Malas Berurusan dengan Kartu Kredit Bank UOB

Nama saya Yinyin. Saya pernah ditawari untuk membuat kartu kredit UOB (dibilang marketingnya jika free iuran tahunan selamanya, dan berbagai macam fitur diskon bioskop, salon, dll yang gak seberapa nilainya, hanya beberapa puluh ribu rupiah). Waktu itu marketingnya minta tolong dibantu. Katanya kalau proses pengajuan kartu kredit sudah jadi, tapi kita tidak mau pakai atau belum diaktivasi, artinya belum aktif.

Saya tidak tahu jenis kartu apa yang diterbitkan, Kartu tersebut tidak pernah saya gunakan. Saya pikir kalau saya tidak aktivasi, berarti kartu tidak aktif. Namun kemarin setelah 1 tahun tepatnya, saya terima tagihan untuk annual fee-nya sebesar Rp 1 juta (Wow sekali iuran tahunannya!).

Saya langsung menghubungi pihak UOB di 14008 untuk menanyakan info tersebut. Saya bilang “Di bank lain kalau tidak ada aktivasi berarti tidak aktif. Saya tidak pernah merasa telepon UOB untuk aktivasi kartu atau minta perubahan PIN. Kenapa tiba-tiba saya dapat tagihan tahunannya?”. Pihak UOB bilang saya telah menyetujui dan proses untuk aktivasi kartu. Saya makin kesal dan saya komplain pihak penutupan kartunya.

Akhirnya pengajuan penutupan kartu saya diproses, tapi dengan syarat harus melakukan pemakaian minimal Rp500 ribu sampai dengan akhir bulan Oktober. Saya tidak mau transaksi sejumlah itu apalagi memang masih belum butuh. Sedangkan di bank lainnya saja proses tutup tidak seribet ini, ini malah tetap dipaksa untuk melakukan pemakaian minimal Rp500 ribu, jika tidak dapat melakukan penutupan kartu. (semiris itu yah Bank UOB untuk mendapatkan sejumlah uang untuk iuran tahunan dari pelanggan).

Jika tidak, tagihan iuran tahunan tersebut yang sebesar Rp 1 juta tersebut akan ditagihkan kembali bulan berikutnya. Ini benar-benar membuat saya muak dan konyol. Sehari bisa ditelepon 10-16 kali untuk menagih iuran annual fee. Saya dipingpong, saya disuruh ke banknya langsung untuk penutupan. Pas saya tanya CS lewat telepon juga tidak bisa katanya.

Tunggakan Annual Fee sudah masuk ke penagihan dan CS-nya tidak bisa melihat transaksi jumlah 1 juta itu benar annual fee atau bukan. Sampai sekarang tidak ada solusinya.

Salam,

Yinyin
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank UOB:
[Total:84    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Bank UOB Indonesia terhadap Keluhan Ibu Yinyin

Dengan hormat, Terima kasih atas perhatian Medikonsumen.com kepada PT Bank UOB Indonesia melalui surat pembaca yang disampaikan oleh Ibu Yinyin...
Baca Selengkapnya

77 komentar untuk “Malas Berurusan dengan Kartu Kredit Bank UOB

  • 10 Januari 2023 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Gila Limit 35 juta Annual Fee 1 juta.Ngeri Banget.Aku BRI limit Hampir 2 kali nya.Free Annual Fee Seumur Hidup.Disaat Bank2 lain mau Kasih Free Annual Fee.UOB Malah Membebani.Ya semoga Saja Bisa Bersaing dgn Bank2 Penerbit Kartu Kredit lain.

    3
    9
    • 11 Januari 2023 - (18:14 WIB)
      Permalink

      Itu karena pakai kartu kredit top tier. Segitu sih masih wajar. Belum tahu aja ada kartu kredit yang annual fee nya 3,5 juta.

      3
      7
      • 11 Januari 2023 - (18:22 WIB)
        Permalink

        Ya Wajar klu Limit 100 juta annual fee 1 juta.Kalaupun ada Yg annual fee nya 3,5 juta.Klu limit nya 500 juta ngak masalah ya.Ini UOB limit segitu annual fee nya Gede.Kan Njomplang.Kpn hari aja Ada yg dpt limit 2 juta dr TMR UOB Annual fee nya 200 ribu.

        3
        2
        • 11 Januari 2023 - (21:51 WIB)
          Permalink

          Annual fee itu tidak ditentukan oleh besarnya limit, tapi dari jenis kartunya. Kalau jenis kartunya tinggi ya annual fee nya juga pasti besar.

          Contohnya saya punya kartu kredit BNI, ketika kartunya silver af nya hanya 240rb, tapi setelah diupgrade jadi 600rb, padahal limitnya beda tipis. Saya juga punya Premiermiles yang annual feenya 1jt. Tapi karena mengerti, jadi tidak kaget dengan annual fee tersebut dan tahu persyaratan untuk menghapusnya.

          Semua bank juga seperti itu. Di UOB, kalau mau annual feenya kecil bahkan gratis, jangan pakai Privimiles, tapi pakai Yoko atau bahkan TMRW sekalian.

