Kecewa dengan Pelayanan Shopee Mall

Pada tanggal 1 April 2023, saya belanja di Shopee Mall Speeds Official Store. Pesanan Saya berupa bola gym speeds ukuran 65 cm. Pada tanggal 2 April 2023, pesanan sudah dikemas oleh seller, lalu tanggal 4 April pesanan sudah diserahkan ke kurir.

Namun ternyata pada tanggal 4 April 2023, seller chat via Shopee kalau barang kosong dan saya disuruh ajukan pengembalian (bukti chat terlampir). Akan tetapi saya baru lihat chat tersebut  tanggal 5 April 2023 (karena banyak chat menumpuk di Shopee biasanya hanya info pesan otomatis kalau paket sudah dikirim).

Nah, ketika saya baca pesannya, saya bingung saya disuruh cancel, tapi barang sudah dikirim? Ketika saya tanya lalu apa yang dikirim? Seller menjawab dikirim ukuran di bawahnya (55 cm) tanpa konfirmasi ke saya terlebih dahulu. Padahal kalau konfirmasi terlebih dahulu, saya pun tidak masalah dikirim ukuran di bawahnya dan selisih uangnya bisa diselipkan dipaket atau di-cancel pun tidak masalah.

Namun ini seller kirim chat kalau barang kosong dan saya disuruh membatalkan. Belum dapat konfirmasi dari saya, tapi seller langsung kirim barang yang ukurannya berbeda dengan barang yang saya pesan. Lalu setelahnya menyuruh saya menolak paket ketika paket sudah sampai.

Jujur baru kali ini kecewa banget belanja di Shopee Mall. Baru kali ini juga saya menemukan penjual seperti ini. Aneh sekali. Akhirnya setelah saya baca chat seller Speeds Official Store, saya langsung cek produk yang saya pesan dan ternyata stoknya masih 12 pcs (entah belum update atau bagaimana).

Saya juga bingung Kenapa kalau memang barang kosong penjual tetap memproses pesanan dan tidak membatalkannya? Malah tetap mengirim barang yang ukurannya berbeda dengan yang saya pesan dan setelah barang dikirim malah menyarankan saya menolak paket tersebut.

Seharusnya kalau penjual tidak mau membatalkan, ya sudah biar terbatalkan oleh sistem Shopee. Kalau seperti ini kan jadi panjang prosesnya dan seperti saya yang salah kalau menolak paket.

Harapan saya dengan menulis di sini, dari pihak Shopee Mall terutama Speeds Official Store bisa lebih profesional lagi. Kalaupun ada masalah stok kosong atau apa seharusnya pihak seller bisa konfirmasi ke pembeli sebaiknya bagaimana. Jangan buat keputusan sendiri yang sesukanya. Karena saya chat dengan CS Shopee Mall, jawabannya sangat tidak profesional dan solusi terbaik menurut mereka ya menolak paket.

Saya bisa maklum kalau human error (salah memasukkan pesanan), tapi ini kan dari pihak seller sudah tahu barang kosong dan tidak pakai konfirmasi langsung kirim barang dengan ukuran berbeda. Setelah dikirim baru menyarankan saya menolak paket.

Semoga ke depannya bisa ada win win solution yang tidak merugikan seller ataupun buyer dan kurir juga.

Diana Fitria
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Shopee Mall

  • 7 April 2023 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Kalo penjualnya cancel orderan toko bisa kena pinalti, juga orderan yang terbatalkan oleh sistem penjual/tokonya juga bisa kena pinalti. Kecuali yang cancel pembeli tidak masalah, tidak berpengaruh ke toko tersebut.
    Mungkin itu pertimbangan penjual, sehingga mengirim barang yang tidak sesuai pesanan karena stok kosong.

    2
    2
    • 8 April 2023 - (05:05 WIB)
      Permalink

      Ya harusnya info dari awal dong, bukan info ketika paket mau dikirim, seller tsb sudah shopee mall lho, dan jawabannya enteng bgt “silakan tolak paketnya kak” Dan Saya pun langsung cek stok juga begitu Saya baca chat dan stoknya masih 12pcs di tgl 5 april, sedangkan saya pesan di tgl 1 april. Lalu, pesanan sudah dikemas dan keluar resi di tgl 2 april tapi seller baru info stok kosong ketika tgl 4 april. Kalau info dari awal kan enak, bisa dicari solusi yg gak merugikan seller atau buyer

      1
      1
  • 8 April 2023 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Saya penjual di Shopee, biasanya setelah 3 hari Cetak resi seller tidak kirim barang nya, nanti bakal otomatis dibatalkan oleh sistem Shopee, Tapi untuk Seller dia bakal dapat Poin pinalti dan itu berpengaruh banget untuk toko nya, Seller juga gabisa konfirmasi selain di Chat Shopee karena tidak ada nomor Telp tertera, Semua nya di Privasi sama Shopee, Mungkin dia kirim asal karena menghindari Poin pinalti tersebut.

