Pengalaman Pertama dengan Hyundai, Sudah Bayar “Booking Fee” dan Terbit SPK tapi Unit yang Dijanjikan Tidak Ada

Pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2023, saya melakukan pembayaran DP atau tanda booking fee sebesar Rp5 juta rupiah ke rekening bank swasta, dengan nomor rekening 230300**** atas nama Hyundai Mobil Indonesia dan sudah terbit SPK dengan nomor: 100-007951. Untuk unit yang telah disepakati dengan pihak Hyundai adalah Hyundai Stargazer Warna Magnetic Silver Type Prime 1.5 IVT Dual Tone Captain Seat, untuk NIK 2022 (bukti-bukti percakapan saya simpan). Rencana saya pembayaran secara tunai (cash).

Pada hari Kamis tanggal 16 Maret 2023, sesuai waktu yang disepakati dengan pihak Hyundai, saya (diwakili saudara) melakukan kunjungan ke showroom Hyundai Kalimalang Jakarta untuk memastikan proses pembayaran. Namun sesampai di kantor Hyundai tersebut, kami mendapatkan informasi dari supervisor di kantor Hyundai Kalimalang, bahwa unit yang telah saya bayar booking fee-nya tersebut telah tidak ada. Lalu saya diarahkan untuk pengalihan unit NIK 2023 dengan spesifikasi yang sama. Apabila saya cancel, maka uang booking fee akan terpotong 50%.

Untuk permasalahan seperti di atas, siapa yang salah? Apakah pihak Hyundai, sales, atau calon konsumen? Mohon kiranya diberi solusi yang tidak merugikan pihak calon konsumen. Saya sebagai calon konsumen sudah dirugikan dengan unit yang dijanjikan tapi tidak ada. Jangan sampai uang booking fee terpotong.

Semoga perusahaan Hyundai menjadi lebih baik. Terima kasih.

Oktiyadi Wirawan
Sukabumi, Jawa barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

56 komentar untuk “Pengalaman Pertama dengan Hyundai, Sudah Bayar “Booking Fee” dan Terbit SPK tapi Unit yang Dijanjikan Tidak Ada

  • 21 Maret 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    emang apa bedanya ya NIK 2023? sorry gw ga paham, padahal pengen beli mobil ini juga…

    5
    5
    • 21 Maret 2023 - (16:23 WIB)
      Permalink

      yang salah salesnya lah, wong unit buatan pabrik th 2022 (nik) sangat trbatas & rebutan, di spk’in. coba bicara lg pak dgn spv / kacab dealer tsb bs tp ruet prosesnya. smoga masalahnya cepat tratasi.

        • 30 Maret 2023 - (20:32 WIB)
          Permalink

          Mohon maaf pak, kebetulan saya sales Hyundai, di Spk tertulis sepertinya harga Stargazer nik 2023, soalnya nik 2022 selisih 3jt, apakah BBN pembelian wilayah Jakarta atau Jawabarat ? Mengingat KTP bapak Sukabumi.
          Sesuai peraturan transaksi keuangan via transfer bank, jika ada pembatalan maka terkena potongan PPN 11%.
          Potongan 50% hanya berlaku jika pembatalan dr pihak konsumen saja
          Punten?

      • 22 Maret 2023 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Sebetulnya klo ingin beli mobil dg komposisi hrs tanda jadi dulu ato booking fee lbh baik liat unitnya dulu posisi unit di mana dtgi dulu posisi unitnya klo memang unit msh ada dan liat brp unit yg tersisa dr NIK 22 itu stlh itu mintakan utk unit itu di beri tanda “SOLD” (biasa yg membuat bagian input data konsumen ato sales dg meminta di bagian input data ) artinya tlh TERJUAL stlh itu minta oleh sales ato bagian input data utk memandu ke kasir utk pembayaran TANDA JADI dg form yg sdh di isi oleh SALES yg mengHANDLE konsumen tersebut…

        1
        2
    • 22 Maret 2023 - (15:06 WIB)
      Permalink

      Bedanya hanya di discount sj pak. Salusi dari sy mending ambil yg nik 2023. Itu sudah pasti Fresh from Open. Bpk bisa konsultasi lgsg ke no. 082330288891. Kami akan membantu terkait apapun mengenai hyundai yg bpk butuhkan.

