DC Kredivo Menagih Tidak Sesuai dengan Alamat Pengajuan, Malah Bikin Ribut di Kantor Saya

Saya kecewa dengan Kredivo yang menagih dengan mendatangkan DC ke kantor, bukannya ke rumah sesuai dengan alamat pengajuan saya. Jujur saya terganggu dan sampai pernah dimarahi atasan. Pernah juga para DC ini bikin ribut di kantor waktu saya sedang tidak ada di kantor.

Yang saya tanyakan sama Kredivo, apa boleh menagih di luar alamat pengajuan? Karena setahu saya penagihan hanya boleh dilakukan di alamat sesuai pengajuan/KTP. Saya memiliki tunggakan, tetapi tetap saya bayar sesuai kemampuan saya walaupun tidak sesuai tagihan.

Pernah saya mengajukan ke email Kredivo, untuk minta solusi dalam pelunasan tagihan saya, dengan penjadwalan ulang tagihan saya. Dikarenakan keuangan saya yang lagi kurang stabil. Namun malah tidak bisa dan tetap disuruh bayar sesuai dengan tagihan saya.

Andy Wijaya
Bekasi, Jawa Barat


Update (23 Februari 2023): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:491    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Andi Wijaya

Terima kasih atas informasi yang Bapak Andi Wijaya sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 13 Februari 2023 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

167 komentar untuk “DC Kredivo Menagih Tidak Sesuai dengan Alamat Pengajuan, Malah Bikin Ribut di Kantor Saya

        • 13 Februari 2023 - (16:19 WIB)
          Permalink

          Yg ngutang diya bg jd walaupun di laporkan tetep harus di bayar sesuai perjanjian

          9
          13
          • 14 Februari 2023 - (02:15 WIB)
            Permalink

            Memang begitu DC kredivo rese malah tetangga gw hampir tiap Hari Satroni sm Tuh DC. Kasian si cuman itu kan Udh Ada ketentuannya klo pnagihannya. Kadang sahari bisa 2 kali balik Siang sm Malam.

            15
            1
          • 15 Februari 2023 - (10:24 WIB)
            Permalink

            Komunikasi Konsumen & DC pasti gak lancar, di rumah tdk pernah bisa ketemu. Weekend minggu tdk boleh ketemu, hari kerja beralasan pulang jam 12 malam. Di telp & WA tdk mau respon. Sama2 kerja jadi sama-sama saling menghargai. Kalo sudah tau punya tunggakan harusnya lebih komunikatif. Alamat yg boleh di kunjungi alamat pengajuan aplikasi & alamat KTP/Domisili tinggal.

          • 16 Februari 2023 - (00:35 WIB)
            Permalink

            Bacot tu kredivo lunas tepat waktu sama aja tu gaje transaksinya..

            Sering kali transaksi bermasalah dengan alasan ngk logis..

            Di tanya ke csnya jawabanya , jawaban robot gk akan ada solusi.

            Kesel akhirnya maki balek csnya malah di blokir wajar kan kita bayar lunas tepat waktu tapi di perlakukan sesuka hati ..

            Jauhin aja da pinjol tu

        • 13 Februari 2023 - (18:07 WIB)
          Permalink

          Kalo udah meresah kan tinggal lapor polisi ,ojk BI dll. Itu udah meresahkan, dapat masuk pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan. Itu udah ada uu nya, DC ga boleh kekantor., tinggal rekam kumpulin bukti, lalu lapor kan, DC bisa di penjara 6 tahun denda 6 M atau 9 thn kuruan denda 9m.

          89
          6
        • 13 Februari 2023 - (18:17 WIB)
          Permalink

          Ingat pinjol itu perdata ga bakal jd pidana, kalo ada yg sampe ngotot dikantor lu rekam viralin , atau lu tantang aja bayar semampunya, kalo perlu tantangin sidang , lu tinggal jawab saya mampu bayar 10 ribu se bulan, luh pasti menang, atau minta cicilan sampai lunas, atau bayar pokoknya aja, kalo punya duit, DC ga boleh ambil barang apa pun, gampang kan, kalo DC datang Ngtot sampai ancam² tinggal bilang aja ingat bang ada undang² tentang tindak kekerasan dan pencemaran nama baik. Gitu aja.

          84
          3
          • 14 Februari 2023 - (15:25 WIB)
            Permalink

            Tinggal bilang mampu bayar 10rb sebulan terus bakal menang? ???
            Saran anda memalukan, lebih hina dari penagih ternyata kelakuan anda ini.
            Di rekam biar viral? Punya hak siar gak buat nyebarin video?
            Nanti kalau yang di videokan tidak terima bisa melaporkan dengan pencemarab namabaik melalui perangkat elektronik kena pasal ITE, anda gak ngerti hukum sok nyeramahin jalur hukum ? lawak anda.
            Penulis sebel aja sama penagih jadi gak perlu lah anda menyesatkan penulis dengan ilmu hukum anda yang cetek itu kasian

            15
            59
          • 14 Februari 2023 - (15:48 WIB)
            Permalink

            ini kok jadi pada berantem 🙂

            @Mike gini loh kenyataan nya apakah dengan lapor, laporan itu akan di tindaklanjuti ? kan tau sendiri gimana banyak beritanya

            @boim kalau gak direkam gimana buat bukti lapor nya ?

            inti nya semoga masalah TS cepat selesai dan jangan pinjam lagi jika sudah selesai 🙂

            21
          • 15 Februari 2023 - (21:27 WIB)
            Permalink

            Mike… Lo punya tagihan gk? Klu gk punya Coba lo bikin hutang/tagihan dah, mau CC /pinjol trus jgn bayar.
            Pengen tau nih apa yg lo lakuin trus apa lo bakal bayar 10rb sebulan!!!

          • 18 Februari 2023 - (00:11 WIB)
            Permalink

            Logikanya gini :
            Di sebuah jalan itu banyak cerita sering terjadi perampokan kalau tengah malam dan korbannya udah g satu dua kali tapi udah berkali2, lucunya lhu beranikan diri malem2 lewat situ, kira2 yg goblok siapa ??

            La wong cerita2 penagihan DC itu udah nyebar kemana2 cara penagihannya kek getu g aturan, kok lhu beranikan diri terjun ke situ dan beranikan diri untuk nunggak ?? Berarti disini yg g punya otak siapa ??

        • 14 Februari 2023 - (22:34 WIB)
          Permalink

          DC Pinjol itu sistim mitra bang jadi tidak ada gaji pokok penghasilan berdasarkan pencapaian. Karna itu mereka semena2 gak di pake pinjol ini pindah ke pinjol lain.beda klo mereka karyawan ada gaji pokok tunjangan, dll pasti penagihannya beretika seperti leasing. Vidion aja bg trus photo,email ke OJK Cc Pinjol nya atau Viralkan sekalian. Jika tdk ada tanggapan minimal org lain yg coba2 mau minjam dipinjol ini udh takut dulu dan nama baik perusahaan memburuk di mata masyarakat dan ini yg paling mahal “NAMA BAIK”.

