Tanggapan Resmi Allianz Indonesia atas Pengajuan Klaim Bapak Hadiran Halawa

Kepada Yth.,
Redaksi Mediakonsumen.com

Perihal: Pengajuan Klaim Meninggal Dunia atas nama Tertanggung Ibu Rosibae Halawa dengan nomor Polis 000055537*** melalui Mediakonsumen.com.

Dengan hormat,

Sehubungan adanya keluhan dari Pemegang Polis atas nama Bapak Hadiran Halawa dengan Tertanggung Alm. Ibu Rosibae Halawa terkait pengajuan klaim meninggal dunia dengan nomor Polis 000055537*** melalui Surat Pembaca berjudul “Lama dan Ribetnya Klaim Asuransi Jiwa Allianz” di laman Mediakonsumen.com pada hari Sabtu, 6 Mei 2023, dengan ini kami sampaikan bahwa Allianz Indonesia telah menerima laporan pengajuan klaim tersebut.

Sebagai tindak lanjut, Allianz Indonesia telah menghubungi Pemegang Polis pada hari Sabtu, 6 Mei 2023 dan Minggu, 7 Mei 2023. Sebagai informasi, pengajuan klaim meninggal dunia Alm. Ibu Rosibae Halawa saat ini dalam proses pendalaman medis sehubungan dengan adanya data yang perlu diklarifikasi ke instansi terkait. Sebagai bentuk komitmen Allianz Indonesia dalam memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh nasabah, Allianz Indonesia akan mempercepat proses pendalaman medis tersebut. Waktu yang diperlukan untuk pendalaman medis telah disampaikan kepada Pemegang Polis.

Allianz Indonesia senantiasa memberikan hak kepada nasabah sesuai ketentuan Polis yang berlaku serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh nasabah, dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan berpegang teguh pada prinsip utmost good faith (itikad baik).

Allianz Indonesia menegaskan kembali bahwa dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, Allianz Indonesia senantiasa mematuhi berbagai regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan regulator terkait lainnya.

Demikian dapat kami sampaikan, besar harapan kami redaksi Mediakonsumen.com dapat menerima surat ini sebagai tanggapan resmi dan klarifikasi Allianz Indonesia.

Atas seluruh perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Wahyuni Murtiani
Head of Corporate Communications
Allianz Indonesia
World Trade Centre 3, Jl. Jendral Sudirman Kav. 29-31
Jakarta Selatan – 12920, Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Lama dan Ribetnya Klaim Asuransi Jiwa Allianz

Saya Hadiran Halawa, pemegang polis asuransi Allianz dengan nomor polis: 000055537184, nama tertanggung almarhumah Ibu Rosibae Halawa (ibu kandung saya)....
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Tanggapan Resmi Allianz Indonesia atas Pengajuan Klaim Bapak Hadiran Halawa

  • 9 Mei 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Benar bahwa saya telah dihubungi dari pihak Alliaz (service recovery) tanggal 6 Mei, 1jam setelah surat saya tayang di Media Monsumen. Setelah itu dihubungi lagi tanggal 7 Mei (sore). Inti yang disampaiakan ke saya bahwa proses pengajuan Klaim kami yang telah memakan waktu berbulan bulan, paling lambat akan diinfo tanggal 22 Mei 2023.

    Saya juga telah meminta kepada orang Allianz yang menghubungi saya bahwa janjinya ini, tidak hanya dismapiakann secara lisan, tetapi juga disampiakan secara tertulis melalui surat, sebgaiamna surat pemberitahuan sebelumnya yang 45 hari dN tambahan waktu 30 hari. Sebagai bukti pegangan saya. Orang tersebut setuju bahwa akan dikirim suratnya. Tapi sampai saat ini belum saya terima suratnya.

    Hari ini (pagi) saya ke kantor pusat Allianz menanyakan perihal surat tersebut, tetapi CS Tyas mengatakan bahwa mereka tidak bisa mengeluarkan surat itu, mereka harus ajukan ke bagian klaim dulu dan akan diinfo katanya klo bisa dikeluarkan surat itu, dari bagian Klaim. Saya menunggu surat resmi itu dari Allianz, semoga secepatnya dikirim ke saya. Trimakasih.

