Pembeli Bisa Memberi Ulasan Seenaknya di Tokopedia

Saya mengalami kasus, yang mana saya merasa perlindungan Tokopedia terhadap seller sangat minim. Sebelumnya izinkan saya menceritakan kronologi seperti berikut:

Pada tanggal 15 April 2023, pelanggan memesan item Paper Bag Tas Kado dengan ukuran 18 x 10 x 16 cm. Pengiriman berjalan dengan lancar hingga saat item diterima. Namun customer merasa kesal, karena kami mengirimkan paket dengan plastik kemasan dari item kami yang lain, dengan bertulisan “13.5 x 7 x 15cm” dan pelanggan merasa kami mengirimkan item dengan ukuran tersebut.

Kami meminta pelanggan untuk foto item tersebut dan diukur dengan penggaris. Sehingga jika memang salah, kami akan menggantinya. Namun pelanggan tidak dapat memberikan bukti bahwa kami mengirimkan barang yang salah dan justru playing victim dengan meng-upload gambar plastik yang tertulis ukuran lain tersebut dan memaki kami melalui kolom balasan.

Sebenarnya untuk masalah bintang sendiri, kami tidak masalah customer mau memberikan bintang berapa kepada kami. Yang menjadi masalah adalah kolom balasan yang tidak sopan dan balasan umpatan, yang tidak pantas untuk ditampilkan dan terkesan memfitnah kami..

Kami membawa persoalan tersebut kepada CS Tokopedia. Namun justru kami dibuat kecewa, karena Tokopedia seolah membiarkan dan memperbolehkan pelanggan untuk berkata kasar. Sedangkan jika seller berkata kasar, tentu saja hukumannya dapat berupa moderasi.

Akhir cerita, pelanggan memanglah raja, sedangkan sepertinya seller wajib menerima kata-kata yang tidak pantas, meskipun kesalahan pun bukan di pihak kami

Kevin Alexander
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Pembeli Bisa Memberi Ulasan Seenaknya di Tokopedia

  • 21 April 2023 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Seller model gini ga Akan maju..walaupun seller bnar..tapi model2 baper resiko jualan online mau pun offline pembeli karakter banyak..
    Klo seller pelayanan bagus ntar juga ketutup Ulasan jelek..
    Apakagi seller nulis d mk..yg banyak orang bisa komentar ntar komentar jelek lapor ke admin mk y

    38
    167
    • 21 April 2023 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih untuk tanggapannya, untuk masalah ini sudah diselesaikan oleh kami dan pihak tokopedia??

      134
      4
      • 22 April 2023 - (01:52 WIB)
        Permalink

        Selamat ya.. Kita turut senang sudah selesai.. Aku juga pernah ngalamin yg sama dan dimuat juga di sini. Dan beres berkat media konsumen… Dan admin tokopedia juga gercep…. Good luck sob..

        107
        4
    • 21 April 2023 - (19:05 WIB)
      Permalink

      Kami tidak masalah bila memang mendapat rating buruk, dengan catatan disampaikan dengan sopan. Bila memang rating kami buruk karena pelayanan / produk kami pasti kami jadikan masukan agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

      141
      6
      • 23 April 2023 - (07:26 WIB)
        Permalink

        Ketawain aja yang penting mmemang juallannnya jujur, dulu saya pernah jualan charger batere a3 kebetulan dapat banyak stok murah. Buyer maki2 di kolom komentar dan pesan katanya barangnya rusak gak bisa dipakai. Setelah ditelusuri dan minta foto bukti supaya bisa kirim baru (wajar, saya beli grosiran di china pas apes memang ada barang rusak jadi memang resiko). Ehhh taunya yang dicas batere abc ketawain aja jangan baper dan jelasin

        2
        1
    • 22 April 2023 - (07:25 WIB)
      Permalink

      Transaksi dimanapun memang selalu ada kemungkinan ktm penjual maupun pembeli reseh. Di sisi pembeli juga kadang ada aja sih ktm seller belagu yang udh salah tp tetep songong, dan baik CS Tokped maupun Shopee gak lakuin apa2. Saran saya atas komenan pembeli itu, Seller kan punya fitur balasan. Dibales aja komenan pembeli itu dgn fakta tp jangan terpancing utk mengeluarkan kata2 kasar juga. Pembeli lain yg baca akan bisa nilai kok yang g*la siapa.

      21
      6
  • 21 April 2023 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Jika rating toko anda bagus dan tingkat kepuasan pembeli tinggi, beberapa ulasan miring tidak berarti apa-apa. Anda patut berbangga karena pembeli di toko anda bukan cuma dari kalangan manusia.

    Yakinlah ulah konsumen sayap kiri itu cuma kerikil dalam revolusi.

