Penipuan Berkedok Aplikasi Pinjol “Pinjaman Angsuran Ekspres” di Google Playstore

Di sini saya mau cerita pengalaman pribadi saya pada tanggal 15 Januari 2023. Awalnya saya berniat untuk mencoba melakukan transaksi pinjaman online untuk keperluan usaha. Lalu saya ketemu aplikasi yang bernama “Pinjaman Angsuran Ekspres”. Saya lihat respons di Google-nya bagus dan saya download aplikasinya dari Google Playstore.

Okelah saya coba daftar. Gak lama setelah saya isi semua persyaratan, tiba-tiba pinjaman di-acc dengan tulisan dana sedang ditransfer. Saya tunggu, kok belum juga masuk ke rekening saya. Saya coba buka aplikasinya, muncul notifikasi saya harus bayar Rp250.000 untuk keanggotaan.

Saya heran dong, kok seperti ini yah? Lalu saya chat ke CS-nya dan jawabnya CS-nya seperti robot yang menggunakan terjemahan, udah mulai curiga dong. Setelah saya tanya, jawabannya saya harus bayar untuk mempercepat pencairan dananya sekitar 30 menit. Dijamin masuk katanya.

Okelah saya transfer Rp250.000 ke rekening BRIVA nomor: 1033939800166973. Saya kembali ke aplikasinya lagi, masih muncul pop up dan nominalnya makin gede yaitu Rp500.000. Wah ini kenapa kok gini? Lalu saya chat lagi dong ke CS-nya, dan menanyakan kenapa ada lagi. Jawabnya yang Rp500.000 itu adalah admin dan di saat pencairan akan di kembalikan bersama dengan uang pinjaman. Okelah saya transfer lagi ke rekening BRIVA nomor: 1033939800167098.

Setelah itu CS-nya ngomong bahwa uang tidak dapat di transferkan karena sudah jam 8 malam lewat akan online lagi jam 8 pagi besok. Ok saya tunggu. Setelah besoknya jam 9 pagi kurang lebih saya tanya ke CS-nya kenapa masih belum masuk. Lalu si CS jawab dengan bahasa robot dia bilang akan dicek dulu.

Pas dicek katanya nomor rekening salah. Wah saya kaget dong, saya yakin nomor rekening saya benar pas dicek ternyata berubah yang harusnya 568 jadi 586. Saya pun bertanya-tanya, lalu saya coba mengubahnya dan muncul notifikasi gagal. Anehnya nomor KTP saya akhirannya harusnya 4, kenapa jadi 3? Lalau saya ubah kembali jadi 4 dan bisa dong. Namun herannya untuk rekening gak bisa.

Saya mulai agak emosi dan panik. Saya buka menu chat sama CSnya dan kagetnya CS berkata yang seolah menyalahkan saya. Kurang lebih seperti ini bukti pasti ada pada screenshot-nya. “Ini kecerobohan pertama kali saya mendapat nasabah seperti Anda”. Kurang lebih seperti itu.

Nah masa CS seperti itu? Harusnya bilang baik-baik, bahwa nomor rekening salah dan dianjurkan untuk diperbaiki. Saya chat sambil emosi dan dia bilang akan konsultasi dengan pihak bank katanya. Setelah itu ada chat lagi bahwa pihak bank  setuju untuk melakukan open apk katanya. Gak tahu apalah yang di maksud, tapi saya harus bayar 20% dari pinjaman.

Makin emosi dong kenapa ganti nomor rekening saja harus bayar. Gak lama muncul pop up lagi dan nominalnya makin gede Rp1 juta. Sudah deh, di sini saya sudah pasrah dan ini adalah penipuan. Bukannya saya dapat pinjaman, yang ada malah saya diperas. Dalam hati saya, ini yang miskin saya, apa aplikasinya?

Sampai saat ini saya masih merasa kecewa, kok bisa aplikasi pinjol berkodok penipuan masih nangkring di Google Playstore dan banyak yang review bagus? Mohon untuk OJK dan Kepolisian Indonesia berantas aplikasi seperti itu dan usut, bukannya membantu malah menipu.

Jika ada yang mengalami hal yang sama, mari sama-sama bantu up cerita ini agar didengar pihak berwajib.