          13
          • 15 Februari 2023 - (10:31 WIB)
            Permalink

            Kata siapa DC kredvo itu cuma mitra, internal Collection juga ada. Anda telat di atas 3 bulan baru pake jasa mitra. Kalo yg datang mitranya kredivo berarti terlambat di atas 3 bulan. Kalo semua konsumen nunggak sesuka hati perusahaan manapun akan bangkrut dan tutup.

          • 18 Februari 2023 - (00:16 WIB)
            Permalink

            Mau diviralin kek apa aja, semua pinjol emang udah buruk di mata masyarakat, cuma orang bego mana peduli buruk atau enggak ya dia tetap berani nyoba, klo dia g bego ya g bakalan dia pinjol.

            Jadi g guna mau diviralin kek apa aja, tanpa diviralin orang pinter g bakalan ambil pinjol, meskipun diviralin orang bego tetap akan ambil

      • 13 Februari 2023 - (16:18 WIB)
        Permalink

        Segitunya kantor gaji murah dikit? Bused kecil amat kerja kantoran apa ya, honorer padahal.

        5
        24
      • 14 Februari 2023 - (22:17 WIB)
        Permalink

        Dc kerja dan yg pinjem juga kerja solusinya kudu cara baik baik kdua belah pihak dan jgn ada pihak yg mrasa dirugikan krna perdata bisa pidana jika cara kekerasan apalagi scara benturan pisik.

        • 18 Februari 2023 - (00:21 WIB)
          Permalink

          DC tahu itu perdata dan dia juga tidak akan terjebak ke arah pidana, sebisa mungkin dia g akan main fisik, makanya cara yg paling tepat jika g mau bayar dengan cara terus2an membuat malu si peminjam.

          Si peminjam g terima ?? Mau ngapain emangnya ??? Lapor polisi pencemaran nama baik ?? Ya elah, polisi Indonesia itu lhu di posisi bener aja klo lhu laporan g ada duit ya g ada eksekusi, apalagi lhu di posisi salah ?? Mau laporan sambil bayar ke polisi ?? Wkwkwkwk dapat duit dari mana ?? La wong bayar hutang aja g mampu gimana mau bayar polisi.

          • 20 Februari 2023 - (11:27 WIB)
            Permalink

            Kt siapa mempermalukan tdk bs di bkin pidana, bs ko, msk ke perbuatan tdk menyenangkan, jgn bhas pidana atw perdata, dsni cm menyayangkn sistem penagihan yg gk sesuai arahan OJK, media konsumen udh bnyk di intip sm org” pinjol, jd dia mw krja dmn, gaji brp, bkn hak qta menghakimi, itu hak dia mw maen pinjol atw ngga… Hdp org beda”.

        • 15 Maret 2023 - (19:57 WIB)
          Permalink

          YG NAMANYA HUTANG MESTI DI BAYAR,KALAU BISA JANGAN TERLALU FRONTAL LAH KAN HUTANYA BUKAN PULUHAN JUTA,TERLAMBAT BAYAR KAN ADA DENDANYA JUGA,jadi utk apa naik darah temprament marah2 pd nasabah mungkin dia lg dapat musibah, tapi ndak apa juga sih kalau DC mau nangis ke alamat2 supaya ada kerjaan juga mana tau saudaranya kan.tapi ada juga teman smp sy yg jadi DC wtk itu salah tapi ke rmh paranormal alhasil pulangnya perutnya membenci spt sakit lever, 2 tahun meninggal mengenakan juga

      • 15 Februari 2023 - (21:14 WIB)
        Permalink

        Kalo saya pribadi, hutang memang harus dibayar itu wajib. Tpjika keadaan blm mampu, kita coba ajak komunikasikan aja ke pihak collector. Biasanya pihak collector menggunakan pressure secara psikologi, yang membuat nasabah tertekan. Solusinya komunikasikan saja bahwa ke kolega ataupun keluarga bahwa kita sdg terjerat hutang. Bahkan dgn rekan atau atasan kantorpun boleh dikomunikasikan. Ajak komunikasi jangan dengan mimik iba, tapi butuh support dr mereka smua. Setelah kondisi kondusif barulah mencari solusi.

        Jika DC tidak bisa diajukan negosiasi, cukup tegur bahwa apa yg dilakukan DC tdk diluar batas. Dan diamkan saja DC tersebut, sampai nanti akan berhenti sendiri. Jika ada rezeki hubungi pihak cs, untuk ajukan reschedule payment nanti kita akan diarahkan ke bagian collection, dan cobalah ajukan negosiasi kembali. Jika belum berhasil tarik ulur aja.. Yg ptg ada niat bayar.

        Kalo ada DC yg sdh melanggar aturan, ga usah panik, panggil perangkat RT setempat untuk dimediasi. Jika ada pelanggaran pidana laporkan aja ke polisi jangan ragu. Syukur2 ada bukti cctv. Sangat ampuh kok.. Intinya jika sdh melakukan mediasi katakan saja bahwa kita niat bayar dan minta reschedule. Klo sdh ada statement tersebut DC tersebut akan coba eskalasi ke atasan untuk mencari solusi. So keep calm aja..

        • 15 Maret 2023 - (20:00 WIB)
          Permalink

          Cocok bos,nasihat baik2 aja ,kalau perkataan baik dia nagih bisa jadi nasabah kasih lebih buat ongkosnya. Kalau sok marah2 dan salah tempat bisa pulang tinggal nama lho

    • 13 Februari 2023 - (14:26 WIB)
      Permalink

      Hai…. DC mending Lo keluar kerja, dari pada anak istri Lo, dan Lo makan hasil mencekik orang. Temen2 gw yg kerja jadi DC, dulu dan sekarang banyak yang mati muda. (Efek doa orang teraniaya)

      137
      12
      • 13 Februari 2023 - (21:00 WIB)
        Permalink

        Kenapa tak kau ceramahi juga yang ngutang, karena dia bakal bawa hutangnya sampai mati?

        21
        19
        • 14 Februari 2023 - (19:26 WIB)
          Permalink

          Itu Yohanes Anies ngutang 50 miliar tenang tenang bae hidupnya Krn udah dibayar lunas lewat kucuran proyek KKN yg dia kasih ke di pengutang ..kalo kata Fahri Hamzah ada kesepakatan jahat di balik utang piutang 50 m itu

          3
          13
      • 14 Februari 2023 - (15:29 WIB)
        Permalink

        Gak juga sih, kalau di bilang mencekik sih bukan salah DC nya. Tapi salah peminjam uang nya yang jelas orang susah malah pinjam dengan bunga ?
        Anda ini gak ngerti sistem keuangan apa gimana sih kok yang di salahin yang ngasih pinjam dan penagih hutang.
        Udah jelas di agama melarang RIBA masih di lakuin yah pasti ada hukuman nya.
        Kalau soal mati muda sih itu urusan malaikat pencabut nyawa bukan soal DC DC apalagi doa orang teraniaya.
        Lebih jahat mana orang yang menagih hutang, atau orang yang udah menghutang tidak mau bayar dan merasa benar kemudian merasa teraniaya?
        Logika pakai pak

        22
        11
        • 14 Februari 2023 - (18:50 WIB)
          Permalink

          Intinye gini lu punya utang nihh ya nahh lu gk bisa bayar kalo misalkan gw bikin rame sampe rt rw truss sampe masalah kerjaan lu gimana apa yg lu rasain

