Telat Bayar Sehari Sampai Seminggu, Sudah Diancam Akan Didatangi oleh DC Lapangan

Salam untuk para pembaca Media Konsumen dan pihak Kredit Pintar,

Saya ingin menyampaikan keluhan tentang kendala penagihan Kredit Pintar, yang jatuh temponya seminggu lalu. Sehari setelah jatuh tempo, saya dihubungi oleh dua nomor WA penagih, tapi saya gak respons. Beberapa hari setelah jatuh tempo sampai sekarang, makin banyak nomor penagih yang menghubungi saya dengan ancaman mengirim foto DC yang mau datang ke rumah.

Saat ini saya belum bisa bayar karena saya belum bekerja dan kesulitan keuangan. Saat ini saya sedang berusaha mencari kerja. Saya respons oknum penagih itu baik-baik dan menjelaskan alasan yang tepat. Eh mereka malah membantah, memaksa, dan memeras saya terus tak henti-henti.

Saya sudah melaporkan bukti-bukti screenshot chat oknum penagih ke email Aduan Konten, AFPI, Konsumen OJK, Waspada Investasi, Cyber Crime, tapi malah tambah jadi banyak nomor-nomor penagih yang meneror saya. Saya juga sudah mengirimkan bukti-bukti screenshot chat oknum penagih ke email Kredit Pintar, tapi jawabannya itu-itu saja, pakai bot.

Katanya Kredit Pintar itu berizin dan diawasi OJK! Kenapa rasanya ilegal banget? Ternyata Kredit Pintar itu bekerja sama dengan penyedia jasa penagih hutang Qinwey atas nama agen Winda Listari. Cara penagihan mereka para itu sangat kasar dan tak sopan, bahkan sampai mengganggu kontak darurat saya, yaitu keluarga. Saya sudah mengubah kontak darurat di profile akun Kredit Pintar saya, tapi keluarga saya masih terganggu.

Mana tanggung jawab OJK? Saya sangat terganggu, sakit hati dan kecewa dengan ancaman nomor-nomor penagih hutang Qinwey atas nama Winda Listari. Saya keberatan atas perilaku petugas penagihan. Mereka para penagih hutang itu masih saja main-main terhadap hukum. Mereka para penagih hutang Qinwey itu harus diberikan sanksi tegas. Tolong jangan kirimkan nomor-nomor penagih hutang yang meneror dan mengancam saya seperti itu lagi.

Saya tunggu permintaan maaf dari Kredit Pintar, tindak lanjut laporan, dan sanksi tegas oknum penagih hutang Qinwey!

Johanna Marietta
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredit Pintar:
[Total:272    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Ibu Johanna Marietta

Kepada Yth. Ibu Johanna Marietta Kusuma di Palembang, Sumatera Selatan Sebagai tindak lanjut dari pengaduan yang disampaikan sebelumnya dan surat...
Baca Selengkapnya

82 komentar untuk “Telat Bayar Sehari Sampai Seminggu, Sudah Diancam Akan Didatangi oleh DC Lapangan

  • 9 Desember 2022 - (16:14 WIB)
    Permalink

    @ts
    Ckckck..Blunder parah, sudah tidak kerja, ibu meninggal, abis kena tipu.. malah ambil Pinjol Solusinya…ya Tuhan…

    Ibarat sudah berdarah kena cakar kucing, malah makin nekat minta masuk mulut Harimau..

    Sampe gk bisa berkata apa apa lagi deh …

    26
    13
  • 9 Desember 2022 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Perlu dipahami bahwa semua lembaga penyedia pinjaman tidak beroperasi atas dasar perasaan.
    Mereka tidak peduli dengan perasaan penulis namun lebih peduli dengan piutangnya yang sudah jatuh tempo.

    Sama halnya ketika penulis memutuskan untuk membuat pinjaman. Pihak aplikasi juga beroperasi atas dasar bisnis bukan perasaan.

