Pencatatan Meteran PLN Berbeda dengan Catat Meter Mandiri melalui PLN Mobile

Terima kasih Media Konsumen. Perkenalkan, saya Ahmad, pengguna PLN meteran dengan daya 900 VA R1M. Meteran listrik tersebut merupakan meteran peninggalan mertua.

Saya juga mempunyai aplikasi PLN mobile dan menggunakan fitur catat meter mandiri. 6 bulan lebih saya melakukan pencatatan meteran mandiri melalui aplikasi PLN mobile dan hasilnya selalu mendekati dengan jumlah tagihan PLN.

Singkat cerita pada periode bulan Februari 2023 saya melakukan pencatan meteran seperti biasa, tepat pada tanggal 24 Februari 2023, dengan angka meteran stand meter Januari (58.520) – Februari (58.683), total pemakaian: 162 KWH. Namun saat tagihan muncul di awal Maret, tertera pemakaian 198 KWH.

Saya sudah email ke PLN dan dapat nomor komplain. Besoknya ada petugas yang chat menanyakan permasalahan. Gak sampai satu jam status komplain langsung selesai. Tanpa ada penyelesaian. Sungguh luar biasa. Sekian curhat saya, semoga segera muncul perusahaan listrik swasta, agar mereka segera mawas diri.

Ahmad Ruslannudin
Indramayu, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Pencatatan Meteran PLN Berbeda dengan Catat Meter Mandiri melalui PLN Mobile

  • 10 Maret 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    3 bulan berturut-turut ga tahu kenapa ada lonjakan tagihan Pln tetapi saya tidak mencatat secara detail. padahal pemakain seperti biasa.

    • 10 Maret 2023 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Itu juga sih yang buat saya melakukan pencatatan mandiri, soalnya kadang tagihanya aneh.. akhirnya saya tahu salah satu sebabnya

      1
      2
        • 11 Maret 2023 - (20:54 WIB)
          Permalink

          mengapa harus repot2 setiap bulan harus mencatat, telat bayar kena denda atau mungkin bisa diputus oleh PLN, kan ada PLN PRABAYAR, tinggal isi pulsa kapan saja, berapa saja, jual token listriknya ada dimana saja

          • 11 Maret 2023 - (21:02 WIB)
            Permalink

            Listrik prabayar sangat mengganggu apabila tokennya sudah kritis.apalagi rumah keadaan kosong atau ditinggal lama.

  • 10 Maret 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    cm mo ngasih tau Bang, klo perusahaan listrik swasta tidak akan pernah ada slx sdh diatur dalam undang undang negara. emang sih sering bgt BUMN masalah layanan ke pelanggan bermasalah tapi mau bgmn lg terima aja. semoga masalahnya cepat selesai.

    • 10 Maret 2023 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Iya bang terimakasih, saya share aja sih.. terlepas nanti ada tindakan atau enggak.. ujungnya tagihan pasti di bayar juga..

      • 14 Maret 2023 - (06:19 WIB)
        Permalink

        Kasusnya sama dengan saya pada tgl 26 februari saya melakukan pencatatan mandiri melalui swa cam yg tercatat 474 kwh. Dan tgl 3 maret saya mau melakukan pembanyaran ternyata yang ditagihkan 533 kwh akhirnya pembanyaran saya tunda melaporkan kpln 123, ternyata tgl 23 februari petugas melakukan pencatatan 533 kwh padahal tgl 20-25 februari rumah kosong dan pencatatan melalui swa cam saya tidak masuk.Sampai skr masih ditangani petugas belum ada kejelasan

  • 10 Maret 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Kalau model gini biasanya tidak ditanggapi karena mereka berpikiran kan bulan depan sudah terkejar meterannya.
    Saya pernah dulu salah catat banyak, solusinya cuma bulan2 depannya pemakaian 0 (bayar abonemen saja) sampai meterannya terkejar.

    • 10 Maret 2023 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Siap pak terimakasih infonya, soalnya petugasnya cuma chat di awal nanya kendala abis itu menghilang.. tanpa kabar dan jawaban..

  • 10 Maret 2023 - (10:31 WIB)
    Permalink

    penyebabnya apa pak? hasilnya? cater meteran dair pihak pln di tanggal berapa kalo bisa cek juga. apakah ada petugas yang cater ulang atau tidak.

    • 10 Maret 2023 - (10:51 WIB)
      Permalink

      Bisa jadi ada petugas yang catet ulang pak, tanda tanya bisa terjadi seperti itu.. cuma waktu saya komplain tgl 2 maret pemakaian baru 189 kwh sedangkan ditagihan sudah 198 kwh.. saya lebih fokus ke petugas plnnya.. habis saya komplain, ada chat dari petugas dan case langsung selesai di aplikasi pln tanpa ada tindak lanjut.. setelah itu menghilang gitu aja

      1
      1
      • 11 Maret 2023 - (13:06 WIB)
        Permalink

        coba nanti bulan depan di catat lagi pak, angka meter kan sesuai pemakaian. Kemungkinan saja (semoga) bulan depan jadi lebih kecil tagihannya.

    • 10 Maret 2023 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Pak itu meteran mertua, kalau ganti juga pasti biaya lagi.. sebelum nanti ada yang komen ” pakai panel surya aja pak ” saya rasa.. bukan jawabanya dari persoalan sih..