          Biasa lahh kacung kacung cina mahh gini

          1
          8
      • 14 Februari 2023 - (19:28 WIB)
        Permalink

        Jika anda di permalukan secara pribadi oleh pihak DC Ke***Vi, silakan anda laporkan kolektor nya ke kepolisian terdekat dengan Pidana, Pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan serta pasal pengancaman, nanti di juntokan dengan UUD ITE jika dilakukan melalui Media elektronik, lalu untuk perusahaan kre*****Vi nya, anda bisa kirimkan email ke waspada investasi@OJK dan Aduankontenkominfo.go.id

      • 14 Februari 2023 - (22:18 WIB)
        Permalink

        Dc juga krja bang hargai dc juga dan yg pinjem juga hargai dc juga saling mnghargai cara penagihan juga kan ada SOP ny

        2
        1
      • 15 Februari 2023 - (10:36 WIB)
        Permalink

        DC juga kerja Legal bukan Ilegal. Kalo yg nagih salah terus yg punya hutang apakah tidak salah? Kedua belah pihak sama2 punya hak & keeajiban. GIMANA KALO SAYA PINJAM UANG ANDA 10 JUTA TAPI SAYA TDK TAHU BISA JANJI BALIKIN NTAH KAPAN KIRA2 GIMANA APA ANDA SUKARELA MAU MINJAMKAN????

        • 20 Februari 2023 - (11:36 WIB)
          Permalink

          Dc yg legal pling yg kepala” nya aja yg pny sertifikat n kualifikasi, klo kronco” nya blm tentu itu, krn yg sdh pny sertifikat n kualifikasi nyuruh ke kronco nya bru klo ada benturan di lap br trun yg legal, basi mas sy dh tau sistem krja dc… Sy bkn dc tp sy paham n ngerti sistem krja dc, klo dc legal gk akn klr dr prosedur krn udh pny hak yg tetap… Betul gk mas?

      • 15 Maret 2023 - (20:03 WIB)
        Permalink

        Benar bang teman smp saya habis nagih kena sakit perut buncit spt org hamil 2 bulan kata dokter lever tp gak sembuh2 sp kejual semua benda2 nya.akhirnya mati mengenakan kasihan istri dan anaknya

      • 15 Maret 2023 - (20:05 WIB)
        Permalink

        Sabar bang nagih biasa2 aja utk apa marah2 bikin asam urat tinggi.yg ditagih kan kena denda juga.nanti abang juga bakal pindah kerja juga ketempat lain.kanngak selamanya mau jadi DC terus

      • 13 Februari 2023 - (21:47 WIB)
        Permalink

        2 bulan saya dari dc home credit alhamdulilah dapet target terus 35 jt/ bulan tanpa saya maksa ataupun tarik urat sabar ajak diskusi kasih solusi setiap nasabah pinjam uang atau ngutang saya anggap pasti dia mau bayar tapi kemapuanya belum ada dana alhamdulilah semua yang saya tagih bayar walpun harus pendekatan baik2 malah rata2 kalo ada uang cs saya yang tlp mas saya mau bayar mas ke rumah ya kadang pulang saya di kasih oleh2 saya berenti karna tututan mikir ribanya besar jadi risen gaji lumayan padahal umr 1.9 tapi gaji 3.8 jd dc gak harus nairik urat maksa pahami nasabah nya ngobrol baik2

        60
        • 14 Februari 2023 - (11:38 WIB)
          Permalink

          Biasa saja kalo sknsalahnsasaran.sy pernah di tagih padahal sy gak tahu menahu masalah hutang ,gara gara ada yg memasukan kontak darurat di dalam aplikasi.di tagih2 di kata katain oleh DC ,saya bingung .semula saya kira orang mabuk lg kurang waras stlh dia sebut2 nama dan nomor saya barulah sy tau kalo itu DC mantap .saya nego pada dia untuk bantu tagihkan hutang seseorang ke saya yang ber tahun2 , akhirnya bisa berhasil.segala sesuatu lihat dari sisi positifnya. Salah sasaran tapi terbantukan

          2
          1
          • 14 Februari 2023 - (22:17 WIB)
            Permalink

            Kalo Jabodetabek ya resikonya di satroni DC mbak. Kalo di daerah jauh dari perkotaan mari kibarkan galbaykan

        • 17 Februari 2023 - (09:13 WIB)
          Permalink

          mungkin yg ngutang nggk bisa d temui sama DC, jd DC nya emosi sampai nyari nyari orngnya ke tmpat kerja…

          kan kalau udah ketemu DC jg kgk bisa ngapa ngapain, selain nanya tagihan doank…

    • 13 Februari 2023 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Kalo ditagih sesuai prosedur, apakah nasabah akan membayar dan melunasi??? Ini dulu Anda jawab….

      Mengapa harus menagih ke kantor? Karena tagih ke rumah nasabah selalu menghindar atau banyak alasan

      Bagaimana DC tau alamat kantor Anda? Karena Anda mencantumkan saat pengajuan kredit. Dengan sendirinya secara sadar Anda sudah menyetujui secara tidak langsung bahwa itu adalah referensi alamat kedua Anda

      Dan satu hal yang harus diketahui Perusahaan Pembiayaan tidak akan kasih pinjaman ke nasabah yg tidak punya pekerjaan sebagai sumber pendapatan….Dengan sendirinya ketika Anda bilang kerja dimana itu secara tidak langsung sudah menjaminkan t4 kerja Anda sebagai jaminan…Kenapa? Karena untuk pinjaman Anda sepertinya Anda tidak serahkan jaminan BPKB ato sertifikat rumah ato dokumen berharga lain….

      Apa yg mau dijual tuk nutupi hutang kalo Anda macet total?? Ngga ada kan….hanya pekerjaan Anda jaminan nya…Makanya hati hati kalo minjam tanpa jaminan…Resikonya lebih ngga nyaman dibanding pake jaminan…

      36
      9
      • 14 Februari 2023 - (06:26 WIB)
        Permalink

        Sesuai aturan penagihan harus sesuai prosedur & ketentuan hukum perundang undangan. Kalo gak sesuai aturan bagaimana???…. Anda jawab sendiri

        Pada prinsipnya pinjol itu gak ada jaminan, pekerjaan itu bukan jaminan.
        Perusahaan pinjol sudah tau resikonya jika nasabah gagal bayar. Nasabah juga tau jika gagal bayar dia kedepan akan kesulitan dalam pengajuan kredit bank

        7
        1
        • 14 Februari 2023 - (18:57 WIB)
          Permalink

          Jujur sihh gw punya utang sama kredivo sampe sekarang kgak gw bayar setiap DC yg dateng kerumah gw pasti menagih dengan nada kasar dan gk sopan lantas seperti itu gw lawan balik bahkan sampe berani suatu hari DC kredivo itu mau menampar gw ya gw bilang silahkan mau gimana lu mau nagih kalo gw gk mau bayar giman?

          8
          3
          • 14 Februari 2023 - (19:41 WIB)
            Permalink

            Dirumah berani kasar apalagi dengan kekerasan, siapkan kamera CCTV murah harga 100rb an di online banyak sebagai barang bukti kalo ada tindakan kekerasan dan sudah mengarah ke pidana. Anda berhak utk tidak memberikan ijin dc masuk kerumah dengan kejadian diatas.