    8
    2
    • 9 Mei 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Tanggapan dari Allianz gak solutif…. Masih perlu waktu lagi…padahal ini dibaca banyak orang. Calon nasabah akan berpikir 2x utk pakai Allianz

      19
      2
      • 14 Mei 2023 - (13:13 WIB)
        Permalink

        Semua asuransi ya gitu. Uda tobat hilang puluhan juta akibat janji manis agen yg kaya raya dr hasil nipu……..

    • 10 Mei 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya pak memang proses nya lama skali, dulu org tua saya meninggal kan warisan up jiwa 5 milyar. Allianz br mencairkan 6bulan stelah ortu sy meninggal. Usut pnya pengalaman dan info dari berbagai pihak, karena claim nya besar perusahaan asuransi manapun pasti investigasi total. Tetangga sy di pru aja 150jt br cair 2bulan. Tapi tenang pak selama kita benar pasti cair, memang perlu kesabaran tingkat dewa heheheeee.
      Akhir cerita saya isyri dan anak jadinya ngerti asuransi pak.
      Maaf bukan promosi ataupun maksud lain

      6
      7
    • 12 Mei 2023 - (07:47 WIB)
      Permalink

      Proses claim Allianz lagi di perketat untuk menghindari fraud. Proses claim ada yang express ada yang ngga. Antrian claim sangaaaaatt puanjang. Jadi harus bener2 teliti.

      Untuk yg ga percaya asuransi sih gpp. Balik2 ke diri sendiri. Kalau emg banyak aset gpp. Kalau emang bs dimpan uang sndiri jg gpp. Kl saya tipe ad duit tangan gatel? pasti kepake, jd susah kumpulin. Kalau yakin sakit, uang langsung ready banyak jg gpp.

      Tapi kalau saya sangat terbantu.
      Papa sy pake asuransi kesehatan yang claim nya sejak 2021-2023 sudah mencapai 800-900 jtaan ?

      Kalau ga ada asuransi amsiong
      Ruko banyak, aset banyak
      Tapi dari 2021 kita posting jual GA LAKU sampe hari ini 12/5/23 ? kebayangkan susah ny? Jualin 4 ruko+ tanah bs utk 4 ruko lg 3.5M doank smp hr ni ga laku ? udah d obral loh?

      Uang cash kl 50-100 jt ya ada
      Cm cash keras 600 jt skali oprasi sakit hati jg sih kluarin ny?

      Bpjs? Ada. Tp bpjs oprasi yg sama cm 60 jt sdh include smua vs private barang ny doank 200-250 jt. Blm ongkos dokter nya dan rs. Total nya hampir 600 jt. Kami pasti ragu dg kualitas barang yg di pake BPJS. Selisih nya jauh banget kan. Mana badan pp saya gede ntar salah pasang barang, patah lah pulak bendo tu?

      Jika ad kluarga kena kanker dan perlu kemo. Setau ku antrian bpjs panjanagggg banget.
      Dan kemo itu harus FISIK KUAT.
      Tau ga? Kalau pake bpjs dan udah dpt giliran kemo, tp fisik kmu lg drop.
      Pilihan mu cm 2, hajar aja ato ulang antri ratusan orang? kl d hajar langsung cepat koit? kl ulang antri, lamaaaaa lagi.
      Sementara di asuransi pribadi, bs reschedule kapan aja saat fisik ok.

      Ini cuma seprintil review sy sih
      Pp ku nasabah Allianz btw ?
      Dan saya agent Allianz ??
      Sy sharing KARNA PERNAH CLAIM. Bukan omdo ajah?

      1
      3
    • 14 Mei 2023 - (00:13 WIB)
      Permalink

      alianz ga malu nunda pembayaran.meskipun ud nambah waktu berkali kali.

      padahal ini dibaca ribuan orang

    • 14 Mei 2023 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Saya juga nasabah ALIANZ, mendengar cerita di atas saya JD WAS2 DGN POLIS SAYA. SETAHU SAYA ADA KETENTUAN JIKA POLIS BAIK KESEHATAN MAUPUN JIWA JIKA POLISNYA SDH BERUMUR LEBIH DR 2THN MAKA SEMUA DATA KESEHATAN YG DI BERIKAN TERTANGGUNG ADLH SAH TDK DIRAGUKAN LG KEBENARANNYA MAKA PIHAK PENANGGUNG TDK AKAN MELAKUKAN LG YG NAMANYA INVESTIGASI ( YG BERBELIT2) KE RMH SAKIT UTK MENCARI TAHU PENYEBAB KEMATIAN, KECUALI MENINGGAL KRN KECELAKAAN ( ADA INDIKASI BUNUH DIRI). DGN TDK ADANYA INVESTIGASI BERBELIT2 MK HARUSLAH PROSES KLAIM HANYA MEMAKAN WKT 14 HR KERJA MAKSIMALNYA. ALIANZ HRS MEMPERBAIKI DIRI.