    Jadi sebaiknya penulis segera mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan hutangnya, karena bagaimanapun keluhan yang penulis sampaikan apapun hasilnya pinjaman tersebut tetap perlu diselesaikan terlepas dari apapun perasaan penulis.

    Semoga kedepannya penulis bisa segera menemukan win win solution untuk permasalahan pinjaman nya.

    54
    8
    • 9 Desember 2022 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Tugas mereka memaksa sebisa mungkin gimana uang perusahaan mereka bisa balik yg udh dipinjam. Salah satunya penawaran potongan bunga/denda. Konsekuensi berhutang di pinjaman online emg seperti itu. Kontak darurat di hubungin mungkin mbaknya sejak lewat jatuh tempo susah di hubungin. Kalo masalah kena tipu, pas pengajuan setau saya harus verifikasi wajah sama rekening atas nama pribadi. Saran saya ajak DC lapangan dtg kerumah mbak liat kondisi yg sbnernya dan biasanya ada perjanjian lagi atas keringanan sangkutan hutang mbak. Semoga cepet selese masalahnya.

      14
      1
        • 13 Desember 2022 - (20:54 WIB)
          Permalink

          Qinwey kan perusahaan ilegal yg ga diakui sama ojk. Kata ojk ga usah bayar malahan. Cara penagihannya memang begitu. Memakai logonya ojk kan afpi… Klo normalnya yg legal ga pernah lihatin kontak nomor apapun lapor polisi juga gpp kok atas tindakan ancamannya bukan pinjamannya.

          • 13 Desember 2022 - (21:48 WIB)
            Permalink

            maaf ya ce, kalo OJK tahu ada pinjol ilegal apa tak ada tindakan verbalnya, memberikan laporan resmi ke pihak kepolisian agar ada tindakan hukumnya, ini bahasanya ilegal lho?

  • 9 Desember 2022 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Hmm, TS maunya gimana dong? Sehari atau seminggu kalau telat pasti ditagih. Mereka tidak peduli dengan dalih apapun, cicilan tetap harus dibayar.

    Menagih dengan ancaman, teror, dan intimidasi merupakan pelanggaran hukum. TS bisa mainkan disitu. Tapi mangkir dari utang juga bisa kena urusan yang sama.

    21
    5
    • 9 Desember 2022 - (19:08 WIB)
      Permalink

      jika mau realistis andai tata cara penagihan DC diproses hukum mungkin bisa antri penuh kantor polisi… yang selama ini ditangani paling yg viral2 aja atau sudah nyampe ke telinga presiden.. solusi penulis hanya 2, berusaha mencari dana untuk pelunasan atau tidak usah dibayar saja dengan resiko harus siap mental diteror dan tidak bisa meminjam lagi di kemudian hari

      25
      1
    • 10 Desember 2022 - (04:54 WIB)
      Permalink

      Udh dibayar blm kak? Kalo blm, ya gak bs minta pihak pinjol meminta maaf. Perlu diingat, pinjol gak kenal sm kita, dia gak peduli kita sedang kena musibah atau apapun, selama kita blm bayar akan ditagih terus menerus sampai kita bayar. Terlalu bnyk kasus gagal bayar, semua pakai alasan gak kerja, kena musibah, dll. Harusnya ingat, utang itu harus dibayar pada waktunya, bukan pada waktu punya uang.

      23
      8
      • 11 Desember 2022 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Kak maaf nih, walaupun kita sudah bayar pihak dari penagihan maupun dari perusahaan tersebut tidak ada minta maafnya, bilang makasih aja juga gak ada. malah ilang gitu aja

        5
        3
      • 11 Desember 2022 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Mantap? Solusi yg terbaik! Sejalan itu sama ane. Intinya jgn takut sama DC, bila perlu lawan? Masih aja takut DC ?!!

