Bahasa Penagihan Akulaku di WA yang Tidak Sopan

Penagihan Akulaku semakin lama semakin tidak sopan. Padahal selama ini jika saya mendapatkan WA saya selalu balas dengan baik-baik, tapi kali ini mereka membalas saya dengan kata-kata yang tidak sopan. Saya sendiri pasti akan membayar tagihan di Akulaku, tapi mereka membalas chat saya dengan kata-kata kasar seperti “bacot” dan “di mana otakmu”.

Mohon Akulaku tindak karyawan yang seperti ini. Apakah pantas perusahaan besar seperti Akulaku mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan seperti ini?

Dan tolong jangan memakai foto profil orang lain untuk mengancam orang yang punya hutang. Karena beberapa kali saya dapat WA dari Akulaku dan saya lihat foto profilnya menggunakan foto orang lain. Apalagi itu foto-foto orang dari Indonesia bagian timur, bukankah itu sama saja mencemarkan nama baik orang?

Ratna Wulansari
Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Penagihan Akulaku:
[Total:171    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Ratna Wulansari

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Ratna Wulansari pada tanggal 6...
Baca Selengkapnya

65 komentar untuk “Bahasa Penagihan Akulaku di WA yang Tidak Sopan

  • 6 Januari 2023 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Setiap utanger yang posting dimari persoalannya selalu sama. Solusinya ya segera dibayar atau lapor polisi. Nggak guna posting di Media Konsumen.

    Udah 3 bulan itu. Kalau strip 3 bisa bikin suami girang tapi bikin pacar keringat dingin. 😁

    25
    13
    • 6 Januari 2023 - (12:22 WIB)
      Permalink

      betul, ga ngefek mau posting ky ginian 100x sekalipun, dc dimana2 memang gitu, kasar, kl sopan santun orang2 ga bakal bayar.
      resiko berurusan dgn galbay pinjol ya dc ini. kalo ga mau ditagih dc, ya jangan telat bayarnya.

      sebentar lg ada aja yg komen kalo sy dc atau kerabat dc wkwkwkwk

      19
      13
      • 6 Januari 2023 - (23:57 WIB)
        Permalink

        Dicicil aja om, gausah permasalahin penagihannya, cuma nambah bikin pusing aja. Lebih baik fokus cari uang buat cicilnya aja, gausah nambah2in beban fikiran.. Saya dulu juga gitu di akulaku pernah masalah hampir 7jt pas pandemi, tapi saya telpon ke cs nya jelasin semuanya, ada dc yg ancem2 juga saya suruh dateng aja, saya bikinin kopi gitu saya bilangnya. Ada beberapa dc yg dateng, tapi bacotnya ga seserem di chat wa🤣🤣🤣. Saya bilang saya mau cicil sampe lunas.
        Akhirnya saya cicil sampe lunas dan sekarang diaktifin lagi saldonya dan bisa buat nyicil sama ambil tunai, ya walaupun tetep dibatesin. Sekarang saya pake cuma buat urgent2 aja.
        Solusi terbaik masalah hutang ya cuma dengan melunasinya, itu aja.

        17
        • 7 Januari 2023 - (22:33 WIB)
          Permalink

          Ga usah minjem di pinjol lg udh, klo blm jera mah ga bakalan stop minjemny, nanti klo masih ketagihan minjem di pinjol ujung²ny posting media konsumen.

          Stop pinjol dri sekarang

          5
          1
      • 7 Januari 2023 - (12:07 WIB)
        Permalink

        Semangat teh jaga kesehatan kalo belom ada ckp sekali balas ada ,memang penabihan mereka jauh dr prosedur ntah knp mereka legal

        2
        1
    • 6 Januari 2023 - (12:33 WIB)
      Permalink

      @teguh
      1. Kalo lapor polisi itu ga semudah pemikiran kamu,,,kalo mau diproses dikepolisian, kamu harus ikuti prosedur prosedur nya, kl cuma lapor aja ga bakal diproses, kl ikuti prosedurnya waktu kamu habis bolak balik kantor polisi.
      2. Masuk media konsumen jauh lebih efektif, karena akan ditanggapi langsung oleh pihak akulaku, dan apabila terbukti, DC tersebut akan kena penalty / teguran,

      26
      6
      • 6 Januari 2023 - (22:51 WIB)
        Permalink

        1. Anda uda pernah lapor polisi ga sih. Kalau ikuti prosedur ya hrs donk. Yg namanya cari keadilan tentu butuh perjuangan. Hanya dgn lapor polisi baru bisa buat dc2 laknat itu berhenti melanggar hukum. Cobalah baca berita yg byk, uda brp byk dc2 yg kena tangkap krn melanggar hukum. Ok lah, anda takut abis waktu bolak balik kantor polisi, kalau gt gugat secara perdata ke pengadilan. Sidang perdata bole mohon secara online. Hanya upload2 dokumen saja. Bisa anda kerjakan tengah malam. Biaya sidang pun sangat murah dan terjangkau.