Catatan: Saya mengajukan pinjaman Rp5 juta. Kenapa saya coba meminjam ke aplikasi pinjol? Karena saya sudah mencoba ke Bank BRI terdekat, tapi sampai sekarang belum ada respons, entah karena saya pemula atau kenapa. Saya tidak ditanggapi, cuma sampai satpam saja. Saya tidak bisa ketemu dengan mantrinya, katanya nanti disampaikan ke mantrinya. Padahal untuk jaminan, saya sudah sediakan sertifikat rumah dan usaha.

Saya butuh benar-benar buat usaha, tapi kok slow respons? Beda dengan yang lain, tetangga saya dalam waktu 1 minggu selesai dan dipakai buat beli kendaraan. Tolong yang sudah pernah pinjam ke bank, apa yang harus saya lakukan untuk pengajuan pinjaman?

Anjar Adi Kusmana
Ciamis, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:106    Rata-Rata: 3.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

103 komentar untuk “Penipuan Berkedok Aplikasi Pinjol “Pinjaman Angsuran Ekspres” di Google Playstore

        • 22 Januari 2023 - (13:57 WIB)
          Permalink

          Terimakasih infonya kang Anjar Adi Kusmana, dgn kejadian ini semoga kita lebih berhati hati. Memang tdk semua pendana/ kreditur membebankan biaya admin setelah pencairan, ada yg membebankan sebelum pencairan (biaya prareal). Untuk pengajuan pinjaman limit kecil sebaiknya ke bank penyalur kur didekat domisili akang, proses cepat syarat mudah.

          13
        • 22 Januari 2023 - (15:46 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atas komentarnya.

          Semoga anda bisa mencerdeskan orang lain supaya sdm kita lebih bagus lagi. Aminnn…

          Berkomentar boleh,penggunaan kalimat bisa mencerminkan diri kita juga.

          Jenis bodoh berbeda. Salah satunya mungkin saya bodoh tidak berfikir panjang dalam melakukan transkasi di media.

          Dan ada orang yang berkata bodoh kepada orang bodoh tanpa memberikan pendidikan atau intruksi atas kelasanya..

          21
          11
          • 22 Januari 2023 - (22:44 WIB)
            Permalink

            siapun itu jika mau dounloud pinjol.
            semendesak apapun
            baca dulu ulasannya, klu bisa mulai dari rate 1.
            biasanya yg kasi ulasan rate 1 itu yg paling jujur kasi ulasan, mungkin juga korban.jd itu bisa menjadi referensi kita.
            dan pililah pinjol yg ada logo OJK,AFPI.
            meski limit di awal kecil tp setidaknya mrk gak minta uang member/uang muka atau uang blablabla.
            aq tau krn baca ya?

          • 23 Januari 2023 - (16:23 WIB)
            Permalink

            Harusnya dari awal udah mikir Pak klo m minjem kok malah harus ngeluarin duit? disini anda yg butuh duit klo anda diminta transfer lebih dl dgn beribu alasan ini itu ada baiknya jgn diteruskan krn kebanyak itu penipuan. masi banyak kok pinjol legal atau lembaga keuangan yg bisa memberikan ada pinjaman mikro tanpa jaminan untk usaha

          • 24 Januari 2023 - (01:44 WIB)
            Permalink

            Saya juga pernah instal aplikasi itu diplaystor stelah daftar dimintain biaya keanggotaan juga 250 rbu, sy lihat komentar2 diplay store pada bagus2 smua dan niat mau ngirim juga untungnya sy berpikir lagi dan hati bertanya2 tumben ada aplikasi pinjaman gini minta biaya keanggotaan dan akhirnya sy copot aja aplikasinya biar gak termakan rayuannya dan akhirnya stelah lihat postingan anda baru saya tau klo itu aplikasi penipu untung saja waktu itu saya tdk termakan bujuk rayu cs nya