            Memang dc akan melakukan segala cara supaya nasabah membayar, intimidasi memepermalukan membuat tidak nyaman orang lain sehingga membuat orang lain ikut menagih. Kalo sudah begini Siapkan mental karena dc bisa melihat mental yg ditagih.

          • 15 Februari 2023 - (10:45 WIB)
            Permalink

            Kalo berani nampar pidana Dc tapi saya kira karakter anda kuga tidak bagus dengan mengatkan kalo gw gak mau bayar gimana.

        • 14 Februari 2023 - (21:01 WIB)
          Permalink

          Peenahkah Anda membaca poin poin yg tertera di perjanjian kredit antara nasabah dan pihak pembiayaan? Atau maaf apakah Anda pernah bekerja di perusahaan pembiayaan sehingga Anda mengatakan kunjungan ke alamat kerja nasabah dilarang sama sekali APABILA nasabah selalu menghindar bila dikunjungi di rumah nasabah? Hal itu dibolehkan dengan catatan dan alasan NASABAH sengaja tidak bisa ditemui sama sekali dirumahnya atau komunikasi dengan sengaja diputus oleh sinasabah untuk menghindar….

          Itulah mengapa dalam akad kredit form alamat rumah dan alamat tempat kerja selalu dimintakan untuk di isi…selain untuk verifikasi kesesuaian atau kebenaran divisi kredit juga nantinya bisa untuk handling nasabah default….

          Yang dipermasalahkan bukan boleh atau tidak boleh ke t4 kerja nasabah tapi lebih pada etika dan tanggung jawab…Jadi nasabah yg punya etika dan tanggung jawab ya jangan lari jangan menghindar…Jangan wanorestasi….Jangan juga berjanji tanggal sekian mau dibayar tapi ngga dibayar bayar…

          Demikian juga pegawai penagihan, bila tanpa etika juga berbahaya bagi diri sendiri…

          Satu lagi Anda mengatakan bahwa nasabah yg lalai dan menghindar tidak mau bayar hanya berimplikasi akan kena BI Chevking …ya mungkin itu dampak jangka panjangnya TAPI Anda mungkin kurang memahami sistem dan mekanisme di perusahaan pembiayaan dampak jangka pendek dari nasabah nasabah yg menunggak…sehingga mengapa pegawai penagihan harus memberi batas waktu nasabah harus bayar

          Anda sendiri mungkin kurang mengerti mengapa wajib ada divisi penagihan di perusahaan pembiayaan dan apa dampaknya bila ditiadakan divisi itu….

          • 15 Februari 2023 - (10:51 WIB)
            Permalink

            Betul sekali kalo dirumah bisa ditemui tdk mungkin samperin kantor. Kalo komunikasi lancar pasti tdk akan ada masalah. Baik DC & konsumen sama2 punya Hak & tanggung jawab masing2

          • 15 Februari 2023 - (10:53 WIB)
            Permalink

            Bersedia ngutang harus bersedia juga di tagih. Jangan giliran di tagih ilang ditelan bumi.

      • 14 Februari 2023 - (15:32 WIB)
        Permalink

        Nah ini baru penjelasan yang benar, penghutang kok gak mau bayar hutang, di tagih merasa di aniaya, padahal semua juga kerja nyari uang sama aja.
        Gak usah ngutang juga kalau gak sanggup bayar kan gampang yah bang

        5
        7
      • 15 Maret 2023 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Iya juga ya.tp kalau bisa nagih yg baik2 aja lah mana tau itu saudara sendiri dan bisa juga nanti pindah kerja ketempat lain .kan gak selamanya kerja mau jadi dc pasti mau juga peningkatan.

    • 14 Februari 2023 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Betul tuuh .. kerjanya apa dikantor?, berapa gajinya /bln ? Biar kita kasih solusinya ..

      1
      1
      • 14 Februari 2023 - (13:05 WIB)
        Permalink

        Waktu pengajuan pastinya diminta data pekerjaan dan alamat kantor, jd sah aja, dan kalau debitur pindah kerja, debcoll ga bs mendatangi alamat kerja yg baru, krn harus sesuai data alamat kerja waktu pengajuan. kalau sampai buat keributan di tempat kerja atau di tempat tinggal, itu ada pasal pidananya dgn pidana denda 10 jt (265 KUHP – Mengganggu Kenyamanan Orang)

        Pasal 167 KUHP (Memaksa masuk ke dlm rumah, ruangan, atau pekarangan tertutup…)

        Pasal 172 dan 503 KUHP (Tindak Pidana mengganggu ketenangan)

        Kalau ada bukti digital seperti wa dgn isi ancaman, bs kena UU ITE lg

          • 15 Maret 2023 - (20:22 WIB)
            Permalink

            Iya sih.kan di hutang sm perusahaan.bukan sm.DC sdh ada denda juga,tagih aja biasa2, dari pd nambah asam urat marah2 toh bakal di pindah juga suatu hari nanti

    • 14 Februari 2023 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Upps DC aliran keras nimbrung, cari kerja yang lain aja bro dr pada kena sumpahin, kerja cuma mitra gak ada gaji pokok. Msh banyak kerjaan yg lain bro. Hutang piutang itu perdata tapi klo penanganannya, sudah mencemarkan nama baik dan kekerasan masuk pidana, Hutang harus dibayar pemberi hutang juga harus selektif. Lu ksh nasabah pinjaman berarti lu yakin sama nasabah krn itu lu punya analis dan tau resiko nya apa jika macet.

      • 15 Februari 2023 - (11:00 WIB)
        Permalink

        Mencemarkannya dimana itu?? Pencemaran nama baik itu apa sih definisinya. Kan kenyataan punya hutang terus pencemarannya dimana?? Kalo konsumen baik2 ngobrol dan bisa ditemui saya rasa tdk akan sampai seperti itu. KALO SAYA PINJAM UANG ANDA 20 JUTA TERUS SAYA TDK PERNAH KELIHATAN, TELP GAK RESPON, GAK ADA DI RUMAH TAPI ANDA TAU ALAMAT KANTOR SAYA KIRA2 APA YG ADA LAKUKAN? ANDA PASTI KE KANTOR SAYA KAN? COBA JAWAB JUJUR JANGAN MUNAFIK.

        • 16 Februari 2023 - (07:47 WIB)
          Permalink

          Brani berhutang berani brtanggung jawab,jangan pas di nunggak di tagi baru lapor sana sini,itu wajar² aja krna mreka jga krja kalo tdk mau di kejar² ya bayar jdi kita jga tdk bisa spenuhnya salahkan DC,harusnya situ sadar diri kalo ngutang tanpa harus di tagi wajib hukumnya untuk dibayar

  • 13 Februari 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Jangan diam aja bang, tuman. Abang balas datangi kantor DC nya juga bang, biar dia di marahi atasan nya juga.