          Kalau kaget dengan annual fee kartu kredit dan protes ke bank, berarti memang belum mengerti dengan dunia kartu kredit.

          7
          3
          • 12 Januari 2023 - (13:45 WIB)
            Permalink

            Tapi khan belum di aktifkan.

          • 12 Januari 2023 - (15:15 WIB)
            Permalink

            Kartu belum aktif bisa kena iuran tahunan juga. Ada beberapa kasus serupa dengan bank berbeda yang di posting di media konsumen ini.

            Kalau berencana tidak mengaktifkan kartu kreditnya dalam waktu dekat, sebaiknya tanyakan ke customer servicenya apakah nanti akan kena iuran tahunan atau tidak.

            Lalu lihat satu tahun ke depan. Kalaupun ada, ya tinggal ajukan penghapusan. Btw, syarat penghapusan iuran tahunan setiap bank dan kartu beda-beda ya.

            2
            1
        • 12 Januari 2023 - (16:02 WIB)
          Permalink

          Saya baru saja mengalami kejadian sama untuk masalah annual fee UOB, ajukan closed karena jarang pake dan iuran tahunan besar, waktu itu kejadian di Lady’s Card yg akhirnya dihapuskan tanpa syarat, tapi di bulan selanjutnya saya ditagihkan kembali dan dikenakan denda, saya complain dan mereka mengakui kesalahan kemudian minta maaf dan dilakukan penghapusan kembali. Lalu bulan selanjutnya yg jenis lain, dan saya ajukan penutupan kemudian dikasih option muter2 yg dimana saya kekeh dengan keputusan saya dan diinfo saya harus bayar setengah dari annual fee baru bisa ditutup, akhirnya saya kesal dan saya bayar kemudian saya call kembali dan dilayani CS yg berbeda dimana dia akan memberikan saya penawaran lain yg tadinya saya mulai tertarik namun sambungan terputus kembali, kemudian saya menghubungi kembali dan dilayani oleh CS yg berbeda lagi yg dimana dengan CS ini saya dibuat emosi dan merasa dipermainkan oleh UOB, dia bilang saya tidak perlu membayar setengah dari annual fee dan di bebaskan dan 1 kartu saya di closed tetapi ladys saya tetap aktif dan pembayaran setengah annual fee saya dipindah bukukan. Disitu saya geram yg akhirnya meninggikan suara karena CS tersebut meninggikan suara kepada saya. Yg akhirnya saya disambungkan kepada CS sebelumnya, disana saya ungkapkan kekecewaan dan merasa dipermainkan. Jadi menurut saya UOB kali ini benar-benar buruk dalam negosiasi konsumennya. Bukan hanya karena besaran annual fee nya tetapi dalam memberikan solusi dan penanganannya benar-benar mengecewakan. Fyi saya merekam semua pembicaraan saya dengan CS tersebut

    • 11 Januari 2023 - (23:52 WIB)
      Permalink

      Waduh.. saya baru aja apply gara” marketingnya memelas minta bantu dan menjanjikan free iuran tahunan. Gimana cara batalinnya yha? Takutnya kejadian yg sama lagi.

      • 14 Januari 2023 - (18:34 WIB)
        Permalink

        Pas nnt dikonfirmasi jawab aja beda dg yg tertulis di formulirnya mis. Ditanya nama ibu jawab nama yg beda, jd pengajuan bs ditolak… kl kartu nya lgs jd tanpa konfirmasi ya terima dl trus hub. Cs minta ditutup kan thn pertama iuran biasa nya gratis…

      • 12 Januari 2023 - (16:45 WIB)
        Permalink

        Ngelantur tuh UOB,disuruh transaksi sm sj hrs aktifin krn tanp aktifin gk bs pk kartu alias jebakan batman

      • 12 Januari 2023 - (16:51 WIB)
        Permalink

        Setuju tp sy sdh menggunakan cc sktr 35 tahun & blm pernah tau kl tdk aktifin cc ttp hrs byr annual fee smp sy jd koleksi kartu tanpa aktifin tdk di tagih smp cape bebrp bank tlp in sy spy aktifin tp sy jwb iya kl perlu atau iya nanti pdhl tdk, cm utk pajangan sj

    • 12 Januari 2023 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah mempercayai muka CULAS para marketing, mereka BERBOHONG untuk bertahan hidup, dan anda akan selalu dikorbankan demi ego mereka.

      • 14 Januari 2023 - (18:43 WIB)
        Permalink

        Teman sy ada yg kerja marketing uob, mmg tekanan target nya luar biasa!, dia jg gak mau sih kerja bgtu disambil nyari2 peluang kerjaan lain, kl mmg gak tertarik ya Tolak sj dg sopan & hindari dg baik, kan kendali hdp kita pd kita sendiri…

    • 11 Januari 2023 - (16:02 WIB)
      Permalink

      Katanya ngak dipakai, tapi kog bln sebelumnya ada tagihan sebesar 30.405? Pas ajukan kartu kredit UOB di aplikasi tertera deh syarat & ketentuan program gratis anual fee nya.. Kalau TTD berarti setuju kan

  • 10 Januari 2023 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Jangan dulu dibayar, apabila anda yakin tidak pernah mengaktivasi kartu kredit anda. Coba tanya ke ahli atau praktisi perbankan bagaimana solusi masalah anda…

    • 12 Januari 2023 - (07:02 WIB)
      Permalink

      Kalau udah disetujui berarti sudah aktif om…. Aktivasi kartu itu hanya untuk membuka askes kartu agar bisa digunakan bertransaksi. Jadi kalau gak mau digunakan jangan mengajukan. Atau langsung hubungi pihak bank lakukan penutupan. Saya sendiri sudah mengalaminya. Dan semua bank penerbit kartu kredit begitu.