          • 24 Januari 2023 - (11:34 WIB)
            Permalink

            Jangan berhubungan sama pinjol pakai bank bca apa lagi anda ada servipikat

          • 24 Januari 2023 - (18:37 WIB)
            Permalink

            Mas Anjar, sy prihatin dgn yg anda alami, tapi smoga itu jadi pembelajaran, jika anda punya jaminan untuk menjadi anggunan dalam proses peminjaman uang di Bank, saya menyarankan anda lebih baik ke bank non pemerintah, seperti bank2 BPR di kota anda, karena pelayanan bank non pemerintah lebih baik, bank pemerintah sekarang gaya dan kelakuannya tidak sopan dan beretika, Skali lagi saya sampaikan, jangan ajukan ke PINJOL, itu aja masukan dr sy..wslm

          • 28 Januari 2023 - (07:06 WIB)
            Permalink

            Masnya coba ke pegadaian deh, d sana juga ada kur syariah.
            2 hari lalu ada acara umkm di pegadaian. Dan di beri brosur kur syariah. Syaratnya mudah.
            Dan 1 lagi, baiknya sih buka usaha dlu. Jangan minjam modal dlu bru buka usaha. Karena klo udh ada pinjaman, kan belom keliatan itu usahanya akan lancar atau nggak.

      • 22 Januari 2023 - (15:43 WIB)
        Permalink

        Mudah mudahan, anda dapat mencerdaskan orang seperti saya dan bisa membuat negara kita semakin maju SDM nya. Aminnn….

        Untuk kejadian ini, semoga menjadi pertimbangan buat orang yang seperti saya kedepan nya…

        2
        15
        • 23 Januari 2023 - (21:34 WIB)
          Permalink

          Syajuga dulu ampir ajh ke tipu ni pinjol ini, malah saya tlpon cs nya, ehh malah marah2 ngancem data anda uda msuk di aplikasi kami, yah saya tantang dong silahkan, salah gunakn, klo bisa anda bgto saya jawabnya, mu nipu, salah orang anda kata saya,, trus ajh dia sampe ngatain saya kasar, hatihti klo mu pke pinjol,, klo uda bikin resah mending lporkan ajh ke polisi, biar di berantas, mas ,pak ya itu ajh saran dari saya,, ..

      • 23 Januari 2023 - (23:37 WIB)
        Permalink

        Iya betul itu, “KEBODOHAN” namanya, itu yg bikin Indonesia dijajah selama 350 thn, tp anehnya udh mau 80 thn merdeka masih ada jg yg BODOH nya gak ampun!!!

        • 24 Januari 2023 - (00:52 WIB)
          Permalink

          Jadi orang baik itu gratis kak saling mengingatkan baik kata2 yang baik tapi kata2 buruk itu seoalah ada pemilik aplikasi tersebut atau anda sebagai buzer aplkaai sejenis….

      • 1 April 2023 - (02:11 WIB)
        Permalink

        Wkwk banyak yang kayak gitu. Bahkan artikel nya apa komentarnya apa. Mau kasihan tapi bikin ngakak.

    • 22 Januari 2023 - (15:24 WIB)
      Permalink

      Terimakasih yang udah komentar dan support, dan yang merasa paling pintar juga.
      Saya disini akan jawab kenapa kenapa bisa bayar pinjol tapi mau ngutang.
      1. Karena saya buat usaha, dan saya transfer pake dana oranglain karena merasa bakal dapat pinjaman dengan iming iming bakal di kembalikan.

      Terus untuk kenapa masih di lakukan walau tau

      1. Karena memang saya membutuhkan.
      2. Memang saya udah tau kalau seperti itu adalah penipuan.
      Jadi saat saya akan transfer saya udah berkata dalam hati ( Jika ini penipuan saya iklas, untuk belajar berhati hati ).

      Dan untuk Bank BRI :

      Alhamdulillah, setelah datang yang ke 2x nya dalam kurun waktu 2 hari

      Saya memberikan data pada hari rabu dan hari kamis saya di telefon lalu di survei ke rumah dan hari itu pula cair pembiayaan dari bank.
      @bankbri terimakasih atas bantuanya dan akan gununakan semaximal mungkin untuk meperbaiki usaha saya.

      Karna saya masih awam dalam pinjol, atau pinjam ke bank. Merasa kesulitan di awal awal untuk transaksi.

