Penyalahgunaan Akun Kredivo Menggunakan Nomor Telepon yang Sudah Lama Hilang

Pada tanggal 23 Maret 2024, saya menerima email bahwa telah terdapat transaksi dari akun Kredivo saya, untuk pembelian MyTelkomsel dengan nominal Rp72.500, Rp153.015, Rp203.515, dan Rp304.515. Perlu diketahui, akun Kredivo saya tersebut adalah akun dengan nomor telepon lama saya, yang sudah lama tidak aktif dan hilang (dapat saya buktikan dengan berita acara dari Grapari bahwa nomor tersebut tidak terdaftar atas nama saya).

Saya juga tidak memiliki aplikasi Kredivo, pada saat saya menerima email adanya transaksi keluar. Setelah saya menerima email tersebut, saya langsung menghubungi pihak Kredivo, bahwa saya tidak melakukan transaksi apapun. Kemudian saya men-download aplikasi Kredivo serta melakukan login.

Ketika saya coba login, saya sempat tidak berhasil masuk. Setelah percobaan login ke sekian kalinya, saya berhasil masuk ke aplikasi tersebut dan langsung melakukan pemblokiran agar tidak terjadi transaksi lanjutan. Saya menghubungi pihak kredivo kembali melalui telepon untuk menceritakan masalah ini dan meminta agarKkredivo menghapus tagihan tersebut dan menghapus akun saya. Namun pihak Kredivo melalui email dengan nomor laporan: KRED-472228, menjawab akan kembali memberikan jawaban dalam 5 hari kerja. Saya juga telah melaporkan kejadian ini kepada patrolisiber.id agar dilakukan investigasi.

Pada tanggal 26 Maret 2024, saya menerima email dari Kredivo, bahwa saya harus tetap membayar tagihan. Karena menurut tim investigasi Kredivo, saya telah memberikan OTP kepada pihak ketiga. Padahal saya tidak pernah memberikan data pribadi ke pihak mana pun. Saya minta agar tim CS Kredivo agar dapat menyambungkan saya dengan tim investigasi. Namun permintaan tersebut tidak dikabulkan dan pihak Kredivo bersikeras agar saya membayar tagihan tersebut.

Saya sangat kecewa atas pelayanan Kredivo, yang sangat tidak ramah dan tidak solutif. Saya juga mulai resah, mengapa ada oknum yang bisa masuk ke akun saya dengan mudah tanpa ada verifikasi atau autentifikasi lanjutan, sehingga dapat melakukan transaksi tanpa adanya persetujuan dari pemilik akun. Saya juga menyayangkan keamanan Kredivo yang sangat lemah tanpa adanya verifikasi identitas dan lain sebagainya, sehingga orang dapat masuk dengan mudah.

A.A. Ayu Widya
Badung, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penyalahgunaan Akun Kredivo Menggunakan Nomor Telepon yang Sudah Lama Hilang”

Terima kasih atas informasi yang Ibu Ayu Widya sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 4 April 2024 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Penyalahgunaan Akun Kredivo Menggunakan Nomor Telepon yang Sudah Lama Hilang

  • 4 April 2024 - (12:44 WIB)
    Permalink

    dari yg sudah sudah kyk gini biasanya cuman playing victim ! wkwkwkwk modus gak mau bayar tagihan. faktanya login kredivo di hp lain walau no nya sama itu ada verifikasi berjenjang berupa VERMUK ataupun pertanyaan keamanan..

    sy sendiri mengalami spt itu saat login setiap ganti hp lain. katakanlah pin bisa direset, tp kan muka dan pertanyaan keamanan berjenjang TIDAK bisa kwkwkwkw

    6
    95
    • 7 April 2024 - (21:15 WIB)
      Permalink

      Anda kalau belum pernah ngalami apa yang saya alami jangan asal jawab mas. Saya juga ga mungkin sampe buang2 waktu buat lapor kepolisian dan media. Kejadian kayak gini merugikan saya.