    • 12 Januari 2023 - (07:34 WIB)
      Permalink

      Keliatan sekali kalo gak pernah berurusan dgn kartu kredit, semua aturan bank mengenai KK spt itu. Munculnya annual fee gak ada hubungannya dgn diaktivasi atau blm KK nya, sejak loe terhitung menerima KK berarti siap2 aja AF muncul cuma AF tiap bank berbeda2 jangka waktu nya

  • 11 Januari 2023 - (07:31 WIB)
    Permalink

    kata penulis kartunya tidak pernah digunakan, tapi di tagihannya koq ada tagihan bulan lalu 30,405?

    btw menurut saya lebih baik segera diselesaikan, daripada tagihan itu bikin jelek SLIK penulis. dibiarin terus2an bisa sampe collect 5, nanti malah repot.

    3
    2
    • 11 Januari 2023 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Adanya tagihan bulan sebelum nya mungkin dikarenakan beban administrasi yang setiap bulan berjalan semenjak kartu aktif.

      Jadi memang mungkin kartunya belum pernah dipakai.

      Yang disayangkan itu sebenarnya kelalaian pemilik kartu sendiri, kenapa? Karena setiap bulan sebenarnya dimunculkan tagihan kepada pemilik kartu namun pemilik kartu memilih untuk mengabaikan walaupun dirinya tahu bahwa semestinya tidak ada lembar tagihan apabila kartu belum aktif.
      Biasanya dengan dalih bahwa menurut marketting gratis iuran dalam benak pemilik kartu.
      Jadi menurut saya sebenarnya pemilik kartu sudah diwarning setiap bulan bahwa ada tagihan namun pemilik kartu secara sengaja maupun tidak mengabaikan informasi tersebut dan sekarang ketika dikenakan biaya pemilik kartu menolak dengan dalih dalih yang disebutkan diatas oleh penulis.

      Sebaiknya segera ditemukan win win solution untuk penulis agar dapat move on dari kartu UOB.

      * CC UOB ini memang agak tricky, suka diaktifkan sendiri tanpa konfirmasi ulang ketika kartu diterima. Jadi bagi yang ditawarkan semoga bisa memperhatikan hal ini sebelum menyetujui.

      • 11 Januari 2023 - (22:12 WIB)
        Permalink

        Betul Emang Ada beberapa Bank yg Curang demi mendapatkan Untung.Pinter2 nya kita saja Pelajari alur mereka dgn bnyak baca di media konsumen.

      • 12 Januari 2023 - (07:35 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya di beberapa bank begitu sudah ada notifikasi dari bank bahwa kartu disetujui selama itu pula rekening kartu kredit sudah aktif. Makanya kartu fisik dikirim dalam keadaan terblokir untuk menghindari penyalahgunaan transaksi. Aktivasi kartu itulah yang diperlukan agar kartu bisa digunakan. Walaupun Kartu belum aktif tapi secara online sudah bisa transaksi seperti transaksi Autodebet hanya menggunakan nomor kartu. Bahkan di beberapa bank seperti Permata dan CIMB bisa tau nomor CVV dari mobile banking walaupun belum aktivasi kartu atau kartu fisik belum diterima.

  • 11 Januari 2023 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Dejavu… Sudah brp kali kasus serupa.

    Lagipula pemakaian minimal 500rb itu seharusnya bukan untuk penutupan, saya rasa untuk penghapusan iuran tahunan.
    Kalau penutupan, tagihan cetak dan berjalan harus nol atau CR. Jika dipakai, lha jadi ada tagihan, mana bisa ditutup, harus lunas dulu.

    Semoga ada kebijakan khusus dari pihak bank.

    • 11 Januari 2023 - (14:10 WIB)
      Permalink

      Ceritanya mirip aku pakai Yolo UBI, aku merasa gak ngaktifin kartu eh tiba2 aktif nah kartunya. Akhirnya mau gak mau dipake buat menghapuskan anual fee, setelah itu baru ku tutup.
      Itu pun pakai drama dulu, sampe harus dateng ke Cabang UBI..
      Puji syukur sekarang bebas CC, hidup lebih tenang…

  • 11 Januari 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    waduh awas nama nya ancur di BI checking itu…. nama nya akan selalu ada di BI checking

    1
    1
  • 11 Januari 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Ya udah kadung ya ikutin aja transaksi 500rb buat free annual fee. Stlah selesai langsung tutup brp bulan kemudian. Itu gampangnya. Kalau mau ribet ya tantangin trus tp takutnya masuk slik ojk jd kolek 5 repot dan ousing sendiri

  • 11 Januari 2023 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Makanya kalo ada sales/marketing cc memelas2 utk apply cc, dgn tegas tolak aja, ga peduli keliatan kejam atau sadis, daripada kita yg direpotkan cepat lambatnya. Kalo kita memang mau apply cc, pasti kita dateng ke marketing tsb.