      Seperti saya harus ambil apa dulu ke bank, cuma bertanya ke satpam bank dan di minta photo copy ktp dan kk. Lalu nunggu tanpa ada penjelasan lain dari satpam atau saya di suruh apa gituh. Gak ada ..

      Untuk yang sudah keluar, alhamdulillah udah ke ganti lagi dari hasil usaha saya…

      Disini, saya penceritakan pengalaman pribadi saya untuk di dengar sama yang awam dan bodoh seperti saya. Mudah kudahan bermanfaat dan bisa menjadi kewaspadaan buat kita semua di kemudian hari

      Dan buat yang koment negatif, mengatakan HP smart tapi otaknya…

      Semoga anda lebih smart lagi dari pada hpnya untuk menjaga bahasa dalam berkomentar, jika udah smart orangnya maka akan memberikan intruksi supaya oranglain menjadi smart seperti anda ?

      Pengalaman akan mebawa kita ke titik yang lebih hati hati dan lebih bijak lagi dalam bersosial media .

      45
      8
      • 22 Januari 2023 - (16:44 WIB)
        Permalink

        @AK
        Kang, cik kinten2 atuh sateuacan eksekusi teh review heula.
        Eta mah akang masihan artos ka penjahat. ???

        1
        2
        • 22 Januari 2023 - (17:14 WIB)
          Permalink

          gak tau harus ngomong apa, jadikan pelajaran saja, kalau diplaystore apknya menipu, tinggal report saja dengan mengklik tanda titik 3 kemudian tanda bendera. dan pilih alasannya. biar diturunkan apknya.

        • 22 Januari 2023 - (18:13 WIB)
          Permalink

          Muhun abi kudi ukeun review ka mana? Soal na teu terang.

          Tapi abi ningali review di google play store na sae bintang.

          Tapi alhamdulillah, tos kagentosan ..

          Jadi pelajar kanggo abi amih lebih hati hati deui.

          Nuhun atos respon na

          4
          1
          • 23 Januari 2023 - (08:56 WIB)
            Permalink

            Hmm mayan yah jaman skrng ada2 aja jalan untuk nipu.. ? kmaren ada model2 kerja sampingan Iike2 dagangan Shope Tokped dapet fee.. tapi berujung Scam.. ada yg kena ratusan juta.. ?
            Ehh skrng baru lagi model2 pinjol suruh bayar duluan.. ?
            Makasih banyak yah Info nya.. Setidak nya bantu mencerdaskan dan meningkatkan waspada bagi yg lain.. supaya nga ada yg tertipu lagi.. Makasih yah.. ?

    • 22 Januari 2023 - (15:41 WIB)
      Permalink

      Terimakasih udah respon positif, allhamdulillah setelah kejadian ini, saya di acc oleh pihak bank dan saya sudah bisa melanjutkan usaha saya.

      Untuk yang sudah terjadi, saya iklaskan.

      Semoga postingan saya di baca orang yang seperti saya membutuhkan dana dan mudah mudahan jadi makin waspada..

      5
      4
    • 22 Januari 2023 - (18:06 WIB)
      Permalink

      750rb, dah bisa buat usaha gorengan.. sambil ngumpulin sampe 5jt.. paling 1 bulan dah dapet

      • 22 Januari 2023 - (18:17 WIB)
        Permalink

        Maaf banget, bukan merendahkan komentar nya.
        Sebelumnya terimakasih saranya.

        Saya terjun di dunia bisnis alhamdulillah atos lama,

        Cuma kalau berkata sebulan dapat 5 jt itu tergantung pada rezeki dan prospek dari lokasinya.

        Terkadang bagus terkadang tidak..

        Memang 750 rb udah bisa..
        Cuma mengharapkan hasil maximal apa lagi berpendapat 1 bulan dapat 5 jt.

        Mungkin terlalu berlebihan. Untuk di kawasan saya. Mungkin di tempat kamu bagus dan masih sedikit yang jualan gorengan

        3
        3
    • 24 Januari 2023 - (13:03 WIB)
      Permalink

      Di play store apk “Pinjaman Angsuran Express” nya banyak bintang 5,tapi komentar nya kayak sudah disetting.Jadi kemungkinan besar yang bintang 1 itu beneran orang atau korban.Dan kalau aplikasinya gk ada logo OJK sama logo afpi,wes angel wes paling penipuan.Terima kasih ??????

