Shopee Affiliate Program? Hati-hati Akun Diberhentikan Sepihak!

Shopee Affiliate Program? Hati-hati di-banned sepihak. Terlampir berikut ini email dari Shopee mengenai akun saya yang dikeluarkan dari program affiliate mereka. Menurut pemahaman tim Shopee Affiliate, saya telah melakukan pelanggaran dengan mengirimkan pesan acak yang berisi link afiliasi dari Shopee. Oleh karena itu akhirnya akses afiliasi saya diblokir dan komisi yang sudah saya perjuangkan, malah jadi sia-sia.

Email dari shopee.

Saya sudah melakukan banding melalui Pusat Bantuan di aplikasi. Namun hasilnya tetap tim Shopee merasa apa yang mereka lakukan sudah benar dan tetap membekukan akses Shopee Affiliate di akun saya.

Saya memang sedang membangun akun sosial media berupa Youtube dan Facebook Fanpage untuk sharing hal-hal seputar dunia otomotif. Ketika saya sedang mencari inspirasi, tiba-tiba muncul sebuah berita di mana ada varian modus penipuan menggunakan APK di Android.

Nah akhirnya oleh saya, langsung saya jadikan konten pemberitahuan dengan tujuan supaya tidak ada yang tertipu oleh modus penipuan yang saya temukan di Google. Tentu sebagai akun yang bergerak di niche otomotif, saya akan melakukan share link afiliasi untuk mendapatkan secercah komisi yang nantinya akan saya gunakan untuk perkembangan channel dan fanpage.

Namun apa daya, ternyata Shopee malah membekukan akses Shopee Affiliate saya secara sepihak dengan alasan sudah spam link atau menyebarkan pesan acak berisi link Shopee Affiliate. Padahal saya sudah berhasil menjual produk afiliasi sekitar Rp3-4 jutaan, dengan komisi sekitar Rp80 ribuan.

Kalau berdasarkan email yang saya terima, disebutkan bahwa Shopee menerima laporan. Nah maksud saya, ini laporan dari mana? Lalu apa definisi spam link menurut Shopee? Padahal saya tidak pernah mengirimkan pesan pribadi dengan ajakan untuk klik link. Saya juga selalu membuat konten yang ada tujuan dan maksudnya, tidak secara acak dan serampangan. Padahal Tokopedia Affiliate saja sampai sekarang aman aja.

Channel YouTube saya juga pernah sampai dihapus karena konten edukasi saya, tapi setelah saya ajukan banding, Youtube masih menerima kalau mereka salah menilai. Nah kenapa Shopee yang notabene skalanya lebih kecil dari Youtube malah ngotot saya spam link? Coba deh teman-teman pembaca mendefinisikan spam link menurut pemahaman teman-teman. Saya masih bingung dengan kriteria spam link yang Shopee maksud.

Ya semoga saja surat ini bisa menjadi tolak ukur teman-teman, ketika ingin mencari penghasilan tambahan melalui internet, kira-kira perusahaan mana yang lebih mendukung usaha keras kreatornya. Jangan sampai seperti saya yang sudah berjuang, malah di-banned dan komisi pun amblas.

Sekian untuk surat terbuka ini, mohon maaf apabila gaya penulisan saya masih jauh dari kata baik.

Juandi Hansen
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Shopee Affiliate Program? Hati-hati Akun Diberhentikan Sepihak!

  • 9 Mei 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Namanya jg shopee, marketplace dengan sejuta masalah.?
    Pindahin aja dagangannya. Kalau sdh punya nama mending bikin webstore sendiri. Lagipula si mas udah posting2 konten di youtube, itu jg sdh jdi nilai tambah untuk penilaian plus dari konsumen.

    8
    11
    • 9 Mei 2023 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Sepakat sih ini..
      Nanti kalau sudah ada nama, memang mending jualan sendiri.. Agak ngaco tim solusi nya si oren..?

      8
      4
  • 9 Mei 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Sapi sendiri gak sadar dia luar biasa spam.
    Buka youtube iklan sapi, buka game spam iklan, buat web sama aja.
    Raja spam teriak spam

    • 9 Mei 2023 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkwkw..
      Iya tuh.. Di beberapa website aja iklan dia ber slot-slot..
      Klik web, muncul popup si sapi..
      Kadang klik 3x, tiga-tiganya iklan dia sendiri..?

      3
      1
  • 10 Mei 2023 - (12:17 WIB)
    Permalink

    awikwok aja deh
    Mau di gimana lagi
    Link” ads sopi banyak
    Bisa di tempelin di link” donlot
    Kek zippy yg kemren dah nutup
    Dan link” baca onlen manapun

  • 10 Mei 2023 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Case close..
    Tim Shopee telah mengaktifkan kembali akun Affiliate saya..

    Terima kasih banyak atas pengertian para pembaca, terutama team Shopee yang mendengarkan keluhan dari afiliatornya..

      • 15 Mei 2023 - (01:31 WIB)
        Permalink

        Sebenarnya saya begini karena memang merasa tidak melakukan spamming link.. Makanya saya pengen tau kriteria apa yang di pakai untuk memvonis saya melakukan spamming link..hehehehe..

        Tapi syukur lah akses affiliate saya udah di aktifkan kembali.. Mantep gercep juga tim shopee pusat.. ?

      • 6 Agustus 2023 - (15:49 WIB)
        Permalink

        Langsung di buka kak.. Lupa saya di konfirm via email lagi atau tidak.. Tapi responnya bagus sih pas saya muat keluhan di sini.. Soalnya kebetulan saya sangat yakin tidak pernah melakukan pelanggaran apapun..

        Kalau kakak merasa tidak melakukan pelanggaran, bisa chat ke customer service terlebih dahulu agar dilakukan pengecekan kembali.. 🙂

          • 6 Agustus 2023 - (15:56 WIB)
            Permalink

            Komisi akhirnya diputuskan cair juga kak..

            Ohh iya.. Kalau di case saya, dari pihak Shopee langsung melakukan konfirmasi dan klarifikasi via telepon..

  • 10 Agustus 2023 - (22:05 WIB)
    Permalink

    hi kak! akun aku jg sama diberhentikan secara sepihak tp aku udh lapor ke cs shopee & msh diperiksa. Kaka juga diperiksa & tunggu sampai 3-5 hari kak? atau langsung dibuka? aku juga ga merasa spaming link atau melanggar aturan dr shopee

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Affiliate Program?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Shopee Affiliate Program? Hati-hati Akun Diberhentikan Sepihak!

oleh agus dibaca dalam: 2 menit
15