    33
    2
    • 13 Februari 2023 - (16:04 WIB)
      Permalink

      Deci gk kecil kemungkinan mau ksh alamat asli & pihak pemberi kerja jg akan berdongeng dalil kl sohib kerja si deci kasar

      4
      1
    • 14 Februari 2023 - (08:57 WIB)
      Permalink

      DC kredivo.. dia itu ***** berwujud manusia..hati hati.. tetangga saya bayar angsuran rajin , walaupun selalu telat beberapa hari..tapi ttp pasti dibayar..tp DC kredivo tdk pernah peduli.. ngancem teror apalah.. sampai malu di lingkungan..ga mau pengertian , ga mau tau kondisi orang yg pinjam.. harus nya bisa lht data , harus nya kasih solusi.ngobrol baik baik..wah hati hati deh..kalo bisa jgn

      • 14 Februari 2023 - (15:35 WIB)
        Permalink

        Itu kerjaan mereka, yah wajar lah.
        lu pikir malaikat pencabut nyawa gimana? Gak jahat apalagi coba nyabutin nyawa, tapi yah emang begitu kerja nya tugas nya, bukan soal jahat setan atau lainlain, itu hanya menjalankan tugas

        2
        9
        • 14 Februari 2023 - (21:56 WIB)
          Permalink

          Gak gitu juga bos klo kerjaan, kerjakan sesuai aturan karna itu lu ikut setifikasi SPPI, Fokusin materinya isi ujian dengan benar jgn nyontek. Biar kerjaan lu sesuai prosedur, klo saran ane mending lu cari kerjaan lain, drpd jadi mitra Kredivo, gaji pokok gak ada tp jadi tameng buat pemodal.

      • 15 Maret 2023 - (20:28 WIB)
        Permalink

        Kalau DC marah2 di tempat lingkungan kami bisa bahaya ,maklum lah di kampung disini bisa2 DC sok marah2 dan kasar di karungin hilang tinggal nama

  • 13 Februari 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    jd gini, bg..

    para dc tuh y emg ditarget ama bosnya, ntah biar dpt bonus atau emg biar mereka dibayar n gk peduli ama konsumen yg bakal dirugikan..
    karena konsepnya gini,
    klu misalnya ada yg pinjem 100 orang tp cm 10 yg byr mah y yg 10 tuh yg bakal ditagih paksa, seakan mereka yg disuruh melunasinya..

    saran gw mah mending aktifkan aja fitur blok nomor tak dikenal di hp lu, bg..
    biar mereka gk ganggu n lu bs fokus buat nyari duit buat byr,

    temen gw ngelakuin itu sih n gk keganggu lg ama nomor yg gk dikenal tuh,

    30
    3
    • 13 Februari 2023 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Untuk kesekian kaliny DC kredivo selalu bikin ulah saat penagihan ke nasabah.ini buka kejadian pertama kali.udah banyak kejadian kayak gini,tpi OJK selalu buta dan tuli.DC kredivo udh terkenal bar bar dalam menagih nasabahny dan tidak tau aturan.kebanyakan DC pinjol itu tidak mempunyai sertifikat penagihan yg di keluarkan oleh OJk.
      Klo ada DC yg barbar langsung bikin video,lapor polisi,sklian masukin penjara biar pada jera.jangan di kasih ampun..kerjaan kok mau mengintimidasi orang.ingat anda juga punya keluarga dari ortu,suami/istri dan anak,nagih lah dgn sesuai SOP dan aturan norma2 yg ada di masyarakat.jgn sampai nasabah bikin laporan yg seharusny masuk ranah perdata menjadi pidana karena sikap anda saat menagih nasabah yg udh tidak manusiawi.dan jgn sampai keluarga anda jadi korban.masih banyak kerjaan yg lebih Baek dari jadi DC.klo anda masih ttp mau jdi DC gpp,tapi tolong cara nagih anda yg sesuai SOP dan sesuai norma2 yg ada di masyarakat

      51
      3
      • 13 Februari 2023 - (13:41 WIB)
        Permalink

        Setuju, pinjol juga ikut aturan ojk. Biasanya mereka kirim wa tanpa menyebut nama aplikasi terus nulis kasar kasar, bahkan sampai meneror kontak darurat. Seharusnya dilihat sama applicator, kalau nasabah yg sebelumnya selalu lancar terus ada satu tagihan yg terlambat ya jgn diteror. Ini baru telat satu hari telpon tiap 5 menit berdering, ditambah wa kasar. Kejadian ini saya alami di adakami sama kredivo. Siapa sih yg mau ngutang kalau bukan karena kepepet. Bunganya saja sama adminnya sdh besar. Si DC lagaknya seperti org ga pernah punya masalah. Mencaci kasar sampai nasabah dibilang b*ngs*t, *nj*ng segala. Semoga mereka mendapat balasan atas perbuatannya dari Tuhan YME. Menagih kaya gitu ke orang yg sedang kesusahan, pasti juga bakal merasakan penderitaan org yg ga berniat jahat atau kabur dari hutang. Terlambat saja denda per harinya besar. Jadi apa kerugian si pinjol?

        21
        1
      • 15 Maret 2023 - (20:34 WIB)
        Permalink

        Iya bener juga tuh bang ,nagih spt bar bar sdh gak musim.nagih kalau bisa yg baik2 aja lah pasti juga di tambahin ongkosnya dr pd marah2 buang energi bisa cepat dpt penyakit .santai aja kalau memang nasib harus jadi tukang tagih

    • 13 Februari 2023 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Deci 99%% berani caci maki via tlp giliran kita suruh dtg blm tentu org yg sm mencaci maki kita & jrng bngt mau ksh alamat asli kebnykn alamat 378

      10
      2
      • 13 Februari 2023 - (16:15 WIB)
        Permalink

        DC kerja takut gadapet bayaran mereka harus paksa mau gamau, keduanya berdosa yg DC Ama yg minjam, perjanjian telat bayar, dari awal apa ada perjanjian ga kuat bayar abis minjem ya ga ada, otomatis DC ngamuk” hasilnya, paling disuruh oke ini kerjakan nanti saya bayar pakai cara apapun yang kalian bisa, kasih bukti orang itu mau bayar, salahnya sih emang gak ada jaminan barang yg bisa di jual Buad gantiin utang apa.

    • 13 Februari 2023 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Kalau gw mah gada yg gw bayar bang semenjak ngehina almarhuma nyokap gw pas nagih kerumah gw incer itu DC gw bilang gw lunasin tapi gw mau DC yg maki2 nyokap gw tapi temen ya mulu yg datang alhasil ga gw bayar dari 2019 kredivo dan apk lain2 ya prinsip gw gini lu sopan gw sambut dengan anget kalu lu ngegas jangan harap sepeser pun duit gw keluar buat bayar apk lu

      29
      7
      • 13 Februari 2023 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Yg menghina 1 DC tp semua lu gak bayar. Emank lu gak niat bayar itu mah. Ya nanti gak bakal nisa ambil kredit seumur idup

        11
        5
      • 13 Februari 2023 - (21:07 WIB)
        Permalink

        Kalau gitu kelakuanmu. Berarti tuh DC bener, karena kau sendiri yang menghinakan nyokap lu. Kasihan, padahal dulu diajarin buat jujur dan tanggungjawab sekarang kelakuannya malah begini.

