Kasus Penipuan APK via Whatsapp, Kampanye Awareness Saja Tidak Cukup, Keamanan Sistem Harus Dibuat Lebih Mumpuni

Saya adalah salah satu korban penipuan APK yang dikirim via whatsapp. Saya hanya ibu rumah tangga dengan segala ketidaktahuan saya. Saya telah mempercayakan uang hasil keringat saya pada bank terbesar di Indonesia bank BRI, yang seharusnya kepercayaan saya dijaga dengan baik namun BRI telah merenggut uang saya yang saya kumpulkan sedikit-demi sedikit hanya dalam hitungan menit, lenyap tanpa bekas dan tidak ada tanggung jawab sama sekali dari pihak bank hanya dijawab semua transaksi sudah dinyatakan sah.

Sah dari mana??? Data saya dicuri, saya hanya ibu rumah tangga yang tidak tahu menahu tentang teknologi apalagi penipuan via whatsapp ini saya yakin sangat canggih. Bank yang seharusnya melindungi dana nasabah dengan sistem yang mumpuni malah dengan sangat mudah DIBOBOL

Kembalikan uang saya, awareness yang kalian lakukan sangat-sangat tidak berguna jika tidak diikuti dengan sistem yang mumpuni.

OJK yang seharusnya sebagai pelindung masyarakat juga tidak dapat memperlihatkan perannya, komplain saya tidak mendapatkan respon yang baik meskipun sudah sampai LAPS namun hilang ditelan bumi tidak ada update meski sudah 20 hari kerja lebih.

Ke mana lagi saya harus mengadu, please untuk masyarakat untuk bijak memilih bank, pilihlah bank yang mempunyai sistem yang mumpuni, bagaimanapun penipu berstrategi jika sistem mumpuni tidak akan mudah dibobol!

Lina Maryana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Lina Maryana

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI. Terkait dengan laporan yang Ibu Lina Maryana...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Kasus Penipuan APK via Whatsapp, Kampanye Awareness Saja Tidak Cukup, Keamanan Sistem Harus Dibuat Lebih Mumpuni

  • 12 April 2023 - (09:44 WIB)
    Permalink

    Bu, bukan pihak bank yang merenggut uang ibu, tapi penipu. Menurut aku bri sudah aman sistem keamanannya, nah tinggal kita lagi yang harus emang selalu waspada dan jangan kasih informasi data pribadi, klik link sembarang apalagi instal aplikasi sembarang. Di sosmednya bri sudah banyak kok edukasinya, kita harus juga giat banyak baca-baca info. Bisa jadi pelajaran buat kita semua, untuk selalu hati-hati, selalu cek kebenaran informasi yang diterima.

    22
    3
  • 12 April 2023 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Di bank apapun sama aja kali. Itu kn aplikasi berjalan di latar belakang kebetulan aja Bank nya BRI. Bank apapun kalo udah tau data2 pribadi buat akses mobile banking ya bakal kebobol. Padahal disemua Bank bahkan di televisi juga sudah di ingetin soal penipuan APK kok masi aja bisa ketipu. Ngingetin aja nih buk jadi orang harus update biar gak kejadian lagi. Semoga rejekinya di ganti sm yg lain.

    16
  • 12 April 2023 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Mau keamanan bank setinggi apapun, kalau nasabahnya yang gak bisa jaga sendiri, ya sia2 bu keamanan tersebut.

    Kalau ibu yang ngaku sebagai ibu rumah tangga yang gak tau teknologi, gak usah pakai mobile2 bankingan bu,
    Pakai atm saja cukup.

    21
    1
  • 12 April 2023 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Hadeeh itu mah salah ibu sendiri, dengan meng-klik tautan aplikasi berarti ibu mengizinkan aplikasi buat di install di HP ibu. Ya bank mana mau ganti kalau kejadian kek gini. Mulai sekarang kalo ada pesan / telepon yang kaga dikenal jangan dibuka / diangkat.

    Biasanya nomor yang dipake penipu awalan (+1) dst.

    8
    1
  • 12 April 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    klo gak ngerti teknologi mending gak usah pakai mobile banking. gimana gak dibobol, kuncinya dikasihkan ke penipu…semoga jadi pembelajaran utk kedepannya

    9
    2
  • 12 April 2023 - (10:26 WIB)
    Permalink

    bu sy sarankan tarik duit yg tersisa di semua rekening. tarulah duit2 tsb di bawah bantal atau di suatu tempat d rumah. maaf saja, ibu ga cocok pake smartphone.

    9
    1
  • 12 April 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Hape sekarang atau beberapa tahun terakhir kalau instal apk diluar playstore pasti ada peringatan “demi keamanan blabala kami memblokir instal diluar playstore”

    Harusnya peringatan ini sudah sangat jelas.

    5
    0
  • 12 April 2023 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Wah bu mohon maaf nih ini kasusnya sempet rame loh kemaren apa ibu gak tau? Memang itu dinyatakan sah oleh bank karena ibu sendiri yang kasi kunci ke penipu buat bobol rekening ibu. Semoga ibu dapet rezeki pengganti yang lebih besar lagi ya bu.

