Attitude Buruk Oknum Call Center XL Axiata

Malam admin media konsumen, izin share pengalaman buruk telepon call center XL. Mohon tolong ditayangkan untuk masukan ke manajemen XL Axiata.

Hari ini (17/12), pukul 20.31 WIB saya menelepon call center XL Axiata di nomor 818, diterima oleh Mba Vina atau Vita (saya lupa saking jengkelnya). Saya menanyakan perihal paket XL Pass untuk nomor hp ibu saya. Saya tanya cara mengaktifkan XL Pass. Dijawablah oleh si CS *123*747#.

Setelah itu saya tanyakan cara aktivasinya. Dijawab CS matikan data selular, setelah sampai negara tujuan aktifkan data celular pilih operator yang kerjasama dengan XL.

Singkat cerita saya sedang mengulang apa yang disampaikan si CS, lalu CS tersebut terdengar tertawa. Aaya tanya Anda menertawakan saya? Apa maksud Anda menertawakan saya. Dijawab CS, “Tidak pak saya menertawakan teman saya.

Dari situ saya marah jengkel, karena merasa attitude CS XL tersebut buruk. Di saat sedang melayani konsumen bisa-bisanya dia menertawakan konsumennya (walau pengakuannya menertawakan temannya). Apa bagus seorang yang sedang melayani konsumen berperilaku seperti itu. Di situ saya langsung nada tinggi memberitahu kalau dia tidak sopan. Kalau mau kroscek silahkan cek rekaman di mesin perekam XL.

Terima kasih XL CS, Anda sudah memperlakukan konsumen dengan buruk.

Terima kasih

Ega Septiana
Pelanggan XL Prioritas 087*****554
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:45    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Ega Septiana

Jakarta, 20 Desember 2022 Ref.CM/CU/E/006/1222/SM Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Ega Septiana melalui...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “Attitude Buruk Oknum Call Center XL Axiata

    • 19 Desember 2022 - (12:10 WIB)
      Permalink

      Mantap terlihat sekali tipikal orang indonesia baperan dan bodoh, emangnya dari kronologi ini ada yg lucu? Udah pasti dia tertawa karena tingkah temannya, kok anda yg marah?

      10
      3
    • 20 Desember 2022 - (15:48 WIB)
      Permalink

      Ini yang komplin sepertinya dulu kerja di customer care, jadi paham banget SOP agent call center. Jadi doi mau ngasih pelajaran sama agent XL yg melayani dgn buruk. Doi tau agent tsb bakal kena masalah setelah masuk ke surat pembaca (kemungkinan bakal kena SP3). Tapi doi lupa tindakannya bakal menyusahkan orang kecil. Karma juga akan berlaku ke dia.

    • 21 Desember 2022 - (18:29 WIB)
      Permalink

      sadar ga si tindakannya dia bikin CSnya kena SP gara gara blow up media, kasian loh agentnya. Seenganya kan dia udah melayani ngasih tau yg kita gatau, kenapa cuma ketawa aja sampai blow up media. Lagipula si CS juga udah minta maaf. Emang kadang customer seenaknya sendiri, ngerasa paling dewa.

      1
      1
    • 19 Desember 2022 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Wah CS mentertawakan customer itu khan atas dasar asumsi dr Anda sendiri, kl ternyata emang benar saat itu tertawa krn hal lucu yg dilakukan temannya, bukannya Anda jd menyebar fitnah dgn menyebut oknum? CSnya itu manusia, bukannya robot. Ga semua orang tertawa krn mengejek Qta lho.

      11
      1
  • 19 Desember 2022 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Biasa aja kali, tidak perlu baperan dan temperamental. Bukankah tujuan utama anda untuk memperoleh informasi dari pihak XL sudah dipenuhi.

    • 19 Desember 2022 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Saya yakin costumer service nya kl liat tulisan ini pasti dagdigdug tunggu teguran dari menejemen nya.

  • 19 Desember 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Paling lagi becanda ama teman disampingnya, lupa di mute microphonenya. Banyak teman kuliah yang pas fresh graduate kerjanya jadi CS, jadi sering cerita suka dukanya. Memang bisa ketawain atau ngrumpiin customer ama tmn disamping asal di mute, tapi dalam hal ini tidak ada yang lucu dari pertanyaan TS. Jadi ya becanda ama tmn disampingnya.

    6
    1
    • 19 Desember 2022 - (10:05 WIB)
      Permalink

      gw jg pernah dengar cs xl ketawa, tp bukan cs xl yg nelepon gw, suaranya beda. itu yang ketawa teman di sampingnya, yah gw sih biasa aja. yg bikin gw kesal dgn cs xl itu, mereka banyak bodoh, gak paham dgn keluhan konsumen.

