Standar “US Military Grade” Notebook Asus Hanya Gimmick?

Perkenalkan nama saya Remon Afandi Junior Simbolon. Saya ingin mengungkapkan kekecewaan saya dengan produk notebook yang dikeluarkan oleh Asus Indonesia, yaitu se dengan spesifikasi singkat Intel® Core i7-1165G7.

Saya membeli produk ini dengan harga Rp23.000.000 di Exclusive Store Mall Taman Anggrek Jakarta. Harga yang cukup premium untuk sebuah notebook. Singkat cerita, setelah saya membeli notebook tersebut dan memakainya, saya mengalami kejadian yang tidak mengenakan. Secara tidak disengaja, notebook saya mengalami benturan yang tidak terlalu keras, tapi meninggalkan sedikit dent di pinggiran bezel notebook-nya.

Petakanya, setelah mengalami benturan tersebut notebook saya mengalami kerusakan di LCD-nya, dengan gangguan layar berkedip-kedip setiap saat.

Tidak lama (sehari setelah kejadian tersebut), saya mencoba untuk membawanya ke Asus Service Center Kota Tangerang di Jl. MH. Thamrin, Cikokol, dengan nomor registrasi service: RMAIDBRNC0162. Saya ingin mengklaim garansi, dikarenakan masa berlaku garansi saya masih tersedia. Namun selang beberapa hari notebook saya ditaruh di sana, ternyata saya tidak berhak mendapatkan garansi perbaikan, dikarenakan kesalahan dari user.

It’s okay, saya paham memang itu kesalahan saya. Namun saya membeli notebook yang harganya premium ini, untuk mencegah kejadian seperti yang saya sebutkan di atas. Ekspektasi saya notebook tersebut akan tahan dengan benturan-benturan, sesuai dengan yang Asus Indonesia iklankan. Karena background pekerjaan saya yang kebanyakan di lapangan, saya pikir notebook Asus ZenBook UX435, dengan standar US MILITARY GRADE MIL-STD 810H Multiple Test Passed ini, sangat cocok untuk menghindari kejadian yang tidak disengaja seperti itu. Namun betapa kecewanya saya, ternyata kerusakan hanya bisa ditanggung jika murni cacat produksi. Saya di sini seperti “ditipu” dan serasa beli barang elektronik bekas di Glodok. ?

Padahal sebelum membeli notebook ini saya sudah mensurvei, dengan menonton reviewer YouTube yang berseliweran dan sempat heboh di internet, bahwa notebook Asus bisa tahan terhadap bantingan yang ekstrem seperti di salah satu video ini:

Jika dibandingkan dengan kondisi notebook yang ada di video tersebut, notebook saya pasca benturan masih terlihat sangat mulus. Bahkan case-nya pun masih bening, tanpa goresan baik yang di atas maupun yang di bawah dan terlihat seperti baru keluar dari pabrik.

Itulah mengapa saya berpendapat bahwa Standar Military Grade Asus hanya sekedar gimmick semata, tidak 100% lulus dalam test tersebut. Dikarenakan untuk mendapatkan sertifikasi tersebut saya yakin benturan kecil yang terjadi pada notebook saya tidak begitu berpengaruh atau jangan-jangan notebook Asus yang saya miliki hanya berstandar ORMAS SETENGAH MILITER GRADE. ?

Nasi sudah menjadi bubur, jika saya bisa mengulang waktu saya pasti tidak akan membeli produk Asus ini saya akan lebih memilih merk kompetitor seperti MacBook Pro dari Apple, dengan harga yang tidak jauh berbeda. Sekian sedikit pengalaman dan kekecewaan saya dengan produk ASUS Indonesia dan saya berjanji selamanya tidak akan menyentuh dan membeli produk dengan label nama ASUS.

Sekian dan terima kasih.

Remon Afandi Junior Simbolon
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

78 komentar untuk “Standar “US Military Grade” Notebook Asus Hanya Gimmick?

  • 26 Desember 2022 - (01:10 WIB)
    Permalink

    Kenapa gk dituntut aja Youtuber nya gan? Menghasut atau penipuan. Kerugiannya laptop abang yg rusak. Biar jadi pelajaran para youtuber. Laporkan ke kepolisian, biar mereka yang cari pasalnya.. Mudah2an rejeki abang dimudahkan dan dilancarkan yah bang..

