Tidak Bisa Menggunakan Fitur Bayar Pakai Rewards di Aplikasi Digibank by DBS

DBS yang terhormat,

Perkenalkan, nama saya Joni. Saya adalah pemegang kartu kredit Bank DBS (4157 3501 xxxx 1006). Melalui surat pembaca ini, saya ingin menyampaikan keluhan kepada Bank DBS perihal sampai detik ini, saya masih belum bisa menggunakan fitur Bayar Pakai Rewards yang terdapat di aplikasi digibank by DBS. Jika saya mengklik menu Bayar Pakai Rewards yang terdapat di aplikasi digibank by DBS, maka akan muncul tulisan

“Oops, kartu kredit kamu tidak aktif. Pastikan Kartu Kredit digibank kamu aktif untuk dapat mengakses fitur ini. Cek informasi lebih lanjut dengan Digi Live Chat”.


Padahal kartu kredit DBS saya dalam keadaan aktif dan tidak pernah terblokir. Saya juga adalah pengguna setia kartu kredit Bank DBS, terhitung sudah menggunakan 10 tahun lebih dan tidak pernah menunggak. Saya mendapatkan informasi mengenai fitur Bayar Pakai Rewards ini lewat email tertanggal 18 April 2023 yang dikirimkan langsung oleh digibank by DBS. Di email tersebut terlampir link mengenai syarat dan ketentuan Bayar Pakai Rewards

Lewat link tersebut, saya sudah membaca dan memahami semua syarat dan ketentuan mengenai fitur Bayar Pakai Rewards. Masalahnya, fitur Bayar Pakai Rewards tersebut tidak bisa saya akses sama sekali, jadi bagaimana saya mau menggunakannya?

Pada tanggal 4 Mei 2023, saya sudah menghubungi CS Bank DBS, Pak George, untuk menyampaikan keluhan saya dan dibuatkan laporan dengan nomor ID laporan ID-1A-20230504-ICRM-5580063, dan dijanjikan akan diselesaikan maksimal 3 hari kerja.

Pada tanggal 10 Mei 2023, saya dihubungi oleh CS Bank DBS atas nama Pak Nadif yang menyampaikan alasan saya tidak bisa menggunakan fitur Bayar Pakai Rewards, yaitu karena saya tidak eligible, yang disebabkan karena saya pernah menutup kartu kredit tambahan dari Bank DBS. Saya sangat terkejut dengan pernyataan tersebut dan saya sangat menentangnya.

Pertama, karena saya tidak pernah menutup kartu kredit tambahan apapun dari Bank DBS. Dari dulu sampai sekarang, kartu kredit tambahan DBS saya cuma satu, yaitu atas nama istri saya, Ibu Elisa, dan sampai sekarang dia masih menggunakannya dan masih aktif. Saya juga tidak pernah menerima kartu kredit tambahan lain selain yang dipegang oleh istri saya sekarang, jadi dari mana asalnya informasi bahwa saya telah menutup kartu kredit tambahan?

Kedua, saya justru mau bertanya balik, hubungannya apa penutupan kartu kredit tambahan dengan bisa atau tidaknya seseorang nasabah kartu kredit dalam menggunakan fitur Bayar Pakai Rewards? Hubungannya apa?

Saya memberikan contoh, jika ada seorang nasabah kartu kredit yang menutup kartu kredit tambahannya dengan baik-baik dengan alasan dia tidak memerlukannya lagi, tetapi kartu kredit utamanya sendiri masih aktif dan tidak ada masalah, terus dia juga mempunyai poin rewards yang dihasilkan dari transaksi kartu kredit utamanya sendiri, mengapa ia jadi tidak eligible untuk menggunakan poin reward yang dia hasilkan sendiri dari transaksi kartu kredit utamanya? Kan sangat aneh dan tidak masuk di akal.

Seorang nasabah kartu kredit mempunyai hak untuk menutup kartu kredit tambahannya jika ia merasa tidak memerlukannya lagi. Dan hak tersebut tidak boleh membuatnya kehilangan hak untuk menggunakan poin rewards yang dia hasilkan sendiri dari transaksi kartu kredit utamanya, karena tidak ada hubungannya sama sekali.

Di syarat dan ketentuan Bayar Pakai Rewards, tertulis jelas syarat untuk menikmati fitur ini, yakni nasabah harus memiliki aplikasi digibank by DBS dan memiliki poin rewards yang mencukupi untuk ditukarkan. Tidak ada tertulis bahwa nasabah tidak boleh menutup kartu kredit tambahannya.

Setelah saya jelaskan panjang lebar, akhirnya Pak Nadif bisa mengerti dan membuatkan saya laporan kedua dengan nomor ID laporan 20230510-5610723 dan dijanjikan akan diproses maksimal 5 hari kerja. Tetapi saya menunggu sampai masuk bulan Juni pun belum ada kabar hasilnya sama sekali sehingga membuat saya sangat kecewa.

Melalui surat pembaca ini, saya berharap pihak Bank DBS bisa segera menindaklanjuti masalah ini dan segera menyelesaikannya sehingga saya bisa menikmati fitur Bayar Pakai Rewards yang menjadi hak saya sebagai pemegang kartu kredit Bank DBS.

Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Joni
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tidak Bisa Menggunakan Fitur Bayar Pakai Rewards di Aplikasi Digibank …

oleh Joni Fongiadi dibaca dalam: 2 menit
0