Shopee Tidak Bertanggung Jawab Atas Pencurian Paket oleh Kurir Shopee Xpress

Saya merupakan star seller di Shopee, dengan akun: watch.empire. Pada tanggal 1 Maret 2023, ada orderan dengan kurir Shopee Xpress. Kemudian kurir datang menjemput paket. Setelah dikonfirmasi nama dan alamat pembeli, juga setelah kurir mengubah status pesanan menjadi sudah di-pick up, maka saya serahkan paket tersebut. Tidak lama kemudian pesanan sudah berubah menjadi sudah diterima pembeli.

Pada tanggal 2 Maret 2023 malam hari, pembeli chat ke saya bahwa paketnya belum dia terima. Lalu setelah saya tanya ke Shopee, disarankan agar pembeli mengajukan pengembalian dana, agar Shopee dapat investigasi pesanan ini. Pembeli mengajukan pengembalian dana pada tanggal 3 Maret 2023.

Saat proses investigasi oleh Shopee, saya diminta memberikan bukti penyerahan paket ke kurir (foto ataupun CCTV). Karena saya tidak foto saat penyerahan dan juga tidak ada CCTV di toko, maka saya berikan bukti screenshot status pesanan yang sudah di-pick up dan malah sudah sampai di tujuan di status tersebut. Saya juga minta agar kurir tersebut dimintai keterangan.

Pada tanggal 10 Maret 2023, Shopee menyetujui pengembalian dana kepada pembeli dan penjual tidak akan menerima apa pun. Alasannya hanya karena penjual tidak ada foto penyerahan paket ke kurir. Bahkan Shopee tidak menginvestigasi kurir Shopee Xpress tersebut.

Yang tidak masuk akal:

  • Kurir Shopee Xpress ditunjuk oleh sistem Shopee sendiri (bukan pilihan penjual). Penjual tentu tidak tahu kurir yang ditunjuk itu pencuri atau bukan, karena penjual hanya percaya dengan nama besar Shopee.
  • Pada saat penyerahan paket ke kurir juga sudah dipastikan status pesanan berubah menjadi sudah di-pick up, barulah diserahkan paket tersebut. Yang bisa mengubah status pesanan juga bukan penjual. Penjual hanya bisa mengubah status pesanan sampai request driver saja.
  • Setelah saya komplain ke kantor Shopee express, barulah mereka cek driver tersebut. Ternyata driver tersebut sudah beberapa kali menyelesaikan pesanan tanpa penyerahan paket ke pembeli dan saat ini sudah diputus kemitraan oleh Shopee Xpress. Driver tersebut sudah beberapa kali main curang, tapi masih juga dipakai Shopee untuk menjemput paket saya? Lalu setelah paket saya dicuri, malah saya yang harus menanggung semuanya??? Shopee malah melindungi pencuri, bukannya melindungi penjual!

Abidin Yunus
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Xpress:
[Total:135    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Shopee Tidak Bertanggung Jawab Atas Pencurian Paket oleh Kurir Shopee Xpress

  • 19 Maret 2023 - (10:19 WIB)
    Permalink

    setelah tampil disini, shopee akan bergerak cepat dan akan segera direfund ke penjual

    10
    17
      • 19 Maret 2023 - (21:37 WIB)
        Permalink

        Pengalaman sbgai konsumen beli paket sopee expres pesanan sedang menuju ke alamat rumah,,sekitar pkul 18.00 di tunggu2 tiba2 ada wa dari kurir bahwa saat mengetuk pintu tidak ada orang, setelah bbrapa saat saya telepon balik, saya minta kmbali lagi dari tadi ada orang di rumah, bilangnya sudah pulang, dan rencana di kirim besok ehh tau2nya 3 hari kmudian baru nyampe,, bgitulah sbgai konsumen penerima mamfaat geratis ongkir.. mau komplen da namanya gratis ongkir.. wkwkwk

        6
        2
        • 20 Maret 2023 - (11:56 WIB)
          Permalink

          Itu kurir biasa lakukan demikkian supaya dapat nilai baik oleh marketplace karena tepat waktu dapet bonus dari marketplace nya. Makanya kadang blum sampe udah ditulis diterima dulu oleh kurir (walau sampe nya 2 hari lagi)

          16
          2
          • 24 Maret 2023 - (19:22 WIB)
            Permalink

            Bonus apaan …yang ada kurir cuma bayaran per paket 1500 itu bensin pulsa sudah tanggungan sendiri …
            Jika hilang pun yang kena claim ganti juga kurir.