      1
      3
      • 10 Maret 2023 - (14:05 WIB)
        Permalink

        1. Hanya saran dan salah satu jalan keluar juga dari persoalan perbedaan catat mencatat meteran
        2. Pergantian meteran paskabayar ke prabayar adalah gratis, cukup beli token pertama saja

        • 10 Maret 2023 - (14:08 WIB)
          Permalink

          3. Perbedaan catat mencatat ini sudah saya alami sendiri dan akan berulang2 terjadi sampe saya akhirnya ganti ke prabayar

          4.Daripada mengharapkan munculnya perusahaan listrik swasta lebih tdk realistis

        • 10 Maret 2023 - (17:48 WIB)
          Permalink

          Maaf pak, saya mengalalaminya sendiri listrik paskabayar ke prabayar di kenakan biaya pembelian meteran untuk tokennya.. padahal itu permintaan dari petugas plnya sendiri.. karena tadinya daya 450 harus ke 900 .. kejadiannya di cikarang rumah orang tua saya..

          • 10 Maret 2023 - (18:18 WIB)
            Permalink

            kalo daya nya dinaikkan itu memang kena biaya.. itu biaya ubah daya dari 450 ke 900 kira2 400an.. bukan biaya meteran.. kecuali ada oknum yang mau mengambil keuntungan.. laporkan saja jika ada ke PLN

          • 10 Maret 2023 - (18:40 WIB)
            Permalink

            Praktek di lapangan begitu pak 1,9.. yang nyuruh naik juga pln.. peraturannya dari pln juga.. kan meteran baru yang gak subsidi 900.. lapor ke pln ? Lah ini aja lapor, balik lagi ke petugas, gk di tanggepin… Share pengalan aja ini sih.. cukup tau.. terimakasih

          • 10 Maret 2023 - (22:42 WIB)
            Permalink

            Ganti/migrasi kWh meter (meteran) dari pascabayar ke prabayar GRATIS!!! Hanya dikenai biaya token yg kita pilih. Kalau mau Migrasi ke Prabayar, lewat Aplikasi PLN mobile saja, proses mudah, cepat dan praktis. Jangan ke petugas, bisa jadi itu bukan petugas resmi alias CALO yg suka Mark up harga. Pengalaman saya kemarin Pascabayar saya ganti Prabayar lewat Aplikasi PLN mobile, pembayaran pakai m-banking. Tidak sampai Seminggu sudah beres. Anda juga bisa coba sekarang lewat Aplikasi PLN mobile, disitu sudah sangat jelas berapa biayanya, atau simulasi dulu juga bisa untuk mengetahui berapa besaran biaya yg dikenakan. Tapi jika mau migrasi, bayar dulu tagihannya…

      • 10 Maret 2023 - (18:23 WIB)
        Permalink

        Salah satu risiko meteran pasca, makanya saya sekarang beralih ke token. Mungkin bisa diakali dengan pasang papan meter listrik dan air yang bisa kita atur sendiri, pastikan angka sama dengan waktu catat meter mandiri, dan kunci pagar, biar petugas gak masuk tapi tetep bisa lihat papan meter.

  • 10 Maret 2023 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Ga masalah nanti bulan depan otomatis di adjustment.

    Jadi kalo bulan ini kena biaya pmakaian di 100kwh dan posisi meteran di angka 200 tapi ptugas catatnya 210, pas bulan sama pmakaian tetap 100kwh tapi posisi meteran cmn diangka 300, cust cmn bakal 90kwh doang wlopun pmakaian 100kwh krena ada lebih bayar 10kwh bulan lalu, itu PLN nyimpen posisi angka meteran tiap tagihan jdi gampang klo kasus bgini dan “lumrah” terjadi. Cust ga sadar pun bakal sadar pas tagihan berikutnya di diskon

  • 10 Maret 2023 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Dilihat saja tagihan bulan depan dan bulan-bulan berikutnya. Kecuali TS dalam 4 bulan atau lebih secara berturut-turut ditagihkan jauh lebih besar dari pemakaian bulanan rata-rata, baru mulai curiga ada yang tidak beres.

    Soal listrik swasta, tetap saja nanti regulatornya PLN. Listrik adalah termasuk bagian struktur vital dan strategis yang harus dikelola negara. Di negara-negara maju sama saja, perusahaan listrik swasta menjual pasokan kepada negara, sehingga tetap patokan satu harga.

  • 10 Maret 2023 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Terimaksih semuanya atas tanggapan dan informasinya.. semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan selalu dilancarkan rezekinya.. aminn..

    Dengan ini case saya nyatakan selesai..

    1
    1
  • 12 Maret 2023 - (00:22 WIB)
    Permalink

    Kalau dari aplikasi bisa download invoice nya dalam bentuk PDF, nanti disitu ada keterangan pencatatan dari tanggal berapa sampai berapa…

    Di aplikasi PLN Mobile:
    Kelistrikan > Pilih ID Pelanggan > Riwayat Penggunaan > Klik pada bulan tagihan > Lalu download invoice

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Pencatatan Meteran PLN Berbeda dengan Catat Meter Mandiri melalui PLN …

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
31