      1
      9
      • 22 Maret 2023 - (22:12 WIB)
        Permalink

        Bedanya “HANYA” di discount sj pak.
        Hanya yah? Hebat sekali jawabannya… Kalau sudah deal, sudah DP, lalu diancam bayar lebih atau DP hilang 50%, itu menurut saya sudah termasuk unsur pemerasan loh.

        • 22 Maret 2023 - (23:03 WIB)
          Permalink

          Aturannya sebenarnya sudah jelas pak. Apabila Spk dgn sistem pembayaran cash/ctedit ternyata unit yg di pilih tdk tersedia maka uang booking fee blk 100%. Dan apabila sistem pembayaran kredit dan ternyata leasing menolak atas alasan yg jelas(exs.coll 5) maka uang booking fee pun blk 100%.
          Disini itu bukan siapa yg credit lbh cpt dpt unit ketimbang beli cash. Tp kalau sdh terinformasi ada unit dan segera pelunasan baik cash maupun credit(tdp dan p.o leasing lengkap) pasti unit bs segera dikirim.
          Saran sy sbg sales consultan kpd bpk, untuk booking fee kendaraan di brand manapun bisa ditanyakan sedari awal detail prosudurnya kpd sales yg bersangkutan.
          Semoga ada manfaat info dr sy ya pak.

          1
          3
      • 22 Maret 2023 - (22:46 WIB)
        Permalink

        Klo problem nya krn HANYA diskon, ya kasih lah… Knpa berat x ngasih nya ssuai perjanjian.. Tapi katanya “HANYA diskon”. Kalo berat, makanya jgn gunakan kata2 yg meremehkan sperti itu. Buktikan donk kata2 HANYA nya.

        • 23 Maret 2023 - (10:23 WIB)
          Permalink

          Itu SPK nya bukan di tempat sy bpk.
          Kalau di tempat sy pasti sy ksh edukasi sebaik mungkin termasuk hal diskon.
          Sy disini cm membantu jawab sj bpk karena sy dari PT. Lain bukan dr PT. Yg ada di spk itu.

      • 23 Maret 2023 - (05:12 WIB)
        Permalink

        PENGALAMAN DIHYUNDAI MALL TAMAN ANGGREK BUAT KAMI KECEWA.
        KEJADIAN NYA WAKTU KAMI MENGAJUKAN KREDIT STARGAZER. BOKING FEE KAMI DIMINTA 2 JT. LAMA DINANTI AKHIRNYA PIHAK LESSING MENOLAK PERMOHONAN KAMI. KAMI MEMINTA KEMBALI BOKING FEE KAMI 2 JT. KURANG LEBIH LAMANYA 3 BLN KAMI BARU DIINFO DAN KAMI DIKASIH GIRO OLEH HYUNDAI MALL TMN ANGGREK. NAH LUCU NYA UANG BOKING FEE KAMI 2 JT. DIPOTONG PAJAK 11%. UANG KAMI DIPENDAM HYUNDAI MALL TMN ANGGREK SLMA 3 BLN. SETELAH DIPENDAM DIPOTONG PULA PAJAK 11%. INI YG BEGO KAMI ATAU PIHAK HYUNDAI MALL TMN ANGGREK NYA??? MOHON PENJELASAN NYA

    • 27 Maret 2023 - (16:09 WIB)
      Permalink

      unit 2022 jelas diskonnya lebih besar, kira² selisih 30 juta.. bulan lalu mau SPK creta, unit 2023 diskon cuma 5 juta tapi sama sales ditawarin yg produksi taun lalu dengan diskon 35 juta, lumayan gak tuh.. pokoknya creta prime IVT dualtone jatohnya cuma 382 juta..

    • 21 April 2024 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Enggak paham deh sama Hyundai. Aku juga ngalamin kepahitan tentang booking fee.
      Dah jelas pengajuan kredit ditolak. Dari pembayaran di bln januari 2024 sampe hari ini 24 April 2024. Belum dikembalikan.
      Padahal jika kesalahan yang dilakukan pihak pembeli jika kita nyicil kita dikenakan bunga yg tinggi belum lagi tindasan2 sama penagih.
      Tapi Jika pihak Hyundai atau siapapun yg punya kesalahan sampe beberapa bulan. Mereka bebas bahkan membalas email kita juga enggak pihak custumer servis diam seribu bahasa bagaikan pajangan mendengar keluhan kita. Sales mangkir pura2 sibuk sampe read WA aja gak sempat.
      Kita yang punya uang tapi ngemis.
      Lirih memang.
      Yaaaa ambil aja deh tuh uang. Kasihan jika butuh uang buat operasional kantor jangan peras uang oranglah. Elegan dikit.

