Penolakan Klaim Asuransi Ponsel Xiaomi dari Bolttech, dengan Alasan Batasan Waktu 3 Hari dari Insiden

Kepada teman-teman yang ingin membeli HP Xiaomi, mohon berhati-hati terhadap sales yang menawarkan produk asuransi (garansi tambahan) untuk hp yang ingin teman-teman beli. Hal tidak baik terjadi kepada saya. Pada saat itu saya membeli HP Xiaomi pertama saya (Xiaomi 11T pro) pada tanggal 1 April 2022. Saya ditawari asuransi produk oleh sales Xiaomi, dengan premi Rp699.000 untuk masa 1 tahun klaim asuransi. Saya akhirnya membeli asuransi tambahan tersebut, mengingat saya orangnya tidak suka memakai casing HP dan HP ini saya peruntukan sebagai HP kerja.

Kejadian terjadi pada sekitar akhir Februari 2023 (saya tidak mengingat tanggal). HP saya tidak sengaja jatuh dari kantong celana saya saat turun dari mobil. Sesampai di tempat kerja saya, alhasil layar retak. 2 hari setelah kejadian itu saya menuju ke Xiaomi Store Summarecon Mall Serpong untuk menanyakan proses klaim asuransi HP tersebut. Saya diinfokan bahwa untuk proses klaim saya bisa lakukan dengan masuk ke website Bolttech.

Karena saat itu agenda saya padat, saya tidak sempat untuk buka website tersebut untuk proses klaim melalui HP. Pada tanggal 21 Maret 2023 akhirnya saya kembali membuka website tersebut menggunakan laptop dan ingin melakukan proses klaim. Saat itu saya terhubung dengan customer service Bolttech dan ditanya kronologi dan kapan kejadiannya. Lalu saya diberitahu akan ada telepon lanjutan dari bagian teknisi untuk menanyakan detail kerusakannya apa saja.

3 hari setelah proses klaim, saya diinfo oleh pihak Bolttech bahwa proses klaim ditolak. Karena untuk klaim asuransi maksimal 3 hari setelah kejadian. Yang mana ini tidak pernah diinfo sebelumnya sama sekali oleh pihak mana pun, baik Xiaomi maupun Bolttech. Bahkan saat saya kunjungi ke Xiaomi di SMS untuk klaim asuransi tersebut sebelumnya, juga tidak dikabari maksimal 3 hari kejadian agar dapat diproses.

Setelah saya tanya untuk informasi tersebut kenapa baru diinfokan saat mau klaim, infonya di kartu Classic Pro ada tertera. Namun kartu tersebut di plastik dan di-staples, sehingga terlihat tidak untuk dibuka. Yang mana orang biasa tidak akan kepikiran untuk membuka kartu tersebut (terlampir gambar kartu)

Jadi saya merasa sangat tertipu oleh pihak Asuransi Gadget Bolttech, yang telah menolak klaim asuransi  HP tersebut. Padahal saya bayar preminya bukan dengan harga yang murah. Sekali lagi buat teman-teman yang mau beli HP Xiaomi dan ditawari asuransi tersebut, saya sarankan untuk berpikir dan berhati hati lagi. Karena menurut saya ini seperti dibuat jebakan, agar mereka mendapatkan untung lebih.

Aswandy Wijaya
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan bolttech Indonesia atas Keluhan Bapak Aswandy Wijaya

Sehubungan dengan dimuatnya keluhan yang disampaikan oleh Bapak Aswandy Wijaya perihal proses permintaan perbaikan atas ponsel Xiaomi 11T Pro pada...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Penolakan Klaim Asuransi Ponsel Xiaomi dari Bolttech, dengan Alasan Batasan Waktu 3 Hari dari Insiden

    • 31 Maret 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Udah mahal malah gak ada jaminan dan prioritas weleh weleh. Kalau KATA saya asuransi lebih cocok buat orang sakit

  • 31 Maret 2023 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Iya bener mahal harusnya manfaat dapat di gunakan ini malah di tolak dengan alasan yang tidak mereka infokan dari awal dan bertele tele untuk menginformasikan syarat2 klaim agar mereka bisa hindari klaiman konsumen

  • 31 Maret 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Terlalu jujur…tgl kjdiany…bilang aja barusan jatuh…psti nanti di suruh buat bap di polsek…wwk…jgn percya asuransi kyk gitu ruwet….lbih percyakan aja ke chasing tmbhan…aman

    • 1 April 2023 - (03:16 WIB)
      Permalink

      Bener juga gan. Gak bisa 100% percaya begituan. Karena cuma manis di awal pahit di akhir.

