Kredit Pintar Tidak Konsisten dengan Kesepakatan yang Sudah Dibuat Bersama

Perkenalkan, saya Yonathan. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Media Konsumen, karena telah memberikan wadah kepada saya, untuk menyampaikan keluh kesah saya saat ini.

Saya merupakan salah satu pengguna aplikasi Kredit Pintar selama kurang lebih 2 tahun. Selama ini, pihak Kredit Pintar sudah banyak membantu saya dalam menunjang kebutuhan perekonomian saya. Sampai pada akhirnya saya tidak lagi bekerja, sehingga saya mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan berjalan.

Sebagai debitur yang bertanggung jawab, jauh sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran, saya sudah menghubungi pihak Kredit pintar untuk menceritakan permasalahan yang saya alami dan berusaha mencari solusi bersama dengan Kredit Pintar selaku kreditur.

Tanggal 23 Juni 2023, saya mengirimkan pesan kepada pihak Kredit Pintar seperti tertera pada gambar. Pihak Kredit Pintar pun sangat kooperatif dan membalas pesan saya. Singkat cerita, pada tanggal 26 Juni 2023, pihak bagian penagihan Kredit Pintar mengirimkan email kepada saya seperti pada email kedua. Pihak Kredit pintar menyetujui memberikan keringanan berupa cicilan sebesar Rp500 ribu selama 9 bulan.

Saya pun sudah melakukan pembayaran terhadap pihak kredit Pintar sesuai dengan kesepakatan. Namun setelah jatuh tempo, pihak penagihan masih menagih dengan kasar. Sudah saya jelaskan terkait hal ini, tapi tidak dihiraukan. Sudah saya email kembali pihak Kredit Pintar, tapi tidak direspons. Sementara saya sudah malu karena data saya mulai disebar, kontak darurat saya juga diteror.

Saya sangat kecewa sekali dengan cara penagihan dan pelanggaran kesepakatan yang dilakukan pihak Kredit Pintar. Sekiranya melalui surat ini, pihak Kredit Pintar dapat membaca dan memberikan tanggapan terkait hal ini. Terima kasih.

Yonathan Septyanus
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

63 komentar untuk “Kredit Pintar Tidak Konsisten dengan Kesepakatan yang Sudah Dibuat Bersama

  • 14 Agustus 2023 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Memang betul saya juga merasa di cemarkan nama baik nya, mereka memposting foto saya dan diberi caption sebagai buron maling uang. Dasar ya katanya legal tapi berani mencemarkan nama baik orang. C0ba dong OJK AFPI tindak lanjuti.

    46
    • 14 Agustus 2023 - (10:29 WIB)
      Permalink

      LAPOR KE APARAT PAK BIAR DITANGKAP ITU SAMPAH – SAMPAH DC DI DUNIA INI, KALAU PERLU DIKIRIM KE PERBATASAN UNTUK MENJAGA KEAMANAN MENGAHADAPI KKB

      26
      1
      • 14 Agustus 2023 - (13:48 WIB)
        Permalink

        Ga usah dikirim ke perbatasan, kirim aja keluar Indonesia. Buang ke Suriah, Yaman, Kongo sama negara negara konflik lainnya. Mereka beraninya keroyokan, sekolah ga tamat, bringas. Mana paham aturan negara, SOP perusahaan dll. Yang jelas mereka ini BUKAN karyawan resmi kredit pintar. Tapi orang orang “aneh” yang dipungut sama Kredit Pintas buat jadi DC. Berharap OJK berantas beginian? Cuman slogan doank diawasi OJK. Fakta di lapangan berbeda.

        26
        • 15 Agustus 2023 - (16:27 WIB)
          Permalink

          udeh bener kirim yg deket aja ke papua ngadepin KKB. Ngapain jauh jauh nyari tempat konflik.

        • 16 Agustus 2023 - (12:17 WIB)
          Permalink

          emang tdk konsisten,apalagi bayarnya ke no rek diluar apk uang kita masuk sdangkan di apk masih tertera utangnya..dan di jelaskn pula klo bayar di luar apk penipu diketerangan apk pinjolnya.dan lebih hati2 klo kredit macet yg menanggihnya kaya berlomba2 meneror dgn penuh ancaman dgn kata2 kasar trus tiap menit..jangankn macet ,,lancar aja 3 hari sblm jatuh tempo sudah menyerang dgn kata2 binatang…sungguh TRAGISSSSSSS

          6
          1
      • 15 Agustus 2023 - (02:49 WIB)
        Permalink

        Iyappps betul pak, saya juga pernah di samperin dc dari pihak platform apk kredit pintar pak udh mah ampe sebar data data, trus ampe moto rumah juga kan, apakah itu yang namanya platform baik😑 hah.?