    22
    49
    • 21 April 2023 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Sama aja toko online yang lain, kalau pembeli seenaknya memberikan ulasan yang jelek padahal kita kirim sesuai pesanan.

      38
      3
    • 21 April 2023 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih atas masukannya ya, kami jadikan masukan agar bisa lebih baik kedepannya

      38
      1
      • 22 April 2023 - (17:34 WIB)
        Permalink

        Ya kadang emang ada pembeli yang seenaknya memberikan komentar yang ga enak didengar.kalau saya sejauh ini ga ada lah.kunci utamanya adalah seller menjelaskan yang sedetailnya kepada konsumen biar ga salah paham.

    • 23 April 2023 - (22:36 WIB)
      Permalink

      Seller model begini sih ga bakal diminati buyer, coba seller sendiri introspeksi deh sebelum keopmlain tentang buyer. Anda para seller selalu menuntut video unboxing dan tetek bengek saat di komplain, TAPI APAKAH KALIAN SENDIRI PARA SELLER JUGA MELAKUKAN VIDEO BOXING SAAT MENGEMAS PAKET? Kalian bilang PEMBELI ADALAH RAJA tapi dimana RAJA nya kalo HANYA PEMBELI diperlakukan dan diwajibkan dengan hal-hal yang sepihak seperti itu? Saya menulis ini karena beberapa kali saya dikecewakan dengan SELLER yang dengan arogansi menuntut video unboxing dan tetek bengek saat dikomplai barang tidak sesuai dimana pihak SELLER sendiri tidak melalukan video boxing saat kemas paket.

      1
      7
  • 21 April 2023 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya sih biarkan saja. Dibalas saja, klo saya sih katain balik tp dgn disertai argumen lengkap yang membuat konsumen kicep yg dmn memang posisi saya tidak salah…. biar itu juga jadi bahan bacaan konsumen lain. Anggap saja darib10 konsumen pasti ada 1 yg tidak puas atau tidak suka.

    44
    2
  • 21 April 2023 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Banyak koq pembeli ga puny4 ot4k kaya gitu ngasih bintang 3 ulannya cuma karena “belom dicoba” ??

    46
    4
    • 22 April 2023 - (01:47 WIB)
      Permalink

      Lebih kesel gue, pembeli review ” Ih lucu sekali.. Ku suka…” Tapi rate 1 ?

      35
      1
  • 21 April 2023 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Anda Tau itu ulasan? Ulasan Itu penilaian..jika anda ga mau di nilai jangan jualan

    8
    111
    • 21 April 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Ulasan jelek kalo emang fakta nya jelek, ya kalo emang barang di kirim sesuai tapi di bilang kagak itu udah jadi fitnah, analogi ente sama kek “kalo kagak mau di fitnah ya jngn hidup” seolah2 menormalisasi kan fitnah di kehidupan masyarakat

      42
      34
  • 21 April 2023 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Wah sama kak, memang saya rasakan Tokopedia seperti Takut kehilangan customer dibandingkan kehilangan Seller, memang Tanpa customer tidak ada yang membeli tapi perlu di Ingat, potongan Layanan dan gratis ongkir juga dikenakan ke seller, Customer bebas berkata kata kasar memaki seller , dibiarkan Tokopedia, sedangkan seller ada 1 kata yang salah, langsung di moderasi, saya pernah dimoderasi seminggu, untung ga seberapa, dan berusaha memperbaiki etika dan kata2, tetapi customer bebas berkata kasar memaki, membawa kata2 binatang, dan Tokpedia menutup Mata, miris , lebih mementingkan customer dibanding Seller, Aneh dan terkesan konyol

    16
    17
  • 21 April 2023 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Jngn bilang seller g slh. Sdh slh isi dan bungkus beda tulisan. Knp g dicoret spidol sj ukuran di kemasan biar g miskom. Kl pingin nilai sempurna ya lakukan pekerjaan dg smpurna. Kl cm melihat potongan ss tsbt mmng g menyalahi aturan. Buat pembelajaran sj kedepannya. Yg itu cukup tanggapi sj sebaik mungkin dan paparkan kbenarannya orng2 baca bs menilai mn yg bnr.

    14
    78
    • 22 April 2023 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Dibaca pak, seller minta pembuktian, takut mereka salah, dengan cara diukur, kalo buyer baik dan jujur mah tinggal diukur, apa susahnya sih, daripada jadinya fitnah

      24
      4
  • 21 April 2023 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Begitulah klo jualan online harus siap mental dalam menghadapi berbagai macam sifat customer.

    5
    105
  • 22 April 2023 - (02:01 WIB)
    Permalink

    minal aidin wal faizin semua…
    Mohon maaf lahir dan bathin..
    Semoga kita menjadi lebih baik ya….