    • 20 Maret 2023 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Iy pihak shope sll membela penjual pdhl banyak penjual curang dan nipu .saya aja bru kena tipu kok 3 jt dr penjual barang g dkirim…apalg sy pake metode shopepaylater…shope malah membela penjual…msh aja dipelihara penjual kyk gt heran shopee

      3
      4
      • 21 Maret 2023 - (22:55 WIB)
        Permalink

        Waduh bahaya juga kalau gitu belanja di shopee kalau kenyataannya seperti itu. banyak kurir pencuri sama penjual penipu apalagi kalau bener dilindungi

    • 22 Maret 2023 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Bener.

      Yang paling bener adalah, kalau ada apapun yg bermasalah, gak perlu cari CSO shopee untuk berdebat karena mereka seperti robot. Hanya mengulang penjelasan (yang tidak masuk akal) yang sudah di tulis oleh mereka yg membuat keputusan.

      Jadi langsung ke media konsumen dan langsung di selesaikan.

  • 19 Maret 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    kalau dari tangkapan layar tanggal 1 Maret jam 15:56 kurir pickup kemudian jam 15:58 pesanan terkirim (hanya 2 menit). Itu ada surat (email) dari shopee kalo kurir udah diputus mitra. artinya Shopee mengakui kalau kurir tersebut bermasalah. Saran saya gas terus supaya clear masalahnya.

    15
    9
  • 19 Maret 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    jualan di eCommerce banyak problem nya menurut saya, jadi kalau udah tau apa ajah resiko nya, harus dari sekarang yg jualan agar selalu teliti dan punya bukti bukti agar lebih gampang proses nya ke jalur manapun

    6
    8
  • 19 Maret 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Jelas ga masuk akal pengantaran 2 menit selesai. Dan menurut saya ga perlu shopee meminta foto paket penyerahan ke kurir kecuali case nya barang yg sampai berbeda dengan yg di pesan. Lah, ini kan kasus barang tidak sampai atau hilang atau di curi. Karna paket status sudah terpickup dan diantar. Semakin banyak oknum di jualan online. Dan pada email sudah jelas shopee mengakui kesalahan kurir dengan pemutusan kerja sama mitra. Semoga masalah cepat teratasi dan dapat pergantian full dari shopee.

    8
    9
    • 19 Maret 2023 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Dulu saya kurang suka pilih Shopee express karena lambat,,, tapi sekarang ditempat saya sudah berubah, sopex jadi lebih cepat… Plus lagi jika COD pembayarannya sesuai dengan nilai yang tercantum… Beda lagi dgn jasa pengiriman yang satunya (jnt) dia minta lebih, kisaran rp.2000 http://pendhew.my.id

      7
      9
    • 21 Maret 2023 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Kalau begitu caranya bisaĀ² pelanggan shopee pada pindah, bisa karena rugi barang SDH dibeli SDH dibayar eh raib pula. Kalau ingin belanja di shopee mending COD aja kali

  • 19 Maret 2023 - (13:15 WIB)
    Permalink

    APAKAH E-COMMERCE SHOPEE DAN SHOPEE EXPRESS ADALAH DUA PERUSAHAAN BERBEDA, ATAU SATU LINGKUP COMPANY . .!??
    KOK BISA Kejadian macam begini, KALAU EXPEDISI LAIN, PIHAK KURIR YG MEWAJIBKAN Mendokumentasikan barang bawaannya sebagai tanggung jawabnya . .!??
    Dan LAGII . . Merubah STATUS dari Sedang dikirim Hingga Diterima pembeli.
    Itu HAKNYA PEMBELI NGEklik di aplikasi Shopee . .!??

    5
    4
    • 19 Maret 2023 - (14:57 WIB)
      Permalink

      shopee dan shopee xpress sama induknya setahu saya yang beda itu spaylater sama spinjam

      4
      10
    • 19 Maret 2023 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Harus nya sih iya kurir yg mendokumetasikan foto itu . Jk tidak Ada foto yg diupload di tracking sbg dokumentasi ya harusnya kurir driver yg disalahkan. Tapi Kalo di shopee beda .. yg disalahkan seller ga foto barang. Unik bukan? ,šŸ˜. Makanya kalo Ada komplen abis buat buka laporan di shopee nya. langsung CC ke media konsumen juga supaya ga berhari Hari .. lama penanganan C’s shopee soalnya

      19
      3
  • 19 Maret 2023 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Saran minta foto identitas kurir ke mereka lalu lapor ke polisi perihal pencurian. Penjarain saja sampah kacam begitu.