  • 21 Maret 2023 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Apa bedanya nik 2022 & 2023?? Kalo harga sama ya malah lebih bagus yg terbaru nik 2023. Kalo dibilang salah, ya sudah pasti salah pihak hyundai yg menjanjikan barang dengan spek yg sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

  • 21 Maret 2023 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Saya yakin pihak Hyundai akan selesaikan ini, karena kasusnya tergolong memalukan. Saya pikir TS punya bargaining power untuk tetap sepakat di perjanjian awal dengan unit NIK 2023. artinya diskon tetap seperti kesepakatan awal. Kalau masih ditolak, TS bisa buat SP lanjutan di MK (dan media online lain) supaya masalahnya abadi sebagai jejak rekam digital.

      • 22 Maret 2023 - (17:23 WIB)
        Permalink

        Lebih nyenyak lagi tidurnya kalo cari merek lain yg after salesnya lebih baik dari ini.

      • 22 Maret 2023 - (17:39 WIB)
        Permalink

        Salam. Perkenalkan kami perwakila dari Hyundai kalimalang ingin mengklarifikasi.
        23 Feb spk Waktu itu unit masih ada.. proses kredit data sukabumi.. kemudian di tolak leasing karena data daerah.. unit nik 22 sangat terbatas. Kemarin senin konsumen datang konfirmasi mau beli cash.. sedangkan unit sudah kosong.. ditawarkan nik 23 tdk mau.. mau tapi harga sama kan tdk mungkin karena beda tahun. Akhirnya minta batal.

        Selasa tgl21 sudah di berikan info ke konsumen broses batal kembali 100%
        Tapi konsumen sudah komplain kemana mana.. padahal kita masih komunikasi .. boleh komplain kalau kita tdk menanggapi atau tdk respon
        Kita kita masih memberikan solusi nik 2023 dengan pen awaran harga …

        Memang harga 2023 kita tdk sepakat karena mereka tetep meminta hrga sama

        • 22 Maret 2023 - (18:43 WIB)
          Permalink

          maaf mas siapa yang ditolak leasing? hayo jgn membalikan fakta. ini bukti percakapnnya ada disaya semua. saya yg memutuskan beli cash. mau adu bukti hayooo..

        • 22 Maret 2023 - (18:47 WIB)
          Permalink

          maaf saya tidak komplaint kemana mana. saya komplaint hanya ke web resmi hyundai dan menulis ke mediakonsumen. hayo harus berani membertanggung jawabkan tulisannya ya.

        • 22 Maret 2023 - (18:59 WIB)
          Permalink

          saya memutuskan bayar cash tanggal 04 Maret 2023 via sales. tanggal 06 Maret 2023 Sales Mengirimkan Skema hitungan untuk Asuransi Jika Pmbelian Cash. Hayo jgn mengarang.

          • 22 Maret 2023 - (19:30 WIB)
            Permalink

            perwakilan saya datang kekantor hyundai kalimalang hari kamis tanggal 16 Maret 2023 bukan hari senin kemarin seperti pihak HMI tuliskan. dan pihak sales sudah tau tgl 04 Maret 2023 saya mau beli cash, buktinya sales mengirimkan (menawarkan) skema hitungan asuransi. yuk kita berbicara yg jujur. tidak ditambah ataupun tidak dikurangi. real berbicara sebebarnya. terima kasih