        23
        1
  • 9 Desember 2022 - (18:13 WIB)
    Permalink

    @Johanna
    Persilahkan DC nya ke rumah, bu.
    Perlihatkan kondisi yg ada. Pasti DC nya puter balik.

    13
      • 10 Desember 2022 - (10:34 WIB)
        Permalink

        Mereka Pasti Datang Kok Mbak, Bisa Jadi Ngunjungin Tetangga Dulu, Atau Langsung Ke Konsumennya. Dan Penagihan Biasanya Adalah Pihak Ketiga Yang Ditunjuk Oleh Kredit Pintar. Dan Biasanya Pihak Ketiga Itu DCnya Tengil, Ngancam2 Dibandingkan Penagihan Dari Tim Kredit Pintar Sendiri.

        15
        1
      • 12 Desember 2022 - (08:02 WIB)
        Permalink

        Udah jgn dibayar mba santai aja,kl memang dia ojk peraturan ojk kl si peminjam tidak mampu bayar selama 90 hari maka data kita akan di blacklist di ojk,dan karna data kita sudah di blacklist atau bi cheking pinjaman kita dinyatakan hangus,kl ga percaya coba googling deh mba peraturan ojk kl tidak bayar pinjaman selama 90 hari,saya aja dah lebih dr 6 aplikasi pinjol yg saya ga bayar santai aja san kl dc dateng ya sambut suguhi. Kopi,bilang dah lunas karana data kita dah bi cheking.wesss kelar mending malu sekali drpd stresss mikirin hutang,ya. Emang bener hutang harus dibayar tp kl ga ada dana mau bayar pake apa minjem lg sama aja gali lobang tutup lobang

        15
        2
  • 9 Desember 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Alasan kena tipu, masa iya sih, ngarang kayaknya, hanya berkelit, segala cara di lakukan

    16
    12
    • 10 Desember 2022 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Ngebahas pinjol memang gak akan ada habisnya, saya gak mau menyalahkan jika orang berurusan dgn pinjol, karena seringkali dilatari kebutuhan urgent, juga tdk membenarkan karena memang riba dilarang agama. Pinjol itu (baca;penyelenggaranya) memang gak punya hati, apapun alasan keterlambatan anda makian, cacian atau seringkali penghuni kebun binatang diarahkan kepada anda. Cara satu-satunya ketika anda sudah diperlakukan seperti itu adalah JANGAN DIBAYAR! buat apa dibayar setelah anda dicaci maki seperti itu?! bertobatlah bersinggungan dengan riba walaupun sulit, minta ampunan Allah dan berdoa agar hidup kita selanjutnya dimudahkan. Lalu bagaimana dengan pinjol dan debt collectornya? Biarlah mereka hancur dan tersambar petir. Mulailah berfikir bagaimana melanjutkan hidup kedepannya, atau percayalah anda akan berfikir untuk bunuh diri jika terus memikirkan pinjol dan DCnya. Buka youtube dan cari channel Jamal official, raja galbay dan sejenisnya. Dapatkan masukan dan pencerahan dari sana. Saya bukan mengajarkan anda untuk lari dari hutang, tapi klo anda berharap pinjol bisa diajak negosiasi berarti anda sdng bermimpi. Tapi daripada keluarga anda hancur dan anda berniat bunuh diri (itu suatu kemungkinan yg besar) lebih baik lupakan, galbay saja. Hadapi saja DCnya, malu itu suatu kemungkinan tapi biarkan saja mungkin itu pantas buat kita, slik ojk kol 5 Alhamdulillah bisa menghindarkan kita dari riba. Semoga Allah memudahkan urusan anda

      26
      3
      • 10 Desember 2022 - (19:56 WIB)
        Permalink

        Mending dc drpd tukang hutang penuh drama 😂 tukang hutang kan di benci semua org, klo dc d benci sama tukang hutang doank wkkw

        17
        13
        • 11 Desember 2022 - (12:55 WIB)
          Permalink

          Dc lebih jahat daripda begal,ane dripda kerja jdi DC mndingan jadi pemulung ,wkwkw,di jamin halal,ketimbang DC,kalo orang sadar kerja jdi DC itu haram,mungkin ga akan ada pinjol.

