Lama dan Ribetnya Klaim Asuransi Jiwa Allianz

Saya Hadiran Halawa, pemegang polis asuransi Allianz dengan nomor polis: 000055537184, nama tertanggung almarhumah Ibu Rosibae Halawa (ibu kandung saya). Kami telah ikut asuransi Allianz sejak 25 Mei 2018, dan almarhumah ibu saya meninggal dunia pada tanggal 23 Desember 2022. Kami selalu membayar polis tepat waktu.

Saya mengajukan klaim asuransi ke kantor pusat Allianz sejak 15 Januari 2023 dan telah melengkapi semua dokumen yang pihak Allianz minta. Tanggal 1 Februari 2023, saya terima surat melalui email dari Allianz dengan nomor ref: S00508, yang isinya menyampaikan mereka butuh 45 hari untuk verifikasi data.

Kemudian pada tanggal 19 Maret 2023, saya ke kantor pusat Allianz untuk menanyakan hasil klaim asuransi. CS-nya mengatakan bahwa saya sudah dikirim surat melalui email. Padahal saya sudah cek email bolak-balik, tidak ada surat dari Allianz yang masuk. Akhirnya CS print suratnya dan kasih ke saya dengan nomor ref : S02686, yang isinya memberitahu bahwa pihak Allianz butuh tambahan waktu 30 hari lagi untuk verifikasi data.

Pada tanggal 17 April 2023, saya telepon call center, untuk menanyakan hasil klaim asuransi kami. CS mengatakan masih dalam proses verifikasi data. Padahal sudah selesai masa waktu tambahan 30 hari, sesuai yang diberitahukan dalam surat.

Karena tidak puas dengan jawaban CS via telepon, pada tanggal 19 April 2023, saya datang langsung ke kantor pusat gedung Allianz menanyakan hasil klaim asuransi kami, dengan nomor laporan: S3817952. Harusnya sudah ada informasi terkait klaim asuransi karena sudah lewat 30 hari. Namun CS Allianz berkata bahwa masih dalam proses verifikasi data. Jujur kecewa dengan jawaban itu, pihak Allianz tidak menepati janji (30 hari).

Pada tanggal 3 Mei 2023, saya telepon call center (dengan CS Lisa), nomor laporan: 53855366, menanyakan hasil klaim asuransi kami yang sudah melebihi batas waktu yang mereka janjikan 30 hari ( lebih 2 minggu). Jawaban CS muter-muter, dengan jawaban yang sama seperti sebelumnya, katanya masih dalam proses verifikasi data dan koordinasi. Jawaban itu semakin mengecewakan saya. Padahal sudah melebihi batas waktu 2 minggu dari yang mereka janjikan.

Selama itukah dan seribet itukah proses klaim asuransi di perusahaan asuransi sebesar Allianz yang katanya profesional? Tolong kepada pihak asuransi Allianz untuk segera menyelesaikan proses klaim asuransi dan memberikan apa yang menjadi hak kami. Sangat kecewa dengan cara kerja Allianz seperti ini, tidak menepati janjinya dan terkesan mengulur-ulur waktu, cari-cari alasan, buat nasabah bingung dan menunggu lama.

Hadiran Halawa
Tangerang, Banten


Update (24 Mei 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Allianz Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Resmi Allianz Indonesia atas Pengajuan Klaim Bapak Hadiran Halawa

Kepada Yth., Redaksi Mediakonsumen.com Perihal: Pengajuan Klaim Meninggal Dunia atas nama Tertanggung Ibu Rosibae Halawa dengan nomor Polis 000055537*** melalui...
Baca Selengkapnya

48 komentar untuk “Lama dan Ribetnya Klaim Asuransi Jiwa Allianz

    • 7 Mei 2023 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Asuransi adalah usaha penipuan yg diberi ijin krn apabila perusahaanya bangkruuuuut!!!!!maka uang yg sdh kita setorkan lewat premi bertahun2 akan lenyap seperti siluman,mereka akan memperhalus bahasa krn temenya siluman dng istilah penurunan nilai manfaat padahal pemotongan secara sepihak

      14
      17
      • 7 Mei 2023 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Ko msh pd percaya aja ya sm asuransi, pdhl udh byk contoh klo diklaim itu susahnya minta ampun, mending nabung emas aja sekalian, ato investasi emas lbh aman harga naek terus

        12
        7
      • 8 Mei 2023 - (16:50 WIB)
        Permalink

        Coba posting di social media dan DM Instagram nya, saya juga sempat mengalami hal yang serupa.
        Setelah komplain di media sosial dan DM Instagram tunggu tiga hari di transfer.
        Persis sama kasusnya hanya saja saya asuransi kesehatan.