        • 23 Maret 2023 - (02:33 WIB)
          Permalink

          Salam Damai
          Ikut berpendapat. Kalo saya baca dari awal Surat Pembaca yang ditulis TS dan tanggapan – tanggapan pembaca (yg nyambung) saya berpendapat bahwa TS telah melakukan pembayaran (DP/ Booking Fee) Ke rek HMI untuk mendapatkan unit yang telah disepakati sebelumnya. Kita cermati fungsi atau maksud dari Booking Fee ini untuk apa? Menurut saya tidak mungkin sales menyuruh calon konsumen untuk melakukan Booking Fee tanpa mengetahui pasti ketersediaan unit yang dimaksud apalagi ini unit yg disepakati adalah unit yang terbatas serta proses tranfer ke rek kantor bukan ke rekening pribadi sales. Setelah dilakukan pembayaran Booking Fee kemudian dibuatkan SPK (Surat Pesanan Kendaraan) dimana didalam SPK ditulis jumlah unit dan spek unit yang dipesan dan SPK yang dilampirkan TS saya lihat sudah ditanda tangani oleh pemesan, wiraniaga, supervisior dan Administrasi kecuali kepala cabang, Tapi pada Tulisan Ketentuan di SPK (point 1 Bagian B) dianggap sah apabila “telah disetujui kepala cabang/ bagian administrasi”. Berarti Menurut saya SPK ini sudah SAH. Dari sini silahkan tarik kesimpulan masing-masing.
          Saran saya carilah solusi yang baik yang tidak saling merugikan, saya baca TS pada Akhir penulisan menulis “Semoga perusahaan Hyundai menjadi lebih baik”, berarti ini semacam kritikan yang bertujuan membangun kearah lebih baik. Saya menyesalkan Klarifikasi yang kurang pas/ kurang akurat dari Perwakilan Hyundai Kalimalang. Saya bilang kurang pas karena diklarifikasi (dibantah) kembali oleh TS, contohnya mengenai kunjungan ke kantor Hyundai Kalimalang. Pihak Hyundai kalimalang menulis Senin diklarifikasi oleh TS Kamis. Kalo saya baca TS sudah siap bukti bukti kaitan permasalahan ini. Pendapat saya sepertinya ini ada mis komunikasi internal pihak HMI. SEMOGA TERSELESAIKAN DENGAN BAIK.

          • 23 Maret 2023 - (11:01 WIB)
            Permalink

            Niat Hati perwakilan Hyndai kalimalang klarifiaksi sepertinya ditegur pusat, tapi klarifikasinya dapat dibantah TS. makanya diformat dulu kalo mau klarifikasi jangan asal nulis. wahhh bakalan ditegur lagi tuh siap siap. ternyata banyak yg kompalin juga . wahhhh…..

    • 22 Maret 2023 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Pak Arif Nugroho, saya tergelitik dengan komenan TIDAK MUTU anda.
      Urusan TS mau cari diskonan atw tidak, kan yang bayar TS bukan anda, picik sekali pemikiran anda membahas orang mencari diskonan,
      Orang cari diskon bukan berarti orang tidak mampu. Ts mau beli cash, anda cuma bisa komentar Nyinyir.
      Saya kira cuma Ibu ibu komplek saja yang mulutnya nyinyir,ternyata laki2 seperti anda ga kalah nyinyir mulutnya.

        • 22 Maret 2023 - (16:13 WIB)
          Permalink

          Iya, pak. Engak usah di pikirin toh engak ada urusan dengan anda membeli mobil dengan diskonan atau tidak. Uang2 anda. Hak anda membeli secara diskon atau. Itupun kalo seumpama barang di jual diskon tapi orang tidak tertarik untuk membeli tentu tidak laku kan. Itu kan sebenarnya “TRIK MARKETING” aza. Harga sudah di UP dan seolah-olah harga murah setelah di diskon. Tidak mungkin penjual/produsen mau rugi untuk menjual barang. Pakai logika aza deh. Seolah-olah belanja atau membeli diskonan sesuatu yang terhina dan buruk. Anda membayar bukan untuk mencuri. Apakah zamannya teknologi dengan media sosial suka pamer2 berakibat tabu orang membeli dengan diskonan…?! Di pikirnya Pak Arif Nugroho begitu “SUSAHNYA ANDA ATAU MISKIN” sampe beli mobil cari diskonan.

          1
          1
          • 22 Maret 2023 - (17:05 WIB)
            Permalink

            Iya Betul sekali pa. tidak akan dipikirkan pendapat pa Arif Nugroho, terserah dia mau beranggapan apa. wong kita yang mau bayar dan kita yang mau pakainya. Salam Sehat ….

        • 22 Maret 2023 - (16:19 WIB)
          Permalink

          Iya, pak. Engak usah di pikirin toh engak ada urusan dengan anda membeli mobil dengan diskonan atau tidak. Uang2 anda. Hak anda membeli secara diskon atau tidak. Itupun kalo seumpama barang di jual diskon tapi orang tidak tertarik untuk membeli tentu tidak laku kan. Itu kan sebenarnya “TRIK MARKETING” aza. Harga sudah di UP dan seolah-olah harga murah setelah di diskon. Tidak mungkin penjual/produsen mau rugi untuk menjual barang. Pakai logika aza deh. Seolah-olah belanja atau membeli diskonan sesuatu yang terhina dan buruk. Anda membayar bukan untuk mencuri. Apakah zamannya teknologi dengan media sosial suka pamer2 berakibat tabu orang membeli dengan diskonan…?! Di pikirnya Pak Arif Nugroho begitu “SUSAHNYA ANDA ATAU MISKIN” sampe beli mobil cari diskonan.

