charge Rp 1000, lha sesama BRI kok ada fee, meskipun itu dalih otomatisasi sistem, dan nasabah tidak diberikan opsi bayar manual.

  • 2 Oktober 2022 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Halo bapak mulyadi, apakah ada kesepakatan tanggal mengenai auto debet anda ketika anda mengaktifkan auto debet?
    Biasanya auto debet dilakukan by sistem di waktu yang sama setiap bulan dan sudah diinfokan serta disepakati diawal.
    Sehingga, adalah kewajiban nasabah untuk selalu tesedia dana yg cukup untuk terdebet pada tanggal tsbt tiap bulan.
    Dalam memanajemen hutang/kredit, yang sehat adalah membayar cicilan dari pendapatan bulan sebelumnya. Tidak akan terjadi terlambat angsuran dan denda. Menghindari pula hal hal yg terjadi sprti yg terjadi pada bapak saat ini. Sebaiknya bapak ubah pola keuangan bapak untuk pembayaran cicilan. Semoga lancar ya pak, dan tidak ada masalah lagi dilain hari.

  • 3 Oktober 2022 - (05:06 WIB)
    Permalink

    Kreditnya harus pakai autodebet? Jika tidak lebih baik di nonaktifkan saja dan bayar sendiri. Autodebet ini yang buat masalah dan cari tau apakah jika gagal autodebet akan blokir sementara atau cuma pemberitahuan saja.

  • 3 Oktober 2022 - (09:17 WIB)
    Permalink

    kayanya akan jauh lebih aman pas di tgl jatuh tempo sediakan uang yg pas di rekening biar ga repot aja harus telpon mulu abis pulsa dan buang buang waktu
    mungkin dimulai dari bulan ini sisihkan uang untuk menutupi kekurangan pembayaran sampai tgl 7 uang anda keluar lagi

  • 3 Oktober 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Sepertinya pihak bagian kredit melakukan yg melakukan hold 2 kali angsuran sebagai mitigasi pengaman seandainya terjadi gagal bayar. Jadi rekening akan tetap terblokir sampai angsuran lunas. Dan bila berkeberatan nasabah bisa menegosiasikan nya langsung ke bagian kredit untuk membuka blokir atau mengurangi blokir hingga hanya senilai 1 kali angsuran saja.

  • 3 Oktober 2022 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Coba tanya ke BRI, pakah tanggal autodebet bisa dimundurkan? Atau kalau bisa stop autodebetnya dan mulai bayar manual. Pernah dengar kejadian yang sama dari masalah autodebet ini, tapi lupa bank apa

    • 4 Oktober 2022 - (00:01 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal aneh, di bri Giriwoyo Wonogiri Jawa tengah, saya memiliki 2 rekening BRI 1 buat simpanan biasa satu lagi buat bayar pinjaman, angsuran ada keterlambatan tetapi maen blokir sepihak rekening saya, anehnya yg diblokir malah rekening yg bukan buat angsuran, saya tanyakan kepala cabangnya katanya karena 1 cip, tapi apakah seperti itu SOP nya bisa blokir2 SE enaknya sendiri saja

      • 5 Oktober 2022 - (21:09 WIB)
        Permalink

        sama pak ..seperti leasing sekarang bri ya kog seperti itu..dan tidak,ada respect sama bri

  • 9 Oktober 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, tapi blokir ini kok kaya seperti manual transfer ke rek lain….

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

BRI Blokir Manual Rekening dengan Alasan Kredit Padahal Sudah Autodebi…

oleh Mulyadi dibaca dalam: 1 menit
15