        2. Masuk mk memang baik tapi itu tdk membuat dc biadab jera. Makanya anda liat mereka semakin semena2 krn memanfaatkan psikologis debitur yg tdk berani lapor polisi.

        Negara sudah menyediakan fungsi pelayanan buat pencari keadilan tetapi kalian tdk mau memanfaatkannya. Setelah itu baru teriak2 dc kebal hukum, pinjol kebal hukum. Hellow… mereka itu tdk kebal hukum tetapi kalian lah yg tdk berani melapor

        10
        2
        • 8 Januari 2023 - (04:36 WIB)
          Permalink

          Asal becakap aj ya.. klo d lht dri chat tsb lapor polisi mau buat laporan ttg apa. Kan blm memenuhi unsur tindak pidana atau minimal perbuatn tidak menyenangkan…
          Trus mau gugat perdata, isi gugatan nya apa??? Hukum ap yg mau anda buat. Buat di media konsumen mmg udh pling bennar. Krn bakalan di respon langsung sma pihak akulaku. Atau klo ngak ya lapor OJK.. it pun hrus pnya dalil yg kuat.

          Jdi klo ngasi saran ya kira2 berfaedah dan tidak malah nambah kerjaan.

          3
          1
          • 8 Januari 2023 - (10:02 WIB)
            Permalink

            @ bro Hardianto setuju bro,,, mereka ngomong lapor polisi itu terlalu dimudahkan, cuma berdasarkan kebanyakan baca berita berita aja tanpa ada pengalamannya, dan tanpa tau kasus DC yg dilaporkan kepolisi kasusnya apa.
            Sekalipun diproses itu proses buat laporan aja,, ga ada proses lanjut,,, biasa abis buat laporan ditanya lagi mau diproses lanjut tidak…. kalo kita mau diproses lanjut ya udah ngerti lah,,, memang ga pakai biaya apa apa nyari org,,, Ga bedanya kita buat laporan kehilangan kendaraan, Abis buat laporan pasti ditanya mau proses atau tidak

          • 10 Januari 2023 - (05:41 WIB)
            Permalink

            Hallo bro Hadrianto. Disini kita tdk sedang membahas isi chat dece apakah sudah masuk unsur atau blm, disini kita kasi tanggapan atas komentar bro Hadi yg mengatakan lapor polisi pake prosedur, kalau cuma lapor2 ga diproses. Pernyataan itu yg kita tanggapi. Lain kali belajar membaca dan memahami dulu ya pak baru baru kasi tanggapan.

            Utk bro Hadi. Kalau oknum dc sudah melampaui batasnya dan melanggar hukum dan anda tdk berani mengambil langkah hukum utk melindungi diri anda dan keluarga anda, maka tdk ada org lain yg bisa melindungi anda, jadi ya nikmati saja teror dari dc. As simple as that.

    • 6 Januari 2023 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Ini si salah nasabah nya, ya wajar di tagih nya jadi kasar begitu, karna udah 80 hari telat nya, mungkin sebelumnya di tagih secara baik baik, terus di bls sama nasabah nya juga, karna ada respon jadi sebelum sebelumnya di tlp, di wa aecara baik baik, tapi karna lama lama gak ada pembayaran, makanya jadi di tagih nya secara tegas, org nya aja mungkin ngeyel, gak ada masuk pembayaran jadi ending nya begitu

      7
      4
      • 7 Januari 2023 - (09:01 WIB)
        Permalink

        Memang aku laku skrng aneh, saya telat 1 hari karena kondisi cuaca waktu itu. Trs pagi harinya sdh saya bayarkan lunas tetapi msh sampai sore hari di wa ditelp srh ngelunasin segera dikirimkan bukti ttp nagih. Sore harinya no yg pernh saya isikan pulsa diwa untuk mengigatkan saya untuk bayar. Mdh2an kedepannya lbh baik lagi dlm penagihannya akulaku, saya dah mls pakai skrng.

        1
        1
      • 7 Januari 2023 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Kalo gak mau kaya gtu bayar tepat waktu, kalo gak mau pusing ato sakit hati ya jgn ngutang ke pinjol?? Kan bisa pinjem ke tmn ato sodara, 😁😁

        5
        1
    • 11 Januari 2023 - (23:07 WIB)
      Permalink

      Cerdas. Sudah 80hari pasti tidak niat bayar

      Ada kalimat pasti saya bayar tp yaa namanya perusahaan gabisa menunggu, kita aja marah kalo nagih tanpa kepastian dr si penghutang.