    • 7 Mei 2023 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Asuransi kesehatan ya BPJS..,yg lain cuma nyumbang uang saja ke mereka.., penipu hampir semua.

      6
      4
    • 8 Mei 2023 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Sy pakai asuransi kesehatan allianz, sudah 2 kali sy klaim, yg pertama operasi anak sy habis 40 juta, yg kedua rawat inap habis 5 juta, dan mudah2 saja kog

      15
      3
    • 9 Mei 2023 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Ngapain tunda lg , sdh berapa bulan masalah ini tp kog gak selesai , itu permasalahan nya , klo memang harus dibayarkan kog berasa berat gtu ampun ??

  • 7 Mei 2023 - (04:08 WIB)
    Permalink

    Ke restoran nasi Padang saja di sana banyak otaknya ?dari pada di alien gaa ada otak?

    15
    6
  • 7 Mei 2023 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Saya dulu mantan agen Asuransi Allianz. Mereka selalu brief Agent tata cata salah satu mempresentaikan ke calon nasabah dengan kata-kata “kita lagi presentasi seperti ini, Allianz lg cairin proses klaim”, sepertinya bohong sih ya kl melihat kasus ini. Maaf ya tau kan kenapa saya sudah keluar sebagai Agen.

    18
    4
  • 7 Mei 2023 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Allianz wow cari cari celah , gak iklas bayar dia , nama besar nya akan tercoreng , yg duduk di atas itu biang nya

    9
    3
  • 7 Mei 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga klaim asuransi mertua sama Januari 2023 Samapi sekarang jawaban gitu juga. Masih proses.. agent gak bertanggung jawab..

    7
    2
    • 7 Mei 2023 - (10:11 WIB)
      Permalink

      Wah, parah nih allianz, kalau memang ada masalah sampaikan saja ada berkas kurang, apakah baru 4 tahun polisnya makanya merrka muter2, semoga segera di selesaikan oleh allianz

      5
      2
      • 7 Mei 2023 - (19:21 WIB)
        Permalink

        Trimakasih atas bantuannya. Tapi mohon maaf, sudah ada yang telfon saya kemarin sore dari pihak Allianz, 1 jam setelah tayang surat saya di MK, juga hari ini (sore), bahwa akan ditindak lanjuti. Semoga membuahkan hasil ??

        6
        1
        • 8 Mei 2023 - (10:07 WIB)
          Permalink

          Turut berdukacita pak, tetap berhati – hati menerima tawaran bantuan kasus ini. Yg ada malah kena jebakan Batman, fight sendiri ja. Namanya ja ASU, yah pasti menyebalkan pak. Yg sabar, abis itu ngga usah pakai lg Asuransi model begitu.

          2
          2
          • 8 Mei 2023 - (11:18 WIB)
            Permalink

            Trimakasih pak, baik pak trimakasih atas sarannya ??

          • 9 Mei 2023 - (07:56 WIB)
            Permalink

            Gimana pak? Apakah sdh d bayar allianz??

  • 7 Mei 2023 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Harga engga bohong memang ! Dulu sempet mau pakai All*** akhirnya ortu lbh saranin Pru***, walau preminya sedikit lbh mahal, tapi yg penting beli asuransi bukan murahnya, tapi BISA DICLAIM ! krn sekeluarga besar pakai Pru*** dari dulu, minim kendala claim, walaupun ada.

    5
    9
    • 10 Mei 2023 - (17:33 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya ikut berduka atas meninggalnya ibunda bapak Hadiran Halawa,semoga selalu diberi kesehatan,Sungguh miris jga ya,klaim uang sendiri kok sampai kayak apa aja. Jujur secara pribadi saya tidak suka yg namanya asuransi asuransi itu.. kebanyakan ribet.walaupun mungkin tidak semuanya. Apalagi banyak sekali komplain ribetnya klaim,entah asuransi kematian,kesehatan,entah itu kendaraan. Mending saya sisihkan uang kalau pembayaran 500 RB/ blm. Ya saya paksa nyisihkan uang segitu. Terus saya titipkan di bank atau saya belikan emas 5 bulan sekali. Udah itu aja,nanti kalau perlu sewaktu waktu saya jual. Pikiran saya pribadi asuransi ribet. Maaf ya sama asuransi,saya tidak percaya sama yang namanya asuransi,lebih baik saya kumpulkan sendiri. Semoga permasalahan bapak cepat terselesaikan dengan baik.salam sahabat

