Kartu Kredit Bank Mega Mengenakan Biaya Overlimit padahal Tagihan Dicetak Tidak Melebihi Limit

Selamat siang Media Konsumen, Halo Bank Mega

Perkenalkan Nama Saya Janita F Mewengkang Sirait. Saya pemegang kartu kredit Bank Mega 4890-87**-****-**44 (maaf no disamarkan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan) dengan Limit 10 juta.

Pada November tagihan Rp. 9.852.633 tapi dikenakan biaya overlimit Rp. 250.000, akhirnya saya komplain karena total tagihan saya (setelah ditambahkan biaya overlimit 250 ribu saja belum melebihi limit saya yang 10 juta). Lalu saya telepon ke CD bank Mega dan dilakukan adjustment pada bulan Desember 2022.

Namun ternyata di bulan Desember saya dikenakan lagi Biaya Overlimit Rp250.000, tagihan Des Rp9.964.348 limit saya 10 juta.

Maaf kalau saya bodoh ya, tapi setahu saya namanya overlimit itu kan dikenakan jika tagihan kita jika melebihi limit yang diberikan.  2 bulan berturut-turut tagihan saya tidak melebihi limit yang diberikan tapi kok masih dikenakan biaya overlimit ya?

Saya sudah telepon ke CS (kalau tidak salah namanya Hanum) sekitar tanggal 10 Januari 2023 untuk mengajukan keberatan biaya overlimit yang tagihan Desember 2022, tapi sampai hari ini tidak ada proses.

Dan satu hal lagi yang saya tidak masuk akal, mereka memberikan kelonggaran limit, alasannya (padahal saya sudah berkali-kali) minta agar limit saya diblok pemakaiannya jika sudah melebihi batas limit saya yang 10 juta (seperti kartu kredit bank lain yang pernah saya punya).

Nah di sinilah keanehannya menurut saya seperti ada KESENGAJAAN (untuk menjebak?) dari Bank Mega untuk memberi kelonggaran pemakaian jika sudah melebihi limit, supaya saya kena biaya overlimit (alasannya pemakaiannya melebihi overlimit).

Hallo Bank Mega, di 2 bulan itu tagihan saya di bawah limit 10 juta, kenapa saya kena biaya overlimit (perincian tagihan saya bulan November dan Desember 2022 terlampir). Sebelumnya memang saya pernah kena biaya overlimit (kalau tidak salah sekitar bulan April 2022) ok saya terima karena tagihan melebihi limit saya 10 juta. Lah ini, 2 bulan berturut-turut dikenakan.

Tolong diperhatikan tagihan dan limit saya
Tolong diperhatikan tagihan dan limit saya

Sebenarnya saya tidak mau menulis kasus ini, tapi karena menurut saya Bank Mega sengaja menjebak seperti ini ke saya atau mungkin ada konsumen lain yang mengalami hal yang sama.

Saya cuma mau supaya orang lain (pihak bank lain/OJK mungkin) membaca artikel ini supaya cara Bank Mega ini dipantau dan diperhatikan atau bahkan diberi warning untuk kerugian yang saya alami. Dan supaya juga pihak lain berpikir 1000x untuk membuat kartu kredit seperti saya, supaya tidak mengalami hal yang sama dan merasa dibohongi. Padahal saya sudah member Bank Mega kurang lebih 10 tahun.

Adapun maksud saya supaya ada pihak yang merespons (Bank Mega sendiri/nasabah lain yang pernah merasakan hal yang sama/OJK mungkin) untuk memberi teguran ke Bank Mega, supaya tidak ada nasabah lain mengalami hal yang sama.

Atas perhatian, masukan, penyelesaian, dll ,saya ucapkan terima kasih.