        3
        4
      • 15 Maret 2023 - (20:38 WIB)
        Permalink

        Mantap bang,ngehina nyokap2 sdh keterlaluan spt dia gak py nyokap aja .itu DC lahir dr batu x gak punya hati sm nyokap

      • 14 Februari 2023 - (08:31 WIB)
        Permalink

        DC emang suka gertak seperti itu. Dulu saya sering berantem ama DC. Dia maki saya maki balik. Trus setau saya bisa kok mengajukan cicilan utang di kredivo. Saya langsung email kredivo dan biasanya mereka akan kasih nmr WA bagian collectornya. Saya waktu itu ajuin cicilan 100rb – 200rb tiap bulannya. Disetujui. Dan sekarang sih udah lunas semua.

    • 13 Februari 2023 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Klo anda sudah di teror, intimidasi,di maki2,di ancam ngpain di bayar.galbaykan saja gk usah di bayar sama sekali.yg rugi bukan nasabah,tpi perusahaan pinjol itu sendri

      20
      4
      • 13 Februari 2023 - (14:22 WIB)
        Permalink

        ngomong selalu gampang, ngomong selalu enak. nyatanya, tidak semudah itu di lapangan.
        apalagi dc sudah tau kantor kite dimane. galbay ya resikonya sudah pasti dipecat krn para dc itu sudah pasti bikin keonaran yg membuat atasan mu mau ga mau utk memecatmu biar operasional kantor tidak terganggu.
        kasih saran yg lebih solutif masbro

        8
        2
        • 13 Februari 2023 - (17:04 WIB)
          Permalink

          Tau nih suka bingung yang kasih masukan galbay. kan pasti tuh DC akan malah datengin kantor tiap hr. temen kantor sy aja ada yg dipecat karena sering didatengi DC ke kantor

          4
          1
          • 13 Februari 2023 - (18:05 WIB)
            Permalink

            Yg ngasih saran galbay udah jelas lah kualitas manusianya.. Kita ga cuma hidup hari ini, ke depannya gmn? Msh mending yg sarannya OJK atau polisi masih ada arah endingnya walaupun bercabang sih. Tp setidaknya sesuai prosedur

            3
            2
        • 14 Februari 2023 - (22:06 WIB)
          Permalink

          Teman ane malah kebalik dia laporin ke OJK malah Koordinator DC pinjol nya kena pecat, Bukti Photo, Vidio nagih ke kantor. Yang aman malah DC lapangan cuma gak ke pake lagi di pinjol itu pindah ke pinjol sebelah mereka cuma mitra dan gak punya gaji pokok.

    • 13 Februari 2023 - (12:05 WIB)
      Permalink

      Kacau DC Kredivo emang,ga tau waktu dan aturan,datang jam pas Maghrib,dikasih tau ga mu ngerti, harap diperbaiki cara penagihan team DC kredivo sangat meresahkan

      12
    • 13 Februari 2023 - (15:48 WIB)
      Permalink

      Selama DC dari pinjaman legal harusnya ya sesuai prosedur lah apalagi nasabah masih kooperatif, kalau nasabah kabur ya itu resiko perusahaan.

    • 13 Februari 2023 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Pernah deci menagih sesuai procedur atau ente mau branded deci positive krn bagian dr decimal ??

  • 13 Februari 2023 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Galbay aja lah pain di bayar peduli 4njing ma dc. Masuk grub galbay di fb bang buat beraniin diri hadepin pinjol. Dsitu nnti di kasih Pengetahuan tentang pinjol bang sma bang haji yg puny grub fb

    14
    3
  • 13 Februari 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Itu udh keterlaluan cara penagihan nya, udh biarin aja biar dtng sekalian krmh, tp prcm dc cm berani di hp doang klo dtng krmh pst gk akn kasar…. Kuatin aja mental kalo di teror mh, ss aja tunjukin saat ada dc krmh… Itu tuh ky c batman slh satu dc ky nya.

    • 13 Februari 2023 - (16:10 WIB)
      Permalink

      Yoi decimal kan cm jagoan hp krn kelakuan decimal spt batman,kl disuruh dtg blm tentu org yg sm dgn yg caci maki via hp

  • 13 Februari 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Itu masuk nya udah ancaman sih, bisa dilapor ke Afpi/ojk biar kena tegur, tp udah terlanjur malu gitu mending gak usah bayar aja/galbay bang. Ntar kalo dia rusuh di kantor lapor polisi aja atas bikin kegaduhan di masyarakat.

    13
  • 13 Februari 2023 - (11:10 WIB)
    Permalink

    dc nya makin senang karena tau nasabah nya panik. masih pada tertarik ya ma pinjol klo berani pinjam ke pinjol ya siap aja ma konsekwensi nya

    5
    1
  • 13 Februari 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Baca perjanjian hutang piutang pada pinjaman online, di situ agrmen nya yg sudah sama sama disepakati adalah jika nasabah kredit macet maka pinjol hanya bisa melakukan penuntutan pada hukum perdata di pengadilan, dan aturan ojk atau pemerintah pinjol pinjol tidak boleh menagih ditempat yg bukan beralamat dengan yg didaftarkan dan hanya boleh maksimal dua kali penagihan lapangan, karena setelah 3 bulan pinjol sudah tidak berhak menagih karena data yg macet akan diserahkan kepada ojk (yg dinamakan black list) cuma aturan yg dibuat juga dilanggar oleh pihak pinjol karena mereka gak mau rugi, segala cara dilakukan walaupun melanggar hukum pidana! Jadi jngn takut lapor polisi karena aturan nya sudah jelas, intimidasi atau ancaman adalah suatu tindak pidana, jngn lupakan sertakan bukti bukti, OK

    20
    3
    • 13 Februari 2023 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Kelompok decimal kan buta huruf utk baca krn pokirnya sdh decimal jd apa yg d harapin ?

    • 14 Februari 2023 - (03:15 WIB)
      Permalink

      Buat Omen, OJK membatasi 3 bulan / 90 hari dilarang penagihan oleh Internal (Debitur) supaya mengunci bunga dan denda tdk berjalan lebih dari 90hari alias stop, karna selama ini kita minjam 2jt tau-tau galbay hingga 3 tahun total outstanding nya bisa mencapai 8-10jt karna bunga dan denda tetap berjalan selama blom di lunasin, oleh karna itu OJK membatasi waktu tagih pihak Internal, sekaligus mengunci jumlah denda dan bunga supaya tdk berjalan terus-menerus, namun setelah 90 hari Undang-undang juga mengatur bahwa pihak Debitur berhak melimpahkan proses penagihan kepada pihak ketiga, yang telah memenuhi persyaratan kerjasama dgn Debitur dan mengikuti SOP OJK, intinya Utang harus tetap Bayar dan diselesaikan. Tolong pahami Undang-undang dengan sepenuhnya bukan setengahnya.