  • 7 Mei 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Met pagi, sy jg nasabah asuransi allianz dan sy awalnya ambil asuransi unit link dgn kontrak selama 10 thn tp dgn berjlnnya waktu sy tetap membyr angsnya krn pembyrannya antara tgl 5,15,25 shg gk smpi lewat bln sy selalu byr dgn auto debet tp di awal bln pebruari kami berbincang2 dgn salah satu tmn dan sy utarakan mslh asuransi sy lalu dia memberikan pendapat kpd sy di ricek asuransi lalu sy iya kan. Dan sy coba tanyakan di kntr allianz yg ternyata benar bahwa yg sy ikut bkn asuransi unit link tp asuransi jiwa dan sy begitu kecewa sekali dgn agen asuransi tsb, pd hal sy ikut asuransi unit link u masa2 tua kami sbg modal usaha dan akhirnya di bln april gk sdh gk mau byr lg dan kpd tmn2 semua berhati2lah jika mau berasuransi hrs benar2 di pelajari dl spy kita gk kejebak dgn rayuan agen asuransi

    13
    3
  • 7 Mei 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Jaman sekarang jangan ikut asuransi ,mereka itu kebanyakan gak laku, kalau gak menempel pihak lain

    4
    3
  • 7 Mei 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Sungguh Dzalim skali jika memang gak segera dibayar.
    Terus kejar jgn kerayu alasan ini itu lagi..

    6
    4
  • 7 Mei 2023 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin dengan case yg keluarga alm alami
    Yang jadi pertanyaan kok proses klaim ga dibantu sama agennya? Dulu ikut melalui Agency langsung , atau melalui Bancassurance, kenapa ini dipertanyakan karna ini point penting untuk kedepannya, sya nasabah allianz berjalan 2 tahun dengan premi 500 Rb / Bulan dan ibu sya meninggal aman2 aja kok klaimnya, dari proses awal pengajuan asuransi ada beberapa pertanyaan penting yg harus kita pahami bener2 , sya dan alm ibu saya mengisi pertanyaan riawayat medis apa adanya.

    9
    1
    • 7 Mei 2023 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Trimakasih atas keprihatinannya. Menjawab pertanyaan kenapa tidak dibantu sama agennya ?. Soal agen sebenarnya punya kisah tersindiri. Jadi ceritanya gini, agen pertama yang asli itu sudah mengundurkan diri dari agen Allianz terkait hal itu kami dikirim surat oleh pihak Allianz sekalian diberitahukan pengganti agen yang pertama. Nah agen yang kedua ini tidak melayani nasabah dengan baik, terkesan arogan. Bahkan nomor telfon saya di blokir sama agen yang satu ini, aneh memang ada agen yang sperti ini. Saya sempat buat laporan ke pihak Allianz terkait Agen ini, dan katanya sudah diselesaikan. Tapi faktanya agen itu tetap blokir nomor saya. Logika berpikirnya klo benar Allianz sudah “bereskan” agen itu..harusnya agen itu hubungi saya, nyatanya tidak dihubingi, saya coba hubungi juga tetap terblokir nomor saya. Jadi berdasar dari itu akhirnya saya putuskan untuk urus sendiri klaim asuransi ini. Saya juga sudah bertanya terlebihdahulu kepihak Allianz melalui CS apakah saya bisa urus sendiri tanpa agen, CS katakan bisa saya urus sendiri. Demikan jawaban dari saya ??

      4
      3
    • 7 Mei 2023 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Trimakasih atas keprihatinannya. Menjawab pertanyaan kenapa tidak dibantu sama agennya ?. Soal agen sebenarnya punya kisah tersindiri. Jadi ceritanya gini, agen pertama yang asli itu sudah mengundurkan diri dari agen Allianz terkait hal itu kami dikirim surat oleh pihak Allianz sekalian diberitahukan pengganti agen yang pertama. Nah agen yang kedua ini tidak melayani nasabah dengan baik, terkesan arogan. Bahkan nomor telfon saya di blokir sama agen yang satu ini, aneh memang ada agen yang sperti ini. Saya sempat buat laporan ke pihak Allianz terkait Agen ini, dan katanya sudah diselesaikan. Tapi faktanya agen itu tetap blokir nomor saya. Logika berpikirnya klo benar Allianz sudah “bereskan” agen itu..harusnya agen itu hubungi saya, nyatanya tidak dihubingi, saya coba hubungi juga tetap terblokir nomor saya. Jadi berdasar dari itu akhirnya saya putuskan untuk urus sendiri klaim asuransi ini. Saya juga sudah bertanya terlebihdahulu kepihak Allianz melalui CS apakah saya bisa urus sendiri tanpa agen, CS katakan bisa saya urus sendiri. Demikan jawaban dari saya ??