  • 22 Januari 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Hmmm.. Speechless ane gan, bingung mao ngomong ape, yah buat pembelajaran aje, klo kite mao pinjam duit, tp disuruh bayar,.. itu “PENIPUAN”,..

    10
    • 22 Januari 2023 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Setelah di cek Ratting nya di PlayStore ternyata yg komen kebanyakan bukan nama indo,, ada yg komen katanya dapet pinjaman 60 juta yuan (mata uang china)

      _Sangat realistis_

      9
      1
      • 22 Januari 2023 - (14:06 WIB)
        Permalink

        Pelajarannya adalah jangan melakukan pinjaman di aplikasi yang tidak berlisensi dari OJK.
        Tapi karna sudah kejadian, lebih baik laporkan ke OJK supaya tidak ada kejadian serupa. Uang yang sudah dibayarkan yasudah ikhlaskan, karna sudah tidak akan pernah kembali.

      • 22 Januari 2023 - (14:56 WIB)
        Permalink

        Review google baik di Playstore maupun di Gmap bisa dibeli. Review Amazon saja bisa dibeli juga kok. Sekarang harus pintar-pintar analisa review. Banyak review palsu/bots. Bahasa review palsu biasanya kaku, monoton, dan berulang-ulang. Bisa juga kata-kata yg dipakai terlalu formal.

        • 22 Januari 2023 - (18:40 WIB)
          Permalink

          Review di PS mah gampang, 1 hp bisa puluhan akun gmail, semuanya akun itu bisa kasih ulasan. Beda dgn app store, 1 hp cuma bisa 1 akun.

  • 22 Januari 2023 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Buat pelajaran aja kang biar lebih waspada kalo mau ajuin pinjaman apalagi online, emang apply’nya simpel, cuma kuatirnya kurang di kredibilitas. Oh ya pinjaman kita bisa diterima bank misal lolos analisa & bi checking si, apalagi setau saya di BRI ajuinnya lebih mudah soalnya banyak unitnya, atau bisa coba lewat kredit onlinenya Ceria kalo cuma butuh 5 juta ??

    • 22 Januari 2023 - (11:59 WIB)
      Permalink

      LOGIKA nya dipakai ketika kita berselancar di Internet. Dunai Internet itu LUAS, BEBAS, perlu Kepintaran otak kita buat menyaring semua yang ada di Internet (Online).

      Penipu di Internet = BANYAK
      Hoax di Internet = BANYAK

      • 22 Januari 2023 - (21:24 WIB)
        Permalink

        Semoga menjadi pembelajaran bagi kakaknya dan teman² semua di sini…

        Kalau pinjol biasanya kalo memang ada biaya admin dan lain² di potong langsung dari nominal pinjamannya, bukannya kita yang transfer dulu….

        Saya juga pernah ngalamin kak, semoga diganti sama yang di atas….

  • 22 Januari 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Anggap saja uang yg sudah anda keluarkan sebagai biaya pembelajaran atas kepolosan anda

    • 22 Januari 2023 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas supportnya.

      Betul saya berkata seperti itu..

      Saya iklas dan anggap saja ini adalah pelajaran ke depanya untuk lebih berhati hati walau dalam bentuk urgent.

      Dan alhamdulillah nya pengajuan saya di bank dan sudah di acc pada hari jumat dan hari itu juga pe danaan di cairkan.
      Saya bersyukur dan bisa melanjutkan usha saya. Terimakasih..

  • 22 Januari 2023 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Polos dengan bodoh itu batasnya memang tipis… Akal dan logika kenapa begitu tumpul. Kita mengajukan pinjaman kok harus bayar sebelum pinjaman diterima? Kan bisa aja segala biaya yg muncul (keanggotaan, admin dll) dipotong dari nominal pengajuan yg diajukan. BUKAN harus dibayarkan sebelum uang diterima. Ya diterima saja sebagai ongkos pembelajaran yg memang kadang mahal.

