Surat Pembaca

Informasi Paket Xtra Unlimited Turbo oleh XL yang Menyesatkan

Pada tanggal 1 Februari 2023, saya membeli paket Xtra Combo Plus (Reguler) beserta paket tambahan, yaitu Xtra Unlimited Turbo Vision+ (30 hari), dikarenakan orang rumah lebih sering mengakses Vision+ (yang selanjutnya disingkat V+) di STB.

Permasalahan mulai muncul pada penggunaan kuota. Seharusnya ketika mengakses Vision+, tidak mengurangi kuota (unlimited). Namun justru mengurangi kuota di Xtra Combo Plus (awalnya yaitu kuota area). Kalau tidak salah, pada hari yang sama kejadiannya. Karena saya rasa ada yang janggal, saya menghubungi pihak XL (817). Jawabannya yaitu dibuatkan laporan.

Setelah saya tunggu hingga 3 harian, kuota area masih terpakai (hingga habis, yang selanjutnya menggunakan kuota MyRewards). Saya menghubungi kembali ke 817 (kalau tidak salah di tanggal 5), lantas jawabannya yaitu “menunggu kuota bonus sudah terpakai”. Ok, saya lanjut pakai sampai kuota MyRewards sudah habis (ada di lampiran di bawah).

 

Karena penasaran, saya coba beli Xtra Kuota Vision+, dan hasilnya ketika mengakses Vision+ justru menggunakan Xtra Kuota tersebut. Jadi saya simpulkan bahwa paket Unlimited Turbo tersebut yang bermasalah. Ketika kuota MyRewards sudah habis, justru menggunakan kuota utama di Xtra Combo. Jadi dapat disimpulkan bahwa paket unlimited tersebut tidak berfungsi. Selanjutnya saya menghubungi ke 817, hasilnya yaitu di-follow up. Oh iya, saya sudah menyampaikan perihal yang “Xtra Kuota” tersebut (ada di lampiran di bawah):

Perlu saya tegaskan juga, bahwa:

  1. Di S&K-nya ketika pembelian Xtra Unlimited Turbo TIDAK ADA keterangan “kuota utama harus habis”, melainkan “dapat digunakan langsung ketika mengakses aplikasi”.
  2. Untuk koneksinya yaitu saya menggunakan modem 4G yang terhubung ke wireless router. Sebelumnya saya pernah mencoba membeli paket yang sama (unlimited), tapi untuk durasi 3 hari. Tidak ada kendala dengan paket tersebut (maksudnya, tidak mengurangi kuota utama). Jadi saya pikir sudah cocok dengan paket tersebut
  3. Dari web XL sendiri, untuk urutan penggunaan kuota sudah terlampir di gambar. Jadi seharusnya dari segi aturan, tidak ada masalah.
  4. Nomor tersebut saya beli dari 2010 (termasuk juga dengan kedua orang tua saya, karena beda tahun lahir saja). Namun semenjak November 2022 saya gunakan di modem. Jadi sangat disayangkan jika harus menonaktifkan kartu saya ini.

 

Saya harap semoga XL dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh saya.

Naufal F. B.
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Naufal

Jakarta, 28 Februari 2023 Ref.CM/CU/E/008/0227/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Naufal melalui Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • saya juga sudah tes. ternyata wajib habiskan kuota utama dulu. baru kuota Vison+ yang teroakai. itupun ada FUP 100GB yg tidak transparan. jadi meskipun embel2 unlimited, aslinya cuman 100GB