          10
          8
  • 10 Desember 2022 - (04:58 WIB)
    Permalink

    jangan memutar balikan fakta lah seolah anda korban,,, anda itu yg berhutang,,anda yg telat bayar..cb kl anda engak telat bayar,,semua pasti aman. drpd koar koar di media mending cari cara buat bayar. mana tanggung jawab ojk?? lha mana tanggung jawab anda mna??

    31
    17
      • 11 Desember 2022 - (14:11 WIB)
        Permalink

        siapa yg kerja ditempat haram?? siapa yg DC?? butuh kartu namaku?? biar ku kirim. jngn jdi netizen yg maha tahu atau sok tahu. jatuhnya menjijikan ,🤮

        6
        3
  • 10 Desember 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Orang punya hutang mau ama pinjol, tetangga atau saudara kalo telat bayar trus ditagih baik lewat telepon/wa atau disamperin ke rumah/kantornya ya wajar lah, trus masa didiamkan

    13
    5
  • 10 Desember 2022 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Disitu ditulis belum ada pekerjaan jd blum bisa bayar

    Itu inti permasalahannya, ga punya penghasilan kenapa cari masalah dgn berhutang ke pinjol. Waktu isi permohonan akan ditanya brp penghasilan tiap bulan dan kerja apa, waktu itu emang ada kerjaan TETAP dan penghasilan pasti apa krn butuh ga pikirin nanti bayarnya gimana ?

    Hidup itu indah tp byk masalah jd jgn nambah2 masalah sendiri

    Cari kerja juga ga sulit pasti ada spt jaga toko, kerja pelayan di warteg, dsb. Yang bikin sulit krn milih2 kerja

    16
    4
  • 10 Desember 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Yang dibicarakan disini adalah DC.
    Bukan teman atau sodara.
    Memang apa yg diharapkan dari DC?
    Dateng kerumah bawain martabak sambil bilang dengan ramah bahwa mereka mau nagih utang?

    Teman / sodara aja belum tentu peduli dengan masalah Anda

    11
    2
  • 10 Desember 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    abaikan saja, jgn memaksakan diri, lihat chanel raja galbay untuk mngmbalikan smngt anda.. itu udh resiko mereka yg ngassih pinjaman tanpa jaminan. jgn dngerin komentar2 yg ga mndukung anda itu oknum2 mereka

    24
    5
  • 10 Desember 2022 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Ga usah panik santai aja kali …
    Ga usah dibaca WA nya juga , ga usah diangkat telp nya juga .. Fokus aja cari duit buat bayar cicilan .. Klo mau keringanan bunga denda dan lainnya hub call center resmi jgn lewat DC nya

    15
    2
  • 10 Desember 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Bingung mau koment apa, intinya ts nekad, nganggur pinjam di pinjol, satu x pun blm bayar cicilan, di tagih gak terima, pdhl kata² dari DC nya msh b aja, gak yg gimana²

    11
    1
    • 10 Desember 2022 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Betul. Jujur sy udh gak ada sisa simpati buat tukang utang. Teman sy sendiri aja punya utang giliran ditagih nyari ribut, sengaja biar ada alasan buat menghindar. Tp giliran hidupnya sehari2 malah lbh mewah drpd sy. Sementara sy naik angkot, dia naiknya ojol, sy makan nasi warteg, dia beli nasi bogana. Sy makan agak mewah dikit beli hokben, dia beli pizza 1 meter trs sok2an bagi2 sm teman2 lain. Sy pake tas gratisan dpt dr bonus beli laptop, dia pake hush puppies. Intinya org yg pinjem duit buat hal2 konsumtif itu kebanyakan gak bakal bayar, beda cerita yg pinjem buat usaha, biasanya walaupun nyicil tp tanggungjawab. Prinsip sy, pinjem duit itu cm boleh buat berobat, bayar sekolah, sm usaha. Kalo yg lain2 kyk buat makan, mending tahan lapar lah. Karna sekali pinjem, dipake, habis, ya udh gak bs bayar. Buat makan aja gak ada duit kok, apalagi makan itu tiap hari, yg ada utang makin numpuk, jd mustahil bs bayar utang.

