Tagihan Kartu Kredit Bank Mega 3 Tahun Bermasalah

Pada awal tahun 2020, saya mendapat penawaran dari marketing KK( Kartu Kredit) Transmart Mega yang menjelaskan bahwa kartu tersebut tidak dikenakan biaya tahunan asalkan digunakan untuk belanja. Selain itu, marketing menjelaskan bahwa kartu yang akan dikirim masih tidak aktif dan akan diterima dalam waktu maksimal 2 minggu dari saat itu. Jika dalam waktu 2 minggu tidak menerima kartu, artinya aplikasi KK Mega ditolak. Marketing juga menekankan bahwa kartu baru hanya dapat digunakan setelah diaktifkan

Pada Februari 2020, saya menerima email tagihan KK Mega sebesar Rp125.000,00. Segera setelah itu, saya menghubungi CS untuk melakukan komplain karena saya BELUM MENERIMA KARTU dan berpendapat bahwa sesuai janji marketing tidak ada biaya administrasi / annual fee. Saat saya menghubungi CS, saya mengalami kesulitan karena panggilan telepon yang sangat lama dan terputus dengan tidak jelas, sehingga tidak bisa mencatat nomor bukti laporan.

Pada bulan Februari 2020 itu juga saya datangi kantor cabang Bank Mega di Yogyakarta, saya sampaikan permasalahan bahwa saya belum terima kartu kredit dan sudah ada tagihan. Kantor cabang tidak bisa menyelesaikan, mereka hanya memfasilitasi dihubungkan ke CS KK Bank Mega Jakarta melalui telpon. Saat itu saya sampaikan lagi seperti saat aku telpon pertama. CS KK Bank Mega Jakarta akan menindaklanjuti.

Bulan Maret 2020 tagihan sudah dihilangkan terkait kenaikan limit dan administrasi, NAMUM Kartu juga belum saya terima.

Bulan berikutnya saya sudah tidak menerima email tagihan lagi dari bank Mega hingga Januari 2021. Saat itu aku berasumsi, barangkali aplikasi KK ditolak sebab marketing pernah bilang kalau tidak ada kabar dan terima kartu berarti aplikasi KK ditolak, dan adanya tagihan karena kesalahan administrasi belaka.

Februari 2021 saya dapat tagihan lagi KK Bank Mega sebesar Rp.410.000. Rinciannya Rp.400.000 anual fee. Pada bulan itu pula Aku BELUM MENERIMA KARTU KREDIT. Aku coba telpon tetapi persoalan belum kelar telpon sudah putus, mekanisme komplain telpon ribet banyak nunggu mendengarkan suara musik yang lama. Saya coba complain via email dan melalui sarana web resmi di Bank Mega ( mengisi form aduan) , tetapi tidak ada respon sama sekali.

Bukan hanya sekali dua kali saya mencoba kontak CS KK Bank Mega, jika bisa sambung pasti telpon lama sekali dan putus, pernah pakai fax tapi tidak bisa masuk.

Pada bulan Februari 2023, saya menerima tagihan sebesar Rp975.000 dari KK Bank Mega, meskipun saya belum pernah menerima kartu kredit tersebut. Pada tanggal 9 Maret 2023, pukul 12.45, saya menghubungi CS KK Bank Mega ( diterima oleh Eka) untuk mengutarakan permasalahan tersebut. Sayangnya, saya mengalami kesulitan dalam berkomunikasi karena panggilan telepon yang berbelit-belit dan akhirnya terputus secara otomatis pada pukul 13.10.

CS memberitahu bahwa kartu saya belum diterima dan oleh karena itu dilakukan proses blokir terlebih dahulu. Saya mendapatkan nomor laporan REV 15230814 dan permasalahan tagihan saya dilemparkan ke bagian lain. Setelah menunggu hingga pukul 13.08, panggilan telepon saya terputus.

Saya kemudian menghubungi kembali pada pukul 13.10 dan diminta untuk menunggu di telepon untuk diperiksa apakah masih aktif hingga pukul 13.55. Akhirnya, saya mendapatkan pelayanan dari CS bernama RAFI dengan nomor laporan REV 15231465.

RAFI menjelaskan bahwa semua tagihan tersebut adalah biaya administrasi dan karena saya belum pernah menerima kartu, maka semua tagihan tersebut akan dihapus. RAFI menawarkan untuk mencetak ulang kartu, tetapi saya memilih untuk menutup kartu jika masih ada tagihan yang harus dibayar. RAFI memastikan bahwa tagihan tersebut dapat dihapus dengan mudah dan bukan merupakan tagihan pemakaian. Saya sepakat dengan niat baik dari KK Bank Mega.

Maret 2023, saya terima kartu dan dikirimkan ke rumah serta tagihan melalui email Rp.530.000. Betapa kecewa ternyata saya hanya diberikan Janji palsu oleh CS KK Bank Mega. Tanggal 27 Maret 2023 pk 09.30 wib saya complain lagi ke Bank Mega diterima oleh James dengan laporan REV 15326728. James menjanjikan untuk menghapus tagihan karena itu adalah anual fee, dan James melihat memang aku belum pernah mengaktifkan kartu dan melihat pernah lapor kartu belum diterima.