    14
    8
    • 20 Maret 2023 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Lapor polisi ga diladenin sama polisi bos. Yg ada nti ada biaya ini ono jd kita yg keluar dana banyak yg ga perlu šŸ˜„ blum pernah ya lapor polisi soal penipuan marketplace?

  • 19 Maret 2023 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Hadeuh..amit” deh shopee. Toko saya juga baru saja dipaksa mengkatifkan shopee express, tanpa mereka bisa pickup ataumenyediakan gerai shopee express di dekat lokasi saya, hanya numpang drop lewat ekspedisi lain yg gak bisa memberi resi resmi shopee express dan gak bisa langsung update status pengiriman, yg saya takutkan, paket sudah dipickup tetapi resi gak diupdate mengakibatkan pesanan batal otomatis karena dianggap penjual terlambat mengirim paketšŸ¤Ø

    6
    5
    • 20 Maret 2023 - (14:47 WIB)
      Permalink

      Biasa drop Shopee dimana bro? Kalo saya di wahana.. Wahana Terima drop off point Shopee express

  • 19 Maret 2023 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Sopi lagi sopi lagi emang ******** si sopi, adminya ga ngotak pula. Semoga seller dapat keadilan setelah artikel ini tayang

    7
    4
  • 19 Maret 2023 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Dah Jelas dimaling kurir sope msh ngelak parah itu adm butuh disekolahin juga atau perlu ikut dipecattt

    9
    5
  • 19 Maret 2023 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Dalam hal ini Shopee harus 100% bertanggungjawab. Perihal putus mitra itu urusan shopee belakangan.

    4
    16
    • 19 Maret 2023 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Media konsumen adaLah wadah yg bagus buat Kita semua . Disaat marketplace tidak bertanggung jawab dgn konsumen maupun penjual. Tp lebih banyak ke penjual sih kalo shopee biasanya šŸ˜.

      media konsumen jg sebagai CS Global untuk Indonesia. Disaat cs marketplace males untuk investigasi..

      Hitungan jam setelah Surat ini Masuk uang anda pasti kembali šŸ˜

      19
      1
        • 20 Maret 2023 - (11:33 WIB)
          Permalink

          Maaf id id tsb sudah di banned.. Karena yg punya id id berganda justru dia.. Sudah di investigasi pihak MK.

          15
        • 20 Maret 2023 - (11:38 WIB)
          Permalink

          Ya mungkin dia id serabut store yg dislike kamu beserta id id kloningannya supaya dia bisa fitnah saya.. Buktinya dia dan semua akun akun kloningannya yg kena banned kan? Saya cm 1 akun ini aja.. Selama akun resmi dan cuma 1 ya aman … Terverifikasi

          16
        • 21 Maret 2023 - (08:27 WIB)
          Permalink

          Saya juga seller di sofi dan toped. Tapi nda tau kenapa, pembeli lebih saya sarankan ke toped. Merasa nyaman aja gitu kalau pembeli order di toped. šŸ˜¬šŸ˜¬šŸ˜¬

  • 20 Maret 2023 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Yang penting shopee ganti kerugian penjual lah.
    Kalau masalah driver di putus mitra, atau dicubit atau di skors dll dsb ga usah curhat ke penjual. ga peduli. Itu urusan internal shopee. Yg penting duit balik, titik.

    4
    1
  • 21 Maret 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Shopee emang bgitu admin nye Lemod parah, harus di teriakin, di maki baru mereka akan gubris, saran saya DM langsung ke IG shopee screen shoot semua chat admin shopee nama dll biar di pecatĀ²in admin *****,. Sebagai seller sering di rugikan padahal biya admin di Shopee paking Mahal diantara Market Place yang ada,. admin merek itu sperti admin baru di trima kerj langsung terjun tanpa ada training atau pendalaman masalah terlebih dahulu.

  • 23 Maret 2023 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • 25 Maret 2023 - (17:20 WIB)
    Permalink

    buat laporan kepolisian… ini seharusnya pihak shopi yg bertanggung jawab penuh pnya hewan bermasalah malah lepas tangan nyalahin penjual… cuiihhh pi sopi

    Nxt jadikn pelajaran sj klo emng g bs pndh k tokoijo, klo pas nyerahin barang ke kurir itu foto… emng bobrok sj nih sopi+lgi apes dpt kurir bntng kek gitu

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Xpress?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Shopee Tidak Bertanggung Jawab Atas Pencurian Paket oleh Kurir Shopee ā€¦

oleh abidin yunus dibaca dalam: 1 menit
40