    7
    0
  • 12 April 2023 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Bukan salah bank nya buu. apapun bank yang dipakai bisa kebobol dengan modus ini. cuma kebetulan ibu pakainya BRI. Saya pernah dapet wa kayak gini. dan karena gak pernah merasa order barang ya gamau klik apa2. klopun pesen di shope/tokped dll gak pernah nyuruh2 dluar aplikasi. Mukin lbh aware aja yah bu. kurangi ‘kepo’ nya. klo gak merasa beli barang jgn mau klik apa2 yg bilang ibu dapat kiriman.

  • 12 April 2023 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Aku juga pernah dapat WA serupa tapi aku abaikan & block nomor, karena sudah tahu dari media (internet, medsos, berita) tentang penipuan via WA dengan mengirim file Apk.
    Sistem keamanan bank semua sudah mumpuni. Kebetulan saja anda pakai BRI. Nasabah bank2 lain juga jadi korban penipuan file Apk ini koq.
    Yang dibobol penipu sistem android ponsel yang menyimpan data mobile banking dll, bukan sistem bank-nya. Kalau sistem bank yang dibobol, niscaya sudah jutaan nasabah kehilangan dana. Kendali kuncinya ada di individu masing2.

  • 12 April 2023 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Saya jg pernah dikirim wa mengatasnamakan kurir seperti itu, modusnya kirim wa paket ada dikantor dia harap klik APK yg dia kirim via wa, sayangnya saya gak ketipu. Ada lagi modus pura2 kena tilang ujung2nua suruh buka APK jg jadi harap berhati2 kalau ada wa dr org tidak dikenal dengan modus apapun jika dikirim APK.

  • 12 April 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Menurut saya bukan salah sistem bank. Tapi di hape ibu ada m banking yg tersimpan credential di hape. Misal password tersimpan otomatis. Jd ketika diklik maka otomatis terisi. Dan ini yg dilakukan pembobol hape lewat apk menjalankan apk di hape ibu dan otp dikirim ke telegram pembobol. Sebelumnya apk yg diinstall tentu harus meminta izin pengguna hape dan ibu kasih izin. Itu aja. Jd sbenarnya ibu yg kurang aware

  • 12 April 2023 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Yang salah bukan bank nya, data perbankan nya se olah2 ibu yg ngasih sama penipu, dengan instl apk iti, jdi ibu yang salah, uang sudah pindah tangan gak bisa balik lgi

  • 12 April 2023 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Saya pedgang grosir dpt wa dri orangtdk yg ngaku dri perusahaan besar…tolong pak di chek ya pesanan grosir bpk…sblm sya kirim…pesanya sya lihat file apk..bukan. Jpg….lgs gue telpn…gue kasih umpatan serapah…klau mau nipu lgs dtng ke warung,,gelut ama saya…eh lgs ngilang di blokir nomer gue?

    2
    1
  • 12 April 2023 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Ibu Lina Maryana ini tipe konsumen yang tidak cocok pakai: 1) m-banking atau e-banking, 2) ponsel pintar. Demi keamanan ibu sendiri, ke depannya pakai ATM atau buku tabungan untuk akses rekening, dan gunakan ponsel jadul untuk meredam godaan penipu milenial yang terkutuk.

  • 12 April 2023 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Lucu asli ngakak dgn curhatan anda ini. Anda yg teledor kok malah menyalahkan bank. Semumpuni apapun keamanan bank kalo org yg makenya spti anda, percuma.
    Dan itu anda tau ttg awareness dari bank, tp anda mengacuhkannya dan akhirnya berhasil di tipu. Atau anda lbh peduli dgn kisah hidup dari sinetron2 di TV ketimbang berita2 ttg penipuan ky gitu?
    Atau jgn2 yg kasih link itu komplotan anda ya? Masa sgtu mudahnya anda tertipu dgn tipuan model bgni yg kmrin2 sempat viral.

  • 13 April 2023 - (09:10 WIB)
    Permalink

    padahal ini dah sering dibahas.. sering disosialisasikan.. bukan hanya dari pihak bank tapi juga melalui tapi juga kepolisian dll.. kok ya keteledoran sendiri menyalahkan pihak lain.. salah anda asal pencet.. asal tekan asal install.. seharusnya anda baca dulu jangan ok” saja.. ?

    • 14 April 2023 - (07:00 WIB)
      Permalink

      menurut sy ibu ini blm paham tentang sistem kerja internet banking. harus nya yang bijak pihak bank dalam memberi nasabah internet banking.
      sy sarankan ibu pakai buku tabungan saja tanpa pakai internet bank sama atm, lebih aman

  • 13 April 2023 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Drpd m banking mending pake internet bangking yg pake token khusus alat terpisah lebih aman karna tidak 100 persen tergantung ma HP anda

    • 14 April 2023 - (03:54 WIB)
      Permalink

      Praktisi mbanking kalo untuk dalam negeri. Kecuali kalo diluar negeri baru cocok internet banking.

