Cashback Promo Bank di Tokopedia Dibatalkan Sepihak dengan Alasan Berubah-ubah

Pada tanggal 25 – 30 September 2022, CIMB Niaga mengadakan promo diskon/cashback kepada pengguna kartu debit dan kartu kredit di banyak marketplace, salah satunya yaitu di Tokopedia. Tanggal 29 September saya belanja di salah satu official seller Tokopedia dengan nominal Rp5.160.000

Saya menggunakan kode promo khusus kartu kredit CIMB Niaga “HUTCIMB67” yang di S&K tertulis akan mendapatkan cashback Rp670.000 dengan minimal belanja Rp5.000.000. Sampai sini saya sudah memenuhi S&K, minimal nominal pembelian. Transaksi berjalan lancar sampai kemudian barang sampai ke tangan saya.

Kemudian pada sore hari sesudah barang sampai, saya konfirmasi penerimaan barang. Namun saya kaget, karena tiba-tiba saya dapat email pemberitahuan kalau cashback tidak masuk ke akun Tokopedia saya.

Tertulis di foto, menurut pihak Tokopedia Pesanan kamu dengan nomor invoice INV/20220929/MPL/2694187815 tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku, yaitu adanya penggunaan promo melebihi limit promo per orang atau adanya kesamaan identitas dengan pembeli lain. Tokopedia berhak membatalkan benefit promo sesuai Syarat dan Ketentuan pada poin M pada halaman ini.

Kemudian saya komplain ke CS Tokopedia Care di aplikasi Tokopedia, karena saya merasa tertuduh mempunyai kesamaan identitas dengan orang lain. Padahal di rumah saya cuma saya pengguna Tokopedia dan hanya mempunya 1 akun Tokopedia yang sudah verifikasi KTP (TIDAK PUNYA AKUN LAIN).

Di email itu juga tertulis yaitu adanya penggunaan promo melebihi limit promo per orang. Saya sangat yakin, ketika transaksi promo yang saya gunakan masih ada dan nempel di invoice, karena kalau promo habis ketika pembayaran akan gagal dan kembali ke menu pembelian!

Namun jawaban CS Tokopedia Care berubah, saya dinyatakan melanggar poin M nomor 9 dan 12 ya sehingga benefit cashback tidak bisa diteruskan. Isi poin M nomor 9 :”Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Rewards serta hal-hal lainnya“.  Isi poin M nomor 9 M nomor 12 “Setiap Promo Tokopedia tidak berlaku untuk pembelian logam mulia batangan, voucher belanja“.

Wahai Tokopedia, kenapa bisa cepat berubah untuk membatalkan cashback kepada pelanggan? Kalau betul melanggar Poin M nomor 9 dan 12 kenapa di transaksi saya yang lain di seller official yang sama cashback-nya masuk?

Apa karena yang masuk nominal cashback-nya kecil hanya Rp67.000 ,sedangkan cashback yang nominal besar dibatalkan sepihak? Ini tidak adil untuk pelanggan! Juga ini promo spesial HUT bank, kenapa Tokopedia bertindak seperti ini? Jelaskan sebenar-benarnya kenapa cashback tidak masuk! Jangan mengada-ada pelanggaran demi keuntungan kalian dan pengguna yang dirugikan!

Sekian surat pembaca dari saya untuk Tokopedia.

Erwin Ramadhana
Tasikmalaya Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Promo Tokopedia:
[Total:20    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Cashback Promo Bank di Tokopedia Dibatalkan Sepihak dengan Alasan Berubah-ubah

  • 7 Oktober 2022 - (15:42 WIB)
    Permalink

    belanjanya barang apa? lalu ada 2x pembelian dgn kode promo yg sama? ya jelas, pasti salah satu ga dpt cashback

    • 7 Oktober 2022 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Dibaca lagi postingannya om, 2x pembelian itu dengan kode promo dan metode pembayaran berbeda 🙂

      • 7 Oktober 2022 - (16:15 WIB)
        Permalink

        lalu barangnya apa om? ada pengecualian dari syarat ketentuan tokped mungkin, ky voucher belanja, emas, dll

  • 7 Oktober 2022 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Sama deh dengan kasus saya, dibatalkan dg alasan kesamaan identitas tanpa bukti, masuk MK tetap tidak ada hasilnya.
    Posisi pengguna layanan memang sangat lemah, cashback dibatalkan seenaknya dg berlindung di balik S&K.
    Lembaga perlindungan konsumen tidak pernah menyentuh beginian.