April 2023, ternyata saya masih menerima tagihan Rp.535.000. Ternyata Janjinya palsu juga !!!! Tagihan belum dihapuskan. Saat ini KK juga belum aku aktifkan!!!!! meskipun karu KK Bank Mega sudah aku terima pada awal bulan Maret 2023.

Kepada Manajemen Kartu Kredit Bank Mega:

Mohon bantuannya untuk menutup kartu kredit saya yang menyebabkan rasa tidak nyaman dengan adanya tagihan setiap bulan. Saya meminta agar diberikan mekanisme penyelesaian yang pasti, dan jika harus ke cabang Bank Mega di Yogyakarta. Saya siap datang untuk menyelesaikan permasalahan ini. Jika saya dianggap salah dan harus membayar, saya akan membayarnya, tetapi saya meminta sebuah perjanjian tertulis bahwa kartu kredit akan ditutup dan tidak akan ada tagihan lagi.

Namun, jika saya harus membayar terlebih dahulu dan proses penutupan kartu harus melalui telepon, saya SUDAH TIDAK PERCAYA LAGI KOMPLAIN MELALUI TELPON. Saya akan mendokumentasikan pertemuan itu dan membawa saksi. Mohon tanggapannya.

Gani Indriyanta
Sleman, DI Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan “Tagihan Kartu Kredit Bank Mega 3 Tahun Bermasalah”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Gani Indriyanta di mediakonsumen.com (26/04), “Tagihan Kartu Kredit Bank Mega 3 Tahun...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Tagihan Kartu Kredit Bank Mega 3 Tahun Bermasalah

        • 27 April 2023 - (15:58 WIB)
          Permalink

          Iya bank mafia ini mah…. Masa udah bayar penutupan masih ditagih lagi… Dengan dalih belum beres… Dan surat perjanjian nya hilang katanya…. Sekelas bank Mega data debitur hilang…. Terus pas ditagih surat pelunasan/penutupan banyak alasan di WA gk dijawab… Pas nagih nya kayak orang kesurupan… Bank terANEH……

          • 28 April 2023 - (09:11 WIB)
            Permalink

            Wah memang ini pengalaman paling buruk sekali Bank Mega, istri saya saja sudah berhebti memakai CC B Mega, tahun 2017, tetapi herannya masih ada tagihan sampai 2022, malahan tersebar dimana2, ada yg dipakai di Bali, Jakarta dan entahlah, asal diketik saja Billing.
            Hati2 kalau dgn CC kreditini buanyak penipuannya, jagan percaya gratis, lebih baik jangan sevelum sakit kepala, saya ajak ketemuan si depkolektorbya gak mau. Malahan ibu yg katanyanmengaku di Jakarta, tapi sekali lagi saya ketemu kau saya akan berikan sesuai yg saya janjikan, nyabutin kukumu perlahan2.

    • 29 April 2023 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Sdh tdk kaget kl kejadian spt itu terjd lg utk kesekian kalinya dr bank mega,viralkan disemua medsos atau media elektronik br kl mrk sdh selesaikan minta surat keterangan tdk ada tagihan atau utang br check ke BI checking apkh ada report dr bank mega krn pernah terjd krn kelakuan gendoruwo mrk

  • 26 April 2023 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Jangan percaya kata2 sales yang gratis ini lah gratis itu lah.. Apalagi CC bank M*ga paling syulit kalo mao ditutup dan banyak sekali printilan biaya ini lah biaya itulah, emang sih biaya sedikit cuman ribuan rupiah tapi bayangkan ribuan kalo dikali ratusan ribu nasabah CC bank cuan banyak..

    Bank terbaik pelayanannya bagi saya mau itu tabungan / kartu kredit tetap no. 1 C*MB N*AGA, saya sudah menjadi nasabah bertahun2 tiada masalah..

  • 26 April 2023 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Fix, tidak akan pernah berhubungan dengan bank mega, sampe ke anak cucu mantu cicit, dan bahkan super cicit saya.

  • 26 April 2023 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Sy pernah berurusan dgn bank mega, punya kartu kredit bank ini, tp 3 bln lg mau 1 thn cepat saya tutup agar tdk kena biaya tahunan, mau tutup kk bank ini siap kan pulsa minimal 50 rb, krn 30 menit blm tentu berhasil tutup kartu, bermacam cara dan bujuk rayu agar kita tdk tutup, tp sy ttp minta tutup setelah 30 menit, minta nomor laporan dan email bukti tutup kartu, takut nya suatu saat ada tagihan dari kk yg sdh kita tutup,

  • 26 April 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Kok ada tagihan Increase Credit Limit Fee 125rb?
    Biaya kenaikan limit ini biasanya dibebankan ke nasabah karena nasabah request naik limit dan disetujui.
    Kalau bank yang menaikkan limit secara otomatis harusnya ga ada biaya ini.
    Padahal kan kartu belum pernah dipakai? Kok bisa minta limit dinaikkan?
    Aneh juga.