  • 11 Januari 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Sama kejadiannya dengan saya, saya tidak merasa aktivasi, tapi pernah di hubungi oleh cs uob, jika di bank lain consumen yang minta aktivasi tapi ternyata telepon tersebut untuk aktivasi kartu. Jadi terpaksa harus pakai cc nya supaya gak kena annual fee nya…padahal dari marketingnya diinfokan bebas biaya tahunan…tapi ternyata g ada biaya tahunannya.

  • 11 Januari 2023 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Aje gile annual fee 1 jt, di saat bank lain punya program free annual fee dengan S & K tertentu.

    • 11 Januari 2023 - (18:12 WIB)
      Permalink

      UOB juga free annual fee. BTW, UOB Privimiles adalah kartu kredit tip tier di bank UOB. Jadi pantas iurannya segitu. Belum tahu aja dibank lain ada yang iurannya sampai 3,5 juta per tahun.

    • 11 Januari 2023 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Maka itu pak.Annual fee 1 juta limit cuma 35 juta.Di saat bank lain kasih annual fee seumur hidup.Walaupun limit kecil pasti akan mau pake cc itu.Jadi kayak kita merasa di hargai.

      • 11 Januari 2023 - (21:56 WIB)
        Permalink

        Hampir semua kartu kredit ada annual fee nya. Sekarang hampir tidak ada lagi kartu kredit yang free seumur hidup. Kalaupun mereka mengiklankan seperti itu, pasti ada syarat dan ketentuannya seperti harus transaksi sekian kali setiap bulannya, belanja dengan nominal tertentu, dll.

        Bagi pengguna kartu kredit, yang paling penting adalah tahu syarat dan ketentuan dalam menghapus annual fee, dan ikuti ketentuan dari bank untuk bisa menghapusnya.

      • 11 Januari 2023 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Kalau menurut kamu bank lain ada yang kasih free annual fee seumur hidup, tinggal sebutkan saja nama Bank dan kartunya. Biar bisa dibuktikan bener enggak seperti itu.

        • 11 Januari 2023 - (22:03 WIB)
          Permalink

          Ya ellah kata nya sudah ahli dlm perkartu kreditan.Ada Noh bank yg bener2 Bisa kasih Annual Fee Freeee Selama Km masih Pake itu Kartu.Cari sendiri Di Google Bnyak Yg Kasih Annual Fee.

          • 11 Januari 2023 - (22:07 WIB)
            Permalink

            Lho, kok malah suruh saya yang cari. Katanya ada banyak. Wkwkwk…

          • 12 Januari 2023 - (07:13 WIB)
            Permalink

            Cuma sedikit yang membebaskan iuran tahunan tanpa syarat. Bisa dihitung dengan jari. Hampir semua bank memberlakukan annual fee. Cuma rata2 semua bisa dihapuskan dengan pengajuan. Pengguna kartu kredit mmg harus lebih bijak Dan aktif bukan seperti tabungan yang sifatnya pasif dan bisa dibiarkan kosong kalau tidak mau dipakai.

        • 12 Januari 2023 - (00:55 WIB)
          Permalink

          Ada Pak yang bebas iuran seumur hidup kalau itu yang ditanyakan. Namun biasanya pihak bank sendiri yang memberikan tanpa perlu pengajuan mandiri.

          Seperti KK UOB saya yang tiba tiba dikirimkan dan diaktifkan sendiri namun tidak dikenakan biaya tahunan.

          • 12 Januari 2023 - (07:10 WIB)
            Permalink

            Aktivasi kartu hanya untuk membuka akses kartu agar bisa dipakai transaksi. Begitu nasabah dapat notif pengajuan disetujui itu berarti udah aktif terhitung sejak pengajuan disetujui. Jadi jangan sembarang mengajukan. Kartu kredit tidak seperti rekening tabungan yang saldo awal 0. Ketika bank sudah memberikan limit ketika itu pula sudah pertanda aktif.

          • 13 Januari 2023 - (07:19 WIB)
            Permalink

            Semua kartu UOB ada annual feenya. Hanya Yolo saja yang ada penghapusan otomatis jika kartunya dipakai setiap bulan.

          • 12 Januari 2023 - (06:46 WIB)
            Permalink

            Itu bukan gratis seumur hidup tapi iuran tahunannya dikreditkan kembali karena banknya sedang kasih promo. Gratisnya tidak selamanya, hanya selama masa promo ataupun jika memenuhi persyaratan yang berlaku. Contohnya iuran tahunan UOB YOLO bisa gratis dengan syarat melakukan transaksi setiap bulan.