    • 7 Oktober 2022 - (22:48 WIB)
      Permalink

      Iya gan, saya emang niat buat masukin case ini ke Media Konsumen ingin lihat tanggapan serius Tokopedia karena chat di CS seperti ngomong sama robot selalu kekeh dengan S&K nya yang memihak sendiri itu, ditanya detail dimana melanggarnya gak dijawab cuma dibalas template lagi.
      Banyak kasus Cashback tokopedia yang gak masuk dengan alasan S&K kesamaan identitas begini, teman dan saudara saya pernah ngalamin tapi cuma pasrah aja 🙃
      Mungkin nunggu ada kasus viral dulu baru tokopedia berbenah S&K promonya.
      Masih kurang memang hukum perlindungan konsumen di negara ini.

      • 8 Oktober 2022 - (01:21 WIB)
        Permalink

        Kejar terus pak, klw perlu datangin saja kantor tokopedianya di tokopedia tower yg ada di daerah puri kembangan jakarta barat, sy pernah kejadian tiba2 akun saya dibatasi jd bisa belanja tp tdk bisa pakai voucher promo apapun tanpa alasan yg jelas padahal sy sdh member diamond, sy chat balasannya juga normatif saja, lalu sy buat janji temu dgn tim tokopedia di aplikasi tokopedia ada menu tsb, eh entah kenapa tiba2 sebelum sy sempat datang ke tokopedia towernya sesuai jadwal tiba2 akun saya normal kembali, ya jdnya sy nggak jd datang ke tokopedia tower..

    • 8 Oktober 2022 - (04:35 WIB)
      Permalink

      masuk mk itu belum tentu perusahaan mau tanggung jawab kak. anda tahu kasus yg sudah di putuskan bersalah oleh pengadilan aja, perusahaan banyak yg mengajukan banding.

  • 8 Oktober 2022 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Ya sistem cashback di tokopedia itu emang gacha, harus faktor hoki baru masuk. Makanya saya ga pernah belanja lagi disana. Mending di Blibli atau Shopee. Meski banyak fanboy Tokopedia yang menghujat, yang penting benefit cashbacknya ga pernah dikemplang sembarangan. 😁

  • 8 Oktober 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Klo utk saudara Yg kerja ditokopedia pasti dapet CB nya. Misal org itu krja ditoped lalu ada istri/adiknya menggunakan promo,lalu dia komplen,pasti diteruskan CB nya..
    mknya sy jg skr mending belanja di Sebelah yg biru CB nya jelas tidak menjebak. Seharusnya klo CB/promo gk bs digunakan itu dari awal tidak bs dipake,sbelum pembayaran.

  • 8 Oktober 2022 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Wkwkkw, klo mau blanja toped nunggu WIB aja, itu juga yg 20 rb an aja, klo transaksi jutaan ke Blibli aja, promonya ga nipu

  • 12 Oktober 2022 - (21:10 WIB)
    Permalink

    transaksi besar mending beli di biru dong jelas cashback tak menjebak, klo memang akun pelanggaran, dari awal tak dikasih belanja, jgn terpukau nilai cashback yg besar2 dihijau, untuk promo2 bank2 dengan kartu kredit hindari cashback, krn bisa dibatalkan sepihak, semenjak juni 2022 perubahan sistem ditoped. lbh enak belanja ditoko biru atau oren skrg jika trx besar, klo kecil2 diijo tak apa

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Cashback Promo Bank di Tokopedia Dibatalkan Sepihak dengan Alasan Beru…

oleh Erwin Ramdan dibaca dalam: 2 menit
12