      3
      2
    • 11 Mei 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Ketika menggarap pintar pintar jelasin segala seluruh mamfaatnya dan polis bisa langsung keluar. Begitu klaim ternyata begini ribetnya ya. Walaupun ada yg bayarin premi asuransi atas nama saya dan saya ga akan mau.

    • 8 Mei 2023 - (14:46 WIB)
      Permalink

      Ikut berduka. Semoga surga utk yg meninggal & tabah utk yg ditinggal. Dr info yg sy dapatkan, NIK (nomor KTP) waktu pengajuan berbeda dgn saat klaim

      • 8 Mei 2023 - (16:05 WIB)
        Permalink

        Lho ko malah kami tidak diinfo soal itu..klo ada penemuan seperti itu kan bisa kami jelaskan. Kenapa Allianz diam saja selama 3 minggu ??

      • 8 Mei 2023 - (17:16 WIB)
        Permalink

        Anyway…trimakaish pak Agung sudah membagikan informasi ini. Padahal saya sudah bolak balik datang ke kantor pusat Allianz dan telfon CS dengan maksud ingin mendapat informasi kalau ada hal2 yang masalah dalam dokumen supaya kami bisa jelaskan dan merevisi bila perlu. Sperti no NIK KTP, saya baru cek juga memang ada perbedaan beberapa angka kesalahan penulisan dari dukcapil saat pembuatan E-KTP. Hal semacam ini kan kami bisa bereskan bila perlu minta surat permyataan dari dukcapil ataas keselahan penilisan NIK yang mereka lakukan.

        Lagi2 kecewa dengan Allianz yang terkesan sembunyikan hal ini pada kami, tidak mengerti motifnya apa, apakah ini dijadikan senjata untuk menghambat, mudah2an tidak sperti itu. Aneh bin ajaib Malah orang lain yang justru lebih tau.

  • 7 Mei 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Hampir sama kasusnya dengan yg saya alami dengan pihak asuransi AXA FINACIAL INDONESIA (AFI) dimana pihak asuransi ini menggunakan pihak ketiga yaitu FULLERTON HEALTH INDONESIA (FHI) sehingga setiap proses pengajuan claim membutuhkan waktu yg lama dan CS AFI selalu berkelit berkaitan dengan dokumen yg sudah saya kirimkan.

    9
    1
    • 7 Mei 2023 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Viralkan terus melalui media konsumen jikalau terjadi hal2 semacam ini, NO VIRAL NO JUSTICE… NO VIRAL NO JUSTICE… NO VIRAL NO JUSTICE

      5
      2
  • 8 Mei 2023 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Senasib, tahun lalu jg sy klaim polis allianz, dapat pengalaman tidak mengenakan dari agen. Malah agen juga menghina2 tempat saya bekerja. Saya pun bolak balik ke kantor Allianz, nelpon CS, dsb, ada saja alasan untuk tidak mencairkan dana. Akhirnya setelah berdebat berhari2, berbulan2, di cairkan juga klaimnya, masa iya hrs bawel dulu dan mengancam ditulis di media dl, baru dicairkan klaimnya?? mana agen juga gak ditindak, padahal sudah kurang ajar banget dengan institusi saya

    • 9 Mei 2023 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Semua asuransi sama, klo nagih kyk debt collector tp klo pencairan lama kyk siput dan berbelit dan licik kyk ular. Klo bisa dipersulit kenapa harus dipermudah? Itu kan motto asuransi. Mending ga usah ikut asuransi, uangnya dibelikan logam batangan aja untuk mengcover biaya kesehatan. Klo untuk warisan mending meninggalkan sebidang tanah daripada meninggalkan polis asuransi. Asuransi ini jualan janji surga, manis diawal pahit dibelakang. Klo pengen ikut asuransi ya pake BPJS aja yg bersifat sosial dan jelas, prinsipnya saling membantu. Klo asuransi swasta mah kapitalis sejati, mana mau mereka rugi