          • 12 Januari 2023 - (06:48 WIB)
            Permalink

            Mandiri Signature ada annual feenya Rp.900.000

        • 12 Januari 2023 - (15:26 WIB)
          Permalink

          Adalah gak usah jauh2. CC toped BRI gratis selamanya asal ada transaksi min 3x berapapun nilainya tiap bulan

          • 12 Januari 2023 - (15:37 WIB)
            Permalink

            Itu masih ada syarat dan ketentuannya, bukan benar-benar murni gratis seumur hidup.

        • 12 Januari 2023 - (16:14 WIB)
          Permalink

          CIMB Niaga, dan sampai detik ini saya tidak pernah ditagihkan iuran tahunna dari ke-3 kartu yg saya miliki, limit gabungan 30Jt an,baik saya gunakan ataupun tidak saya gunakan sama sekali dan kemarin ada yg menawarkan dari BRI dan Mayapada free seumur hidup.

          • 12 Januari 2023 - (17:15 WIB)
            Permalink

            Mantappp Noh sudah di balas sama mbak Wulan haha.

          • 12 Januari 2023 - (17:39 WIB)
            Permalink

            CIMB Niaganya kartu apa? Tiap kartu beda programnya.

            Kalo cuma omongan sales jangan dipercaya. Cuma janji manis aja. Banyak yang komplain ternyata tetap ditagih juga.

          • 13 Januari 2023 - (07:22 WIB)
            Permalink

            Belum dijawab nih CIMB Niaganya kartu apa. Sekarang semua kartu kredit CIMB Niaga yang ada kartu fisiknya pasti ada annual feenya.

          • 13 Januari 2023 - (15:30 WIB)
            Permalink

            CIMB NIAGA ada yang free iuran tanpa syarat jenis kartu Master Card kalau tidak salah.

          • 14 Januari 2023 - (17:33 WIB)
            Permalink

            Mastercard itu bukan jenis kartu, tapi penyedia layanan saja, seperti halnya Visa, JCB, dll. Yang dimaksud jenis kartu adalah seperti Ultimate, World, Visa Infinite, dll.

            Saya punya 4 kartu kredit CIMB Niaga, 2 diantaranya Mastercard tapi ada iuran tahunannya tuh, walaupun bisa diajukan penghapusannya.

        • 13 Januari 2023 - (12:54 WIB)
          Permalink

          Benar sekali ada iuran nya namun dalam beberapa situasi iuran tersebut bisa dibebaskan seumur hidup.
          Jadi jawaban nya ada bank yang memberikan fasilitas free annual fee seumur hidup, namun kembali bukan berarti semua orang berhak mendapatkan fasilitas yang serupa karena pada dasarnya annual fee itu ada tertulis.

          • 13 Januari 2023 - (13:26 WIB)
            Permalink

            Iya, annual fee kartu kredit memang mayoritas mudah dihapus. Tapi sebagian besar harus melalui pengajuan dan mengikuti program yang sedang berlaku, yang bisa saja berubah setiap tahunnya.

            Jadi agak kurang tepat jika bilang gratis seumur hidup. Karena bisa saja tahun depan ternyata tidak gratis lagi. Selain itu masih ada persyaratan yang harus dipenuhi.

            Annual fee kartu kredit saya kalau ditotal bisa mencapai 5,9 juta setiap tahunnya. Tapi bisa saya hapus semua, karena tahu caranya.

            Jadi, yang penting adalah tahu cara menghapusnya, bukan mengklaim kartu kredit bank A, B, dan C gratis annual fee seumur hidup, yang pada akhirnya malah menjerumuskan orang awam yang kaget karena tiba-tiba ditagih annual fee.

          • 13 Januari 2023 - (13:52 WIB)
            Permalink

            Kalau harus melewati proses dan pengajuan memang bukan digratiskan seumur hidup kak.

            Yang dimaksudkan saya adalah adanya fasilitas tertentu yang diberikan dari pihak penyelenggara kartu itu sendiri agar konsumen nya dibebaskan dari biaya annual fee tanpa melewati proses proses yang kak Andri sebutkan diatas

            Namun memang fasilitas ini tidaklah diberikan secara umum. Hanya nasabah tertentu saja saya pikir, jadi ini memang bukan hal yang pada umum nya.
            Sebagai contoh KK UOB saya tidak dikenakan biaya tahunan tanpa perlu pengajuan tertentu setiap tahunnya dengan kondisi kartu tidak ada pemakaian.
            Menariknya KK UOB jenis lain saya malah dikenakan biaya annual fee dan perlu pengajuan agar bebas annual fee dengan kondisi yang tidak terpakai.

            Jadi berbicara secara umum, sudah tepat informasinya bahwa setiap KK mengandung unsur annual fee. Akan tetapi akan selalu ada pengecualian tertentu yang tentu tidak bisa dijadikan patokan secara umum.

            Akhir kata apabila yang ditanyakan apakah ada atau tidak kartu yang gratis seumur idup dari annual fee? Jawaban nya kalau digratiskan tentu saja ada.

          • 14 Januari 2023 - (06:02 WIB)
            Permalink

            Oh iya, fasilitas seperti itu memang ada. Saya pernah dapat dari satu bank, tapi cuma sekali itu saja. Dari bank yang lain tidak pernah sama sekali. Jadi jarang banget sih.

