Surat Pembaca

CS OVO Tidak Membantu dan Tidak Responsif

Dear Tim Resolver OVO,

Saya sangat kecewa sekali terhadap layanan pelanggan OVO yang tidak membantu dan tidak responsif. Saya menghubungi CS OVO, berharap mendapatkan bantuan, karena memang saya saat top up melalui m-banking Mandiri ,ada kekeliruan untuk kontak tujuan dan itu kurang satu angka di belakang. Berikut kronologisnya:

  • 13 April 2023 20:40: Pertama kali, saya menghubungi CS OVO via email.
  • 13 April 2023 20:44 : Saya hubungi Call Center OVO, saya minta bantuannya untuk refund dana atau dapat diteruskan ke kontak OVO yang benar. Namun CS info agar menghubungi orang dengan kontak yang salah terlebih dahulu agar dibantu transfer ke kontak OVO yang benar. Saya khawatir jika orang tersebut tidak korporatif, sehingga saya minta dari pihak OVO untuk hold saldo terlebih dahulu. CS OVO tetap mengarahkan seperti itu.
  • 13 April 2023 20:52: Saya hubungi ke orang tersebut, tapi infonya beliau menggunakan hp Nokia dan tidak memiliki OVO. Kemudian saya berikan pilihan agar saya bantu login, tapi jika mendapatkan SMS kode verifikasi mohon diinfokan dan beliau setuju.
  • 13 April 2023 20:54 – 21:10: Saya menghubungi Call Center OVO, tidak ada yang menjawab.
  • 13 April 2023 20:57: Saya menghubungi beliau kembali untuk konfirmasi kode verifikasi, tapi katanya belum terima SMS, lalu saya coba login kembali.
  • 13 April 2023 21:05: Saya menghubungi kembali untuk konfirmasi dan beliau info bahwa kode tersebut tidak boleh diberikan oleh siapa pun. Kemudian saya konfirmasi sesuai dengan persetujuan dari beliau yang sebelumnya dan saya berikan pilihan lagi, jika memang beliau mau membantu login sendiri silakan dan saya jelaskan saya hanya butuh saldo saya dikembalikan saja, karena keperluan Grab, kemudian telepon diputus oleh beliau.
  • 13 April 2023 21:51: Saya menghubungi beliau untuk negosiasi lalu beliau info akan bantu login OVO, tapi butuhkan pulsa 10 ribu, karena counter di sana sudah tutup, sehingga saya kirimkan pulsa. Namun setelah itu beliau mematikan panggilan dan saya coba menghubungi kembali berkali-kali ternyata kontak tersebut tidak bisa dihubungi.
History Call Kontak yang Salah

Beberapa missing point menurut saya sangat tidak puas dengan pelayanan CS OVO:

  1. CS tidak empati akan kebutuhan pelanggannya
  2. CS tidak responsif baik di Call Center maupun di CS Email

Saya berharap mendapatkan solusi, karena setelah saya menghubungi yang bersangkutan beliau sangat tidak korporatif dengan alasan yang disampaikan seperti: Tidak menggunakan Android dan hanya menggunakan Nokia, sudah lama tidak menggunakan aplikasi OVO jadi minta dikirimkan pulsa agar bisa download aplikasi OVO.

Semoga dari resolusi OVO tidak mengabaikan laporan pelanggannya. Terima kasih.

Isna Mardiana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Ibu Isna Mardiana

Dengan hormat, Terima kasih atas kepercayaan Ibu Isna Mardiana untuk terus menggunakan OVO sebagai platform pembayaran digital pilihan Anda. Kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kerugian awal 100.rb
    Kerugian berikutnya telpon cs ovo(pulsa)
    Kerugian berikutnya transfer pulsa 10.rb

    Lain kali ikhalaskan saja kalau nominal sedikit, anggap aja sedekah.

    Itu telpon ovo kena pulsa berapa ?

  • Pihak CS sebetulnya sudah bertindak benar dengan menyarankan TS untuk melakukan mediasi terlebih dahulu kepada pihak penerima dana. OVO sebagai badan penyedia jasa keuangan yang sah dan dilindungi UU tidak bisa serta-merta mencabut kembali transaksi yang sudah masuk dalam buku besar catatan transaksi keuangan yang dikelola BI dan OJK, sekalipun itu transaksi internal. Prosedurnya adalah penerima dana lah yang melakukan transaksi balik kepada pengirim.

    Jika TS ingin pihak OVO punya wewenang lebih untuk menarik dana, harus ada campur tangan pihak ketiga (dalam hal ini kepolisian) sehingga ada berita acara dan ketetapan hukum yang menguatkan tindakan penarikan dana tersebut. Jika penerima dana menolak mengembalikan, maka ada tindakan hukum yang pasti.

    Saya setuju dengan komentar om @Jeko jika nominalnya kecil sebaiknya ikhlaskan saja, kecuali TS sanggup menerima konsekuensi mengeluarkan uang lebih besar demi yang kecil itu. Saya yakin TS sudah dewasa dan paham bahwa kesalahan sendiri harus dipertanggung-jawabkan sendiri pula.

  • Salah sendiri..tanggung jwb sendiri..itu penerima saldo dr kmu..yg ambil kesempatan..alias culas..jgn kamu salahkan pihak ovo..kalau gt sy byr utang keteman ..2 jt..sy tf..sy minta lagi ke ovo..enak bnr ..gampang bnr..atao misal sy transaksi beli hp..cod hp sy dpt sy transaksi ovo..dah gt sy minta ovo batalkan alasan slh tf..dr pihak penerima rugi dunk..pihak ovo kan gak tao itu duit mgkn byr utang..beli sesuatu..ya kmu hrs kejar yg penerima itu..tp kalau sipenerima culas ambil kesempatan..ya sdh ikhlaskan biar dosa dia

    • ini sama juga kita transfer pulsa dari e banking tapi salah nomor, tentu operator telpon lepas tangan karena kesalahan kita sendiri, dalam masalah ts menurut sy pihak ovo sudah benar memediasi antara ts & org yg ketiban saldo ovo...

  • Iya, saya sangat memaklumi kekecewaan TS,
    Namun kita juga harus memaklumi fungsi mereka dan juga bank adalah hanya media penerima dan penyalur tanpa ada campur tangan membatalkan atau menarik kembali.

    Lain kali pakai fungsi copy paste saja biar lebih aman.

    Ikhlaskan dan jadikan pelajaran berharga.
    Masih untuk 100rb. Beberapa waktu di media konsumen banyak yang kena salah transfer atau top up sampai jutaan.

    Bahkan ada yang kena tipuan main game review online shop sampe 70jt

  • Gak bisa seperti itu cara kerjanya kak. Itu kesalahan sendiri sepertinya.

  • Hmmmm gimana ya? Kesalahan di pihak pengguna jadi CS nya pun gak bisa berbuat banyak. Dan pihak mereka juga tidak bisa serta merta memblokir tanpa sebab.