  • 14 Agustus 2023 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Dari percakapan email hanya ada pernyataan CS untuk keringanan cicilan tanpa memberitahu rincian apa dan formulir apa saja yang harus diisi. Artinya, tidak tampak ada bukti hitam di atas putih bahwa pengajuan keringanan anda disetujui, apalagi jika rincian cicilan di aplikasi juga belum berubah. Dalam hal ini posisi anda lemah sekali.

    9
    2
    • 14 Agustus 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Mau bukti lemah ataupun kuat. Setidaknya debitur sudah memiliki itikad baik dalam penyelesaian kredit macet. Ada rasa tanggung jawab sebelum jatuh tempo, tapi balasannya seperti itu. Klo menurut dugaan saya, karena banyak hirarki dan alur dalam membuat program keringanan. Jadinya misskom, poin pentingnya itu Kredit Pintar sudah menyalahi aturan perundang²an yg berlaku. Tolong OJK ditindak Kredit Pintar, bisa²nya kok lolos membuat pencemaran nama baik. Sangat merugikan masyarakat modelan begini mahhhh

      15
      1
    • 14 Agustus 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      udh berani sebar data dan mencemarkan nama baik anda,ngapain harus dibayar….di blong aja sekalian

      20
      • 17 Agustus 2023 - (09:21 WIB)
        Permalink

        sebardata anggap aj lunas,kaya dc adakami minggu2 kmren disamperin nasabah pada kicep,brni lewat wa doang dc2 tolol itu,,bNgkrutkan pinjol salam gagalbayar nasional

        • 17 Agustus 2023 - (09:57 WIB)
          Permalink

          Gak bahaya tuh punya hutang yang gak di bayar? Di islam sih hutang harus di bayar kalau mau masuk surga

  • 14 Agustus 2023 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Sekedar masukan lain kali kalo deal negosiasi usahakan dengan perusahaannya langsung jangan dengan pemasar atau kolektornya.

    Di awal emailnya ke emal resmi sduah benar tapi balasannya (yang menawarkan negosiasi) dari email pribadi aries****@g***,com

  • 14 Agustus 2023 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah telat 1 hari di kredit pintar langsung di kirimin ke kontak darurat saya bahwa saya mengatakan kondar saya ikutan menikmati uang dr saya… Kenapa ya kredit pintar jadi begini, padahal dulu nya penagihan nya ramah, sekarang jadi terkesan ilegal

    • 14 Agustus 2023 - (22:06 WIB)
      Permalink

      dari dulu kredit pintar nagihnya ud ky gitu, perasaan ga ada ramah2nya 1 hari aja DC nya ud ky ga dikasi makan sama majikannya.perlu ditindak tegas nih. korban KP harus laporkan pinjol satu ini. kebiasaan saya setuju nih pinjol di segel tutup. biar bubar sekalian DC nya

  • 14 Agustus 2023 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Kaya githu bikin aja surat laporan polisi,,, n Kasih Foto surat laporannya ke Colectornya….. Plus ngak sah bayar sekalian…….krna udah membuat fitnah dsb

    • 14 Agustus 2023 - (15:28 WIB)
      Permalink

      skrng pinjol ilegal dan legal itu udah gak ada bedanya. semoga kedepannya rakyat indonesia terbebas dr pinjol,
      yang paling parah pinjol ojk itu banyak sekali yg memanipulasi sistem, mrk kasih tenor 3 bln, tapi dalam 15 hari harus bayar 80%, begitu banyak orang terjerat disini, itu dibiarkan ojk.
      STOP bayar, STOP minjol,, dan Biarkan pinjol itu sendiri terjerat utang bank dan mrk yg diteror DC bank wkwk

      14
      • 14 Agustus 2023 - (18:22 WIB)
        Permalink

        Nah betul, pinjol legal dan ilegal udah sama parahnya. Pokoknya, melepaskan diri dr pinjol harus menjadi prioritas utama dalam hidup anda, even itu paylater sekalipun.

    • 14 Agustus 2023 - (22:09 WIB)
      Permalink

      saya setuju ini rame2 aja laporin KP yg pernah merasa dirugiin cara penagihannya. emang kebiasaan 1 hari aja ud ngancam sebar data. klo di diemin semakin enak mereka pake cara2 ilegal. mereka bisa tindak tegas dengan mempermalukan debitur…sekarang kebalikan mereka harus dilaporin dgn ancaman sebar data.

  • 14 Agustus 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Baca kolom komentarnya bikin saya merasa lebih pintar. Semoga lebih banyak org yg komentar dengan informatif seperti ini.

