Belanja di Monotaro.id Mengecewakan

Tanggal 13 April 2023, saya memesan barang (antena mobil otomatis/elektrik sesuai deskripsi dan foto) dan melakukan pembayaran lunas pada hari yang sama.

Namun, hingga tanggal 28 April 2023, belum ada kejelasan mengenai pengiriman barang yang saya pesan. Saya kemudian menanyakan alasan dari pihak Monotaro, dan mendapat jawaban bahwa “Kami belum mendapatkan estimasi terbaru kapan produk siap dikirimkan, kami akan informasikan secepatnya setelah kami mendapatkan informasi terbaru dari supplier.”

Kesimpulan saya dari jawaban Monotaro tersebut adalah barang yang saya pesan belum siap dikirim dan mungkin telah dijual secara online. Saya hanya bisa menunggu hingga barang dikirim.

Pada tanggal 5 Mei 2023 (±3 minggu), barang akhirnya tiba, namun saya terkejut melihat bungkusan barang yang tidak sesuai dengan bentuk barang yang saya pesan. Saya melakukan unboxing dan merekam proses tersebut sebagai dokumentasi. Ternyata, barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan yang saya berikan.

Segera saya mengirimkan keluhan melalui email dan WA ke Monotaro mengenai barang yang tidak sesuai pesanan. Namun, saya juga mengetahui bahwa waktu kerja Customer Service Monotaro adalah hari Senin hingga Jumat pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Pada hari Senin tanggal 8 Mei 2023 pukul 09.53, Monotaro merespons keluhan saya dengan mengatakan, “Saya adalah Customer Support, mohon diinformasikan nomor pesanan yang terkendala?” Saya memberikan nomor pesanan dan juga mengirimkan screenshoot pesanan tersebut. Monotaro kemudian memberikan respons, “Saat ini kendala sedang kami tindaklanjuti kepada tim terkait. Mohon ditunggu update-nya ya, Pak.”

Pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2023 pukul 11.28, Monotaro memberikan tanggapan lanjutan terkait produk LOWIN Antena JBA311J 1pc. Setelah melakukan pengecekan kepada tim terkait, Monotaro mengatakan bahwa antena tersebut tidak otomatis, dan yang otomatis hanya tersedia pada produk berikut: https://www.monotaro.id/….

Jawaban dari Monotaro sungguh di luar tanggung jawab dan mengarahkan ke produk lain dengan tipe yang tidak sesuai dengan pesanan saya. Saya menjelaskan kembali model dan tipe pesanan saya serta melampirkan bukti pesanan.

Monotaro: Terkait kendala Bapak pada pesanan 600301243 untuk nomor SKU S034751138 LOWIN Antena JBA311J 1pc, setelah kami melakukan pengecekan kepada tim terkait, untuk antenanya tidak otomatis ya. Sebagai informasi, foto produk hanya representasi. Mohon mengacu pada model number, ukuran, dan spesifikasi untuk aktual produk.

Saya komplain pernyataan Monotaro “Sebagai informasi, foto produk hanya representasi” = aku balas Monotaro; Informasi produk & foto, kalau begitu, pembohongan publik, secara tidak langsung membodohi konsumen, kemudian Monotaro mambalas kembali dengan memberikan harapan..

Monotaro: Apakah Bapak bersedia kami lakukan penukaran barang sesuai produk yang Bapak inginkan? Saya jawab; Ya, karena barang yang datang tidak bisa digunakan dan sungguh diluar harapan, ternyata disuruh membayar lebih dahulu baru produk yang sesuai pesanan awal (harga selisih 3x dari harga awal belum termasuk PPN & ongkir).

Monotaro: Baik Pak untuk produk ada pada nomor … untuk harganya di Rp… (Sebelum PPN). Untuk produk yang diterima tidak sesuai, kami akan bantu lakukan penarikan barang. Silakan lakukan pemesanan baru untuk produk yang diinginkan terlebih dahulu.

Di sini Monotaro hanya mengirimkan foto barang/type seperti pesanan awal, tentu aku komplain hal ini, Monotaro merasa benar dengan cara, metode, pelayanan, dengan tidak menghiraukan konsumen.