      18
      5
  • 10 Desember 2022 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Hari pertama dihubungi Anda gak respon, apa gak naik darah DCnya…
    Seharusnya respon saja walau gak bisa bayar, paling tidak Anda menghargai MANUSIA yang berkomunikasi dengan Anda..

    14
    3
    • 10 Desember 2022 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Kek mana ibu ini g bekerja pinjam pinjol pula .ya jelas nanti jawabnya g kerja 🤦 .. heran sama org sekarang .jangan kan pinjol kawan sendiri pun kek nya segan kasih pinjam ke ibu

      8
      3
  • 10 Desember 2022 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Katanya blm bekerja ga bisa bayar.. tp di chat katanya rekening di retas lalu minjem atas ulah penipu.. mau simpati jd ga jadi..

    8
    3
    • 10 Desember 2022 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Dari cicilan 1 sudah nunggak berarti ada indikasi tidak jujur saat isi data pengajuan. Krn pasti ditanya pekerjaan/usahannya dan penghasilan perbulan.

      Kalo punya cicilan selama ini bayar lancar tru ditengah2 ada musibah jd telat bayar ya wajar kalo ditagih keras jadi kesal.

      Lah ini dr cicilan 1 udah ga bayar, ditagih dan mau disamperin ke rumah kok sewot dan malah minta yg utangin minta maaf…aya aya wae 😂😂😂

      Dari chat dc msh sopan loh.

      Perjanjian hutang piutang benar perdata tidak bisa dituntut pidana

      DC yg mengancam bisa kita tuntut pidana

      Tapi 1 hal, peminjam memberikan keterangan tidak benar saat pengajuan kredit mengenai pekerjaan, penghasilan dsb dgn tujuan memperoleh keuntungan sendiri dan merugikan orang lain (leasing) bisa dituntut dgn pasal penipuan dgn hukuman 4 tahun penjara

      Jadi baiknya pihak Kredit Pintar segera menanggapi keluhan Ibu ini dgn segera menyamperin rumahnya dan buat perjanjian penyelesaian hutangnya dgn konsekuensi hukum bagi ke 2 belah pihak

      Jadi 2 pihak ada kejelasan, kepastian dan konsekuensi hukum bagi yg melanggar baik dr peminjam & yg meminjamkan

      10
      1
      • 12 Desember 2022 - (05:52 WIB)
        Permalink

        Semoga segera bisa melunasi pinjaman nya…
        Karna smakin larut bunga smakin membengkak & bisa jadi nama di OJK jellek berpengaruh di pengajuan berikut nya…
        Keredit mobil / motor dll

  • 10 Desember 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Dan seperti biasa, yg gagal bayar yg merasa jadi korban..
    Dimanapun tempat, mau sehari atw seabad keterlambatan memang tidak bisa ditolerir..

    5
    2
    • 10 Desember 2022 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Anda berhutang maka anda wajib bayar dengan segala upaya…itu utang, bukan hadiah…jual barang yg ada di rumah anda…selama anda masih punya barang yg dapat dijual untuk lunasi hutang maka itu artinya anda belum ada usaha untuk lunasi hutang…jgn salahkan orang lain yg menagih hutang anda….

      6
      3
  • 10 Desember 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Bijak lah,Coy dlm berkomentar. Klo sy pasti dukung Johana n mengerti serta faham dg kondisinya. Sy mah hanya membayangkan seandainya situasi ini menimpa sy pasti panik jg n butuh dukungan….Semoga cepat dapet duit n beres urusannya….

