Informasi Paket Xtra Unlimited Turbo oleh XL yang Menyesatkan

Pada tanggal 1 Februari 2023, saya membeli paket Xtra Combo Plus (Reguler) beserta paket tambahan, yaitu Xtra Unlimited Turbo Vision+ (30 hari), dikarenakan orang rumah lebih sering mengakses Vision+ (yang selanjutnya disingkat V+) di STB.

Permasalahan mulai muncul pada penggunaan kuota. Seharusnya ketika mengakses Vision+, tidak mengurangi kuota (unlimited). Namun justru mengurangi kuota di Xtra Combo Plus (awalnya yaitu kuota area). Kalau tidak salah, pada hari yang sama kejadiannya. Karena saya rasa ada yang janggal, saya menghubungi pihak XL (817). Jawabannya yaitu dibuatkan laporan.

Setelah saya tunggu hingga 3 harian, kuota area masih terpakai (hingga habis, yang selanjutnya menggunakan kuota MyRewards). Saya menghubungi kembali ke 817 (kalau tidak salah di tanggal 5), lantas jawabannya yaitu “menunggu kuota bonus sudah terpakai”. Ok, saya lanjut pakai sampai kuota MyRewards sudah habis (ada di lampiran di bawah).

 

Karena penasaran, saya coba beli Xtra Kuota Vision+, dan hasilnya ketika mengakses Vision+ justru menggunakan Xtra Kuota tersebut. Jadi saya simpulkan bahwa paket Unlimited Turbo tersebut yang bermasalah. Ketika kuota MyRewards sudah habis, justru menggunakan kuota utama di Xtra Combo. Jadi dapat disimpulkan bahwa paket unlimited tersebut tidak berfungsi. Selanjutnya saya menghubungi ke 817, hasilnya yaitu di-follow up. Oh iya, saya sudah menyampaikan perihal yang “Xtra Kuota” tersebut (ada di lampiran di bawah):

Perlu saya tegaskan juga, bahwa:

  1. Di S&K-nya ketika pembelian Xtra Unlimited Turbo TIDAK ADA keterangan “kuota utama harus habis”, melainkan “dapat digunakan langsung ketika mengakses aplikasi”.
  2. Untuk koneksinya yaitu saya menggunakan modem 4G yang terhubung ke wireless router. Sebelumnya saya pernah mencoba membeli paket yang sama (unlimited), tapi untuk durasi 3 hari. Tidak ada kendala dengan paket tersebut (maksudnya, tidak mengurangi kuota utama). Jadi saya pikir sudah cocok dengan paket tersebut
  3. Dari web XL sendiri, untuk urutan penggunaan kuota sudah terlampir di gambar. Jadi seharusnya dari segi aturan, tidak ada masalah.
  4. Nomor tersebut saya beli dari 2010 (termasuk juga dengan kedua orang tua saya, karena beda tahun lahir saja). Namun semenjak November 2022 saya gunakan di modem. Jadi sangat disayangkan jika harus menonaktifkan kartu saya ini.

 

Saya harap semoga XL dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh saya.

Naufal F. B.
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:24    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Naufal

Jakarta, 28 Februari 2023 Ref.CM/CU/E/008/0227/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Naufal melalui Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Informasi Paket Xtra Unlimited Turbo oleh XL yang Menyesatkan

  • 11 Februari 2023 - (17:00 WIB)
    Permalink

    dapet bonus kuota youtube, tp pas make youtube kuota area yg di pakai, ato kuota utama klo lagi di luar kota,sampe besoknya mau perpanjang, kuota youtube nya masi full ga ngurang,jadi serasa ga guna,makanya ga pernah beli add on apapun di myxl,

    • 12 Februari 2023 - (06:22 WIB)
      Permalink

      Oops mungkin begitu ya quota YouTube saya tak pernah terpakai, setiap buka YouTube yang terpakai quota internet bukan quota YouTube dikarenakan no gsm terdaftar di kota B dan saya sudah pindah menetap di ke kota S, sehingga paket YouTube ( beli paket internet dan di dalamnya ada quota buat Nonton YouTube) di dua nomor yang berbeda tak pernah terpakai

  • 11 Februari 2023 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Mungkin kuota vision plus hanya dapat digunakan untuk langsung di hp tidak bisa untuk thethering atau dari modem

    • 11 Februari 2023 - (19:12 WIB)
      Permalink

      pada saat saya telpon ke XL perihal “modem”, mereka bilang “tidak ada masalah”

  • 11 Februari 2023 - (23:39 WIB)
    Permalink

    Saya yg punya no XL dari jaman bahula 2005 no proXL edisi bebas Peterpan gak pernah dpt promo apa lagi paket unlimitedĀ² yg ada paket hanya hotrod yg sangat mahal alhasil no nya cmn saya isi goceng tiap bulan untuk jaga masa aktif karena no nya hanya 10 digit no sejak jaman sekolah SMA dan hp Nokia 3315 dan akhirnya saat ni no dan hp Nokia ttp nyala demi perpanjang masa aktif Krn no nya sudah byk yg tau dr tmn kecil dikampung sampai tmn kerja terimakasih proXL gak pernah kasih saya promo2 apa lah yg bikin konsumen lama bahagia….

  • 12 Februari 2023 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Penyakit operator itu keknya sm semua. Ada paket aplikasi si merah, ternyata yg dihabiskan itu paket kuota utama bukan paket aplikasi. Skrg pake sikuning yg kuotanya gk dibagi2 tp leletnya minta ampun haha..

  • 13 Februari 2023 - (06:43 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah serakahnya provider seluler jaman sekarang, strategi produknya banyak skema yg akhirnya hanya menguntungkan provider sendiri. Bayangkan sj jaman dulu beli kuota ya dapatnya kuota full bebas mau dipake akses apapun terserah user. Skrg hampir semua provider kebanyakan skema, yg sistemnya sendiri ruwet dan bisa saja ngebug yg akhirnya bingung sendiri ngatasinnya. Tapi mau gmn lagi, user sdh terlanjur ketergantungan kuota karna “dipaksa” sebab skrg kuota itu ibarat kebutuhan primer bagi bbrp orang.

  • 13 Februari 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    kl sy sih pernah cobanya unli turbo yg instagram, ga pernah perhatiin jg sih kepake kuota utama atau unlimited nya. soalnya modem yg pake orang rumah, diluar pemakaian instagram sy jg ga bs ngecek. siapa tau kuota utama penulis berkurang memang digunakan utk aplikasi yg lain misal youtube/ig, soalnya 2 aplikasi itu sedot kuotanya lumayan kenceng juga

  • 14 Februari 2023 - (02:14 WIB)
    Permalink

    cs xl emang sering kasih informasi yang menyesatkan, entah otaknya di taruh dimana. bisa2nya xl mempekerjakan orang bodoh.

  • 21 Februari 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    saya juga sudah tes. ternyata wajib habiskan kuota utama dulu. baru kuota Vison+ yang teroakai. itupun ada FUP 100GB yg tidak transparan. jadi meskipun embel2 unlimited, aslinya cuman 100GB

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Informasi Paket Xtra Unlimited Turbo oleh XL yang Menyesatkan

oleh Naufal dibaca dalam: 1 menit
19