Kecewa Memesan Shuttle Bus dengan Traveloka, Penerbangan Dibatalkan Maskapai tapi Tiket Shuttle Bus Tidak Bisa Refund

Salam pembaca Media Konsumen,

Saya menyesal memesan shuttle bus melalui Traveloka.

Adik saya pesan tiket penerbangan Lion Air untuk orangtua saya tanggal 2 Januari 2023 pukul 15.15. Lalu dia berangkat ke luar kota. Orang tua saya sedang berada di rumah saya di Bandung, jadi saya pesan tiket shuttle Primajasa ke Bandara Soeta tanggal 2 Januari 2023 pukul 9 pagi.

Tiba-tiba tanggal 1 Januari 2023 dapat email dari Traveloka kalau penerbangan Lion Air dibatalkan, jadi kami mengajukan untuk pembatalan dan refund tiket shuttle bus tersebut. karena tidak ada jam pesawat yang sesuai untuk jam di sore hari.

Dari pukul 12 siang minta bantuan Traveloka untuk pembatalannya karena kami belum tahu pasti ortu kami mau berangkat dan beli tiket pesawat pukul berapa lagi, jamnya gak bisa disesuaikan dengan tiket shuttle. Ada penerbangan pagi, mau penerbangan sore, ternyata hanya adanya tiket dari Bandara Halim ke Palembang.

Menunggu kepastian dari pihak Traveloka yang katanya maks.3×60 menit tidak ada kabar. Saya takut kehabisan dan tidak kebagian tiket. Akhirnya kami pesan tiket Citilink pukul 16.00 dari Bandara Halim ke Palembang. Proses pengajuan refund atau ubah rute shuttle tidak ada kabar. Saya buru-buru pesan tiket shuttle melalui Primajasa langsung untuk tujuan Bandung ke Bandara Halim karena takut penuh.

Sampai pukul 7 malam baru dikabari tidak bisa. Saya sudah komplain minta bantuannya dari pukul 12 siang, karena itu bukan kesalahan atau kepentingan pribadi kami membatalkan travel tapi pihak maskapai dan Traveloka yang membatalkan.

Itu kami pesan keduanya melalui Traveloka, tapi sama sekali tidak bisa membantu, alasannya kebijakan dari pihak supplier tidak bisa dibatalkan. Minta kompensasi refund dana atau diganti voucher/poin yang bisa digunakan untuk dipakai transaksi lagi juga gak bisa. Atau diganti dengan travel ke Bandara Halim semua tidak bisa walaupun hrgnya lebih murah tidak apa-apa jadi kami tidak perlu bayar lagi. Harga tiket 370 rb ditukar dengan harga tiket 260 rb, tapi semua tidak bisa. Hanya jawaban kebijakan dari pihak supplier tidak bisa refund. Hanya kirim jawaban copy paste begitu berulang kali jawaban yang kami terima.

Padahal kalau kita pesan langsung lewat Primajasa tidak perlu langsung bayar, 30 menit sebelum keberangkatan baru bayar, mau batal, tanggal batal dan bisa ganti jam atau rute ke mana pun dengan gampang.

Jadi cukup pengalaman untuk para pembaca dan pengguna Traveloka. JANGAN PERNAH MAU MEMESAN TIKET TRAVEL dari Traveloka, karena kalau ada kendala pasti tidak bisa refund dan tidak bisa reschedule dan tidak bisa dibantu sama sekali. Padahal bukan karena kesalahan atau kepentingan pribadi kami membatalkan tiket itu. Mereka kerja sama dengan pihak travel, uang juga masih ada di pihak Traveloka, seharusnya ada kebijakan dan pengecualian untuk kondisi tertentu. Tapi ini sama sekali tidak ada toleransi bantuan.

Terakhir berbicara dengan Bpk Fahmi seolah mau membantu pengecekan, ternyata dia hanya berniat langsung memutuskan pembicaraan dan case closed seenaknya saja, tidak mau mendengarkan atau membantu lebih lanjut.
Hebat sekali pelayanan Traveloka. Benar-benar mengecewakan.