    2
    1
    • 8 April 2023 - (04:36 WIB)
      Permalink

      Tapi dulu saya pernah dichat via WA sama seller shopee perihal stok kosong juga. Apa kalau sekarang sudah tidak bisa? Dan itu pesanan saya sudah diproses dari tgl 2 april, Saya kira ya sudah tidak ada masalah karena sudah keluar resi. Eh ternyata seller baru chat di tgl 4 april dan memang tgl 4 april kan pas ada event shopee jadi saya banyak pesan barang dan dichat shopee juga menumpuk karena banyak pesan otomatis dari seller2 perihal pesanan tsb. Jadi saya baru cek chat2 dishopee pada tgl 5 april. Dan ternyata seller speeds ini chat untuk ajukan pengembalian karena stok kosong. Tapi pas saya cek pesanan mau cancel malah sudah dikirim dan saya disarankan langsung tolak paket ketika datang. Padahal ini shopee mall lho, tapi bisa asal seperti itu, setidaknya infolah dari awal order kalau memang barang kosong, bukan ketika barang sudah mau dikirim baru chat pembeli. Jadi ada space waktu untuk solusinya. Saya pun tidak keberatan kalau barang yg dikirim berbeda ukuran asal selisih pembayarannya dikembalikan atau diselipkan dipaketnya.

      1
      1
  • 10 April 2023 - (03:40 WIB)
    Permalink

    Ini pembeli ribet. Gini bro toko jika membatalkan pesanan akan kena poin pinalti titik gak usah kenapa kenapa. Jika barangmu salah kirim dan toko boleh mengajukan return .ya return aja gitu aja kok repot ribet amat

    3
    2
    • 10 April 2023 - (04:30 WIB)
      Permalink

      Kan sudah saya bilang setidaknya konfirmasi dulu ke saya, bukan asal kirim saja. Beberapa kali saya pun membatalkan pesanan karena diminta penjual, buat saya gak masalah. Begitu dibatalkan dari awal saya merasa tidak ribet, dana langsung masuk saat itu juga. Coba dibaca lagi, lalu dipahami tulisan saya. Itu saya pesan dari tgl 1, kan bisa konfirmasi di tgl 2, jangan ketika batas waktu kirim habis lalu chat dan harus dibalas saat itu juga, memang pembeli bisa standby terus liat chat di Shopee. Poin saya itu di konfirmasi dengan pembeli ketika stok kosong, jangan sesukanya sendiri. Saya beberapa kali dichat seller kok kalau stok kosong biasanya mereka kasih beberapa option mau ganti warna, ukuran atau batalkan atau selisih uangnya di selipkan dipaket atau ditrf langsung via shopepay.
      Sepertinya anda juga termasuk seller yg tidak mau ribet juga ya, yg asal kirim barang ke buyer tanpa konfirmasi buyernya?

    • 10 April 2023 - (05:07 WIB)
      Permalink

      Dan ya jujur selama belanja online dari thn 2015 memang saya tidak pernah sekalipun menolak paket atau mengajukan pengembalian. Buat saya memang agak ribet. Karena pertama saya tidak standby dirumah setiap hari, hanya ada mbak saja yg dirumah. Dan kalau mengajukan return itu akan memakan waktu. Makanya ketika belanja di Shopee saya selalu cari seller yg banyak bintang 5 dan diusahakan selalu star seller atau official. Biar tidak ada drama pengembalian barang.
      Kalau saja seller konfirmasi di awal order apabila stok kosong dan saya hanya diberi option oleh seller untuk membatalkan pesanan ya pasti saya batalkan, uang langsung masuk dan saya cari barang yg sama dari toko lain. Praktis. Tapi ini saya dichat untuk membatalkan tapi barang sudah dikirim (barang yg dikirim ukuran yg berbeda dan lebih murah dari yg saya beli).
      Apalagi ini sudah shopee mall yg harusnya bisa lebih profesional lagi kalau ada masalah seperti ini.