  • 9 Mei 2023 - (13:48 WIB)
    Permalink

    Pendalaman medis kok berbulan-bulan. Kalau kompeten cukup beberapa jam di crosscheck ke rumah sakit. Jadi ragu mau gabung Allianz kalau begini lambatnya.

    19
    5
    • 9 Mei 2023 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Betul sekali.. masa sampai berbulan2 blm beres juga.. lagi klw dilihat tertanggung masuk asuransi thn 2018 meninggal 2022 artinya sdh 4thn yg artinya sdh cukup lama. Kecuali kurang dari 1 thn gabung trus meninggal bolehlah pendalaman medis dulu utk mencari data2 kali2 aja sakit yg disembunyikan pas msk asuransi… lah ini meninggalnya udh 4thn berselang sdh lama.. pendalaman medis apalagi sampai berbulan2 gitu.

  • 9 Mei 2023 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat ada solusi, terimakasih untuk sharing nya jadi bahan review saya memakai jasa asuransi.

      • 10 Mei 2023 - (05:54 WIB)
        Permalink

        Besar kecil nilainya Allianz tetap bayar, percayalah segala sesuatu perlu proses,
        Kenapa allianz sampai saat ini masih besar karena dia teliti dan gak sembarangan, karen kejahatan asuransi bsa saja terjadi…

        Saya adalah bukti nyata penerima warisan yang papah saya tinggalkan..
        Memeang Allianz membutuhkan waktu untuk chek semua berkas dan pendalaman medis dan ada surat kok setiap prosesnya dikirim ke email kita..

        Dan emng harus sabar..
        Tapi percaya saja dri sekian merek hanya Allianz yang paling cepat bayar…

        Bagi yg komen ragu lanjtin bayar polis anda rugi..
        Bagi yg alergi sama asuransi itu juga rugi?

        13
        5
        • 10 Mei 2023 - (11:44 WIB)
          Permalink

          Sama pak, papah saya juga meninggalkan warisan asuransi yang cukup besar buat anak anaknya cair biarpun proses nya lama.

        • 11 Mei 2023 - (08:44 WIB)
          Permalink

          Tergantung sudut pandangnya bu. Rugi untung itu relatif. Yg penting jangan ngomong ada produk prulink tapi orang manajemennya Allianz sendiri kalau asuransi bukan produk investasi. Kacau beut! Nggak agen, atau manajemennya bisanya ‘minterin’ orang dengan bahasa marketing bukannya mendidik nasabah.

    • 10 Mei 2023 - (05:05 WIB)
      Permalink

      Ini mungkin terlihat receh, tapi dari surat tanggapan yang disampaikan saya tidak menemukan kata-kata paling tidak permintaan maaf ke nasabah (atas proses klaim yang lama dan berbelit-belitnya). Miris dengan cara komunikasi perusahaan mengingat mereka kan bisa dibilang perusahaan besar. Jadi eneg malahan dengan tulisan-tulisan setelahnya seperti memberikan pelayan maksimal lah, mengikuti OJK lah. Basi.
      Semoga sender segera mendapatkan kembali apa-apa yang menjadi haknya

  • 9 Mei 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    ALLIANZ adalah perusahaan Top 1 Global Insurance

    Yaa , Saya sebagai Agen Allianz .. yakinlah kami selalu komitmen mengenai perjanjian di polis.
    Di tempat saya ada yg gagal claim karena nasabah tidak jujur mengenai riwayat medis yg di alami alm ayahnya dulu.
    Anak nasabah bilangnya ayahnya sehat dan tidak pernah masuk rumah sakit … tapi ternyata si nasabah pernah cek di puskesmas terpencil di kampung dengan diagnosa radang paru stadium 4. Tapi Allianz betapa baiknya telah mengembalikan pembayaran premi selama jalan 3 bulan . Dan sEkarang anaknya ikut asuransi ALLIANZ.

