Bank Neo Commerce Tidak Mengeluarkan Surat Keterangan Lunas, Padahal Akulaku Sudah Menerbitkan Surat Lunas

Terima kasih kepada mediakonsumen sudah memfasilitasi.

Kepada Yth. PT Bank Neo Commerce TBK,

Saya menyampaikan bahwa tanggal 03 November 2022 saya sudah melakukan pelunasan Paylater Akulaku. Setelah itu saya mengkonfirmasi melalui chat kepada adm Akulaku untuk menerbitkan SKL. Pada tanggal 10 November pihak Akulaku mengirimkan SKL.

Kemudian tgl 06 November saya mengirimkan email ke pihak Bank Neo. Lalu mereka membalas email akan ditindakjuti oleh CS selama 5-7 hari kerja.

Setelah itu tanggal 07 November dibalas lagi bahwa sudah dibuatkan tiket antrean akan di proses 5-14 hari kerja kecuali Sabtu, Minggu dan hari libur.

Setelah sekian lama, setiap hari saya email, mereka membalas dengan email yang sama.

Kemudian tgl 22 November 2022 pihak bank Neo membalas email saya, menyampaikan bahwa “Berdasarkan hasil pengecekan oleh tim terkait bahwa kendala tersebut telah selesai ditindaklanjuti dengan hasil dikarenakan masih adanya tunggakan yang belum dibayar dan ada beberapa Loan ID yang masuk dalam kategori Write Off. Maka kami tidak dapat menerbitkan Surat Keterangan Lunas”

Kemudian saya chat via aplikasi bank Neo, disampaikan bahwa silahkan konfirmasi ke Akulaku terkait pembayaran, padahal Akulaku sudah menerbirtkan SKL karena saya sudah melunaskan semua tagihan saya.

Lalu saya bingung harus kemana lagi? Apakah data dari Akulaku ke Bank Neo itu berbeda atau bagaimana?

Mohon agar Bank Neo Commerce segera dan gerak cepat dalam menangani hal ini, karena SKL itu hak nasabah yang harus dipenuhi secepatnya.

Semoga OJK Indonesia juga memperhatikan perbedaan database nasabah antara pihak ke 2 dgn pihak ke 3, sehingga nasabah tidak kebingungan ke mana mereka berurusan.

Salam buat OJK. Salam buat MediaKonsumen.

Terima kasih.

Michael Sulaiman
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:15    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Bank Neo Commerce Tidak Mengeluarkan Surat Keterangan Lunas, Padahal Akulaku Sudah Menerbitkan Surat Lunas

    • 25 November 2022 - (07:19 WIB)
      Permalink

      Berurusan ama akulaku akan menderita, pokok nya jngn sampai kena pinjaman di situ, kalau tetap pakai paylater manapun maka hidup anda gak akan pernah tenang dan tentram, kecuali jika meninggalkan nya dan menjadi rakyat yg normal dan makan sesuai penghasilan

      10
      1
    • 25 November 2022 - (19:08 WIB)
      Permalink

      Kan akulaku nya udah lunas ada SKL juga? Lantas kenapa malah minta ke bank Neo ? Ga ngerti akulaku kan emang kerja sama denga neobank harusnya kalau udah ada SKL di akulaku otomatis sudah selesai urusannya

      • 25 November 2022 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Yg melaporkan di SLIK itu bank Neo, bukan Akulaku..
        Data mereka sepertinya tidak singkron terkait nasabah

  • 25 November 2022 - (00:37 WIB)
    Permalink

    Oo pantes si neo anggap belum lunas.
    Itu ada yg kurang dari surat akulakunya.
    CAP STEMPEL BASAH!
    Doh akulaku.. akulaku… piye toh.😓

  • 25 November 2022 - (09:53 WIB)
    Permalink

    sering banget sih keluhan akulaku dan bank neo mengenai pencatatan SLIK tidak sinkron. gimana kordinasinya sebelum menjalin kerjasama masa tidak ada SOP yang jelas

    • 26 November 2022 - (07:22 WIB)
      Permalink

      Saya mantan pengguna Akulaku selama kurang lebih 5 tahun. Sekarang akun Akulaku, saya tutup permanen dengan kesadaran bahwa saya tidak mau lagi menggunakan platform pinjaman yang bisa merugikan saya sebagai pemakainya. Saya mengalami hal serupa dengan penulis sekitar 3 bulan yang lalu. Slik OJK saya dilaporkan kol 2 oleh Bank Neo Commerce atas tagihan saya di Akulaku. Padahal saya selalu membayar lancar tagihan saya. Alhamdulillah permasalahan saya sudah selesai saat ini. Saran saya kepada penulis, hubungi kembali Akulaku by email agar mengonfirmasikan tagihan anda yg sudah lunas ke pihak Bank Neo Commerce. Dan kirimkan riwayat pembayaran tagihan anda di Akulaku sesuai ID Loan yang disebutkan oleh Bank Neo Commerce di dalam email-nya. Buktikan kepada Bank Neo Commerce bukti pembayaran tagihan-tagihan tersebut diambil dari riwayat pembayaran tagihan yg ada di dalam akun Akulaku anda. Jadi pihak Bank Neo Commerce akan menganalisis bukti-bukti status pembayaran tersebut. Dan akan menerbitkan surat keterangan lunas. Demikian saran saya sebagai pihak yg pernah mengalami hal yang sama. Semoga masalah penulis cepat selesai.

    • 28 November 2022 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Sama ini aku malah ga dikasi kasih sama akulaku.. Pdhal uda lunas lama dan ga ada tanggungan.. Ko ya dholim bgt sama nasabah

  • 26 November 2022 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama, tagihan sudab dilunasi semua tapi masih bermasalah dengan Bank Neo, untuk minta surat keterangan lunas dari Akulaku bisa membutuhkan waktu yg sangat lama. Terlihat kinerjanya tidak profesional. Sudah saya laporkan ke OJK, tapi ya masih tetap dan masih menunggu surat keterangan lunas dari akulaku mungkin harus memproses lagi dengan Bank Neonya seperti kejadian yg TS alami… Sungguh menyesal pakai Akulaku.

  • 28 November 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Proses revisi masalah saya di Bank Neo Commerce dan Akulaku kurang lebih 2 bulan. Saya aktif kirim email ke dua belah pihak dan mengirim surat pembaca ke MK juga waktu itu. Status Kolektabilitas 2 di SLIK OJK sangat berpengaruh sekali bagi saya waktu itu. Pengajuaj KPR saya di Bank BTN auto rejected setelah dicek oleh pihak Bank. Setelah saya bolak-balik konfirmasi ke Akulaku dan Bank Neo Commerce, akhirnya status Kolektabilitas 2 saya yang salah tersebut bisa diperbaiki. Dan saya bisa disetujui ajuan KPR nya setelah SLIK OJK nya bersih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Bank Neo Commerce Tidak Mengeluarkan Surat Keterangan Lunas, Padahal A…

oleh MY dibaca dalam: 1 menit
14