      Mengenai kasus ini, saran saya sebaiknya sekalian macet kan hingga 90 hari lebih. Untuk menghindari DC ke kantor, kerjasama dgn Security selama 3 bln, ya kasih uang rokok lah security nya bilang sdh resign klo ngotot biar security yg layani, setelah pihak eksternal datang ajukan Lundis (Lunas Diskon) dgn legal of letter yg jelas (surat permohonan pengajuan diskon lunas), setelah ada persetujuan yg resmi baru bayarkan

      Tapi klo Galbay sudah lebih 90 hari ya ngak bisa nyicil dengan diskon, setau saya bisa menyicil MP (Minimum Payment) tapi angka lunas kembali ke angka outstanding
      Khusus pelunasan 1x bayar harusnya ada diskon 20-30% dari angka Outstanding dan itupun harus buat legal of letter supaya pegangan anda kuat utk legalitasnya

    • 15 Maret 2023 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Yes!!… perjanjian tdk dgn intimidasi. Tagihan cm ratusan ribu paling besar 2 jt tp cara nagih nya spt berhutang puluhan juta

  • 13 Februari 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Kredivo n akulaku biasa dteng ke kantor. Tp selama ini klo ada DC yg dteng, ga pernah ribut sih. Klo yg mereka cari ga ada ditempat, abis itu kita cuekin. Paling yg sering bkin ribut itu dc yg tlp suka ngata2in orang.

    • 13 Februari 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Decimal cm jagoan hp kl dtgin ke ktr beda lg orgnya,yg dtgin ke ktr ksh 20 rb sdh senang bt parkir & beras 1 liter atau rokok 1/4 bungkus sdh anteng smbl ngayal

      • 13 Februari 2023 - (16:30 WIB)
        Permalink

        Ga ngasih ap2, cuma dcuekin aja. Yg bersangkutannya ga ada ditempat. Akhirnya dia pergi sendiri

    • 15 Maret 2023 - (20:53 WIB)
      Permalink

      Iya sih kan sdh ada skenarionya cara kata2 tagihan..bagus sih ketahuan kelasnya dari perkataannya

  • 13 Februari 2023 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Yang komentar suruh nyaranin galbay aja, dia itu menyesatkan jangan di tiru.
    Mungkin kalo dirasa sudah tidak mampu lagi melunasi hutang biasanya pinjol legal bakal memberikan keringanan biasanya cuma disuruh bayar pokoknya.
    Mungkin bisa lah itu pendekatan sama pihak kredivo ngajuin keringanan yang penting niat melunasi.
    Kan ada tuh jaman sekarang ada aja tipe orang yang memang dariawal minjam niatnya mau galbay dia itu contoh maling online.
    Abangnya sabar aja,semoga urusannya cepet selesai dan menguntungkan kedua belah pihak

    5
    4
    • 15 Maret 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Sabar aja bang semua pasti ada solusinya.jadi yg menjamin jangan hy mikirin untung aja tapi pikirin juga ruginya

  • 13 Februari 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    saya juga dulu waktu kena dampak PHK begini, waaah kalau dc itu gak sopannya karna nagih gak sesuai alamat ktp, karna saya sudah tidak ngekost di tempat itu, mereka dateng kesana terus maki maki yg punya kost, padahal si bapak kost bilang sudah tidak tinggal disitu, disuruh ke alamat ktp saya, tapi mereka tetep kesitu dan maki maki disitu, gaktau atas dasar apa karna memang sayapun sudah tidak tinggal disitu, akhirnya si dc diallaporkan ke satpam setempat, ya saya ngehubungi kredivo juga gakada penyelesaian, padahal saya sudah info ke CS bahwa saya sudah tidaj tinggal disitu

  • 13 Februari 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Klo Berani tuh DC nagih gue dengan cara bar bar gue layani juga dengan cara bar bar.

    4
    1
  • 13 Februari 2023 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Galbay aja, kalau dc bikin onar laporin polisi. Biar dipenjara dcny. Lu hrus galakin bro biar g dikira lemah

    5
    1
    • 14 Februari 2023 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Semua pembiayaan utk penagihan kebanyakan dilempar ke pihak ke 3, aturan memang sperti itu tidak masalah yg jadi masalah adalah penagihan yg tidak sesuai dengan prosedur ketentuan aturan ojk. Kekerasan, intimidasi, ancaman itu sudah melanggar hukum. Sah2 saja dc kerumah atau kekantor kalo sudah kekerasan/membuat onar itu sudah perkara lain & tidak dibenarkan dengan alasan apapun kecuali siap menghadapi konsekwensi hukum & ranahnya sudah beda lagi masuk ranah pidana.

      Disini sy bicara dari sudut pandang hukum bukan berdasarkan logika2 semata, ada dasar hukumnya.

  • 13 Februari 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Bang Kalau Jadi Gua Loe Kerja Sama Aja Sama Pimpinan Loe, Pancing Agar Dc Bikin Ribut Di Kantor, Pancing Agar DC Yang Memulai Keributan, Udah Itu Loe Tuntut Ke Pengadilan, Minta Ganti Rugi Yang Gede, Harus Sampai Dapat Duitnya, Duitnya Bagi Dua Dech, Nah Duit Itu, Nah Duit Itu Pakai Lunasin Utang Loe Bang

    7
    2
  • 13 Februari 2023 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Namanya nagih utang ke lubang sebut juga bisa bos.
    Ingat, dalam pengaihan ada dua mas
    FC internal, masih dari kantor ini pada umumnya nagih sesuai sop karena mereka masih karyawan kantor dan mendapat gaji.
    FC eksternal mereka ini sudah memakai perusahaan jasa pengahin dan mereka mereka tidak tanggang jawan si pemberi pinjaman karena akun utang sudah di jual ke jasa penagihan …nah mereka mereka inilah yang tidak tau aturan…maaf kata sampai matipun ente mereka tak peduli karena masih banyak nanti korban seperti loh kalau loh udah mati.0

    Intinya pinjol tanpa jaminan,artinya jaminan anda ke kantor pinjol adalah harga dirimu,jadi hal wajar harga dirimu di permalukan.
    Bayarlah utangmu???

    2
    4
    • 15 Maret 2023 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Iya juga sih pihak ketiga kalau menagih gak sopan .di hilangin gak bakal di cari juga sm emak bpknya

  • 13 Februari 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut gue sah-sah saja bang mau nagih dimana saja, toh yang ditagih abangnya bukan bos Abang.
    Yaa mungkin kalau ditagih dirumah, ente gak pernah ada bang.
    Ingat bang, DC itu nagih ente bukan nagih rumah atau tempat kerja ente.

    3
    2
  • 13 Februari 2023 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Abang udah berapa lama ga bayar? Kalau ga salah Biasanya yang berani begitu DC pihak ke 3, kalau protes ke pihak pinjaman mereka ga akan nanggepin, udah urusan pihak ke 3 karena mereka udah ngasih surat kuasa. Pihak ke 3 memang bakal lakuin segala cara agar debitur bayar, bahkan saya pernah ditipu disuruh bayar sekian agar lunas setelah dibayar ternyata ga lunas. Jadi saran saya hadapin aja ga usah takut bales aja kata2nya, yang penting anda ga kabur masih mau tanggung jawab. Setelah sebulan biasanya ngilang karena target penagihan mereka biasanya 1bln

    • 13 Februari 2023 - (16:21 WIB)
      Permalink

      Kl mau byr tunggakan jgn ke pihak deci krn 99% gk disetor lbh baik byr lngsng ke pihak spt kredivo,byr via mbanking br tunjukin bukti nya ke deci wkt dtg br jgn ksh ongkos ksh sj 1 aqua gelas plastik

      • 15 Maret 2023 - (21:10 WIB)
        Permalink

        Betul…betul… bayar aja lewat nomor rek.perusahaan yg di hutangin knapa juga lewat Dica..

