Tidak Bisa Pembaharuan RAM Plus di Handphone Samsung Seri Lama

Parah banget, masa Samsung S9+ dan A6+ tidak dapat pembaharuan/update RAM plus. Padahal handphone ini jaya pada masanya dan masih sangat-sangat bagus dari performa dan design sampai sekarang ini. Mohon untuk tidak ditinggalkan begitu saja oleh developer Samsung ?.

Kalau boleh usul lebih baik update perangkat lunaknya dikenakan biaya saja sekalian alias bayar, apalagi sekarang zamannya pembayaran non tunai. Kalau konsumen setuju dengan biaya yang ditawarkan oleh produsen handphone misal 1 juta sekalipun agar handphone lamanya masih bagus/tidak ketinggalan menurut saya tidak masalah. Kalau ternyata setelah dicoba update perangkat lunak yang ditawarkan tidak sesuai, tinggal minta refund. Boleh dibilang seperti transaksi-transaksi di toko online saat ini.

Karena kalau beli lagi handphone khususnya tipe orang seperti saya, ya bisa saja beli lagi, tapi masih sayang dengan handphone lamanya karena pertimbangan desainnya yang masih disukai atau karena ada sejarahnya atau alasan pertimbangan lain. Hanya saja kurang sedikit sentuhan update agar bisa mengikuti perkembangan saat ini seperti yang saya ungkapkan di atas contohnya Samsung S9+ dan A6+ nya, sayang hanya kurang tidak ada RAM plus-nya. Fitur lain menurut saya pribadi tidak terlalu mayor.

Menurut saya produsen handphone lainnya seperti Xiaomi, Oppo, vivo dan lainnya juga kalau perlu menerapkan bayar untuk update handphone-nya terutama untuk handphone tipe lama. Karena ada keuntungannya di sini misal sampah handphone tidak menumpuk, developer juga lebih semangat untuk memberikan update-nya karena ada pendapatan/upah lain di sini.

Saya rasa cukup sekian opini saya, untuk kekurangan dan salah kata mohon dibantu dikoreksi dan dimaafkan ?

Raden Fathony
Tulungagung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Tidak Bisa Pembaharuan RAM Plus di Handphone Samsung Seri Lama

  • 4 Mei 2023 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Update RAM itu seperti apa ya pak maksudnya? Jika maksud bapak adalah upgrade operating system (OS) maka hal itu sepengetahuan saya di tentukan berdasarkan spesifikasi handphone bapak, tidak mungkin HP seri lama diberikan update OS terbaru karena di takutkan akan menurunkan performa hp bapak dikarenakan spesifikasi nya tidak sanggup untuk menjalankan OSnya.

    5
    1
  • 4 Mei 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    kayaknya ga mungkin sih ya karena mereka kan jualan hp, makanya update juga dibatesin supaya beli hp yang baru lagi

  • 4 Mei 2023 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Teknik Virtual RAM (disebut RAM Plus di Samsung) butuh beberapa persyaratan hardware sehingga menjadi pertimbangan pengembang OS apakah dimasukkan sebagai fitur atau tidak. Sebagai contoh, SoC 32-bit ARM punya keterbatasan RAM maksimum 4GB sehingga tidak cocok menggunakan fitur ini. Ukuran memori penyimpanan juga menjadi pertimbangan karena ketika ukuran OS memakan banyak ruang (termasuk aplikasi bloat) maka ruang yang tersisa menjadi tolak ukur perlu tidaknya fitur ini.

    Untuk ponsel yang tidak ada bawaan fitur virtual RAM, bisa gunakan aplikasi seperti Swap No Root. Untuk ponsel yang sudah di root memiliki banyak keleluasaan dan bebas ribet. Selain lewat aplikasi seperti misalnya Swapper for Root, juga bisa menggunakan script yang di install lewat custom recovery, misalnya Juwe RAM Script.

  • 4 Mei 2023 - (11:02 WIB)
    Permalink

    waduh masa saranin update juga mesti berbayar…?
    ya jangan lah. ga semua orang finansialnya seperti anda.

    lagian developer punya alasan sendiri untuk menyetop update-an pd hp2 yg sudah jadoel, seperti keterbatasan RAM/ROM bila diupdate, bisa terjadi malfunction pd software, ga compatible istilahnya. yg ada bikin kinerja hp jd berat & cepat panas. ujung2nya malah bisa rusak.

    4
    2
  • 4 Mei 2023 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Kalo masih suka hp keluaran lama ya pake aja buat hp ke 2 dan beli hp keluaran terbaru buat jadi hp pertama dibanding kasi saran ga masuk akal pembaruan harus bayar
    Lagian virtual ram itu cuma gimmick mau ditambahin juga ga akan ngaruh ke performa dan malah mengurangi memori internal

    3
    1
    • 4 Mei 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Benar orang awam mengira virtual Ram itu Real nyatanya banyak yang ngeluh pake RAM 4GB aja masih sering Relog ketika buka app lain

      1
      1
  • 4 Mei 2023 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Pasti yg nulis disini gak tau fungsi ram extended/penambahan ram/ram plus atau apa lah namanya
    Karena yg nulis pasti gak tau beda speed ram hp dan storage hp.
    Coba main cek Chanel jagat review https://youtube.com/shorts/7LhKxNdoTtc?feature=share

    Biar tau guna apa gimmick-gimmick itu ram tambah an/ram extended/ram plus biar ngerti dan pinter dikit Krn ram tambah an begitu gak nambah performance yg ada jd berkurang performance hp…

    3
    1
  • 4 Mei 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    TS katro masih sangat ketinggalan zaman…..klo TS mw bgtuan ya beli sj saham Samsung trs terapkan sprti yg TS mau…

    2
    1
  • 4 Mei 2023 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Fitur2 hape emangnya bisa main tambah2. Fitur itu tergantung bukan hanya OS android tapi jg chipset dari hape tersebut. Kalau chipsetnya gak bisa memproses virtual RAM ya kagak bisa ditambahi. Virtual RAM diambil dari memory hape jika chipset mendukung. Semua fitur pasti sudah dimaksimalkan untuk spec hape tersebut. Dan untuk update gak bakal terus diberikan. Biasa paling lama 2 thn sdh tak ada update baru. Biar ganti hape. Kan perusahaan jg mau untung

  • 4 Mei 2023 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Kalau memang dulunya ada settingan untuk menambah virtual RAM, harusnya tersedia. Kalau dari awal ( factory defaultnya) tidak ada, mau diadakan juga ga bisa, kecuali ada dukungan system update yang bisa menambah fitur tersebut. Memangnya ada tulisan “Your system is low on virtual memory”?

  • 5 Mei 2023 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Boro boro hp,mobil aja kalo di luar negri itu usianya 5 tahun doang,,
    Karena memangbarang barang begitu di pake buat di buang.
    Solusinya gampang kalo masih suka hp itu,hp jadulnya di pake buat WA doang,nah beli hp lain buat keperluan khusus kyk nonton,main game dll.

  • 5 Mei 2023 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Yg terhormat admin MK…mohon kl ada keluhan model di atas ga ush tayang….ga ada sopan2nya…mentang2 raden??g ada salam pembuka main..nyerocos aj..budayakan salam….apa blm ngopi om raden??sini ngopi bareng…

 Apa Komentar Anda?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Pembaharuan RAM Plus di Handphone Samsung Seri Lama

oleh Fatoni dibaca dalam: 1 menit
16