    • 10 April 2023 - (05:29 WIB)
      Permalink

      Oiya, saya tambahkan ya, saya juga langsung cek stok barang yg saya pesan di tgl 5 april ketika saya membaca chat seller bahwa stok kosong, dan ternyata stok barang yg saya pesan masih ada 12 pcs (bukti gambar terlampir) . Dan ketika barang sampai di tgl 7 april, saya cek lagi ternyata stok malah nambah jadi 20 pcs. Kalau secara logika, ketika seller info kalau stok kosong di tgl 4, harusnya ketika saya cek di tgl 5 stoknya juga sudah di update jadi stok kosong tapi ini masih ada 12 pcs. Makanya saya tulis disini supaya seller lebih profesional lagi apalagi ini sudah Shopee mall lho.

  • 10 April 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    ini order gymball 65cm ya? aku juga order dan dapet konfirmasi dari penjual kalau barang kosong. bahkan sampai barang datang pun, aku baru baca chat dari penjual kalau ternyata barangnya kosong. aku chat penjual ternyata mereka juga fine buat melakukan pengembalian barang dan dana dari shopee jadi aku ga perlu keluar rumah buat anter ke ekspedisi dan dana bisa balik ke aku sepenuhnya. menurut aku sih minimal kalau emang ga bisa menerima barang yang tidak sesuai, bisa dikomunikasiin dulu aja ke penjual, toh penjual juga melakukan konfirmasi. ga semua penjual itu curang dan ga semua pembeli itu mengerti betul sistem jual beli online. hopefully bisa dijadikan buat pelajaran kita semua bahwa belanja online itu ga ribet kalau kita mau komunikasi dan belajar. gatau lagi kalau emang pembeli gamau ribet he he :>

    3
    1
  • 10 April 2023 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya saya sudah chat bahkan protes saya pun hanya ditanggapi, “silakan tolak paketnya kak”. Saya chat berulang kalipun tetap sama dijawab “cancel saja kak” Dan saya pun sudah bilang di chat bahwa saya akan tulis pengalaman menyebalkan ini di media konsumen, tapi cs speeds malah menyalahkan saya bilang saya no respon (padahal begitu saya baca chat langsung saya balas) Harusnya kalau memang mau konfirm via chat shopee kasih waktu minimal 1 hari untuk buyer respon, kalau mau cepet ya seller coba chat WA. Dan ini, sellerpun konfirmasinya mepet di tgl 4 ketika sudah batas akhir kirim paket. Harusnya kalaupun stok kosong kan bisa di info sehari setelah saya order. Mungkin masalah ini tidak akan pernah ada.
    Dan sepertinya ini seller juga tidak mau ribet, pokoknya sudah info chat, tidak peduli konfirmasi buyer yg penting barang dikirim tepat waktu, tidak kena poin penalti, urusan komplain belakangan. Apalagi seller ini sudah shopee mall harusnya bisa lebih komunikatif dan solutif lagi. Saya pun sebelum menulis ini respon dari seller cuma gitu2 aja. Dan setelah Saya menulis ini, seller langsung di chat via WA, dikasih option lainnya pula. Pihak shopee pun langsung respon ketika tulisan ini naik. Saya juga bingung kenapa harus muncul ke media dulu baru responnya bagus.
    Semoga setelah ini, dari pihak speeds sendiri pun bisa lebih komunikatif dengan pembeli. Karena kalau tidak begini akan ada kejadian seperti ini yg berulang kali dan seperti lumrah, Saya baru cek penilaian bintang 1 di produk pesanan Saya ternyata kasusnya sama “dikirim ukuran yg berbeda dibawahnya”

  • 12 April 2023 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Terimakasih untuk pihak Shopee dan seller karena langsung menghubungi saya begitu tulisan ini naik. Masalah sudah clear.
    Terimakasih juga untuk media konsumen yang sudah memberikan wadah untuk menuliskan keluhan konsumen, sehingga masalahnya bisa selesai dengan cepat (karena kalau komplain langsung tidak ada kejelasan seperti ini, kita yg harus selalu follow up).
    Dan terimakasih juga untuk pembaca yg sudah menyuarakan komentarnya. Semoga bisa menjadi pembelajaran untuk semua, sehingga belanja online kedepan makin mudah, nyaman dan aman ?

 Apa Komentar Anda mengenai Speeds Official Store?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Shopee Mall

oleh Diana Fitria dibaca dalam: 2 menit
12