  • 6 Januari 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    kelakuan Akulaku memang gitu bahasanya, saya ditagih di wa ada kesan intimidasi seperti kalimat mau diberi efek jera,,, trus saya tanya maksudnya mau ksh saya efek jera apa?, Trus diancam mau diproses foto selfie, sama data KTP,,,
    # Note buat pihak akulaku, keterlambatan sebulan mau diproses foto selfie dan data KTP mksdnya apa?? Mau sebar data foto selfie saya gitu?
    Kl cerita proses BI checking ngapain pakai blg mau proses foto selfie saya,, urusan foto selfie apa???
    Lagian apa ada org telat bayar 1 bulan langsung masuk bi checking???

    11
    6
    • 6 Januari 2023 - (20:24 WIB)
      Permalink

      Memang masih bisa hidup tenang ya, punya penghasilan tetap tiap bulan sebagai PNS tapi nunda-nunda bayar hutang?
      Kalau tiba2 tercabut nyawa dari raga, apa gak lebih menyeramkan ditagih malaikat Zabaniyah?

      6
      4
      • 6 Januari 2023 - (21:27 WIB)
        Permalink

        1. Saya bukan PNS, ga nyambung coment lu bro
        2. Semoga lu dan keluarga selalu berkecukupan jgn sampai ada hutang ya.

        11
        • 8 Januari 2023 - (06:20 WIB)
          Permalink

          Gak perduli apapun aplikasinya, penagihan akan sama kak.
          Biar aman, setiap pesan wa masuk itu abaikan. Jangan di baca klo kakaknya tipikal org panikan atau yg bakalan kepikiran seharian.
          Fokus aja cri duit untk bayar/cicil hutang. Telp cs akulakunya, beritahu kondisinya sprt apa.
          Klo ada dc lapangan datang, jgn janjikan kapan mau bayar. Tpi blg akan cicil/bayar smpe lunas.
          Seperti yang terlihat dari chat wa, pihak dc enggan/tidk akan menyebutkan berasal dari pinjol mana. Karena emg jika mereka menyebutkan nama pinjolnya, mrk akan bisa di laporkan ke pihak terkait.
          Kata2 dari dc umumnya akan bersifat mengintimidasi, mengancam dan menghina. Karena mmg mereka ingin mental nasabahnya lemah, sehingga akan buru2 cri pinjaman lain untk melunasi.
          Tetap semangat kak, utg tetaplah utg yg hrus di bayarkan.
          Jgn kepikiran. Fokus cri uangnya aja biar bs d lunasin scptnya . Smoga di mudahkan .. aamiin

      • 6 Januari 2023 - (22:31 WIB)
        Permalink

        Itu urusan beliau dgn malaikat, tdk ada kaitannya dgn anda. Kau urus aja hidup kau, blm tentu kau ga punya hutang.

        4
        1
    • 6 Januari 2023 - (21:02 WIB)
      Permalink

      Rentenir online hampir sama semua kaya gitu bahasa nya , udah galbay aja udh ga sopan nagih nya , kalau berani datengin lah kan ada KTP dan alamat nasabah bukan ngancem2 di WA kaya gitu

      5
      1
    • 7 Januari 2023 - (03:17 WIB)
      Permalink

      Semoga anda segera mendapatkan rezeki yang tidak terduga berupa uang, agar segera bisa melunasi hutang piutang anda di Akulaku.

      8
      1
  • 6 Januari 2023 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Ini yang saya takutkan. Tagihan saya di kontrak Amarbank dimulai bulan April 2023 tapi sejak Desember 2022 saya sudah ditagih terus dari pihak Amarbank. Saya email ke pihak bank pun diinfokan masih dalam masa grace periode dan tagihan mulai bulan April 2023. Tapi, staff penagihnya terus melulu menelpon dan chat saya. Jika saya bayar lebih awal, nantinya tidak sesuai kontrak dan justru akan jadi masalah baru karena tidak sesuai perjanjian yang akhirnya nasabah yang harus dirugikan.

  • 6 Januari 2023 - (14:00 WIB)
    Permalink

    tumbenn..
    Belum nongol PARA KAUM peminjam Pinjol yg BERTANGGUNG JAWAB bikin Pinjol MAKMUR menjamur dimana-mana komen:

    “DC DI SINI BLM ADA YG KOMEN NIH?”