Janita F Mewengkang Sirait
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

21 komentar untuk “Kartu Kredit Bank Mega Mengenakan Biaya Overlimit padahal Tagihan Dicetak Tidak Melebihi Limit

  • 15 Januari 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Seperti ts pakai trick agar cetak tagihan tidak melebihi limit..
    Ts pakai over limit lalu pembayaran 500rb 2x..sehingga tanggal cetak tdk over limit..padahal telah memakai melebihi limit

    5
    2
    • 15 Januari 2023 - (21:35 WIB)
      Permalink

      kayaknya di bank lain sah sah aja limit habis, top up pake lagi macam kartu debit yang penting jangan lewat cetak tagihan kelebihan limitnya, kalau aturan mega ky gitu dijamin saya kena overlimit terus menerus walau tagihan dibawah limit

      • 16 Januari 2023 - (13:21 WIB)
        Permalink

        Overlimit itu bukan dilihat dari tagihan yang tercetak, melainkan dari tagihan yang sedang berjalan.

        Kalau limit kartu kredit kamu sudah mau habis, jangan dipakai dulu. Top up dulu dan pastikan top up itu sudah tercatat, baru boleh dipakai lagi. Itu untuk menghindari denda overlimit.

        Makanya saya sangat menyarankan untuk install mobile banking, agar tahu berapa nominal tagihan berjalan di kartu kredit kita.

    • 17 Januari 2023 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Yg di liat total tagihan pd wkt tanggal cetak bkn brp kali pembayaran,slm pd wkt tanggal cetak hrsnya tdk ada biaya over limit jg kl cust sdh minta d block spy penggunaan tdk melebihi ovee limit ya pihak bank hrs melakukan,lbh baik lunasin pelan” jgn gunain br kl sdh lunas ya tutup sj credit card biar tdk ribet spt ini

    • 3 Mei 2023 - (20:07 WIB)
      Permalink

      Iya sama juga kena overlimit, mending klo ada pemberitahuan,lha ini tidak ada,saya pengguna KK sdh 7 th lebih,,saya byr tagihan jga gk pernah telat bsa dicek bank mega nama agung wahyu sudajtmiko, hari ini tlp CS meminta dihapuskan biaya over limit tp tidak disetujui. Mending saya tutup aja.

  • 15 Januari 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Overlimit itu tidak dilihat dari total tagihan ketika dicetak, tapi dari penggunaan setiap harinya.

    Limit kartu kredit kamu Rp10 jt dan tagihan terakhir adalah Rp9,85 jt. Setelah tagihan itu turun kamu tidak langsung bayar tapi ada transaksi lagi tanggal 12 & 13 Desember sebesar Rp.40rb & Rp576rb. Jika ditotal, maka jadi Rp10,468jt. Itu artinya pemakaian kamu sudah overlimit.

    Jadi, untuk mencegah overlimit, selalu periksa pemakaian kartu kredit kamu di aplikasi perbankan, jangan hanya berpatokan pada tagihan yang tercetak saja.

    15
    1
    • 16 Januari 2023 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Nah ini bener nih, hitungannya memang seperti ini. Dan memang ada beberapa bank yang menerapkan kelonggaran limit.

      Nah disini kalau menurut hitungan tagihan sebelumnya 9.852.633
      Transaksi yg dilakukan :
      tgl 27/11 49.000
      tgl 29/11 136.000
      tgl 11/12 40.250
      tgl 12/12 576.500
      Sampai sini totalnya 10.654.383
      Jadi sebelum dilakukan pembayaran pada tanggal 14/12 sebesar 500rb tagihannya sudah melebihi 10jt (overlimit)

      3
      1
  • 15 Januari 2023 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Mega emang banyak kasus d saya juga.. email tagihan ga masuk.. cicilan di blibli bamk lain ga kena biaya mereka ternyata kena 50000.
    Masa 1jt biaya 50rb 5% sendiri padahal di bliblinya ketersngan 0%