  • 26 April 2023 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Segala kartu kredit memang berbelit belit ..saya juga mengalami hal sama tidak menerima kartu tapi billing tetap di kirimkan.. tapi bukan bank mega cuma polanya sama..

    Mendingan abaikan dan saat di tagih lagi jika ada yg datang maka di ajak ke bank langsung .. aneh memang

    • 27 April 2023 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Harusnya tiap telp, sampaikan nomor laporan sebelumnya ngak usah panjang lebar minta CS baca sendiri riwayat di nomor laporan tersebut, jangan buat nomor laporan baru itu menunjukan bahwa anda mulai lagi cerita dari awal, saya tekniknya begitu karna nelp dibatasi pulsa yg mahal saya hanya minta CS ngecek nomor laporan sebelumnya …. dst saya minta dia baca dan tinggal tanya apakah sudah di hapus tagihannya, disitu biasanya ada dua pilihan belum selesai dihapus iuran tahunan atau butuh waktu, ya sudah langsung saja di cut bilang kapan estimasinya, biar di hubungi tgl berikut kalau sudah langsung tutup telpnya dan telp lagi di tanggal yg di janjikan sambil sampaikan nomor laporan sebelumnya. Syaa sudah paham aturan main mereka sehingga trik ini selalu sukses

  • 26 April 2023 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Semua bank rata rata sama saja .. saya juga mengalami hal sama tapi dengan bank berbeda..

    Kartu belum di terima tagihan ada
    Pengajuan kartu juga tidak dilakukan ..aneh darimana ada tagihan sedangkan pengajuan saja tidak

    1
    1
  • 27 April 2023 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Saya jg dulu pemegang kk bank mega, dua malah. Tp proses penutupan kartunya tdk berbelit koq. Asal sudah tdk ada tagihan lg. Dalam kasus sender, minta dlu penghapusan tagihan annual fee nya baru ajukan penutupan. Siapkan pulsa klo anda pengguna prabayar, ketika tersambung dgn cs lgs minta ke bagian penutupan kartu, sampaikan keinginan anda dan tolak berbagai tawaran agar anda tdk menutup kartu, minta bukti tertulis bahwa kartu telah ditutup. Selesai. Klo pengalaman saya sih spt itu dan ini berlaku utk kk bank yg lain jg

    • 17 Juni 2023 - (10:36 WIB)
      Permalink

      @aditiawan.sarma – dulunya kapan? lain dulu lain sekarang lho. Tahun 2018 waktu aku penutupan jg itu tidak susah, cuma harus siap pulsa karena tarik ulur dgn cs sampai nelpon hampir 20-30 menitan dgn trik yang sama.

      • 20 Juni 2023 - (21:07 WIB)
        Permalink

        Sama koq, tahun 2018. Tlp diterima dlu cs, dipastikan tdk ada lg tagihan, diteruskan ke bag penutupan kartu (betul sempat ditawari dlu ini itu), setelah itu diinfokan kartu kredit tdk lg aktif dan nanti dikirim email pemberitahuan. That’s it, tp memang harus siap pulsa krn tlp²an nya lama jgn sampe terputus

  • 27 April 2023 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah pakai cc bank ini, ditelp ditawari asuransi mega..kami tidak pernah menyetujuinya,tau² bulan berikutnya ada tagihan asuransi sebesar 170.000 x 2 (ditagihkan tiap bulan) = 340.000 x 5. Bayangin aja.. pemakaian cc udah gak aktif sejak 2 bln, tp tagihan makin melonjak.

  • 27 April 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Saya juga korban dari cc Mega. Saya ga pernah trima tagihan baik secara langsung atau via email. Tau2 saya di tlp sama bank Mega yg bilang saya uda telat bayar tagihan dengan total tagihan 5 juta lebih. Saya kaget banget! Stelah tlp ke cs bank Mega dibilang ada iuran tahunan yg saya ga bayar dan saya bilang saya gak ada trima tagihan sama skali, mereka bilang maaf ini kesalahan sistem. Licik sekali!!! Sengaja ga kirim email tagihan, tau2 uda kena denda yg sangat besar!! Yg lebih lucunya cuma bank Mega yg ada biaya untuk tagihan via email. Saya pakai cc dari bank lain gak ada tuh yg kena biaya untuk tagihan via email. Gak bakal lagi pakai itu cc Mega!

  • 27 April 2023 - (16:09 WIB)
    Permalink

    ogut udh tutup bbrp thn yal, byk jebakan betmen mah klo mega, biaya siluman, tahunan ga jelas, tutupnya susah banget. tiap hr telpon nawarin dibuka lg wkwk
    sori klo perusahaannya ct .. ane ga minat

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Tagihan Kartu Kredit Bank Mega 3 Tahun Bermasalah

oleh GANI INDRIYANTA dibaca dalam: 3 menit
23