Monotaro: Mohon maaf Pak karena saat ini untuk harga produk yang Bapak inginkan di harga Rp…(Sebelum PPN) dan nantinya keterangan foto produknya akan berubah secara berkala. Untuk proses pengembalian barang di sistem kami, yaitu lakukan pemesanan baru untuk produk yang diinginkan terlebih dahulu, lalu produk yang tidak sesuai akan kami lakukan penarikan barang serta kami refund.

Menurut aku sangat jelas di sini Monotaro telah merugikan konsumen karena dengan mudahnya, menyatakan:

Tim Monotaro benar dengan mengirimkan produk yang tidak sesuai dengan pesanan berdasarkan postingan/produk yang dipublikasikan.

Informasi foto produk hanya representasi = di sini berarti foto produk menyesatkan dan pembohongan publik.
Apakah Bapak bersedia kami lakukan penukaran barang sesuai produk yang Bapak inginkan? = ternyata terdapat syarat yang merugikan. Nantinya keterangan foto produknya akan berubah secara berkala.

Kesan pertama belanja di Monotaro sangat mengecewakan dan merugikan, sangat berbeda pelayanan dengan marketplace lainnya.

Achmad Suhartono
Pondok Arean, Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Belanja di Monotaro.id Mengecewakan

  • 11 Mei 2023 - (03:12 WIB)
    Permalink

    Tulisannya udah bener lowin jba 311j antena untuk isuzu panther new, harga di toped 60k, gambarnya salah.. Untuk antena otomatis lowin jba 107 harga 180k toped dan lazada..

    • 16 Mei 2023 - (09:27 WIB)
      Permalink

      sebagai konsumen yang di order sesuai foto & description antena otomatis yang ditawarkan monotaro karena kita percaya terhadap produk yg ditawarkan (tidak mengenal kode/type)

  • 11 Mei 2023 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Apakah tipe barang yang tertera di nota pembelian anda (Lowin JBA 11J) sama dengan tipe barang yang anda terima? Foto produk bisa berbeda apabila seller memajang satu kategori produk dengan beberapa varian berbeda, coba cek lagi di situs atau aplikasi Monotaro.

    Berdasarkan info produk di situs Lowin, tipe tersebut untuk Isuzu Panther dan foto menunjukkan itu bukan otomatis (model ditarik) karena tidak ada motor:
    https://lowin.co.id/product/antena-mobil-antena-fm-radio-panther-new-jba-311j/

    Sebagai pembeli online lewat smartphone, anda harus lebih cerdas daripada ponselnya. Untuk kasus ini, gunakan referensi nomor atau kode model/tipe untuk memilih produk yang tepat. Jika anda sulit bersaing dengan ponsel anda sendiri, bawa saja mobil anda ke bengkel aksesoris mobil terdekat dan biarkan mekanik yang menentukan produk pengganti yang tepat.

    • 16 Mei 2023 - (09:26 WIB)
      Permalink

      sebagai konsumen yang di order sesuai foto & description antena otomatis yang ditawarkan monotaro, tidak ada terpikirkan cari info produk di situs Lowin?
      karena konsumen percaya terhadap produk yg ditawarkan sesuai description dan foto

  • 11 Mei 2023 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Soalnya emang gitu kalau belanja online di mp.. Kadang gambar nya acak contohnya kita beli case HP, udah bener gambar nya utk HP kita tapi pas dibaca trnyata utk HP lain..
    Jadi y sebagai seller y harus lebih jeli..

    • 11 Mei 2023 - (09:30 WIB)
      Permalink

      Itu namanya pembohongan publik kalo barang yg di jual tdk sesuai spti yg di iklankan.
      Gmna sih anda ini.

      • 16 Mei 2023 - (09:32 WIB)
        Permalink

        jawaban Monotaro: Sebagai informasi, foto produk hanya representasi.

        kesimpulan = di sini berarti foto produk dan descripsi menyesatkan dan pembohongan publik.

    • 16 Mei 2023 - (09:28 WIB)
      Permalink

      pengalaman belanja di MP lain tidak pernah terjadi hal semacam ini

  • 11 Mei 2023 - (10:03 WIB)
    Permalink

    ini namanya trik marketing, setiap belanja diolshop apapun barangnya pembeli harus jeli dan teliti jgn sampe kejadian tersebut

  • 15 Mei 2023 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Cuma penasaran monotaro itu apaan ya? Gw baru denger.. Kalo momotaro gw tau film kartun jepang kan

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Belanja di Monotaro.id Mengecewakan

oleh Achmad Suhartono dibaca dalam: 3 menit
10