            Cuma, saya pengen orang hati-hati dan enggak salah paham dengan free annual fee. Karena banyak yang terjebak dengan hal itu. Percaya dengan iklan gratis seumur hidup padahal masih ada syarat dan ketentuannya. Percaya dengan omongan sales padahal kenyataannya enggak begitu.

            Selain itu, masih ada yang salah paham dengan promo iuran tahunan yang digratiskan dan menganggap itu adalah gratis seumur hidup.

      • 12 Januari 2023 - (00:53 WIB)
        Permalink

        Sebenarnya biaya tahunan mahal itu umumnya punya benefit benefit spesifik yang biasanya tidak ditemukan ketika menggunakan kartu reguler atau umum.
        Jadi biaya tahunan yang tinggi sebenarnya masih dapat dikompensasikan apabila benefit tersebut memang digunakan atau dibutuhkan.

        • 13 Januari 2023 - (08:59 WIB)
          Permalink

          Syriah Gold dan master card platinum, saya memiliki kedua kartu tersebut sudah lebih dari 5th

          Silahkan cek di web CIMB disana mereka pun mencantumkan.

          Intinya disini bukan hanya masalah annual fee nya ya, saya pun lebih menekankan pada cara UOB melayani konsumen, jika memang konsumen ingin menutup tidak perlu berbelit belit dan memberikan solusi yg ga jelas. Tiap bank memang memiliki kebijakan sendiri, berikan cara yg nyaman kepada konsumen, saya akhirnya membayar setengah dari annual fee untuk menutup CC tsb dan memutuskan menutup kedua CC saya, tetapi saat pengajuan penutupan diinfo tidak perlu membayar dengan solusi 1 CC saya tidak ditutup, bukankah itu artinya saya dipermainkan? Disinilah saya merasa kecewa dan marah.

          • 13 Januari 2023 - (13:07 WIB)
            Permalink

            Tidak ada arti apa-apa Bu Wulan, apalagi sampai mempermainkan.
            Tidak perlu kecewa dan marah juga Bu Wulan, mereka hanya menjalankan tugasnya saja agar nasabah sebisa mungkin tidak menutup kartu kredit tersebut. Kalau menurut istilah saya, namanya usaha supaya tidak ditinggal pelanggan.

            Kalau memang ingin ditutup Bu Wulan bisa kembali ditekankan bahwa kartu tersebut tetap ingin ditutup. Dan persoalan pun selesai tanpa perlu melibatkan emosi 🙂

          • 13 Januari 2023 - (13:36 WIB)
            Permalink

            Antar customer service memang bisa terjadi miskomunikasi. Saya juga pernah mengalaminya masalah serupa. Ketika mau menutup kartu kredit dari bank lain. Oleh bagian penutupan dijanjikan akan langsung dibebaskan iuran tahunannya. Tapi dua bulan berikutnya iuran tahuhannya tetap muncul. Saya pun langsung komplain dan digratiskan tanpa syarat.

            Tips dari saya, iuran tahunan bank UOB bisa digratiskan dengan belanja sekitar 500rb. Tapi kalau kartunya mau ditutup, iuran tahunan itu tidak bisa gratis dan tetap harus dibayar.

            Jadi, kalau iuran tahunannya sudah terlanjur tercetak dan ingin menutup kartunya, belanja dulu sebesar 500rb untuk menghapusnya, bulan depan baru ajukan penutupan.

            Tidak perlu ngotot untuk dihapus bulan ini juga, karena itu sistem bank UOB.

        • 13 Januari 2023 - (14:35 WIB)
          Permalink

          Betul saya setuju jika mereka hanya berusaha sama halnya mereka yg menelfon untuk menawarkan product.

          Benar mereka memberikan option belanja 1.000K kemudian diturunkan 500K, akan tetapi saya sudah menekankan untuk tutup, kemudian diberikan option membayar setengah agar saya bisa closed. Saya pun memutuskan membayar dan mengajukan penutupan di hari yg sama, 3x menelfo dengan 3 org CS berbeda dan dengan hasil option berbeda-beda, kemudian diinfo 1 CC boleh di tutup tanpa harus memnayar setengah dari annual fee dan dana yg sudah saya bayar di transfer ke CC yg lain, menurut saya pribadi hal tersebut termasuk mempermainkan dan tidak etis.

          Saya adalah konsumen yg merasa uang 500K sangat berharga saat ini, ok memang bisa free dengan belanja 500K dulu, lalu bulan depan di closed tidak ada kerugian apapun kan, tetapi saya yg merasa 500K sangat berharga pada masa-masa saat ini, saya tidak berbelanja di hypermart atau pun di toko-toko yg memiliki mesin EDC atau punya kerjasama untuk menerima pembayaran menggunakan CC. Saya berbelanja di tempat-tempat yg tidak memiliki fasilitas tersebut dan kalaupun ada EDC hanya khusus untuk debit, kalaupun bisa CC dikenakan charge berapa % dari nominal. Jadi menurut saya syarat berbelanja dengan nominal tersebut bukan option terbaik buat saya.

