Surat Pembaca

Shopee Tidak Bertanggung Jawab Atas Pencurian Paket oleh Kurir Shopee Xpress

Saya merupakan star seller di Shopee, dengan akun: watch.empire. Pada tanggal 1 Maret 2023, ada orderan dengan kurir Shopee Xpress. Kemudian kurir datang menjemput paket. Setelah dikonfirmasi nama dan alamat pembeli, juga setelah kurir mengubah status pesanan menjadi sudah di-pick up, maka saya serahkan paket tersebut. Tidak lama kemudian pesanan sudah berubah menjadi sudah diterima pembeli.

Pada tanggal 2 Maret 2023 malam hari, pembeli chat ke saya bahwa paketnya belum dia terima. Lalu setelah saya tanya ke Shopee, disarankan agar pembeli mengajukan pengembalian dana, agar Shopee dapat investigasi pesanan ini. Pembeli mengajukan pengembalian dana pada tanggal 3 Maret 2023.

Saat proses investigasi oleh Shopee, saya diminta memberikan bukti penyerahan paket ke kurir (foto ataupun CCTV). Karena saya tidak foto saat penyerahan dan juga tidak ada CCTV di toko, maka saya berikan bukti screenshot status pesanan yang sudah di-pick up dan malah sudah sampai di tujuan di status tersebut. Saya juga minta agar kurir tersebut dimintai keterangan.

Pada tanggal 10 Maret 2023, Shopee menyetujui pengembalian dana kepada pembeli dan penjual tidak akan menerima apa pun. Alasannya hanya karena penjual tidak ada foto penyerahan paket ke kurir. Bahkan Shopee tidak menginvestigasi kurir Shopee Xpress tersebut.

Yang tidak masuk akal:

  • Kurir Shopee Xpress ditunjuk oleh sistem Shopee sendiri (bukan pilihan penjual). Penjual tentu tidak tahu kurir yang ditunjuk itu pencuri atau bukan, karena penjual hanya percaya dengan nama besar Shopee.
  • Pada saat penyerahan paket ke kurir juga sudah dipastikan status pesanan berubah menjadi sudah di-pick up, barulah diserahkan paket tersebut. Yang bisa mengubah status pesanan juga bukan penjual. Penjual hanya bisa mengubah status pesanan sampai request driver saja.
  • Setelah saya komplain ke kantor Shopee express, barulah mereka cek driver tersebut. Ternyata driver tersebut sudah beberapa kali menyelesaikan pesanan tanpa penyerahan paket ke pembeli dan saat ini sudah diputus kemitraan oleh Shopee Xpress. Driver tersebut sudah beberapa kali main curang, tapi masih juga dipakai Shopee untuk menjemput paket saya? Lalu setelah paket saya dicuri, malah saya yang harus menanggung semuanya??? Shopee malah melindungi pencuri, bukannya melindungi penjual!

Abidin Yunus
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dah Jelas dimaling kurir sope msh ngelak parah itu adm butuh disekolahin juga atau perlu ikut dipecattt

  • Dalam hal ini Shopee harus 100% bertanggungjawab. Perihal putus mitra itu urusan shopee belakangan.

    • Media konsumen adaLah wadah yg bagus buat Kita semua . Disaat marketplace tidak bertanggung jawab dgn konsumen maupun penjual. Tp lebih banyak ke penjual sih kalo shopee biasanya ?.

      media konsumen jg sebagai CS Global untuk Indonesia. Disaat cs marketplace males untuk investigasi..

      Hitungan jam setelah Surat ini Masuk uang anda pasti kembali ?

        • Maaf id id tsb sudah di banned.. Karena yg punya id id berganda justru dia.. Sudah di investigasi pihak MK.

        • Ya mungkin dia id serabut store yg dislike kamu beserta id id kloningannya supaya dia bisa fitnah saya.. Buktinya dia dan semua akun akun kloningannya yg kena banned kan? Saya cm 1 akun ini aja.. Selama akun resmi dan cuma 1 ya aman ... Terverifikasi

        • Saya juga seller di sofi dan toped. Tapi nda tau kenapa, pembeli lebih saya sarankan ke toped. Merasa nyaman aja gitu kalau pembeli order di toped. ???

  • Yang penting shopee ganti kerugian penjual lah.
    Kalau masalah driver di putus mitra, atau dicubit atau di skors dll dsb ga usah curhat ke penjual. ga peduli. Itu urusan internal shopee. Yg penting duit balik, titik.

  • Shopee emang bgitu admin nye Lemod parah, harus di teriakin, di maki baru mereka akan gubris, saran saya DM langsung ke IG shopee screen shoot semua chat admin shopee nama dll biar di pecat²in admin *****,. Sebagai seller sering di rugikan padahal biya admin di Shopee paking Mahal diantara Market Place yang ada,. admin merek itu sperti admin baru di trima kerj langsung terjun tanpa ada training atau pendalaman masalah terlebih dahulu.

  • Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • buat laporan kepolisian... ini seharusnya pihak shopi yg bertanggung jawab penuh pnya hewan bermasalah malah lepas tangan nyalahin penjual... cuiihhh pi sopi

    Nxt jadikn pelajaran sj klo emng g bs pndh k tokoijo, klo pas nyerahin barang ke kurir itu foto... emng bobrok sj nih sopi+lgi apes dpt kurir bntng kek gitu