  • 8 Mei 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Hallo, saya mau berbagi dan sedikit menanggapi artikel ini
    Saya juga nasabah Allianz dari 2016, saya ada 2 polis, satu kesehatan dan satunya lagi Asuransi jiwa dan santunan sakit kritis, dan 3 polis anak saya, selama mengikuti Asuransi di Allianz kami sudah beberapa kali klaim, dan semua dibayar sesuai tagihan lancar tidak ada kendala apa apa, dan saya terakhir klaim di 2021, klaim kesehatan dan klaim sakit kritis, saat itu saya ada ter diagnosa tumor dekat paru, dan untuk kesehatan saya di rawat di rs MRCCC siloam, biaya sejumlah 84jt semua dibayar sama Allianz, dan setelah itu saya ajukan klaim sakit kritis untuk case saya ini, dan memang setelah semua dokumen lengkap Allianz terbitkan waktu verifikasi selam 45 hari dan setelah 45 hari klaim saya cair dengan jumlah hampir 1M dan kelima polis saya sekarang sudah bebas premi atau gratis premi karena saya ambil program bebas premi juga, tiap bulan premi saya hampir 6jt dibayar sama Allianz, jadi menurut saya jika kliam itu layak dibayar maka Allianz akan bayar berapapun nilai nya, tapi jika ada indikasi proud maka klaim akan lama dan ada kemungkinan tidak akan dibayarkan, proud itu bisa aja sudah ada sakit sebelum buka polis…

    • 8 Mei 2023 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Tidak sakit sebelum buka polis, riwayat medis tidak ada sebelum buka polis…klo ada Allianz harus bisa membuktikannya.

      • 10 Mei 2023 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf kepada teman-teman saya juga agen Allianz mulai tahun 2022 awal
        Seperti nya ada yg salah paham tentang pengklaiman ini karena beberapa kasus nasabah saya meninggal Dunia baik jiwa maupun kritis tidak ada masalah yg KMI hadapi tetap baik baik saja
        Mungkin data atau ketidak sesuaian nama data yang mungkin berbeda mohon di konfirmasi bang Allianz tidak pernah menipu

        • 10 Mei 2023 - (20:55 WIB)
          Permalink

          Saya justru sudah bolak bolik tanya ke pihak Allianz (datang ke kantor pusat & telfon CS) selama 3 minggu setelah selesai masa tambahan waktu 30 hari, tanyakan klo ada kendala soal data supaya kami bisa siapkan dan jelaskan kalo tidak ada kesesuian, tapi Allianz tidak mmeberi jawaban, hanya menyampaikan “pendalaman medis” atau “verifikasi data”.

          Terakhir saya dayang 2 hari yang lalu meminta klarifikasi dari info yang saya dengar melaui kolom komentar di artikel ini dari pak Agung, berikut info komentarnya:

          “Ikut berduka.Semoga surga utk yg meninggal & tabah utk yg ditinggal. Dr info yg sy dapatkan, NIK (nomor KTP) waktu pengajuan berbeda dgn saat klaim”

          Saya datangi kantor pusat Allianz tanyakan terkait informasi ini, saya yakin informasi yang didapat pak Agung ini A1, karena saya croscek memang benar adanya ada ketidak sesuian NIK KTP lama dan KTP Baru (E KTP).
          Saya telah tanyakan ini ke Pihak Allianz melalui CS, tapi katanya tidak ada informasi itu dari bagian Klaim.

          Lalu apa yang mau saya konfirmasi kalau pihak Allianz saja tidak memberitahukan hal ini kepada kami ?, terkesan menutupi….Padahal klo dibertahu, kami bisa jelaskan, bila diperlukan kami bisa minta surat pernyataan dari dukcapil bahwa telah terjadi kesalahan dalam penulisan nomor NIK KTP baru.

    • 9 Mei 2023 - (13:39 WIB)
      Permalink

      Mau curhat ini pak kan almarhumah mama saya sakit di bulan 3 tahun 2022 lalu sudah lakukan operasi dan sudah mulai membaik di bulan 9, dan 10 tahun 2022 lalu almarhumah mama saya meminjam uang 300jt program prapensiun di BNI tapi setelah akad dipotong asuransi sebanyak 50jt, terus selang beberapa bulan almarhumah mama saya ngedrop di bulan 4 tahun 2023 ini dan akhirnya almarhumah mama saya meninggal tanggal 23 april lalu dan kami datangin ke kantor BNI untuk menclaim asuransi yang sudah dipotong dari pinjaman itu, kami mintakan from lembaran klaim nya namun yang masih saya cemas apakah bisa di proses klaim sementara dulu almarhumah mama minjam uang setelah pasca operasi dan mempunyai sakit medis di rumah sakit itu.
      terus almarhumah mama meninggal di rumah sakit yg tempat dulu dia di operasi
      takut saya pihak asuransi menanyakan rekam medik almarhumah di rumah sakit tersebut
      bagaimana itu ya apakah memang bs di claim apa tidak asuransi dari pinjaman bank tersebut

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Allianz?

Ada 48 komentar sampai saat ini..

Lama dan Ribetnya Klaim Asuransi Jiwa Allianz

oleh Hadiran dibaca dalam: 2 menit
48