Keluhan Service Kendaraan dan Layanan Pelanggan yang Buruk di Bengkel Resmi Daihatsu Ciputat

Hai Media Konsumen dan seluruh pembaca,

Pada tanggal 27 Februari 2023, orang tua saya melakukan perbaikan kendaraan Daihatsu Zebra di bengkel resmi Daihatsu Ciputat, Jl. R.E. Martadinata No.3, Ciputat, Tangerang Selatan. Perbaikan dilakukan cukup lama dengan alasan mobil tua sehingga perbaikan selesai dilakukan pada tanggal 10 Maret 2023 (sesuai tanggal invoice).

Berikut perbaikan dan penggantian spare part yang dilakukan:

Keseluruhan sparepart dan biaya perbaikan totalnya mencapai Rp 3,493,497.

Namun demikian, beberapa hari setelahnya kendaraan tsb kembali mengalami kondisi yang jauh lebih parah dari sebelumnya, hingga kendaraan menjadi rusak dan sama sekali tidak bisa digunakan. Berikut beberapa keanehan yang ditemukan setelah dilakukan perbaikan:

Serta beberapa keanehan lain seperti transmisi bunyi, air radiator bocor, hingga overheat yang menyebabkan kendaraan jadi mogok beberapa kali.

Semua permasalahan baru tersebut tidak pernah terjadi sebelumnya, dan malah ada setelah perbaikan di bengkel resmi Daihatsu Ciputat dilakukan. Kami sudah coba untuk kembali ke bengkel tersebut dan menemui montir yang mengerjakan. Namun dengan berbagai alasan mereka mengelak bahwa kerusakan dan kehilangan beberapa parts bukan merupakan kesalahan mereka.

Hanya karena kendaraan merupakan mobil tua, bukan berarti proses perbaikan menjadi seenaknya dan cenderung menyepelekan konsumen, hingga kecerobohan montir yang malah menyebabkan kondisi kendaraan rusak. Solusi yang ditawarkan pihak bengkel resmi Daihatsu Ciputat, malah untuk melakukan perbaikan ulang dan kami diminta membayar dengan biaya yang jauh lebih besar lagi. Di mana logikanya? Kerusakan akibat kesalahan pihak bengkel resmi Daihatsu Ciputat, tapi konsumen yang harus menanggung kerugiannya??

Dengan surat di Media Konsumen ini kami berharap dapat ditanggapi, mendapatkan solusi yang lebih baik, dan pihak bengkel resmi Daihatsu Ciputat dapat bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan yang mereka buat!

Terima kasih.

Risky Febrian / Radite Ismadi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Keluhan Service Kendaraan dan Layanan Pelanggan yang Buruk di Bengkel Resmi Daihatsu Ciputat

  • 9 April 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya memang di ganti saja
    Dengan mobil yg baru
    Setidaknya tahun yg lebih muda
    Untuk Daihatsu zebra mobil Doyok
    Kurang laik jalan bakal menyengsarakan
    Si pengendara itu sendiri

    1
    21
    • 10 April 2023 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Thank you sarannya Pak Grandong. Alangkah baiknya saran untuk ganti mobil baru disertakan dengan kiriman uang untuk biaya menggantinya juga 😀
      Menggunakan kendaraan bukan hanya sebagai sarana transportasi, tetapi juga punya nilai sejarah dan memori tersendiri yang membuat pemilik mempertahankan kendaraannya, terlebih jika kendaraan dibeli dengan hasil kerja keras.

      29
  • 9 April 2023 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Berdasarkan pengalaman saya, mobil lama yang belum ada sistem ECU (murni mekanis) sebaiknya memang jangan dibawa ke bengkel resmi melainkan ke bengkel non-resmi spesialis merk/tipe mobil tertentu. Karyawan bengkel resmi jaman sekarang tidak layak disebut montir melainkan operator—cuma terdidik untuk punya skill mengoperasikan mesin otomat dan pekerjaan mekanik remeh.