    39
    1
  • 22 April 2023 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Cb usul aj ke tokped, pembeli harus min S1 IPK 3.0, SKCK, dari keluarga baik²,sehat jasmani rohani dibuktikan surat medis, siap memberi ulasan dibawah tekanan.

    18
    7
  • 22 April 2023 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Sabar gan, buyer ghoblock memang banyak bertebaran diluar sana terutama yg ngaku2 raja ?

    24
    3
  • 22 April 2023 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Penjual dan pembeli saling membutuhkan, kalau ada review untuk penjual dari pembeli seharusnya ada juga review untuk pembeli dari penjual. Dan masih ada 1 lagi pihak yang menentukan yaitu kurir, jadi perlu juga ada review untuk kurir agar bisa tercipta keadilan sosial untuk semua pihak.

    12
    1
  • 22 April 2023 - (09:02 WIB)
    Permalink

    “Ga bisa kerja apa ngga punya penggaris di kantor” wkwkwk ini unsur penghinaan merendahkannya dimana? Kalo ngedumel iya emang keliatan itu.

    Kalo kata yg kena sensor, nah bisa dicurigai tuh. Kalo cuma gara2 diledek ngga bisa kerja ngga ada penggaris yah modelan boomer banget ini. Antikritik kayak gub lampung tuh, malu njir, wkwkwk

    3
    27
  • 22 April 2023 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Alay bngt si lo wkwkkwwk, lu jual ya sesuai deskripsi jgn jual barang tp gak sesuai deskripsi.. gw jg sering ksh bintang 1 kalau emng produknya jelek apa lg gak sesuai deskripsi.

    Semoga penjual kek bgni musnah, bikin rugi konsumen

    3
    114
  • 22 April 2023 - (19:23 WIB)
    Permalink

    jadikan pelajaran aja, kemasan yg salah dicoret tulisnanya dan ditulis ulang dengan deskripsi yang benar. biar tidak ada masalah dikemudian hari

    3
    29
  • 22 April 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Mending hapus postingan anda, 100% saya nyalahin anda, seller baperan, nyari pembelaan lagi ?

    1
    139
    • 26 April 2023 - (10:18 WIB)
      Permalink

      ya maklum, anda kan orang kantoran yg gak pernah jualan.. jadi ya anda gak paham gimana rasanya..

      • 26 April 2023 - (18:16 WIB)
        Permalink

        Kalau mental anda setitpis tempe mending belajar mental dulu jualan langsung dipasar langsung,

        Btw fyi saya jualan dipasar itu 3 tahun, jadi ngga usah merasa paling sijualan ?

  • 22 April 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga sering beli plastik packing secara offline dan selalu liat tulisan ukuran di kemasan, kalau tulisan slah langsung saya balikin nggk pake penggaris2an segala. Jadikan pelajaran aja biar anda lebih teliti.

    1
    4
  • 23 April 2023 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Pembeli tidak salah,,masa iya pembeli disuruh ngukur, sedangkan penjual saja tidak teliti… tidak ada unsur kata kasar juga,, penjual baperan, konsumen auto tidak akan pernah beli di seller kayak anda ini…

    4
    6
  • 23 April 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Yg begituan anggep ajah angin lalu, konsumen memang raja, tapi raja gada otak juga banyak, kyk salah satu Fir’aun yg ngaku tuhan misalnya.

  • 23 April 2023 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Ya sudahlah kak. Anggap aja itu input buat pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya. Jualan dimana pun itu pasti akan ada kritik dan saran.

    3
    1
  • 24 April 2023 - (01:25 WIB)
    Permalink

    Ini sih penjualnya yg oon… Jelas2 tulisan di kemasan beda, ya salah penjual… masa pembeli disuru ngukur. Dah gitu baper pula… Belum tentu kata yg di sensor itu makian, krn gak cuma makian yg kena sensor… Contohnya nomor hp, nomor rekening, dll. Trus di komen “bisa kerja gak? punya penggaris gak?”, tinggal jawab “iya atau tidak” aja… Itu kan pertanyaan… Bukan hinaan. Baper bgt sih…

    1
    4
  • 24 April 2023 - (02:45 WIB)
    Permalink

    Yang sy pelajari dari seseorang/perusahaan penyedia jasa adalah, layani konsumen dgn ramah dan senyum walaupun hati gendek/dongkol atas kelakuan konsumen. Dah itu aj

  • 26 April 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Knp bnyak orng2 bdoh sih pd dislike ?? sudah jelas seller cari pembelaan ?? hadeuh kacau

    2
    2

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Pembeli Bisa Memberi Ulasan Seenaknya di Tokopedia

oleh Dgift dibaca dalam: 1 menit
44