      Oke lah katakan kredivo ada verifikasi KTP. Saya juga mengakui saat saya login dengan nomor lama tersebut memang ada verifikasi KTP. Sekarang gini deh, kalau memang si pembobol bisa masuk akun saya dengan verifikasi KTP berati dia punya data KTP saya dong?

      Coba deh perbanyak literasi dengan cari artikel serupa, ternyata ada banyak kasus pembobolan kredivo. Itu artinya memang keamanan kredivo lemah banget.

      • 8 April 2024 - (03:20 WIB)
        Permalink

        nahkah makin kelihatan, pinter ngeless dan sudah menyiapkan argumen sedemikian rupa, ciri khas pe ni pu. kalo korban beneran mah gak bakalan ngeless se ri bu bahasa.

        1
        111
        • 9 April 2024 - (06:29 WIB)
          Permalink

          Hahahah saya malah kasian sama Anda yang minim literasi dan punya mental judgement ga jelas ga terarah

          17
          1
      • 8 April 2024 - (23:19 WIB)
        Permalink

        Saya punya no telkomsel saya lupa isi pulsa. Mereka berhak jual lagi nomor saya. Kalo mau tetep pake pulsa isi ulang prebayar

        Kalo mau take over lg mesti yg bulanan pasca bayar. Akhirnya saya ga mau…

        Eh nomor tersebut disalah guna in loh ma yg beli di kirim kirim sms papa minta pulsa dulu.. Yg pas booming .. Hadeh pusing ga tuh

    • 7 April 2024 - (21:17 WIB)
      Permalink

      Kalau belum ngalamin gausah jawab gitu mas. Slik saya bersih. Saya gamau kejadian kayak gini jadi bikin slik saya jadi merah.

  • 4 April 2024 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Ikut penasaran dan pengen tahu….

    1. itu nomor lamanya hilang udah lama?
    kalau udah lama ada kemungkinan nomor itu udah di aktivasi lagi pengguna lain dan kebetulan pengguna baru menggunakan kredivo

    2. statement ini “Saya juga menyayangkan keamanan Kredivo yang sangat lemah tanpa adanya verifikasi identitas dan lain sebagainya, sehingga orang dapat masuk dengan mudah”
    malah menurut saya aneh kalo anda masih dapat akses akun kredivo dengan nomor sudah tidak aktif

    1
    1
    • 7 April 2024 - (21:31 WIB)
      Permalink

      Memang bener nomor itu sudah ga saya pakai sekitar 4/ 5 tahun yang lalu. Saya juga gatau kenapa akun saya yang udah lama banget ga saya pakai bisa di bobol orang yang bahkan saat transaksi terjadi saya gapunya aplikasi kredivo.

      1
      1
  • 5 April 2024 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Pernyataan bahwa SIM card tsb bukan terdaftar atas nama kamu, ya memang bisa” aja… Byk kok dijual kartu sim yg sudah diaktifkan. Yg jelas nomor SIM tsb yg daftarin ke Kredivo jelas kamu (Kredivo ngga verifikasi kepemilikan SIM card), dan pernyataan nomor sudah “hilang” tapi masih bisa coba login berulang kali dan berhasil? Hahahahahaha lelucon apa ini… Kalo ngga mampu/ngga mau bayar, lebih terhormat diem aja drpd sampe terbitin surat MK gini….

    72
    • 7 April 2024 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Kalau saya ga dirugikan saya ga bakal repot2 ngurus laporan ke polda, lapor ke patroli cyber dan nyari surat keterangan ke provider pak.

      10
      1
      • 9 April 2024 - (00:01 WIB)
        Permalink

        Kalo ada penulis merasa diserang laporkan akun akun bodong yg menyerang anda

        Kirimkan di email saat anda terima konfirmasi saat kirim surat ini. Email tsb bisa digunakan laporkan akun akun yg menyerang anda sebagai penulis.

        Terima kasih

        23
        1

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Akun Kredivo?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Penyalahgunaan Akun Kredivo Menggunakan Nomor Telepon yang Sudah Lama …

oleh Ayu dibaca dalam: 1 menit
12