Produk Jualan Tiba-Tiba Dihapus oleh Sistem Shopee

Saya sudah bergabung dengan Shopee sebagai seller sudah bertahun-tahun dengan nama toko Comvymart dengan performa toko yang baik dan selalu mendapatkan ulasan baik dari customer.

Pada tanggal 24/04/2023 tiba-tiba produk saya dihapus tanpa sebab oleh Shopee yang bikin saya shock karena inilah satu-satunya pendapatan kita. Saya sudah mengecek kalau saya tidak ada melanggar peraturan yang dibuat Shopee.

Saya mengikuti pertauran yang di buat Shopee sedemikian rupa. Banyak Seller lain yang menjual produk yang sama ini tapi hanya saya yang di hapus tanpa alasan yang kuat. Penjualan saya ada di sekitar 500 lebih dan ulasan yang banyak dan tinggi di berikan dari customer ke toko kami. Alasan yang diberikan oleh sistem Shopee adalah “Perbaikan Produk Lainnya”

Ini adalah 2 produk saya yang tiba-tiba di hapus oleh Shopee tanpa alasan yang kuat. Dan kami yakin bahwa kami tidak melanggar peraturan Shopee buat. Saya sudah menghubungi CS Shopee dan sudah diteruskan ke pihak yang berwajib untuk menangani produk saya ini dengan kode laporan 1650450900630265862.

Saya juga sudah mengeluarkan uang yang cukup besar untuk melakukan iklan supaya saya bisa mendorong penjualan saya, saya merasa ini sangat tidak adil di mana kita sudah mengeluarkan uang yang cukup besar dan tiba tiba produk kita di hapus begitu saja di Shopee.

Berikut akan saya lampirkan pengeluaran iklan dan pendapatan produk saya dengan masa 3 bulan ke belakang.

Saya sudah banyak melakukan research di internet kalau jika produk dihapus oleh Shopee, kemungkinannya sangatlah kecil kalau produk ini dapat dikembalikan Shopee sampai saya menemukan artikel di mediakonsumen yang mengalami kasus seperti saya dan produknya dikembalikan oleh Shopee.

Saya membaca artikel yang dibuat oleh Avrina Dwi Susilowati dan membuat saya menuliskan masalah saya ke mediakonsumen. Saya bahkan melakukan chat kepada kak Avrina menanyakan process dan cara supaya Shopee dapat mengembalikan produk saya yang dihapus.

Saya sungguh mohon kepada pihak Shopee dan pihak mediakonsumen supaya dapat membantu kami untuk mengembalikkan produk yang di hapus oleh Shopee. Kami juga berharap supaya hal seperti ini tidak lagi terjadi kepada orang lain.

Saya berharap Shopee dapat mengupdate sistemnya untuk lebih berhati-hati dalam menghapus produknya. Alangkah baiknya jika Shopee dapat memberikan peringatan kepada seller terlebih dahulu sebelum produknya tiba tiba dihapus.

Terima kasih saya ucapkan kepada team mediakonsumen dan Shopee semoga dapat memberikan solusi terbiak untuk masalah yang saya hadapi sekarang ini.

Wilson Henvio
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Produk Jualan Tiba-Tiba Dihapus oleh Sistem Shopee

  • 26 April 2023 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Si mas itu jualan aksesorisnya dr produk Ap***? Itu bukan dihapus tp diumpetin sama AI nya. Masih mending, lha sy dulu jualan disana dengan merek yg sama tp pruduk varian M** eh dia hapus total dengan alasan harus ada surat apa gitu. Pdhl perusahaan kita dah Tier-2 ?.

    Kurang gaul tuh karyawan shopee. Yo wes sy ga mau banyak debat, hapus semua data yg ada di shoppe dan minggat .
    Maklum lah dia dah ada officialnya. Pdhl kita sdh tau siapa yg main.

    7
    2
    • 27 April 2023 - (02:41 WIB)
      Permalink

      Kalau punya saya juga Tas motif buaya, diblokir dan 3 hari kemudian dihapus otomatis. Mau debat dgn shopee males. Kalau benar Robot AI yang sembunyikan berarti masih adakah harapan untuk dikembalikan?

      2
      1
  • 26 April 2023 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Mungkin karena nama produknya bikin gagal fokus (Lightning jadi Light, AirPods jadi AirPds) menyebabkan ada pihak pemegang merk melayangkan keberatan dan minta produk TS di takedown (entah permanen atau sementara).

  • 27 April 2023 - (03:00 WIB)
    Permalink

    Senasib kita bos…saya udah penjualan di atas 2000 pcs, di hapus dengan alasan sama, untung ada akun di lazada sama tik tok n toped , jadi sekarang di shopee saya anaktirikan, bodo amat mau laku kek, mo kagak kek…EGP

  • 27 April 2023 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Mungkin bisa di pertimbangkan eccommerce lain, apalagi bukan cuman shopee yg di atas skrg, sama juga buyer yg kadang pindah2 di mana promo yg paling bagus dan murah, jangan terlalu cinta dgn satu ecommerce ntar sakit hati kayak gini.

  • 27 April 2023 - (11:46 WIB)
    Permalink

    saya sebagai buyer di sini coba kasih masukan , secara pribadi saya belanja mengandalkan voucher, baik cod atau non cod, baik si oren,biru atau hijau, tapi kenakalan buyer cuma bisa di si oren, ada trik buat bikin ongkirnya Rp.0 walau ongkir sampai ratusanribu,di j&t,spx,dan sicepot, saya rasa bukan saya aja yg tau trik tsb, trik tsb saya gunakan beberapa tahun samapai platinum, sejak ada kebijakn baru di oren beberapa seller jadi korban di bebankan ongkir, sejak saat itu saya jarang menggunakan si oren, saran saya jangan berjualan di oren deh kk, pilih yg lain aja, ini saran saya sebagai buyer ya, karena bagi saya di oren banyak celah untuk trik ngakalin ongkir, walaupun trik yg saya gunakan tidak berlaku di beberapa propinsi di indonesia, uniknya di propinsi saya itu bisa di gunakan di semua lokasi daerah, maaf ya itu cuma saran dan pengakuan aja

  • 28 April 2023 - (01:15 WIB)
    Permalink

    Jualan barang begini emang sensitif
    Saran aja untuk TS
    Judul Produk di edit aja
    Penggunaan nama Brand apel keroak di ganti menjadi “For” atau “Compatibel For”
    “For” bisa di depan judul
    Ada efek samping nya
    Penurunan drop karena jarang customer cari dengan tulisan ” For ipin xxx”
    Anda bisa pake iklan keyword yang sudah di jalankan sebelum nya
    10jt dapat 30jt good itu

    Karena dlu sy pernah juga hampir kena, semua casing hp merk itu, mao di turunin semua… Alhasil sy edit semua nya ( ga ada yang terjual dari case merk hp itu, dan bagi sy itu cuma pelengkap aja )

    Selang beberapa bulan, sy iseng edit lg judul nya dan everything is ok

  • 23 Agustus 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Saya baru ngalamin..saya malah bbrp yg dihapus..uda terjual 900 pc padahal..seenaknya main hapus aja..pdhl cara dongkrak penjualan kan dr terjual nya..ni kalau pasang iklan lagi dan 0 yg terjual siapa yg mau beli lg..

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Produk Jualan Tiba-Tiba Dihapus oleh Sistem Shopee

oleh Comvy dibaca dalam: 2 menit
9