Surat Pembaca

Pesanan Laptop Tidak Diterima dari Shopee, Tapi Pesanan Dianggap Selesai

Tanggal 20 Maret 2023, saya lakukan pembelian laptop via Shopee, nomor pesanan: 230320VMVM7VMV. Diinfokan oleh Shopee, barang akan dikirimkan pukul 17.01 dan akan tiba dalam 2 jam.

Kemudian saya terima chat WA dari driver Shopee, mengabarkan bahwa pesanan laptop tersebut dicuri orang di tengah jalan. Kemudian saya sampaikan itu bukan urusan saya. Kemudian ada update dari Shopee, bahwa barang diterima pada tanggal 20 Maret pukul 19.00.

Mohon ditunjukkan bukti foto pengiriman dan siapa yang terima ? Di rumah saya ada CCTV, jadi bisa dilacak kembali apakah benar ada Shopee mengantar barang ke rumah saya.

Kemudian saya ajukan komplain ke Shopee dan di forum diskusi Penjual, Shopee dan Pembeli, saya sudah sampaikan barang tidak pernah saya terima. Tiba-tiba tanggal 22 Maret saya dapat notifikasi dari Shopee bahwa pengajuan pengembalian dana ditolak. Bagaimana mungkin saya membayar untuk barang yang tidak saya terima?

Jangan Shopee lepas tangan kalo ini kelalaian dari sopir Shopee kenapa konsumen yang harus dirugikan? Mana tanggung jawabmu Shopee? Ini bisa menjadi preseden buruk membuat customer tidak mau lagi belanja online.

Mohon tanggung jawab Shopee dan saya melaporkan ini supaya mendapatkan perlindungan sesuai UU Perlindungan Konsumen.

Ivan Roy
Jakarta Utara


Update (2 April 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aneh bin ajaib, Shopee minta bukti apalagi dari buyer?
    Mau minta video unboxing?
    Bodohnya sampai level dewa dah kalau begitu, orang buyer tak pernah terima barang kok suruh unboxing.

  • biaa jdi modus dri kurir... bisa jdi insiden krn kurir itu bawa paket bbrp pengiriman tujuan... kadang sering lihat kurir masuk jln kaki ke gang sempit motor ama paket parkir aja dpn gang... beresiko di curi.... smg ada solusi dan uang nya kembali

  • sudh ditemui drivernya?klu blum temui! coba tanya ke penjualnya difoto ga kurir pas proses penyerahan barangnya? cocokan kurirnya. klu cocok coba gali informasi dri dia, dimana dan bagaimana bisa terjadi. posisi tkp dmna, tanyai orang sekitarnya apakah benar terjadi. atau.. hanya drama kurir?

    • Itu kerjaan polisi boss qiu... lu salah salah menanyakan orang, dilaporin balik atas perbuatan tidak menyenangkan, ambyar lu. Ini TS lagi masalah dengan nominal uang gede, yg masih bacot memojokkan TS karena balasan "bukan urusan saya" pada mati lo bego. Dari isi chatnya gak ada yg salah dengan Buyer, dan juga jangan bilang siapa suruh belanja nominal besar pakai ecommerce, lo bakal hidup dijaman serba tehnologi canggih! Kalau belum siap silahkan minum sianida secepatnya. Seharusnya para pelaku usaha tehnologi melihat permasalahan seperti ini seperti bug yg harus dibenahi. TS kalau punya modal sedikit lagi, ramakain kasus ini terus dimedia sosial, Pakai iklan bila perlu biar cepat up dan viral. Kalau udah viral, akan banyak pengacara siap dampingi tanpa dibayar, Syukur syukur bisa masuk pengadilan dan menang, anda akan dapat ganti rugi ratusan kali lipat. Dan menjadi pahlawan menyelamatkan masyarakat dari pembodohan. Semangat

      • lh w cuman kasih saran doang, mau diikuti atau engga ya ga msalah bwt w. w hnya pembaca yg kbtlan care dengan kasus bgni . dimana "tidak menyenangkanya?? bung"

  • Kak coba up kronologi Dan bukti ke Facebook Fanpage e-commerce shitposting v2. Admin nya ngebantu banget Dan di tag in lgsg ke shopee biar segera di follow up sama shopee

  • Harus driver buat laporan polisi kalo benar terjadi tindak kriminal dijalan,, makin ngeri aja blanja pake instan spx bnyk drama

  • Itu drivernya yang maling atau Drivernya kerjasama dg pelaku lain, Chat castumer untuk infokan kalo barangnya hilang itu cuma ngapusi, dan kurir bilang mau tanggung jawab juga ngapusi juga,,,, Buktinya kalo dia mau tanggung Jawab knp Paket Tersebut di SCAN TT (Tanda Terima), Cek Konfirmasi TTnya kira2 lokasinya sesuai alamat tidak.?

  • Apakah ini modus penipuan baru, coba upload ke facebook dan twitter. Biar viral.

  • Ini kasus fatal, bisa menjadikan shopee dihindari oleh konsumen, saya sebagai pembeli dan punya akun shopee gak akan beli di shopee sampai kasus ini terang benderang.

  • Laporkan saja. Sekalian buat laporan kehilangan direskrim polda.
    Hancurkan juga nama shopee. Memang shopee ini bermasalah. Admin sudah mahal tapi gag buat sistem bagus.
    Dilapak sebelah sudah plus asuransi. Tpi dishopee harus nambah cost dibebankan oleh penjual.