    8
    1
  • 6 Januari 2023 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Saya baca aja gemes. Gemes sama yg utang :D. Kl benar pns ya kebangetan lah.

    15
    2
    • 6 Januari 2023 - (14:50 WIB)
      Permalink

      Ya harusnya minimal kasih tanggal pastinya, “BAIK, SAYA AKAN BAYAR DI TGL SEGINI, SEGINI”

      kl hutang berbulan – bulan cuman bilang begitu,”TENANG SAYA PASTI BAYAR KOK”, apalagi teman bukan, saudara bukan, apalagi tanpa agunan .. wah wajar aja yg nagih gemes .. awokawokawok

      *cm manusia otak normal yg bisa nilai tulisan ini DC apa bukan

      13
      3
      • 6 Januari 2023 - (18:10 WIB)
        Permalink

        Abaikan chat yg masuk.smkin di ladeni Semkin menjadi.yg penting utang tetap kita bayar.

        9
        1
        • 7 Januari 2023 - (05:28 WIB)
          Permalink

          Biasa saja. Nasabahnya saja yg harus komit. Sdh lebih 90 hari masih janji-janji saja. Bayar lah. Masih biasa sj kok isi penagihannya. Datang saja lgsg ke Akulaku beresin.

          4
          1
          • 12 Januari 2023 - (17:02 WIB)
            Permalink

            Ini juga terjadi sama ibu saya, waktu itu ibu masuk rumah sakit karena lambung hampir 3 bulan. Dan beliau pinjam buat biaya berobat, karena waktu itu saya habis kecelakaan jadi gak bisa bantu, sekarang sudah mulai di tagih bilang mau visit ke rumah.

    • 7 Januari 2023 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Mungkin terlalu lama menunggak sampai 80 hari
      Saya doakan semoga urusanya cepet selesai
      Di beri rejeki barokah
      Dan tinggal kan pinjol…

    • 6 Januari 2023 - (15:49 WIB)
      Permalink

      Sy jg pernah utangin temen, tiap ditagih dia marah2, “ribet amat sih lw nagih mulu, pasti gw bayar kok, takut amat gak dibayar. ” Tp ya gt, gak jelas mau bayar kapan, sampe skrg aka msh gak bayar jg.

      14
  • 6 Januari 2023 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Mungkin yg di inginkan para penghutang DC itu gini ” mohon maaf bpk/ibu, mohon segera di bayarkan utang nya Krn sudah jatuh tempo” sambil nunduk2 atau bersimpuh.. setau saya DC dr dulu kasar Krn yg dihadapi para penghutang yg telat bayar..

    8
    2
  • 6 Januari 2023 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Ya saya kasihan aja sih..dan juga prihatin banyak sekali permasalahan seperti ini terjadi dan masih belum di selesaikan juga oleh pemerintah dan benar2 di awasi serta SOP yang harus di patuhi oleh perusahaan2 PINJOL…sampai saat ini pemerintah belum ada mengambil tindakan dan mencabut IZIN dari perusahaan2 yang bertindak kasar dan tidakan yang tidak diluar kemanusiaan…hal akan ini menjadi teguran untuk perusahaan yang sudah di berikan izin oleh pemerintah

    Dan yang ke 2 saya berharap kepada masyarakat perbanyak membaca dan ketahui dulu resiko kalau PINJOL dan lihat dampak yg terjadi serta sikap penagihan mereka kepada nasabahnya…

    1
    1
      • 6 Januari 2023 - (22:08 WIB)
        Permalink

        Jangankan DC, sy aja nagih temen dr halus ga bayar² smp bahasa kasar sy keluarin ttp ga bayar akhirnya sy bersumpah ga akan sy ikhlasin hutang sy, sy bakal tagih di akherat, dan hdp lu bakalan susah, dan doa sy dikabulin, skr dia dipecat , puas gue

      • 6 Januari 2023 - (23:28 WIB)
        Permalink

        Baru juga telat 90hari🤣🤣🤣🤣🤣

        Di pinjaman manapun kalo udah 90hari ya DC exsternal bergerak pasti🤣🤣🤣🤣

  • 6 Januari 2023 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Waspada!!! ancaman negara efek dari tekananan dc pinjol dll ini, yg nulis di MK ini pasti sedang dlm kondisi tertekan, apa saja bisa di lakukan mungkin melukai diri, ada buktinya searching aja akibat di tagih pinjol apa saja berita yg muncul, atau bisa saja dari baik jadi jahat, tolong yg berkepentingan di negara ini perhitungkan adanya pinjol yg dengan mudah meminjam dana cukup selfy ktp tapi imbasnya akan sangat besar utk kehidupan masyrakat, bisa jadi akan banyak kejahatan yg timbul atas tekanan yg di rasakan penghutang ini.