          Ini pendapat dan pengalaman saya pribadi, saran yg diberikan kepada saya mungkin silahkan diterapkan oleh rekan-rekan lain yg nanti ada kendala penutupan karena annual fee. Dan untuk rekan-rekan yang baru akan mengajukan CC sebaiknya dipikirkan baik-baik keuntungan, kerugian, kalau hanya perlu CC sebagai alat pembayaran tambahan silahkan mencari yg free annual fee seumur hidup. Dan jangan mudah tergiur hanya dikatakan “ajuin aja, dapat atau tidak dapat CC nya kan yang penting sudah dapat hadiah, dan kalau sudah dapat tidak diaktifkan juga tidak apa-apa ga akan dikenakan biaya apapun”. Just be wise.

          Thank you

          • 14 Januari 2023 - (17:43 WIB)
            Permalink

            Menurut saya mbaknya terlalu ngotot untuk menutup kartunya tanpa mengetahui sistem di bank UOB seperti apa.

            Di bank UOB, jika mbak mau tutup kartu tapi masih ada kartu lain yang masih aktif, mbak tidak perlu bayar annual fee yang sudah tertagih.

            Jika mbak mau tutup semua kartunya, mbak harus bayar annual fee tersebut. Kartunya tidak bisa ditutup sebelum annual feenya dibayar.

            Jadi, kalau mau tutup kartu UOB, ikuti dulu prosedur penghapusan iuran tahunan. Setelah iuran tahunannya berhasil dihapus, baru ajukan penutupan kartu di bulan berikutnya.

            Bukan hanya UOB yang menerapkan hal ini, tapi bank lain juga salah satunya adalah BRI. Di BRI, kalau iuran tahunannya sudah tertagih, tetap harus dibayar walaupun kartunya mau ditutup sekalipun. Malah sistem BRI jauh lebih memberatkan dibandingkan UOB, karena program penghapusan iuran tahunannya harus belanja sekian juta.

  • 11 Januari 2023 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Ini kartu Privimiles, AF nya emang 1JT, Minta penghapusan aja tanpa syarat, terus klo masih ga mau kasih, ancem media, catet nama CS nya, pasti dikasih waive af tanpa syarat wkwkwk

  • 12 Januari 2023 - (04:32 WIB)
    Permalink

    aktif ga aktif cc, af akan ditagihkan karena bank sudah alokasikan duit walopun ga dipake, kecuali emang jenis tertentu yg bebas af.

    • 12 Januari 2023 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Iya masih banyak disini yang belum paham sistem kartu kredit tapi latah mau mengajukan. Kayaknya cuma sekedar ikut2an. Ketika sudah disetujui berarti sudah aktif rekening kartu kreditnya.

      Aktivasi kartu itu hanya untuk membuka akses kartu agar bisa dipakai transaksi.

      Sepertinya perlu ada edukasi khusus dari bank terkait kartu kredit ini karena masih banyak orang2 yang malas membaca dan mencari tau.

  • 12 Januari 2023 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Selama udah disetujui berarti sudah aktif. Aktivasi kartu itu hanya untuk membuka askes kartu agar dapat digunakan bertransaksi. Jadi jangan dikira kartu belum aktif lantas rekening kartu kredit nya dorman. Tidak ada rekening dorman kartu kredit. Selama udah disetujui selama itu pula sudah aktif. Bedakan dengan rekening tabungan yang ada masa dorman atau rekening pasif. Pahami dulu cara kerja kartu kredit baru mengajukan. Jangan asal mengajukan kalau tidak mau digunakan.

  • 12 Januari 2023 - (07:29 WIB)
    Permalink

    Saya bilang “Di bank lain kalau tidak ada aktivasi berarti tidak aktif. Saya tidak pernah merasa telepon UOB untuk aktivasi kartu atau minta perubahan PIN. Kenapa tiba-tiba saya dapat tagihan tahunannya?”.

    Bank apa itu? Saya pengguna beberapa kartu kredit bank dan begitu pengajuan disetujui bank sudah memberikan limit yang artinya sudah aktif meskipun anda belum mengaktifkan kartu tapi secara online sudah bisa transaksi menggunakan nomor kartu. Bahkan bisa autodebet pembayaran tagihan meskipun kartu fisik belum aktif.

    Kartu fisik diaktifkan adalah untuk membuka akses agar bisa digunakan transaksi offline seperti di mesin EDC atau Merchant fisik.

    Jadi ada baiknya sebelum mengajukan kartu kredit pahami sistem kerjanya. Sebelum pengajuan jangan ragu bertanya sejelas mungkin atau cari informasi. Di MK ini pernah kok ada nasabah kartu kredit yang dikenakan annual fee walaupun kartu fisik belum diaktifkan.

    Ini artinya memang bank sudah aktivasi begitu pengajuan nasabahnya disetujui. Makanya ada kredit limit yang diberikan. Yang berarti itu semacam pinjaman yang diberikan oleh bank.