      Masalahnya tuh alat biru buat internet banking 3 bulan ga dipake langsung ngaco mesti ganti baru dgn biaya 50.000 .

  • 14 April 2023 - (01:47 WIB)
    Permalink

    ” saya hanya ibu rumah tangga yg tidak begitu paham dengan teknologi ” tapi kalo diamati ibu seperti orang berpendidikan dari segi bahasa tulisan nya.. Fix bank tidak salah, yg salah ibu sudah mengklik link dari nomer wa yg bukan dari BRI ( WA resmi BRI ada centang Hijau nya ) next nya jika ibu tidak paham setidaknya ibu bertanya dulu dengan orang disekitar ibu yg lebih paham !!

    • 14 April 2023 - (08:59 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin atas kehilangan uang Ibu, semoga dibaca semua pihak Bank dan digantikan rezekinya lebih banyak lagi.. Bagi pihak penipu semoga dilaknat di neraka jahannam krn koq y gk tobat2 makan unag haram.. Mulai skrg sy akan simpan uang dlm bentuk cash ajaa d kasur dan transaksi cash ajaa dg warung dekat rumah krn semua keamanan bank terbukti tidak aman..

      1
      2
      • 15 April 2023 - (04:18 WIB)
        Permalink

        Ibaratnya Anda beli brankas untuk menyimpan uang, kemudian kunci/kodenya Anda kasihkan ke pencuri, ketika terjadi pencurian isi brankas Anda menyalahkan penjual brankasnya.

        Ibu yang posting kan sudah ‘menyerahkan’ username plus password ke penipu lewat aplikasi yang dikirim, jadi otomatis transaksi yang terjadi ya SAH.

      • 17 April 2023 - (03:56 WIB)
        Permalink

        Anda sama ky TS, lugu atau beghoo. Sdh sejak jaman dulu yg namanya manusia rakus akan uang sehingga apapun dilakukan dan mereka tdk takut akan siksa neraka. Ibarat kata anda kasih kunci rumah ke malingnya, kok security yg di salahkan. Ngakak

  • 14 April 2023 - (04:14 WIB)
    Permalink

    Bagi yg awam pasti kena, karena keamanan dari 2 arah : System dan User. Jika usernya khilaf atau awam atau gaptek akan mudah di giring untuk melakukan sesuatu. Bank biasanya selalu memberi himbauan terkait hal-hal yang menggiurkan, itu adalah Phising, jika tidak merasa transaksi jangan di buka, langsung hapus saja. Makanya lebih baik bedakan no hp transaksi dan no hp sehari2, jadi aman dari sisi User.

    • 14 April 2023 - (21:24 WIB)
      Permalink

      Seandainya saya sebagai BANK yang memberikan fasilitas kepada nasabah berupa PIN & LAYANAN. Saya sebagai Bank hanya sebatas menyediakan layanan, DATA RAHASIA Nasabah merupakan Tanggung Jawab nasabah, karena saya sebagai Bank juga banyak kerjaan lain.

      Saya sudah menghimbau kepada nasabah supaya menjaga data rahasianya. Jangan membagikan nomor ATM & PIN, kode CVV, dll kepada siapapun termasuk kepada orang yang mengaku dari BANK.

      Cuma ada diantara Nasabah yang ceroboh memberikan PIN & NOMOR ATM nya. Kenapa saya yang disalahkannya ya Bapak-Bapak Ibu-Ibu, saya cuma menyediakan jasa buat kemudahan nasabah sendiri.

      Solusinya Anda lapor POLISI minta surat dari Polisi bahwa anda jadi korban tindak kejahatan. Nanti polisi menghubungi pihak Bank

  • 14 April 2023 - (08:37 WIB)
    Permalink

    TSnya di-bully???
    Saran aja bu :
    – jangan kebanyakan nonton konten yg ngg berfaedah di youtube, tiktok, instagram, dll
    – ganti hp ke hp nokia jadul aja. Banyak koq hp nokia terbaru yg sudah 4g
    – banyakin nonton berita di TV.

  • 14 April 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Ini ibarat Ibu sendiri yang memberikan akses.. istilah nya Kartu ATM dan PIN Ibu kasih semua ke orang itu.. yah dengan mudah nya ambil Saldo Ibu jadi nya ?

  • 14 April 2023 - (20:26 WIB)
    Permalink

    “Dan terjadi lagi… kasus lama yang terulang kembali..”
    Bu sering sering2 buka MK biar update masalah2 yg lagi hangat biar lebih mawas diri, pdhal modusnya sudah basi tapi masih kena juga, pdhl diMK kasus yang sama sudah bejibun, ibu bisa dituntut bank BRI terkait pencemaran nama baik lho, hati2 saat mengunggah permasalahan dimedsos jangan cuma pake emosi ntar malah rugi sendiri,

 Apa Komentar Anda?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Kasus Penipuan APK via Whatsapp, Kampanye Awareness Saja Tidak Cukup, …

oleh Lina Maryana dibaca dalam: 1 menit
39