    • 26 Desember 2022 - (04:00 WIB)
      Permalink

      Hidup di Indonesia tidak semudah yg dibayangkan gan, konsumen selalu menjadi pihak yg dirugikan

  • 26 Desember 2022 - (02:20 WIB)
    Permalink

    Wkwkk banyak hp yg promosiin IP68 anti air (banyak penyembahnya) tp klo ada kerusakan karena air kan g ke cover garansi sama sekali. Lgian gw liat itu benturannya parah gtu sampe penyok. Tentunya yg namanya konsumen berusaha buat seolah2 kerusakan nya ringan biar bisa claim garansi padahal kenyataannya beda lg wkwk

  • 26 Desember 2022 - (04:17 WIB)
    Permalink

    Klo aku sih ga pernah percaya dengan MILITARY GRADE gitu aku lebih baik memilih barang elektronik entah itu Laptop atau HP yang sesuai dengan kebutuhan aja, yah syukur2 dapat yg harga murah dan sesuai dgn merk yg qt inginkan dan jika sudah mendapatkan barang tersebut pakenya hati2 jgn sampe bisa merusak barang sudah kita beli.

  • 26 Desember 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Saya cek di MK. sepertinya ASUS tidak pernah memberikan tanggapan.
    Semoga bisa lebih viral lagi, penasaran bagaimana aftersales ASUS menghadapi komplain customer.

  • 28 Desember 2022 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Saya beli laptop HP apes nya ketumpahan kopi segelas dan laptop jd Matot, terus saya bongkar sendiri ambil SSD nya 256GB buat pindah kan file kerjaan kemudian saya bawa ke Service center HP saya kira bakal bayar servis nya Krn saya pakai nya sudah setahun Lewat saya kira habis garansi nya pas dicek SN laptop HP nya katanya masih garansi trs saya jelas sudah saya bongkar ambil SSD nya Krn saya butuh data2 nya buat kerjaan ternyata masih di cover garansi nya mantap merk HP, share aja pengalaman saya pakai laptop HP AMD ryzen 3 hrg baru nya cmn 7jtan kena siram kopi masih garansi dan diganti mainboard baru,

    • 29 Desember 2022 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Mantap pelayanan merk US memang gak pernah bohong gak kaya Asus cuma bisa ngeklaim gimmick US MILITARY GRADE ?

  • 28 Desember 2022 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Kalau di Lenovo gimana pak,karena laptop premium lenovo garansinya 3 tahun full adp dicover semuanya termasuk kerusakan Krn kelalaian pemakaian dsb.apakah juga gimic atau beneran bisa di klaim

    • 30 Desember 2022 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Kurang tau sih kalau itu tapi lumayan lama juga yah garansinya sampai 3 tahun termasuk kelalaian user, coba cari di semua surat pembaca aja ada yg komplain gak sama merk Lenovo itu jgn kaya Asus yg banyak di komplain di Surat Pembaca bahkan pembeli produk premiumnya pun gak dianggap kalau komplain ? Intinya jgn terlalu percaya dengan reviewer YouTube karena ternyata mereka dibayar bahkan kemaren saya coba komentar di channel YouTube reviewer yg papan atas di video Asus yg terbaru komen saya dihapus-hapusin cuma karena kasih review ini merk padahal kan itu beneran ?

      • 30 Desember 2022 - (00:45 WIB)
        Permalink

        Soalnya harganya lumayan pak bedanya kadang bisa sampai 4jtan untuk Lenovo Legion yang garansi resmi 3 thn adp atau yang cuman 1 thn distributor non resmi.barangkali udah ada yng pernah klaim garansi adp nya Lenovo disini bs share

  • 30 Desember 2022 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Wah kalau benturan sih plastik lebih melindungi part dalamnya ketimbang bahan alumunium. Kalau plastik paling covernya yg pecah gak berimbas ke part dalamnya. Kalau aluminium jd dent dan menekan part dalamnya. Dan lagian glodok gak jual barang elektronik bekas. Yg jual laptop bekas di mangga dua harco tuh heheh

    • 30 Desember 2022 - (00:35 WIB)
      Permalink

      Betul tapi sayangnya pas diiklanin sama Youtuber papan atas gak kaya gitu hasilnya pas dibanting-banting beda jauh pas ditangan konsumen ??

 Apa Komentar Anda mengenai Laptop ASUS?

Ada 78 komentar sampai saat ini..

Standar “US Military Grade” Notebook Asus Hanya Gimmick?

oleh Remon-Afandi dibaca dalam: 2 menit
78