    Allianz tidak akan menunda nunda kalau keterangan dan kesaksian nasabah benar benar jujur tanpa memanfaatkan kesempatan.

    Untuk konsultasi bisa ke Saya , M.Yunus 0822.1155.49**

    3
    11
  • 9 Mei 2023 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Allianz lagi ketat.
    Punya saya 2 bulanan, setelah minta data pelengkap ini itu dan yang penting ada Agen yang membantu
    Intinya harus sabar, kalau kita jujur pasti dibayarkan.
    Semoga cepat terselesaikanlancar untuk proses Klaim, dan turut berduka cita juga

    3
    1
    • 9 Mei 2023 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Hmm.. andai tdk di muat pd media konsumen mungkin akn diabaikan, sy jd ragu untk melanjutkan pembyrn premi asuransi sy??

      • 10 Mei 2023 - (08:44 WIB)
        Permalink

        saya salah satu mantan nasabah Allianz & saya kapok sangat2 ,, menjadi nasabah Allianz ,, makan duit org susah ,,, berbelit2 duit qta angus di makan Allianz minta kompensasi kaya ngemis ,, di ajak berantem dlu baru di cairin 1.8 jt pdhl duit qta puluhan juta di Allianz ,, gak usah ikut2 asuransi saran saya..

      • 10 Mei 2023 - (09:17 WIB)
        Permalink

        Perusahaan sekelas Allianz saya pribadi tidak meragukan, hanya prosedur klaim yang diperketat saja. Kalau kita jujur dan dengan agen yang profesional, pasti aman.

        • 10 Mei 2023 - (17:45 WIB)
          Permalink

          Waktu menerima pembayaran tiap bulan enak tidak ketat,giliran mbayar klaim ribet.. alasan verikasi datakah,data pendukung kah..hari gini verivikasi data..kok sampai berbulan bulan, sama aja perusahaan asuransi uangnya jga diputar..hehe

  • 10 Mei 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Saya dan keluarga saya sudah tidak percaya lagi dengan asuransi… apapun jenisnya…
    Kecuali asuransi yg diwajibkan oleh pemerintah, misalnya BPJS…
    Jauhi asuransi…. awalnya manis, ujungnya pahit…

  • 11 Mei 2023 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Asuransi Allianz pasti akan membayar klaim sesuai dengan kontrak polis. Saya pernah menjadi agen Allianz selama 7 tahun. Mengurus kelengkapan dokumen klaim dibantu penuh oleh pihak keluarga. Klaim sakit kritis dan meninggal dunia. Dokumen lengkap, klaim sebesar Rp. 2M cair kurang dari 14 hari. Sekarang saya bermitra bisnis di perusahaan asuransi lain,tapi tetap menerapkan etos kerja dan pelayanan yg saya dapatkan dari Allianz Life. Kiranya masalah diatas dpt segera terselesaikan. ?

    1
    2
  • 11 Mei 2023 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Saya senang kalau asuransi itu ketat dalam proses klaim, karena mereka memegang tanggung jawab uang ribuan bahkan jutaan nasabah lain. Karena itu, tentu juga dia juga menangani klaim2 lain, sehingga butuh waktu dan ketelitian. Apalagi kalau kita masih di bawah 10 tahun, saya yakin uang pertanggungannya jauh lebih besar dari premi yg pernah kita setor. Jadi, kita sebenarnya sedang menerima uang dari nasabah lain yg sedang sehat2 saja. Tetapi karena kita nasabah, kita berhak dapat uang tersebut, meski proses tadi kita harus dilewati.
    Sebaliknya saya merasa ngeri kalau perusahaan jasa keuangan prosesnya gampang dan terburuh2, sebab kemudahan itulah yg disukai para pelaku FRAUD. Brankas memang mesti punya kode yg rumit, kalau gak gampang bobol. Percayalah mereka punya SOP yg berlaku bagi semua nasabah.
    Semoga semua proses dilancarkan. Salam

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Allianz?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Resmi Allianz Indonesia atas Pengajuan Klaim Bapak Hadiran H…

oleh Corporate Communications Allianz Indonesia dibaca dalam: 1 menit
29