    • 17 Agustus 2023 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah telat sehari, kaget banget di tagih kasar dan agresif, nelfon, email, whatsapp, sms beberapa orang. Padahal saya sudah info biaya denda akan saya tanggung, bukannya nggak mau bayar, karena memang jatuh tempo nya lebih awal dari tanggal gajian saya, rasanya tiap detik di teror. Padahal kredit sebelum nya saya langsung bayar bunga 9 bulan dan pokok nya, padahal saya ajukan belum sampai sebulan, parah DC nya, pihak kredit pintar juga poor service nya. Kalau telat seminggu sebulan bahkan berbulan-bulan bisa lah di perlakukan gini, sebar data ke kontak darurat kalau perlu, lha ini cuma telat sehari aja kayak se abad cara penagihannya, jujur kecewa sama pelayannya, setelah saya hitung kembali, bunga nya lebih tinggi dari spinjam, spinjam pun pencairannya lebih cepat, metode pembayaran juga lebih mudah, bisa ajukan beberapa kali asal limit masih ada. oke kita memang berhutang, tapi kita bayar bunga buat keuntungan mereka dan bayaran untuk para DC liar itu, hargai donk! DC lagak jadi CS, kelakuan liar di tanya SOP, perihal data juga nggak paham, kalau DC nggak usah ngaku jadi CS, CS di email pun juga nggak sabaran. Nggak bisa kasih solusi yang membantu nasabah.

  • 14 Agustus 2023 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Bro kalau udah sebar data ga usah lo bayar . U ikutin aja permainannya dia . Kalau dc dateng diemin aja .tar juga pulang sendiri … takut amat sama kolektor .. dan buat semua pinjol2 ga usah d bayar .biar pada hancur

    • 15 Agustus 2023 - (11:09 WIB)
      Permalink

      Sama” hancur keduanya, baik peminjam & yg meminjamkan,
      Semua hutang akan ditagih di akhirat kalau di dunia tidak dilunasin.
      Dan yg makan uang riba juga sama ada perhitungannya,

      • 17 Agustus 2023 - (10:00 WIB)
        Permalink

        Bodoh yah kalau yang berhutang gak mau bayar, kan nanti di islam juga ada sejarah nya nabi gak mau sholatin mayat yang masih ada hutang

  • 14 Agustus 2023 - (21:20 WIB)
    Permalink

    ini Perusahaan pinjolnya tidak meng acc keringanan.. tagihannya tetap 1,5jt.. yg jadi CS tidak menggunakan email perusahaan, jadi memang jatuhnya telat dan kurang.. jadi pantas kena DC.. Mohon maaf semoga selalu diberi rejeki ya TSnya..

  • 14 Agustus 2023 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah negosiasi kekeluargaan dengan pinjol mereka suka khianat itokad baik kita…mending g usah d bayar sekalian resiko kita tanggung…bicara blacklist bi cheking dll…hiraukan abaikan saja…

  • 15 Agustus 2023 - (10:25 WIB)
    Permalink

    hhh sejak kapan pinjol beri keringan.itu hanya akal2’an saja.data sudah disebar.lebih baik galbay.napa takut sama DC.apa gunanya tetangga sekitar kita jika DC datang.DC buat ulah panggil tetangga sekitar kita.dah selesai.

    • 17 Agustus 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Gak takut sama pinjol, tapi takut sama allah karena allah sudah menetapkan hutang piutang itu harus di lunasi selama masih hidup

  • 15 Agustus 2023 - (20:37 WIB)
    Permalink

    jangan di bayar lagi mas,,gak usah takut percuma di bayar juga ,,udah terlanjur malu juga ..kalo dia ancam2 bawa masalah ini ke polisi hadapi aja gak ada orang punya hutang di penjara belum ada pasalnya ,,,yg ada laporin itu kp ke OJK..kalo gak di respon pun gak apa2 minimal buat bukti nanti2 nya,udah jgan di bayarin lagi,mau2 aja di bodohin sama mereka ,,mereka itu ngincer orang kaya mas2 gini ,,mudah di takutin,,itu yg mereka mau,,galbayin aja ,saran saya sih gitu,,percaya sama saya kalo mas viralin saya jamin bkal bnyak org yg dukung mas trmasuk saya😁,sya gak punya hutang sama si Kp tapi suka sebel sama perusahan kaya pinjol ,,,Krena 99% yg hutang pinjol hidupnya malah belangsak

    • 17 Agustus 2023 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Saran sesat 🤣 urusan hutang piutang itu harus di lunasi, itu allah yang ngasih aturan begitu. Nabi aja menolak sholatin mayat yang berhutang

  • 16 Agustus 2023 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Wajah asli DC yang beraninya WA mah culun2 orangnya wkwkwkwk, jadi ga usah takut dia WA ngancem gitu mah langsung galbaykan aja bang, udah dipermalukan masih dibayar mah keenakan mereka, klo dateng ke rumah, langsung lapor RT dan Rw sekaligus binamas buat nangkep sampe mereka usut yg ancem untuk diadili dan tuntut balik, mereka mah cm berani lewat WA doank ketemuan diluar juga ga pernah dtg…
    Lokasinya banyak d ruko2 deket harmoni, grogol, dan cideng,tempatnya tertutup.