  • 31 Maret 2023 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah percaya dengan yang namanya ASUransi. Apapun nama dan jenisnya. Ujung²nya ASU

  • 31 Maret 2023 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Bukan membela pihak asuransi sih, tapi selama itu sudah tertuang dalam polis asuransinya ya berarti itu sudah persetujuan final antara kedua belah pihak.
    Namanya asuransi pasti banyak detail pasal yang harus dipahami dan dimengerti, maka itu kita wajib baca polis asuransi yang kita beli tidak hanya semata menunggu penjelasan dari salesnya.
    Sales bisa saja jualan tidak jujur, tapi tetap untuk asuransi patokan kita adalah isi polisnya.
    Semoga jadi pelajaran buat kita semua.
    INGAT BAGI YANG BELI ASURANSI APAPUN WAJIB BACA ISI POLISNYA, JANGAN TERGODA RAYUAN SALES.

    2
    1
    • 1 April 2023 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Nah, sebenarnya dari awal beli itu saya di info sama sales nya untuk garansi berlaku 1 tahun dan bisa di klaim selama masa garansi itu, balik lg harus nya pasal yang kritikal sperti dalam 3 hari kejadian harus proses klaim itu di info jg, karena beli polis ini beda dengan asuransi lain seperti kesehatan yang lebih banyak dan complicated tapi jelas poin2 nya di info ke customer, kalau ini seperti yg saya jelasin di surat awal, pasal polis tidak tertera di kertas manapun melainkan hanya sebuah kartu yg di steples dan gak di info ternyata ada informasi di dalamnya. Jadi kita sbg pembeli bener2 tidak akan tahu ada poin penting yang harus proses 3 hari kejadian ini.
      Makanya saya buat surat ini jg agar orang lain bisa aware

      Mungkin lebih mudah paham nya, bapak boleh saja cobain ke outlet xiaomi, mgkin akan lebih paham dgn situasi seperti ini

    • 1 April 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Daripada buat bayar asuransi, mending buat beli casing, karena tiap hp pasti selalu mengalami insiden jatuh atau kebasahan.
      Casing hp harganya murah, dan kalo udah rusak mudah dibeli lagi. Beda dg asuransi yg sulit dipahami cara klaimnya. Kalaupun mau pakai asuransi, musti lihat² dulu perusahaannya spt apa, prosedur klaimnya, dan pengalaman orang² yg pernah menjadi peserta asuransinya

  • 31 Maret 2023 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Asuransi gak menjamin ya ternyata. Memang asuransi cocok untuk orang yang KATA nya sakit

  • 1 April 2023 - (01:22 WIB)
    Permalink

    Harga mahal tapi akhirnya tidak mendapatkan benefit apapun. Sungguh tragis. Makanya gak pernah percaya sama asuransi.

    • 1 April 2023 - (05:43 WIB)
      Permalink

      Njir 700rb. Gue di toped cuma bayar 54rb/thn buat ip13 mini, ganti LCD proses cuma 3 hari pergantian…

    • 2 April 2023 - (01:34 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah, orang jujur ga boleh percaya ASUransi haha.. saya klaim asuransi barang di tokped aja ditolak dengan alasan kerusakan tidak sampai 70%. Harusnya saya hancurkan sampai rusak 70% dulu baru saya klaim hahahaha

  • 1 April 2023 - (04:30 WIB)
    Permalink

    Pasal macam apa itu? Kok asuransi berdasarkan 3 hari kejadian? Dimana mana asuransi itu periode tanggungan yang mana masih dalam periode satu tahun setelah pembelian asuransi.
    Trims dan fix saya dan keluarga serta orang yang dekat akan saya infokan untuk ga pakai asuransi beginian.

  • 1 April 2023 - (05:38 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • 5 April 2023 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Untuk proses klaim yang di tolak sebelumnya telah di lakukan aju banding kembali dan sudah di setujui oleh pihak Bolttech, sehingga sudah ada penyelesaian yang baik dan saat ini xiaomi 11T pro saya telah di kirim ke Xiaomi Centre.

    Saya akan update kembali apabila Gadget telah di perbaiki, untuk berbagi pengalaman selama saya proses garansi ini dan bagaimana hasilnya.

    Terima kasih kepada pihak Media Konsumen dan semua pihak yang telah berkomentar di platform ini atas doa dan semangat nya ya. Salam

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Gadget Bolttech?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Penolakan Klaim Asuransi Ponsel Xiaomi dari Bolttech, dengan Alasan Ba…

oleh Aswandy Wijaya dibaca dalam: 2 menit
28