    10
    1
  • 22 Januari 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Saya gemes dengan TS yang rada goblok. Mai pinjam disuruh transfer kok mau. Padahal modus ini kan mirip dengan pinjam koperasi abal abal yang selalu posting di media sosial dan melalui sms berantai yang ujung ujungnya kalau mau pinjam harus bayar admin dulu. Begitu transfer langsung kabur.

    4
    1
    • 22 Januari 2023 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Saya tidak mengatakan saya pintar, dan saya juga awam dalam pinjaman seperti itu mau dalam bentuk bank atau pinjol.

      Dalam postongan saya juga, saya sudah menuliskan kalimat bahwa saya juga udah mencurigai itu adalah penipu.
      Tapi, karena saya berusaha yakin karena saya membutuhkan. Saya tetap mencoba.

    • 22 Januari 2023 - (15:29 WIB)
      Permalink

      Terimakasih bapak. Semoga bisa menjadi orang yang mencerdaskan anak bangsa supaya tidak goblok seperti saya. Aminnnn…

      8
      4
    • 24 Januari 2023 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Si botak nonggol mulu…ngmng selalu g bener lg…tak botak…blm aj hidup lo susah…

  • 22 Januari 2023 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Oooalaaa . Anda itu punya otak dipakai, klau butuh dana minta bantuan saudara atau teman dulu, klau mentok mending gadaikan barang yg berharga, jgn pinjolll. Pa lgi kena tipu lagii.

    2
    2
    • 22 Januari 2023 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, dana sebesar itu memang agak sulit meminjam ke sodara atau pun tetangga.

      Pinjol itu atas dasar inisiatif saya, karena suka muncul iklan pinjol dan banyak penggunanya.

      Lalau di postingan juga, saya sudah mencoba ke bank untuk melakukan pinjaman.
      Dan alhamduillah setelah kejadian ini pihak bank meng ACC pinjaman saya.
      Dan saat ini saya udah membuat cabang usaha saya.

      Terimakasih atas komentarnya

      4
      2
  • 22 Januari 2023 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Jangan terkecoh dengan review bagus apalagi isi komennya rada rada sama. Bisa jadi cuma naikin rating aja. Mending filter baca baca dlu yg kasih bintang 1 nanti kita bisa liat kalo itu real keluhan org2 ttg suatu aplikasi khususnya aplikasi yg masih baru apalagi ini pinjaman online. Kalo korban pinjol ilegal biasanya banyak yg tertipu karna masih awam tiba2 dpt transferan tenor cma 7hari. Kalo kasus ini justru si penulis yg rugi harus keluarin uang dluan. Niat mau pinjam uang buat usaha malah ketipu hampir 1juta.

    • 22 Januari 2023 - (15:35 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas support dan komentar positifnya…

      Pada hari jumat kemarin, pinjaman saya di bank BRI di respon dan hari itu juga dana di cairkan.

      Saya iklas dengan apa yang sudah terjadi.

      Dan alhamdulillah saya bisa membuka usaha baru.

      Postingan di atas saya menceritakan untuk orang yang sama seperti saya untuk kedepanya berhati hati

      • 24 Januari 2023 - (01:57 WIB)
        Permalink

        Dia menceritakan pengalaman dia biar gak ada lagi korban lainnya harusnya kalian bersyukur dgn info yg dia berikan bukannya malah membully namanya sja musibah dan allah sdh mengatur smuanya apa yg akan terjadi dlm khidupan kita karna hnya tuhan yg maha membolakbalikan hati sehingga dia sampai mengirim duit itu ke sipenipu…buat abang yg sdh tertipu iklaskan sja bang mungkin tuhan punya rencana lain untuk memberikan rezeki buat abang….trimaksh sdh berbagi informasi…

  • 22 Januari 2023 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Lain kali lebih berhati-hati dalam meminjam. Teman-teman bisa bantu kasi review dan bintang 1, agar tidak ada yang ketipu lagi.

    • 22 Januari 2023 - (15:37 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas respon positifnya.

      Karena pengalaman ini, saya malah lebih waspada atau niat untuk coba pinjol malah gak mau.

      Dan alhamdulillah saya udah di acc sama bank pada hari jumat dan hari itu juga dana nya cair.

      Semua yang sudah terjadi saya iklaskan ..