    6
    1
    • 11 Desember 2022 - (00:58 WIB)
      Permalink

      @cheppi bukan masalah ga simpati dgn Ibu Johana

      Kalo orang hutang bayar lancar dan dapet masalah apalagi musibah jadi cicilan jadi macet. Ya jelas simpati dgn masalahnya krn cicilan macet bukan krn kehendaknya.

      Kalo dr cicilan 1 udah macet berarti TS egois, cuma memikirkan dirinya sendiri. Skrg lg ga ada kerja, ga ada uang, ambil solusi pinjam pinjol

      Masalah pembayaran ya mbuh liat ntar.

      Hal ini jelas merugikan orang lain (Pinjol) juga akan merembet ke teman2, sodara, orang tua krn akan ditelponin dan ikut diteror DC

      • 11 Desember 2022 - (01:08 WIB)
        Permalink

        Dan parahnya TS ga merasa bersalah malah balik minta pinjol minta maaf krn nagih dan mau ke rumahnya 😂😂😂

    • 11 Desember 2022 - (13:02 WIB)
      Permalink

      yang komentar2 ga bener DCnya bang,lucu2 para penghuni neraka ini bang,bukanya buru2 tobat malah nyaman dengan kesesatanya,ga sadar mreka kalo yg mreka ksih ke anak n kluarga mreka,duit haram,saya lebih kasian sama DC2 ini lahir ga di adzanin kali yak,wkwkw

      5
      6
      • 12 Desember 2022 - (20:16 WIB)
        Permalink

        Takutnya doanya balik ke si peminjam, ngapain minjam kalau gak bisa bayar, eh malah cari masalah gak punya penghasilan malah minjam. Dikira pinjol tempat minta duit doang gak dibayar balik, gila kali, kalau dari awal minjam memang niatan baik ya insyaAllah bakal di lancarin, tapi kalau niat awal dari si peminjam memang gak mau bayar, ya siap² aja kena karma, kan kalau pinjol begini ada syarat² yg harus dipenuhi kalau memang dipikir² gak sanggup dipenuhi ya ga usah diterusin minjam. Mau iba sama si peminjam tapi gimana dong

  • 10 Desember 2022 - (23:37 WIB)
    Permalink

    COBALAH KE “PEGADAIAN” KARENA SAYA SERING BACA SLOGANNYA DAPAT “MENYELESAIKAN MASALAH TANPA MASALAH”

    3
    1
  • 10 Desember 2022 - (23:42 WIB)
    Permalink

    Minjam memelas, ditagih malah mengaku seperti orang tertindas. Jika tak mampu komitmen jangan ambil resiko. Kata katanya masih dalam batas wajar kok, ga ada yg kasar atau ngancem privasi

  • 11 Desember 2022 - (03:28 WIB)
    Permalink

    @Johanna
    1. (Tidak Bekerja)
    2. Ibu meninggl 3 Bulan lalu
    2. (“JUJUR”, SayaMengajukan Pinjaman karna Ulah Penipu)

    Saya pengen FeedBack dengan Full Respect Memihak anda namun pupusss Seketika🥲

    Point yg saya dapat dari Artikel anda :

    1. Anda Panik Karna di Dagih oleh DC seperti itu karna menurut “ANDA” Pribadi itu “HANYA TELAT BEBERAPA HARI”

    2 Anda Tidak di terima Karna “KONTAK DARURAT ANDA DI HUBUNGGI” perihal NAMA BAIK ANDA

    3. Anda Hanya Playing Victim Karena “PANIC ATTACK” yang di buat oleh DC supaya anda menjadi KORBAN disini

  • 11 Desember 2022 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Ojk harus lihat cara penagihan DC pinjol legal apa sudah sesuai ? Belum dari pihak ke 3 yang mengirim kata2 ancaman tanpa nama aplikasi , sekali2 ojk coba pinjam terus telat biar tau rasa nya bagaimana di tagih DC pinjol 😄
    Menurut saya lebih baik di hapus pinjaman online legal dan ilegal karena meresahkan , mempermudah orang ngutang bukan solusi lewat aplikasi , 😁
    Kalau ada DC yang baca semoga cari kerjaan lain ya DC pinjol ,yang lebih baik bukan mengancam dan memakai orang