    18
    • 10 April 2023 - (00:07 WIB)
      Permalink

      Thank you sarannya Pak Teguh. Selama ini selalu service di bengkel resmi Daihatsu Pondok Cabe dan selalu top pelayanannya. Waktu itu karena satu dan lain hal, terpaksa ke Daihatsu Ciputat.. eh ternyata kualitasnya berbanding terbalik..

  • 10 April 2023 - (00:30 WIB)
    Permalink

    Wah mas, sya juga punya pengalaman sama. Expektasi saya datang ke bengkel resmi supaya terjamin karena udah bayar mahal eh, ini malah udah ganti part baru, eh malah jadi tambah rusak. beda merek sih

  • 10 April 2023 - (04:13 WIB)
    Permalink

    Iyah klo saya sih terbiasa montir yg sudah terpercaya Amanah.. semua mobil bisa.. Jadi tinggal telp.. akan dateng dan di benerin di garasi rumah saya.. rekanan part juga ada.. tinggal telp part datang.. nungguin service di teras rumah sambil ngopi2 dan makan gorengan.. sambil main sama anak juga ga terganggu.. ??

  • 10 April 2023 - (04:52 WIB)
    Permalink

    Seharus nya mobil tua ga usah di bawa ke bengkel resmi om. Bawa aja ke bengkel langganan yg sudah terpercaya.
    Montir jaman skrg banyak yg ga layak di sebut montir. Karna mereka kerja hanya ikut system komputer saja

    • 10 April 2023 - (12:39 WIB)
      Permalink

      Betul om, terpenting adalah tidak akan tergantikan apa pun, dengan history yang sudah lama bersama kendaraan tsb

  • 10 April 2023 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya juga di toyota resmi, mending di bengkel biasa beli sparepartnya baru bayar jasanya, dan bisa di awasin oleh kita.

  • 11 April 2023 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya Untuk mobil se usia itu, sebaiknya di lakuan turun mesin total. Kalo hanya perbaikan di head nya saja biasanya akan ada lagi perbaikan lanjutan. Karena efek dari panas overhit sebelumnya. Karena jalur air bukan di head saja. Tapi sampai ke blok mesin juga. Dulu mobil zebra saya juga begitu. Setelah mesin nya di bongkar semua baru sembuh. Btw mobil saya dlu kalo masuk bengkel resmi malah di tolak karena mereka sudah tdk punya partnya?? akhir nya mobil yg terkenal sering terserang tipes ini saya jual??? karena blok atasnya udah di papas karena tipes.???

  • 11 April 2023 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Pantes aja mobil DAIHATSU jarang diminati, lah ulah bengkel RESMI nya aja seadanya dan tidak ada garansi perbaikan… Mending jika ada rejeki pilih yang lain aja.

    1
    1
  • 12 April 2023 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Mobil saya juga lawas, sudah diatas 5 tahun plus kilometer diatas 100 ribu. Kalo kondisi sudah begini, lebih baik service-nya di bengkel umum aja. Tapi punya kualitas yg bagus. Banyak koq di Ciputat bengkel umum yg bagus.

  • 15 April 2023 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Selamat sore Media Konsumen dan para pembaca,

    Terimakasih surat keluhan saya sudah dimuat, dan terimakasih juga atas tanggapan dan saran dari para pembaca.

    Disini saya menyampaikan update dari keluhan saya, pihak Daihatsu Ciputat sudah bertanggung jawab dan memperbaiki kerugian yang kami alami. Saat ini mobil sudah dapat berjalan kembali normal dan pihak Daihatsu Ciputat memberikan garansi perbaikan selama 15 hari kalender.

    Regards,
    Risky F. dan Radite I.

 Apa Komentar Anda mengenai Bengkel resmi mobil Daihatsu?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Keluhan Service Kendaraan dan Layanan Pelanggan yang Buruk di Bengkel …

oleh Risky dibaca dalam: 1 menit
15