  • 16 Agustus 2023 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Saran aja klo bikin kesepakatan perihal keringanan, penghapusan denda dan bunga, jangan ke colection pak, tugas colection cuma tagih uang. Jadi percuma. Datang ke kantor nya itupun klo berhadapan dengan cs nya aja juga percuma jawaban pasti seperti robot, karena sudah di setting jawabannya oleh pihak management nya supaya jawaban nya seperti itu, inti nya mereka ga mau tau dan cuma tau nya uang yang balik, jadi panjang lebar mau datang dan urus apapun itu percuma, masalah apapun yg anda hadapi juga tidak diberi solusi, saya juga menghadapi kasus penipuan seperti itu jawabannya dari pihak internal, dari semua kasus dan penanganan nya nol, karena pada kasus anda sudah terjadi pencemaran nama baik segera lapor polisi, setau sy juga percuma tidak di tindak dan sia², tapi bikin saja yg penting keluar itu laporan pemeriksaan setelah itu lapor ke LBH sampe ditangani dan dapat lawyer

  • 17 Agustus 2023 - (02:27 WIB)
    Permalink

    gk usah di bayar biarin aja.
    lama” juga cape sendiri nagih nya,,klo bisa kerjain aja sekalian oknum pinjol nya,,ap lagi klo ada ktp yg alamat rumah udh gk di huni lagi lbh enak ngerjain nya tu

    • 19 Agustus 2023 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Mengingatkan emg ga salah, tapi liat tempat napa, kesannya situ malah jd kayak ‘DC yg nagih secara halus’ kalo gitu. Lagian kalo mau bahas dalil jg yg pinjol dah dosa gr2 riba

      • 19 Agustus 2023 - (14:10 WIB)
        Permalink

        Lihat tempat? Ini media konsumen, siapapun berhak mau komen apapun tanpa memandang dia siapa. Situ sehat?

        • 19 Agustus 2023 - (22:33 WIB)
          Permalink

          “liat tempat” tuh postingan yg dimaksud, gagal paham? Oh atau perlu diubah kata2nya biar mudah dimengerti orang yg “sehat” kayak situ?

          • 19 Agustus 2023 - (23:27 WIB)
            Permalink

            Lah, anda yg nulis “Mengingatkan emg ga salah, tapi liat tempat napa”. Ngakak

          • 21 Agustus 2023 - (18:52 WIB)
            Permalink

            Yaa makasih udh ngakak, lumayan pahala bikin org ketawa 👍

  • 18 Agustus 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Yang sering terjadi DC lupa buat note atau laporan ke Leader nya atau leader nya ga bisa control & monitoring yang bener saya kasih masukan buat leader leader muda yang masih cupu, tugas utama kalian adalah mengawasi dan membantu jika ada kendala di lapangan jangan hanya ng push DC jadi leader jgn hanya bisa maen hp saat jam kerja. Maaf saya bukan bagian dari manajemen tapi miris kalau ada masalah minor seperti ini

    • 18 Agustus 2023 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Maaf..
      Ybs, bapak baru kali ini galbay di pinjol kah?
      Sepertinya mental healthy nya down? 🙏

      • 18 Agustus 2023 - (18:02 WIB)
        Permalink

        Mental leader kredit pintar harus di bina dulu tuh, menangani hal sepele gini aja tidak bisa apa saya harus ngelamar ke sana ngeberesin hal yg minor biar nasabah tidak ada yg kompent

  • 20 Agustus 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Solusinya Abaikan saja…Utk pinjol Yg Kurang Ajar, apalagi meyebar²kan Data Pribadi dan mengancam²…
    Yg penting kita udah niat Bayar, tp tdk sesuai Kesepakatan…
    Lebih baik datang kekantor nya minta diproses langsung drpada lewat chat mencari solusi tp gak sesuai harapan…

  • 10 Oktober 2023 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Well ini lagi kejadian di saya sih. Melakukan ancaman dan intimidasi bukan cuma ke saya tapi ke kontak darurat dengan kata-kata “jangan main main ya!”. Trus ngancam penyebaran data saya di social media. Auto saya laporin ke OJK, Pengaduan Kominfo, Cyber Polri sama AFPI. Alhamdulillah ada balasan dan saat ini lagi proses investigasi. Buat teman-teman yg mengalami masalah serupa, yok rame-rame laporin aja kalo udah ngancam dan intimidasi supaya kejadian kaya gini gak keulang lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Kredit Pintar Tidak Konsisten dengan Kesepakatan yang Sudah Dibuat Ber…

oleh yonathan septyanus dibaca dalam: 1 menit
63