Terima kasih.

Lia
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:30    Rata-Rata: 1.5/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Lia

Kepada Yth., Bapak/Ibu Lia Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Lia tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Kecewa Memesan Shuttle Bus dengan Traveloka, Penerbangan Dibatalkan Maskapai tapi Tiket Shuttle Bus Tidak Bisa Refund

  • 3 Januari 2023 - (01:21 WIB)
    Permalink

    To ts: Kakak seharusnya baca media konsumen yg pesan tiket hotel ke Jepang per malam 10Juta, sampai tuh orang bolak-balik dikerjain cs Traveloka buat minta acc pihak hotel di Jepang tapi cs nya masih ngga percaya saja. Akhirnya sudah habisin pulsa internasional yg nilainya hampir sama 1 malam itu masih belum beres juga masalahnya. Saran saja lebih baik pesan melalui Web resmi dari armada yg mau dipesan

    • 4 Januari 2023 - (08:45 WIB)
      Permalink

      Maaf nih… Traveloka kan hanya OTA ya, pembatalan tiket pesawat kan dari maskapai bukan dr Traveloka, yang kedua ya pantas saja pihak Primajasa gak mau refund, kan yg Primajasa gak ada pembatalan keberangkatan.. soal pembatalan Lion itu udah beda perkara, gak ada hubungan apa2 sama Primajasa 😆 jd ya hrs ikhlas kalo primajasa nya gak ada refund.

      2
      4
      • 4 Januari 2023 - (15:07 WIB)
        Permalink

        Ya namanya kita minta kebijakan dan bantuan dr traveloka..mereka kerjasama dengan pihak travel itu,mereka bisa atur dan urus..kl kita pesan langsung ke pihak travel juga kl batal ato mau ganti rute masi bisa kok..masi mau dibantu ato masi bs refund..apalagi traveloka yg uda kerjasama..kondisinya kan bukan kesalahan kita,dan kita pesan tiket itu dr traveloka untuk penerbangan dan travelnya..emg salah maskapai,bukan salah travrloka..tp kita jg ga salah..
        Buktinya setelah laporan ini masuk ke media konsumen, Akhirnya pihak traveloka memberikan refund untuk solusinya..seharusnya wkt kita lsg minta proses refund atau ganti rute bisa lsg diurus dengan benar,sehingga tiket travelnya masi bisa dijual lagi..kenapa baru mau kasi solusi setelah masuk surat konsumen??
        Terima kasih atas bantuan media konsumen dan tanggapan dr teman2 semua..

  • 3 Januari 2023 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Kalau udah masuk ke media Konsumen harusnya mereka udah was was juga. Dulu saya sempat komplain tapi dapat balasan robot. Sampe saya ancam akan viralkan ke surat pembaca barulah dilakukan refund.

    • 4 Januari 2023 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Akhirnya pihak traveloka memberikan refund untuk solusinya..seharusnya wkt kita lsg minta proses refund atau ganti rute bisa lsg diurus dengan benar,sehingga tiket travelnya masi bisa dijual lagi..kenapa baru mau kasi solusi setelah masuk surat konsumen??
      Terima kasih atas bantuan media konsumen dan tanggapan dr teman2 semua..

  • 3 Januari 2023 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Wah gila emang traveloka
    Kalau mau pesan villa jangan ke traveloka kalau was was

    Mending ke villakotabunga.com aja

    Mau resecedhule mau ubah tanggal mau apapun bisa

    Gak akan rugi kayak kasus ini ya

    Apalagi sampai di kerjain

    Kasian dong

    Sesama manusia harus saling meringankan🙂👍

    1
    7
  • 4 Januari 2023 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Makasih TS atas infonya, jadi mikir mikir pakai traveloka kini, takut juga jadi nya

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa Memesan Shuttle Bus dengan Traveloka, Penerbangan Dibatalkan Ma…

oleh Meilianawaty dibaca dalam: 2 menit
14