After Sales Xiaomi Indonesia Buruk, Klaim Garansi Sudah 2 Minggu Tidak Ada Perkembangan

Tanggal 24 Mei 2023, ponsel Xiaomi 12T saya mengalami kerusakan di bagian layar ponsel, muncul garis hijau atau green line setelah sekitar lima bulan pemakaian, sedangkan ponsel tersebut tidak pernah terjatuh ataupun terkena cairan. Di websitenya sendiri, Xiaomi Indonesia menulis jika Xiaomi 12T series masuk dalam layanan eksklusif VIP yang mana mengcover garansi layar di enam bulan pertama.

Kemudian pada tanggal 25 Mei 2023, saya menghubungi Xiaomi Indonesia lewat DM Instagram karena domisili saya tidak ada Xiaomi Service Center. Setelah itu, saya diberikan nomor telepon dan WhatsApp Xiaomi, namun nomor telepon tidak dapat tersambung dan WhatsApp pun baru dibalas jam 11 malam saat saya sudah beristirahat.

WhatsApp Xiaomi Indonesia

Kemudian pada tanggal 27 Mei 2023, saya kembali mencoba menghubungi Xiaomi Indonesia dan tetap sama tidak ada respon agent untuk di WhatsApp. Akhirnya, saya mencoba menghubungi melalui Twitter dan akhirnya direspon. Saya kemudian menjelaskan masalah dan diberikan nomor AWB agar perangkat saya di pickup untuk dikirim ke Service Center di Jakarta, dan saya akan dihubungi lagi setelahnya ketika perangkat sampai di Service Center Jakarta.

Dari nomor AWB, ponsel saya sudah sampai sejak tanggal 2 Juni 2023, namun saya tidak ada dihubungi lagi oleh Service Center-nya sampai pada tanggal 6 Juni 2023. Saya sendiri menghubungi dan akhirnya tersambung. Mereka menjelaskan ponsel masih dalam proses pengecekan dan diberikan nomor layanan: ASID23052700001060.

Namun, sampai tanggal 9 Juni 2023 tidak ada perkembangan dan perubahan. Saya kembali menanyakan progres ke CS Xiaomi, jawabannya template dan selalu sama, masih dalam pengecekan. Saya cukup kesal karena dari tanggal 2 Juni sampai tanggal 9 Juni saya tidak ada dihubungi.

Saya menanyakan kapan akan mulai diperbaiki dan kapan estimasi selesainya, mereka tidak dapat memberikan kepastian. Setelah saya menghubungi, barulah di website-nya statusnya baru menjadi proses perbaikan.

Tetapi sampai 14 Juni 2023 tidak ada perkembangan mengenai perbaikan ponsel saya tersebut. Saya tidak ada dihubungi baik lewat telepon, WhatsApp, maupun email yang telah mereka minta sebelumnya. Ketika saya hubungi, jawaban mereka selalu sama, masih dalam proses perbaikan dan tidak tahu kapan akan selesai.

Sebagai pengguna, saya sangat kecewa jika after sales-nya seperti ini. Terasa percuma layanan VIP service dan garansi 24 bulan untuk ponsel Xiaomi 12T saya. Untuk perbaikan saja, sudah 2 minggu lebih masih belum terselesaikan, apalagi ponsel saya ini masih tergolong pengeluaran baru.

Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk mengirim ponsel tersebut ke alamat saya, tentu akan memakan waktu lagi. Ponsel tersebut juga sangat penting untuk kebutuhan kerja. Sampai saat ini, pun masih meminjam ponsel kerabat karena memang tidak ada ponsel cadangan dari Xiaomi Indonesia.

Roni Arwandi
Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “After Sales Xiaomi Indonesia Buruk, Klaim Garansi Sudah 2 Minggu Tidak Ada Perkembangan

  • 15 Juni 2023 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Sedih mendengarnya semoga permasalah cepat selesai
    Semoga Xiaomi Mi 12 Lite saya awet. Karena saya pengguna Xiaomi dan selama ini baik baik saja.

    • 16 Juni 2023 - (03:49 WIB)
      Permalink

      Emang sebulanan bg kyknya kalau klaim garansi kejakarta langsung,
      Kirim barang kalimantan jakarta, cek n ricek, pesan batam ke batam, batam kirim barang jakarta, pasang dan tes, kirim kalimantan lagi.. Kita segitu lamalah estimasinya bg,,

        • 16 Juni 2023 - (13:49 WIB)
          Permalink

          Iya mas, setelah berita ini dimuat Xiaomi lgsg menghubungi dan memberikan kepastian

          • 17 Juni 2023 - (12:44 WIB)
            Permalink

            Fix karyawan siomay nya org indonesia asli…dah viral dulu br gercep…kmrn2 mgkn lupa krn sibuk nyari uang buat bayar pinjol…

  • 15 Juni 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Saya berharap pihak Xiaomi selayaknya bisa lebih terbuka kepada konsumen mengenai kendala klaim garansi. Apakah penyebabnya karena unit masih di jalur antrian, atau suku cadang yang belum tersedia, dsb. FYI untuk TS, layar bergaris bukan cuma karena diakibatkan jatuh tapi juga bisa disebabkan oleh beberapa insiden lain misalnya layar kemasukan air, tertimpa beban (misalnya diduduki), dsb. Semoga unitnya cepat ditangani pihak service center.

    • 16 Juni 2023 - (13:53 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas infony, Xiaomi telah menghubungi saya untuk penyelesain masalah ini.

  • 16 Juni 2023 - (00:59 WIB)
    Permalink

    Huueeluuk gaa bahaya taa 🙄
    Dari barang datang sampai proses pemeriksaan perlu satu Minggu 🙃kokgeting AQ 🤣
    AQ pakai redmi 9a dan 4x yang 4x jatuh ber x x 🤭sampai layar rentak rentak masih biza di pakai 🙏 zmoga kakaknya di agungkan sabar nya👍

  • 16 Juni 2023 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Sabar sih, kan pengguna xiaomi jg bnyk yg masukin service, bukan cm penulis aja. Terkait produk yg terbilang baru rusak, ya kita ga bs prediksi, bukan berarti produk xiaomi rusak, brand lain jg bnyk kok yg kaya gitu, saya pernah pakai bnyk produk xiaomi, alhamdulillah ga pernah ada yg masuk service center, terakhir pakai mi 11 ultra aman2 aja

  • 16 Juni 2023 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Iya gan sy pennguna Xiaomi Dari 2015 dr serie redmi 2 kebetulan ini pertama klaim garansi, cmn dari saya kirim ponsel sy tidak ada dihubungi kmbali. Alhamdulillah seteleah berita ini dimuat Xiaomi lgsg menghubungi saya.

  • 16 Juni 2023 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Salah 1 penyebab Greenline hp sering overheat misal buat hard gaming layar Amoled gak kuat panas itu pengalaman tmn pake Mi 11T Pro

    • 17 Juni 2023 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Ngga cm xiaomi aja sih yg gitu…paling sering kena di hp samsung yg layar amoled,hbs di upgrade begitu sdh selesai pas nyala lgsg ada greenline atau pinkline.salah 1 penyakit layar amoled.nyaman dimata tp resiko lbh tinggi dr layar non amoled…

  • 25 Juli 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Punyaku juga kena bang ,gak kenapa” tiba” ada green line ,belinya juga di Pangkalanbun ,nasib nasib

 Apa Komentar Anda mengenai Xiaomi Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

After Sales Xiaomi Indonesia Buruk, Klaim Garansi Sudah 2 Minggu Tidak…

oleh Roni dibaca dalam: 2 menit
13