      • 22 Maret 2023 - (16:02 WIB)
        Permalink

        Betul, apa urusannya mau belanja kek, beli mobil kek urusan diskonan di permasalahin. Uang2 yang punya bapak oktayadi wirawan kok anda yang nyolot dan sinis pak Arif Nugroho. Ternyata nama anda arif tidak sama sesuai sifat anda. Apakah orang dengan memakai diskonan seolah2 salah dan buruk dimata anda. Apakah segitu susahnya dan miskin orang yang suka membeli dengan harga diskonan. Mikir dan bijak pak sebelum berkomentar.

  • 22 Maret 2023 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Kalo dari awal ngga cash tapi kridit bisa langsung dianter tu stargazernya. Karna cash ya harap maklumlah ya, udah lagu lama.

  • 22 Maret 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Coba hubungi ke Hyundai pusat. Biasanya saya ke instagram mereka. Klo udah ada SPK dengan harga mobil tertera jelas ya harusnya ikut seperti itu. Jangan setelah dibayar DPnya lalu alasan NIK 2022 udah gak ada, sedangkan harga 2023 udah pasti beda. Sayangnya di SPK hanya tertulis jenis dan tipe mobil tanpa keterangan NIK. Mereka bisa berdalih karna udah ditulis harga tidak mengikat.

  • 22 Maret 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Hyundai atau salesnya yg salah…andaikan stok nik 2022 sdh ngga ada knp bs keluar SPK?kalaupun nik 2023 tersedia maka harganya hrs tetap spt kesepakatan sblmnya.dah salah stok ngga ada eh DP mau dipotong 50%…enak betul salesnya?

  • 22 Maret 2023 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Dari sejak SPK 23 feb ke 16 maret ada jeda waktu lumayan banyak, apa di waktu2 itu tidak ada update informasi soal unitnya? Dan klo pembelian cash harusnya bisa langsung pelunasan dlm 2 / 3 hari.

    Untuk booking fee seharusnya bisa di kembalikan 100% karena unit yg diminta nik 2022 tdk ada (bukan kesalahan konsumen).

    Banyak faktor, bisa jadi saat spk itu unitnya mmg msh ada dan tidak salah jika di ambil spk nya. Krna spk yg masuk banyak jd siapa yg lebih cepat proses nya dia yg dapat…
    Atau negosiasi diskon tdk aprove? atau faktor2 yg lain hanya konsumen dan sales yg tau.

    Resiko spt ini hrsnya dpt di bicarakan oleh sales nya dan di pahami oleh konsumen terutama pembelian di akhir tahun apalagi sdh lewat tahun.

  • 22 Maret 2023 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Klo Cari Nik 2022 , Di Honda Ada nih ..
    Honda Brv ..

    Siap CoVer Se Jawa Timur ,
    Luar Jatim ..
    Kadang Ada Pengecualian ..

    TEJE HONDA ALL JATIM
    Wa 082 331 421 421 ..

    JAMIN AMANAH , & MURAH

  • 22 Maret 2023 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Aturannya sebenarnya sudah jelas pak. Apabila Spk dgn sistem pembayaran cash/ctedit ternyata unit yg di pilih tdk tersedia maka uang booking fee blk 100%. Dan apabila sistem pembayaran kredit dan ternyata leasing menolak atas alasan yg jelas(exs.coll 5) maka uang booking fee pun blk 100%.
    Disini itu bukan siapa yg credit lbh cpt dpt unit ketimbang beli cash. Tp kalau sdh terinformasi ada unit dan segera pelunasan baik cash maupun credit(tdp dan p.o leasing lengkap) pasti unit bs segera dikirim.
    Saran sy sbg sales consultan kpd bpk, untuk booking fee kendaraan di brand manapun bisa ditanyakan sedari awal detail prosudurnya kpd sales yg bersangkutan.
    Semoga ada manfaat info dr sy ya pak.

  • 25 Maret 2023 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Apakah salesnya pecatan dari merk lain? Kok bisa-bisanya menghancurkan hyundai dari dalam.

 Apa Komentar Anda mengenai Dealer Mobil Hyundai?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Pertama dengan Hyundai, Sudah Bayar “Booking Fee̶…

oleh Oktiyadi Wirawan dibaca dalam: 1 menit
56