      10
        • 19 Desember 2022 - (10:33 WIB)
          Permalink

          Hampir semua pegawai CS itu outsourcing, fresh graduate semua karena gaji mepet UMR. Jarang yang ada serius kerja jadi CS. Kecuali CS produk finansial ya, itu ga outsourcing.

          • 19 Desember 2022 - (11:54 WIB)
            Permalink

            pantesan banyak cs yg bodoh

  • 19 Desember 2022 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Mungkin TS harus naik level dari “XL Prioritas” menjadi “XL Sultan”, sehingga haknya bukan cuma diprioritaskan tapi juga dihormati karena yang berani menertawakan Sultan akan dihukum pancung.

  • 19 Desember 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Dih lebay, cuma masalah gitu aja sampe di muat di MK, lebih bijak dalam menghadapi masalah, gk menghadapi masalah dg emosi, kali aja CS nya memng lagi liat temenya jatuh atau yg lain dan itu sudah manusiawi, lagian dari percakapan anda dan cs tidak ada hal yg mengarah untuk ngejek dan merendahkan, sok sok an gara2 pake xl prioritas

    • 20 Desember 2022 - (14:01 WIB)
      Permalink

      Nasabah prioritas harus serius di layani dengan penuh hormat 😅
      saya setuju bawa call centre harus fokus, tetapi sy sebagai pegawai merasakan kadang ada hal yg d luar kampuan kita misal saat melihat kejadian lucu yg sulit untuk tidak tertawa
      saya yakin anda juga manusia pernah spontan tertawa jadi tidak perlu baper sampai menulis d sini

  • 19 Desember 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Makanya dari dulu saya paling anti telpon CS kalo lagi datang bulan, takut kejadian sensi gak jelas seperti TS ini.

  • 19 Desember 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Ts g salah ko, mungkin beliau lg kesulitan + dpt cs kyk gtu. Berbagi pengalaman aja, sya jg dlu pernah jd cs call center slah satu Bank BUMN, kebetulan lgi handle nasabah, tmen sya ada yg ngelucu, blm smpt mute telpon udh keduluan ketawa. Yup itu g profesional, tpiuntungya wktu itu customernya ramah dan cuma komen senang amat mas smbil dianya ketawa. Tpi g semua customer sperti itu. Mdh²n ts maklum klau yg krja itu bkn robot, dan udh cs Xl mdh²n lbh berhati² agar terlihat ttp profesional.

    • 19 Desember 2022 - (14:53 WIB)
      Permalink

      Izin share bapak/ibu. Saya mantan cs wlwpn bukan di XL ya. Saya cs perusahaan farmasi. Headset yg kami gunakan itu bisa dimute sebenarnya, nah mungkin kesalahan cs XL tersebut ‘lupa’ mute headset, atau bisa jadi ‘mute nya rusak’, kalau bapak/ibu merasa terganggu sampaikan saja ‘Mba, itu suara tertawa nya terdengar loh’.

      • 19 Desember 2022 - (15:01 WIB)
        Permalink

        Nah betul, sbnernya sih g smpai harus MK, y tapi itu kembali kpd hak berbicara masing² org

    • 19 Desember 2022 - (23:02 WIB)
      Permalink

      Paling jijik gue sama orang yang merasa paling wah wah wah,, Hidup jangan terlalu tegang woyyyh

  • 20 Desember 2022 - (17:28 WIB)
    Permalink

    ini pasti krn ruangan utk call center sempit dan antar cso berdekatan. Sangat lumrah terjadi mengingat sewa ruangan sudah sangat mahal di jkt ini jd harus memanfaatkan space sekecil apapun. sy pernah telp halobca, juga terdengar percakapan cs lain menangani keluhan nasabah lain. Anyway cuma ketawa aja kok tersinggung, awalnya sy kira penulis perempuan yg lg PMS, tp sy perhatikan lagi surat balasan dari XL ada kata “Bapak”, Laki2 kok gampang baperan??

  • 20 Desember 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Kalo ada award buat kategori “Kekerasan dalam Keluhan”, saya nominasikan keluhan ini sebagai keluhan “Terkejam” tahun 2022.

    Hanya orang2 terpilih saja yang bisa masuk nominasi ini.
    Entah siapa yang milih, ku tak tahu.
    Hanya terlintas dalam benak ini, nasib mbak CS yang mungkin selama ini jadi tulang punggung ekonomi keluarganya….

    ….. kok saya malah jadi sentimentil kayak gini…. hhihihi 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Attitude Buruk Oknum Call Center XL Axiata

oleh Ega Septiana dibaca dalam: 1 menit
43