    Saran saya kalau mmg tidak mau digunakan lagi lakukan saja persyaratannya dengan transaksi 500rb biar annual fee dihapuskan dan bisa dilakukan penutupan permanen.

    Ingat kartu kredit itu bukan tabungan. Bukan berarti anda diberikan limit 35jt itu nominal di rekening anda. Ada kompensasi yang harus diberikan salah satunya ya annual fee. Maka tak jarang orang bilang kartu kredit itu kartu konsumtif karena selalu bersifat ingin mengajak nasabahnya menggunakannya sesering mungkin.

    Maaf kalau panjang lebar semoga kelar urusannya. Karena sayang sekali demi annual fee nama anda jadi gak bagus di SLIK OJK. Kedepannya mau transaksi perbankan jadi dipersulit.

  • 12 Januari 2023 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Kenapa kartu kredit fisik diterima dalam keadaan tidak aktif atau terblokir? Ini antisipasi bank agar limit kartu anda tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Yang berarti terhitung sejak tanggal bank memberikan limit disitu pula rekening kartu kredit nasabah sudah aktif yang berarti sudah aktif sejak tanggal persetujuan.

    Mau bank apapun itu kebijakan mengenai kartu kreditnya sama. Cuma berbeda di besaran annual fee. Ada yang gratis tanpa pengajuan, ada yang gratis tanpa syarat dengan pengajuan, ada pula yang bisa dihapuskan dengan pengajuan dan syarat tertentu.

  • 12 Januari 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Saya suka bahas kartu kredit begini. kalau untuk bisnis dihitung2 okelah. mau Anual fee brp aja, kalau hilangin Anual fee harus belanja dulu.

    Tapi yg gak enaknya marketing dan bank ini menawar2kan buat mancing org berhutang.
    Giliran nanti gak dibayar DCnya kalau kita diemin makin menjadi tambah nakal dan kasar2.

  • 12 Januari 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    UOB emang kacau. Banyak mafia nya. Sekali bikin CC UOB pasti ditelfonin penipu mulu. Kedok UOB ujung2nya minta CVV.
    Trs banyak biaya hantu yg ga dijelasin di formulir. Jebakan betmen lah.
    YOLO = You Only Loan Once

    TMRW gimana ? Walah sama aja. Transaksi sering sangkut di penerima ga terima uang. Ga cocok buat transaksi harian. Aplikasi nya bug mulu.

    TMRW EVERYDAY, EVERYDAY PROBLEMS

    Mending kaya saya, tutup semua akun rekening UOB

  • 12 Januari 2023 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Yang namanya Kartu Kredit mau diaktifkan atau ga, udah kena iuran tahunan. Satu-satunya cara ya dilakukan penutupan sebelum tgl cetak iuran tahunan. Biasanya ada free 1 tahun, nah disitu kalo tidak sreg harusnya sudah ditutup.

    Setiap pengajuan CC pasti ada form yang diisi dan itu minta data pribadi. Yang jelas no KTP, nama ibu kandung, nomor kantor, nomor kontak darurat. Jadi kalo udah isi itu berarti setuju dengan semua aturan CC dari bank yang bersangkutan, tidak bisa ngeles lagi dengan alasan tidak tahu aturannya.

    Besar iuran tahunan tidak ditentukan oleh besaran limit tapi dari Jenis CC nya. Maka tidak heran kalo CC dengan iuran tahunan kecil atau gratis, limitnya lebih besar dari CC yang Top Tier dengan iuran jutaan. Ini wajar di dunia per CC an.

    Yang bisa dilakukan adalah bayar semua tagihan dan tutup kartunya. Menunda-nunda hal ini hanya akan memperbesar denda dan bunga. Kalo mau diperkarakan juga habis banyak dan kemungkinan besar menang Bank nya. Lain kali hati-hati jika menyetujui penawaran produk keuangan. Jangankan kartu kredit, Asuransi itu bahkan cukup bilang ‘setuju’ atau ‘iya’ waktu ditanya telemarketing, dan semua tagihan premi langsung otomatis jalan saat itu juga. Hati-hati…

    • 12 Januari 2023 - (12:54 WIB)
      Permalink

      Hehe iya benar inilah bukti bahwa negeri ini masih banyak darurat membaca. Bahkan ada yang masih ngotot membandingkan dengan bank lain. Padahal setiap bank kebijakan beda. Lagipula kalau gak mau dibebani dengan biaya kenapa harus pengajuan? Bukannya sebelum mengajukan udah paham risiko kartu kredit itu apa dan bagaimana?

      Harus ada edukasi lagi ini mengenai kartu kredit. Kebanyakan orang cuma latah mau mengajukan.

    • 15 Januari 2023 - (00:39 WIB)
      Permalink

      Lagian TS aneh. Gak mau dipake tapi malah diajukan. Itu kan sebenarnya menambah masalah yang seharusnya tidak ada. Udah kayak gini malah mau protes. Curiga ini ngambek sama bank nya karena dapat limit gak sesuai harapan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank UOB?

Ada 77 komentar sampai saat ini..

Malas Berurusan dengan Kartu Kredit Bank UOB

oleh Yinyin Tanoyo dibaca dalam: 1 menit
77