  • 22 Januari 2023 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Umur mu masih labil, sering baca supaya pintar, hp android buat baca berita jangan main tik tok seperti anak warkopan

  • 22 Januari 2023 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Padahal udah curiga?harusnya pas minta topup harus curiga,ibarat udah di bilangin orang”mas disitu ada buaya,lah kok malah di samperin,ya di caplok??

  • 22 Januari 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Mudah2an usahanya sukses ya pak. Jgn kena tipu lg. Masa udeh tau mau ditipu malah nyebur hehe

  • 22 Januari 2023 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Jahat jahat bgt ya mulut orang orang yg komen, paham bgt kok klo menggunakan internet ga ada tes ETITUD etc

    Tapi segitu nya bgt yaa, pantesan di Indonesia banyak bgt kalangan menengah kebawah

    Sabar yaa bang atas komen dan musibah nya semoga diganti dengan berkah setelah ini

    3
    2
    • 23 Januari 2023 - (19:23 WIB)
      Permalink

      komentar kasar bukan berarti niat buruk,, bayangin… puluhan kali terulang dan terulang kembali penipuan model gini… kalau komen kasar tujuannya buat tamparan jangan sampai terulang kembali,, padahal udah kenal media konsumen… seharunya baca jangan sampai di bully

  • 22 Januari 2023 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Nauzubillah min zalik, ya buat pembelajaran mas nya dan teman2 yg lain aj… Malaupun lagi butuh tapi tetap harus dipikirkan baik2 dan kalau memang tidak paham lebih baik bertanya dolo biar mengurangi resiko, begitu juga nanti saat masnya buka usaha klo ada yg tidak dimengerti lebih baik tanya ke yang paham. Jelas pengajuan pinjaman tp disuruh bayar dolan itu namanya penipuan…

  • 23 Januari 2023 - (00:30 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum.. Pesan Untuk Penulis
    Untuk Pinjaman Uang Boleh coba hubungi saya di 0838 9723 1932
    Insyaalloh saya bantu cairkan pinjaman dari Bank BRI atau CIMB ??

    1
    6
  • 23 Januari 2023 - (00:32 WIB)
    Permalink

    Jangan hanya menghujat, Alhamdulillah.. dia mau berbagi cerita pengalaman pribadi nya.
    Bagi saya ini termasuk kasus baru
    Terimakasi Ilmu nya kak

    Semoga jadi pembelajaran untuk kita semua
    Pengalaman adalah guru yg paling berharga

  • 23 Januari 2023 - (00:42 WIB)
    Permalink

    Pelajaran utk semua, aplkasi penipu pun bisa lolos masuk playstore jdi harus waspada. .bila punya Sc bukti2 sebaiknya di laporkan ke berwajib dan di teruskan ke bank tujuan transfer agar di blokir, agar tdk ada korban lain.pemblokiran rekening tujuan biasnya bisa bila ada perintah dari pihak kepolisian tentu dgn bukti2 akurat..

    • 23 Januari 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Abang nya kaya kena hipnotis
      Semangat bang buat cari duit
      Meskipun tanpa pinjol.

      Pelajaran biat kita intinya agar jangan mudah percaya sama orang yg blm jelas

  • 23 Januari 2023 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Hati2 bg, sekarang sangat banyak aplikasi2 Pinjol Gak Jelas di PlayStore
    Sebaiknya setiap aplikasi Pinjol yg mau di donlod pastikan cek komentar Bintang 1 nya
    krna yg bintang 4 ke atas kebanyakan Robot atau akun palsu semua sengaja mereka bikin gitu agar apk nya aman nangkring di playstore juga menarik dan menjebak korban agar tergiur menggunakan aplikasi tsb…

    Jika tidak ada komentar negatif, sebaiknya gunakan apps yang sudah terjamin sama OJK
    Bisa googling apa saja apps pinjol yang sdh OJK Namun perhatikan lagi webnya yg mengulas artikel tersebut apakah terpercaya atau tidak…

    Untuk Modal Usaha sebaiknya jgn menggunakan Pinjol…

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 103 komentar sampai saat ini..

Penipuan Berkedok Aplikasi Pinjol “Pinjaman Angsuran EkspresR…

oleh AK dibaca dalam: 2 menit
103