    2
    1
  • 6 Januari 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Udah lah mending pinjol itu di tiadakan saja balik ke zaman dulu, pinjem hrus sama anggunan di indo ktp itu kyk g ada harganya, blm siap klo nganut sistem pinjaman kyk di cina, pinjol jg utang nya gblk sekali, rata rata ngiklan cuma buat kebutuhan konsutif yg ntrakrir orang lah yg liburan lah, masa mau nraktir ama liburan hrus ngutang, marketing yg gblk ga ketulungan

  • 6 Januari 2023 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Kl urusan gini pasti banyak yg komen…yang sabar mbak…tenangkan pikiran,niatin bayar,kumpulin duit,nego,terus bayar.

    1
    2
  • 6 Januari 2023 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Yang salah sudah jelas kreditur..
    Kalau peminjam track record baik, memenuhi kewajibannya dengan baik, ga mungkin tiba2 digalakin.
    Saya dulu pernah pakai salah 1 app pinjol tp lancar, dan saya ga pernah ngalamin kaya yg dialamin sama banyak org.
    Ditagih cm H -1 dan pas di hari tenggang waktunya.
    Diingatkannya jg sopan.

    penagih jg ga boleh lepas etika.
    Pemberi pinjaman seperti bank kalau nagih jg ga begitu.

    Pesannya lebih kepada peminjam , bersikaplah layaknya orang yang dihormati jika ingin dihormati.
    Kalau peminjam

    3
    1
  • 7 Januari 2023 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Waduch PNS terjerat ponjol sampai telat 80 hari yassalam…
    Semoga masalah nya cpt selasai kak
    Dan segera bisa membayar karna kalo tidak ..!
    Bunga membengkak dan makin membengkak🤦

  • 7 Januari 2023 - (07:33 WIB)
    Permalink

    koment di atas gak ada pro debitur . 😅
    .
    lebih ke PRO ke DC..
    .
    saran saya, jika anda yg sedang baca koment ini. tolong lihat chanel youtube galbay dan chanel galbay yg lain. dan smoga aja bisa buat fikiran anda lebih tenang.
    .
    karna anda tidak galbay sendirian .
    .

    salam galbay berjamaah😁

  • 7 Januari 2023 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Kalo lu udah sopan, dan janji bayar apalagi udah berusaha mencicil , dan dc masih ngotot dan mempermalukan lu, mencaci maki, menteror kontak darurat yang gak ngerti apa apa,
    LU ****** KALO MASIH MAU BAYAR

  • 7 Januari 2023 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Dc pinjol memang begitu mba udah umum cara penagihan via wa caranya memang spt itu, berbeda dgn dc konvensional diluar pinjol lebih ke cara komunikasi yg baik agar mendapat hasil intinya kan penagihan.
    Apalagi 80hari keterlambatan bukannya saya membela tp emg dc pinjol spt itu caranya.
    Yg saya heran lagi org org kok gampang ngajuin pinjol bs di acc trs pengajuannya saya kok ditolak terus yaa? Salah saya apa

  • 7 Januari 2023 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Pantes ditagih, sampeyan sdh telat / tidak ada pembayaran selama 3 bulan.
    Anda tipe wong ruwet 🤣🤣🤣
    Jangan salahin yg pinjemin uang, balik ke diri sendiri.
    Andaikan anda yg minjamin uang ke teman anda, trus teman anda selama 3 bulan nggak ada itikat mau bayar.
    Apa yg anda lakukan???

  • 7 Januari 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Biasanya yg punya platform akan minta maaf atas perlakuan dc nya. Tapi ya hanya segitunya,besok2 si dc akan begitu lagi begitu lagi….tindakan OJK dll ya segitunya juga. Tanggung gaya,lawan aja sekalian.
    Salam GALBAY nasional

  • 8 Januari 2023 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Yang ngutang berlagak sperti korban..
    Padahal kewajiban bayar hutang belum dipenuhi..
    Ente kalo ga mau di tagih ya jangan ngutang boss sesimple itu..
    Kalo ente ga mau bayar yawdah buang aja nomor hapenya.. ganti baru nomor lain, email ganti juga.. truss kaburr dehh yg jauhh.. nanti di tagihnya skalian aja pas di akheraat.. 😆😆

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Akulaku?

Ada 65 komentar sampai saat ini..

Bahasa Penagihan Akulaku di WA yang Tidak Sopan

oleh Ratna Wulansari dibaca dalam: <1 menit
65