  • 13 Februari 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Ya loh laporian aja ke OJK sonoh … ojk gak bakal peduli hal hal receh gini, ngurusin ente??? Emang ente siapa, mending bayar aja sudah, beres dah, gak bakal di teror lagi

    1
    5
    • 15 Maret 2023 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Sekali2 ojk juga mesti tau ke onaran di lapangan. Gaknapa sih cm di laporkan 0aling izin usaha di cabut

  • 13 Februari 2023 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Kalau dari konteks ini sih salah DC nya sampe ke kantor gk sesuai SOP. Sering banget keluhan kek begini mah . Secara kemampuan org dalam membayar cicilan berbeda2 seharusnya bsa di bicarakan dengan kantor nya dan meminta keringanan. Dan penulis jg pnya niat baik membayar semampunya itu bagus.

    Diluar konteks diatas, banyak banget org butuh duit instant akhirnya minjam, tanpa paham stabilitas keuangan sndiri . Alhasil gk mampu bayar sesuai perjanjian. Bahkan ad yg sampai gk bayar samsek . Trkadang ad yg merasa abis minjem duit , dia merasa duit it pegang punya dia pdhl itu bukan duit dia , melainkan utang. Lets go people belajar menabung buat duit emergency. No offense .

  • 13 Februari 2023 - (20:59 WIB)
    Permalink

    orang gak sekolah di jadiin DC,pantes aja gak tau etika,mending jadi orang utan gak usah jdi DC,

    3
    2
    • 15 Februari 2023 - (09:23 WIB)
      Permalink

      Saya bukannya ngajarin anda untuk menjadi pribadi yg tidak bertanggung jawab, saya juga tau yg namanya hutang wajib di bayar, tetapi hutang yg wajib di bayar adalah hutang yg tidak menggunakan jaminan, Pinjol ada 2 macam pinjol legal dan pinjol ilegal (yg membedakan adalah legal terdaftar di OJK sedangkan ilegal tidak terdaftar ,tapi intinya sama2 tentang hutang piutang, meskipun sebenarnya legal dan ilegal sama saja byk yg menyalahi aturan OJK)
      Jika pemerintah saja mengatakan “pinjol ilegal tidak usah di bayar nah yg jadi pertanyaan ???
      bukankah hutang wajib di bayar ???
      Dan katanya jika tidak di bayar akan di tagih di akhirat ???
      Tapi ini pemerintah kita yg mengatakan “pinjol ilegal tidak usah di bayar” Apa mungkin klo gagal bayar legal nanti di tagih di akhirat sedangkan kalo gagal bayar ilegal tidak di tagih di akhirat ???
      Padahal mau legal atau ilegal anda sama2 menjaminkan data diri. Ok deh sekarang kita buat perumpamaan atau contoh :
      “Anda pinjam uang di bank dengan jaminan sertifikat rumah, jika anda tidak bayar kira2 resikonya apa ??? Yg pasti rumah anda akan di sita terus ,jika rumah anda sudah di sita,apakah anda di akhirat akan di tagih juga perihal hutang anda di bank ???
      Padahal anda sudah menjaminkan sertifikat rumah anda. Jika anda tidak bisa bayar pinjaman di bank ,berarti rumah anda yg disita sama bank akan di jual ,untuk mengganti biaya ganti rugi,atau di lelang dengan harga tertinggi,itu sudah pasti,lalu bagaimana jika anda pinjam di aplikasi dan anda gagal bayar ???
      Jadi gini ya ,data diri anda itu yg anda jadikan jaminan bukanlah berbentuk fisik,kira2 klo anda bayar apakah data diri anda akan di hapus ??? Jawabannya adalah TIDAK, sebab data diri itu bisa di jual belikan,bisa di salah gunakan,kecuali dalam pengajuan pinjaman online di aplikasi tidak ada resikonya ,sudah pasti anda akan di wajibkan membayar hutang anda tersebut,jika tidak maka data anda akan di salah gunakan atau di jual belikan,tapi inikan masalahnya kita sudah tau dan sudah ada resikonya apa yaitu BI checking/SLIK OJK,Kecuali data kita berbentuk fisik,ketika kita bayar lunas data langsung di kembalikan dan sudah pasti aman tidak di salah gunakan,jadi saran saya dari pada bayar ke aplikasi mending uangnya kita niatin buat bayar SEDEKAH,lebih bermanfaat untuk orang yg membutuhkan,lagian anda bayar aplikasi,itu sama halnya anda memberi mereka modal untuk menjerat lebih banyak korban,apa lagi sudah beberapa orang meninggal bunuh diri gara2 pinjaman online.

  • 13 Februari 2023 - (22:02 WIB)
    Permalink

    2 bulan saya dari dc home credit alhamdulilah dapet target terus 35 jt/ bulan tanpa saya maksa ataupun tarik urat sabar ajak diskusi kasih solusi setiap nasabah pinjam uang atau ngutang saya anggap pasti dia mau bayar tapi kemapuanya belum ada dana alhamdulilah semua yang saya tagih bayar walpun harus pendekatan baik2 malah rata2 kalo ada uang cs saya yang tlp mas saya mau bayar mas ke rumah ya kadang pulang saya di kasih oleh2 saya berenti karna tututan mikir ribanya besar jadi risen gaji lumayan padahal umr 1.9 tapi gaji 3.8 jd dc gak harus nairik urat maksa pahami nasabah nya ngobrol baik2

  • 14 Februari 2023 - (06:59 WIB)
    Permalink

    Ajak ngopi aja dcnya. Kasih “Pengertian” Kalo menghindar tu DC bakal rese. DC nya ngejar target buat bayar pinjol juga. Wkwkwk.

  • 14 Februari 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Gak kaget kredivo dtg kekantor kerja,saya udh ngalamin sendiri,bagusnya security di tmpt gue gk mengijinkan DC masuk ke lingkungan kantor gue,Krn akan menimbulkan keributan,kita mengadupun ke pihak kredivo pun percuma.

    • 14 Februari 2023 - (14:33 WIB)
      Permalink

      Woy dc lapangan itu ga pada sekolah makannya ga ngerti apa itu bicara baik baik, yg penting target mereka tercapai, malingin aja klo bikin rusuh, apalagi sampe dateng k kantor itu ga ada urusan, namanya perdata antara yg punya utang sama pemberi utang, tantang aja k pengadilan negeri setempat kalo maksa terus.. Sebar data diluar kontak darurat, tinggal lapor ite, menyebarkan data tanpa seijin pemiliknya, inget walaupun d aplikasi sudah d setujui untuk akses kontak, tapi kalau sebar data lain cerita bos dan d aplikasi pun ada penegasan, data anda aman hanya untuk verifikasi, jelas tuh..

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 167 komentar sampai saat ini..

DC Kredivo Menagih Tidak Sesuai dengan Alamat Pengajuan, Malah Bikin R…

oleh inonkkramotak dibaca dalam: 1 menit
167