    • 15 Januari 2023 - (21:46 WIB)
      Permalink

      Itu dr blibli nya. Sebagian bank memang kena biaya konversi cicilan. Besaran 15-50rb. Danamon 15rb. Permata 50rb. BCA, Maybank ga kena. Ada keterangan nya saat sblm lanjut pembayaran dgn KK. Per desember lalu di JD.id ada biaya cicilan juga, dan jauh lebih besar (% dr nilai belanja)

      • 16 Januari 2023 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Ini mah org gk bayar CC makanya kena interest charge, tagihan dicuekin mulu makanya kena over limit di tgl 28 pas cetak tagihan sama tgl berikutnya karena gk bayar. Makanya klo pake kartu kredit dibayar full, jgn minimum payment mulu jadinya kena bunga + over limit terus

  • 15 Januari 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Kalo begini, berarti overlimit Bank Mega serupa dengan BCA.
    Gak bisa diakali dengan membayar sebelum digunakan supaya limit seolah2 cukup. Patokan bukan pas cetak tapi ketika digunakan keseluruhan pemakaian setiap periode melebihi limit dasar yang digunakan.

    Lagipula riskan sekali pemakaiannya selalu terlihat di atas 90an % ya?

    • 16 Januari 2023 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Bayar (top up) sebelum dipakai belanja bisa dilakukan, asalkan pembayarannya sudah masuk dan tercatat di banknya.

      Masalah mbak ini adalah, belum bayar tapi kartunya sudah dipakai lagi untuk belanja, sehingga jadi overlimit.

      Kalau saja mbaknya bayar dulu, tunggu pembayarannya tercatat, baru dipakai belanja, enggak akan kejadian overlimit seperti ini.

      Sistem ini tidak hanya di bank Mega, tapi di bank yang lain juga.

  • 15 Januari 2023 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Bank paling sadis n bobrok ini. Nantikan kesadisan2 berikutnya. Saya udah ngalamin semua sama bank Megatron ini. Makanya banknya sepi

  • 16 Januari 2023 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Tenor cicilan Bank Mega di e-commerce juga paling pendek dan paling tinggi bunganya. Misal bank lain bisa sampai 6 dan 12 bulan tapi Bank Mega kadang hanya tersedia cicilan 3 bulan dan itupun bunganya paling tinggi.

  • 16 Januari 2023 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Saya pake cc mega tapi ada limit toleransi 15%. Pernah melebihi dari limit cc tapi karena ada limit toleransi 15% jadi gak kena biaya overlimit. Nah limit toleransi ini sering berubah2 bisa 15% beberapa bulan kemudian jadi 10%, trus 5% kemudian berubah lagi jadi 15%. Ntah lah apa yg mempengaruhinya.

  • 16 Januari 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Coba diteliti lagi. Itu tagihan 9.850rban bayar hanya 1jt. Over limit itu bukan hanya dilihat dari pemakaian aja. Tp item lainnya kayak fee CC, bunga, credit shield dll harus dihitung jg. Kalau dimasukan item2 tersebut ya bole dibilang over limit itu

  • 21 April 2023 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Saya pun menjadi korban bank Mega ini, dalih ada kelonggaran tetapi malah merugikan nasabah, klo memang mau memberikan fasilitas kelonggaran itu yg menguntungkan nasabah bukan yg ujung2nya merugikan nasabah. Klo memang sudah overlimit ya sudah buat kartunya tdk bs digunakan jgn statusnya overlimit tapi msh bs digunakan utk transaksi yg ujung2nya dikenakan overlimit dan merugikan nasabah. Tolong kalian bank mega ini klo buat aturan jgn abu-abu. Yg lebih parah lagi utk kartu kredit kalian tdk ada kantornya, kami para nasabah hanya bs mengadu lewat CS saja yg mana mereka hanya sekedar menampung aduan tanpa bs memberikan solusi dan putusan.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mega?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Bank Mega Mengenakan Biaya Overlimit padahal Tagihan Dice…

oleh Janita Fransisca Mewengkang Sirait dibaca dalam: 2 menit
21