    • 11 Desember 2022 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Ya sy setuju dihapus krn orang utang ada 3 kategori

      1. orang kaya, utang utk usaha jd hasilnya utk bayar cicilan jd akan makin kaya
      2. Kelas menengah pinjam utk gaya hidup tp punya penghasilan utk bayar
      3. Kelas bawah, hutang utk bayar hutang jd tambah susah

      • 11 Desember 2022 - (10:42 WIB)
        Permalink

        Yups pinjol hrs dilarang spt di china soalnya menyusahkan byk orang

        Yg mau usaha kredit ke bank aja

  • 11 Desember 2022 - (10:49 WIB)
    Permalink

    lawah… gw aja klo ada yh hutang . gw tagih… apa lagi klo telatnya bukan 1 atau 2 hari…. malah seminggu… .akanya saya malas ngutangin orang.. karena banyak oknum2 yang suka hutang tapi malas bayar hutang. di tambah ngotot seakan2 bener. padahal hutang sendiri. uang pake sendiri. mw nya yg di salahin itu yg ngutangin…. ndk mutu amat

    • 11 Desember 2022 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Itu emang yg paling kesel,
      Janji 2 Minggu – sebulan malah sampe 1 tahun akhirnya malas lah nagih,
      Trus mau hutang lagi dengan janji janji,
      Ya akhirnya ku arahkan saja ke pinjaman online atau bank…😅😅

  • 11 Desember 2022 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah takut sama DC, kita pinjol tanpa jaminan ngpain harus takut! Lawan!! Jangan di bayar sekalian utang nya? Sy pribadi pinjol udh 3 kali ngga ada satupun yg sy bayar! Saran sy bagi peminjam pinjol….lawan DC bila perlu jgn di bayar pinjaman kita klo cara nagih nya kasar?? Lawan DC

    2
    8
    • 11 Desember 2022 - (13:06 WIB)
      Permalink

      setuju bang,mungkin dengan cara ini pinjol2 akan bangkrut & pergi dari negara ini,👍

      1
      4
      • 11 Desember 2022 - (19:11 WIB)
        Permalink

        @Agil ada yg lbh mudah spy Pinjol ga berkembang di Indonesia

        Tinggal keluarin fatwa aja bahwa meminjam dgn riba di pinjol haram dan yg maksa pinjam dan ga bayar lebih haram lagi

        Jadi yg pinjam sedikit dan hanya dari golongan tertentu saja

        • 12 Desember 2022 - (10:47 WIB)
          Permalink

          @Glenn, kaga ngefek soalnya sebagian kelompok menganggap kalo hutang itu harum tapi bayar hutang haram

          Makanya kalo ditagih akan marah2, bilang hajar lawan ngapain bayar, mereka ga punya HAK utk nagih, tapi kalo kelompok ini butuh uang hutangan maka mereka WAJIB dikasih uang WAJIB dihutangi…

    • 12 Desember 2022 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Apa benar udah 3 kali tapi gak ada satupun dibayar? Itu tempat minjamnya sudah OJK? seharusnya namanya udah diblok sih gak bisa minjem lagi

      • 13 Desember 2022 - (01:43 WIB)
        Permalink

        Ciri2 orang indo yg ga tau diri, sudah di ksh pinjam uang tp ga mau bayar. Maka dri itu saya ga mau minjemin uang ke org lgi..

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar?

Ada 82 komentar sampai saat ini..

Telat Bayar Sehari Sampai Seminggu, Sudah Diancam Akan Didatangi oleh …

oleh Johanna dibaca dalam: 1 menit
82